9 Rekomendasi Anime yang Mirip Dengan Attack on Titan

Rekomendasi Anime Mirip Shingeki no Kyojin | Best Recommended Anime Like Attack on Titan
Rekomendasi Anime Mirip Shingeki no Kyojin | Best Recommended Anime Like Attack on Titan

Sakuranime.com – Kali ini akan membahas 9 Anime yang Mirip Dengan Attack on Titan (Shingeki no Kyojin). Attack on Titan (Shingeki no Kyojin) merupakan anime paling terpopuler pada tahun 2012 silam bahkan sampai sekarang masih banyak di tonton oleh orang-orang. Tidak heran jika banyak animelovers yang mencari-cari anime yang mirip dengan AOT ini.

Attack on Titan menceritakan tentang perjuangan bertahan hidup umat manusia dari pemangsa mereka yaitu titan. Titan di gambarkan sebagai manusia berukuran raksasa yang memangsa manusia normal.

Attack on Titan adalah anime action gore terbaik yang pernah ada dengan konsep cerita dan grafis yang beda dan unik dari anime lainnya. Tidak heran jika musim kelanjutan dari anime ini sangat di nantikan oleh para animelovers di dunia. Maka dari itu, saya sudah merangkum beberapa anime yang memiliki kemiripan dengan Attack on Titan sebagai alternatif jika masih ingin merasakan ketegangan dan hal menarik yang sama di anime ini, berikut adalah 9 Rekomendasi Anime yang Mirip Dengan Attack on Titan versi Sakuranime:

#1. Black Bullet

Black Bullet

Pertama ada salah-satu anime terbaik pada tahun 2014 silam. Salah satu anime dengan biaya pembuatannya yang besar ini mengusung cerita yang sedikit mirip dengan Attack on Titan. Bercerita tentang kisah bertahan hidup manusia dari monster yang tiba-tiba muncul akibat penyebaran virus misterius yang dapat mengubah manusia menjadi monster pemangsa manusia, monster tersebut di namakan Gastrea.

Satomi Rentarou, bekerja sebagai inspektur dengan patnernya seorang anak kutukan untuk membasi para Gastrea serta orang yang membahayakan kota. Anak kutukan dalam cerita di gambarkan dengan sosok anak kecil yang mempunyai gen Gastrea mengalir dalam darah mereka. Ibu mereka adalah orang yang terinfeksi oleh Gastrea saat hamil dan di turunkan keanaknya.

Dalam cerita juga di sebutkan hanya anak perempuan yang dapat berhasil bertahan hidup setelah terlahir dengan gen Gastrea. Gadis kecil partner Satomi ini bernama Aihara Enju dengan ability menyerupai kelinci.

Kemiripannya dengan anime Attack on Titan ada pada segi cerita di mana manusia berjuang mati-matian bertahan hidup dari pemangsa raksasa. Jika pemangsa dalam anime Attack on Titan di gambarkan dengan manusia raksasa dan dinding sebagai pembatas agar Titan tidak masuk, maka di Black Bullet di gambarkan dengan monster bernama Gastrea ukuran raksasa dengan deretan besi hitam khusus mengelilingi kota di namakan besi Varanium yang katanya di takuti oleh Gastrea berguna untuk menjauhkan Gastrea.

#2. Devil Survivor 2 The Animation

Devil Survivor 2 The Animation

Anime yang tayang perdana pada tahun 2013 lalu ini bercerita tentang demon atau monster yang tiba-tiba menyerang umat manusia. Bermula dengan 2 sahabat Kuze Hibiki dan Shijima Daichi yang bertemu di sebuah station kereta api bawah tanah. Sebuah situs misterius yang menghebokan kota tersebut namun sering di anggap “game” oleh banyak orang. Situs tersebut memperlihatkan detik-detik kematian seseorang.

Situs aneh itu sering di anggap sebagai humor belaka dan tidak nyata. Di stasion kereta api bawah tanah, update terbaru dari situs itu memperlihatkan video Hibiki dan Daichi mati akibat kecelakaan kereta yang sedang melintas. Tertawa paksa untuk menghibur diri namun kecelakaan itu pun benar-benar terjadi, kereta yang melaju pesat kehilangan keseimbangan dan menimpa Hibiki dan Daichi, serem ya Sahabat Sakuranime jika benar-benar ada situs seperti itu, tidak berani buka saya nya hahaha.

Mereka sebenarnya tidak benar-benar mati, sejenak mereka melihat sebuah pilihan apakah mereka masih ingin hidup ataukah ingin mati saja. Karena keinginan hidup mereka sangat kuat, mereka lebih memilih ingin hidup ketimbang mati. Mereka akhirnya di biarkan hidup namun sayang tidak sesuai dengan keinginan mereka.

Septrentrion adalah makhluk-makhluk aneh yang tiba-tiba muncul dan menghancurkan dunia dalam sekejap. Saat Hibiki, Daichi dan seorang gadis yang selamat dari kecelakaan tersebut mengalahkan Septrentrion yang muncul di dekatnya, bergegas mereka keluar dari Station dan melihat dunia sudah dalam keadaan hancur lebur. Hanya orang-orang pilihan seperti Hibiki dan Daichi yang dapat mengalahkan Septrentrion.

Kemiripan anime ini dengan Attack on Titan juga terdapat pada ceritanya di mana manusia mengalami krisis datangnya monster yang memangsa manusia.

#3. God Eater

God Eater

Sahabat Sakuranime seorang gamers? Khususnya untuk gamers PSP tidak asing dengan nama anime yang satu ini, iya kan? Yups, God Eater di angkat dari salah satu game PSP terbaik berjudul sama. Pertama kali rilis perdana pada tahun 2009 bertajub God Eater: Prolog di susul oleh serial TV-nya pada tahun 2015 yang lalu.

Bercerita tentang  manusia yang bertahan hidup dengan membunuh Aragami. God Eater adalah orang pilihan dan terlatih di bawah asuhan Fenrir dengan senjata khusus terbuat dari tubuh Aragami sendiri untuk di gunakan membunuh Aragami dengan kulit kerasnya bagaikan baja, senjata itu di sebut God Arcs. Pemikiran yang bagus kan Sahabat Sakuranime? Memakai bahan baja untuk menyobek kulit baja.

Aragami adalah monster yang muncul akibat kesalahan penelitian suatu laboratorium dengan bentuk,  jenis dan kekuatan yang berbeda-beda. Bahkan ada sebuah scene yang memperlihatkan satu Aragami yang benar-benar besar bahkan cukup besar sehingga langit bisa menutupi dirinya, sejenak para manusia berpikir bagaimana caranya mengalahkan Aragami yang bagaikan dewa tersebut. Lenka Utsugi, seorang God Arcs dengan senjata jenis baru yang berambisi kuat membunuh semua Aragami. Bersama temannya ia mulai membunuh banyak Aragami.

Sama seperti ke-dua anime di atas, God Eater mengusung cerita yang hampir mirip dengan Attack on Titan di mana lagi-lagi manusia di mangsa oleh monster-monster jahat. Selain cerita, Attack on Titan dan God Eater benar-benar juga memberikan kualitas grafis yang sangat luar biasa. Jujur saja saya sendiri sering mengulang kedua anime ini karena tertarik dengan grafisnya yang fantastis!.

#4. High School Of The Dead

High School Of The Dead

Suatu hari, terlihat seorang pria yang sedang mengobrak pintu gerbang sekolah dengan tubuhnya. Guru dan penjaga datang untuk mengusir orang aneh itu. Saat tengah di usir, tanpa di sangka pria itu menggigit tangan seorang guru.

Ternyata pria tersebut adalah zombie yang memangsa manusia. Dengan cepat pun guru yang digigit tadi berubah menjadi zombie dan menginfeksi seluruh warga sekolah yang ada di dalam.

Takashi Komuro, sedang santai di balkon atas sekolah melihat kejadian guru di gigit tersebut. Karena kaget dan panik, ia langsung pergi membawa teman wanitanya bernama Rei Miyamoto lari ke atap sekolah di ikuti oleh pacar Rei bernama Hishashi.

Di atas sana ada seorang guru lain yang terinfeksi kemudian menyerang mereka, Hishashi yang berusaha membunuh guru itu malah di gigit dan terinfeksi. Takashi dengan permohonan terakhir oleh sahabatnya Hishashi itu untuk membunuhnya sebagai manusia sebelum menjadi zombie dengan terpaksa membunuh Hishashi namun sayang dengan keadaan ia menjadi zombie.

Rei yang sedih atas kematian pacarnya membenci Takashi karena telah membunuhnya, namun ia akhirnya sadar bahwa Takashi lah satu-satunya yang benar-benar ia butuhkan. Mereka pun akhirnya mencari yang selamat kemudian membentuk kelompok untuk keluar dari sekolah itu dan mencari tempat yang aman.

Lagi-lagi dari segi cerita High School of The Dead memiliki kemiripan dengan Attack on Titan yaitu manusia memangsa manusia. Bedanya manusia di anime ini di merupakan zombie dengan ukuran manusia normal sedangkan Attack on Titan di gambarkan dengan manusia raksasa.

Selain itu, ada sedikit juga kemiripan dengan kedua karakter utama yaitu sifat mereka yang pantang menyerah dan berani. Saya juga ingatkan kepada sahabat Sakuranime bahwa anime ini memiliki unsur ecchi yang lumayan!, jadi jangan terlalu di hayati hehe.

#5. Koutetsujou no Kabaneri

Koutetsujou no Kabaneri

Anime yang baru-baru ini rilis pada Spring 2016 berhasil menjadi salah-satu anime terbaik pada musimnya. Bercerita tentang monster raksasa yang tiba-tiba muncul pada era teknologi yang sudah begitu maju.

Jika di Attack on Titan para raksasa harus di bunuh dengan cara menebas bagian belakang leher, maka anime yang satu ini monster raksasa ini hanya bisa di kalahkan jika di serang tepat di jantungnya itupun dengan lapisan besi yang susah di tembus. Orang yang sudah di gigit oleh monster ini akan berubah mejadi zombie a.k.a Kabane. Hemm saya rasa anime ini terinspirasi dari gabungan Attack on Titan dengan High School of The dead ya, menarik! Sangat menarik! Yah sahabat Sakuranime.

Untuk melindungi diri dari para monster pemangsa ini, jauh di arah timur telah di buat oleh manusia tempat perlindungan guna menghindari monster tersebut. Untuk mencapai tempat yang sangat jauh ini, orang-orang perlu sebuah alat transportasi bertenaga uap yang biasa di sebut dengan Hayajiro. Karakter utama kita.

Ikoma adalah seorang laki-laki yang bertempat tinggal di Station Aragane kemudian ia ikut membantu dalam pembuatan Hayajiro. Karena bakat teknisi yang hebat, ia juga berhasil membuat senjata khusus di buat untuk mengalahkan monster itu di sebut dengan senjata Tsuranukizutsu.

Again and again, dari segi cerita (lagi) pada tahun 2016 ini telah hadir anime dengan cerita yang mirip dengan Attack on Titan di mana manusia kembali bertahan hidup dari monster pemangsa manusia.

Itu tadi rekomendasi utama, nah ada lagi beberapa yang mirip dan sayang jika dilewatkan, diantaranya:

#6. Terra Formas

Terra Formas

Juga mengusung cerita yang mirip dengan Attack on Titan yaitu manusia yang di serang oleh para monster raksasa dengan peluang hidup dan semangat juang yang tipis.

#7. Shidonia no Kishi

Shidonia no Kishi

Suram bagai Attack on Titan, bercerita tentang sekelompok orang terjebak di suatu tempat dengan monster-monster ganas yang siap memangsa.

#8. No. 6

No.6

Bercerita tentang manusia yang berlindung di balik dinding raksasa dari makhluk yang mengancam manusia. Karakter utamanya juga mirip denga Eren dari segi tekad yang sama-sama ingin membunuh para monster di luar dinding itu (rekomended!)

#9. Mushibugyou

Lagi-lagi manusia harus bertahan hidup dari raksasa pemangsa manusia. Jika Attack on Titan memiliki manusia raksasa sebagai pemangsa, maka di anime ini pemangsanya adalah serangga raksasa.

Sekian artikel saya tentang rekomendasi anime yang mirip dengan Attack on Titan. Semoga anime diatas dapat mengisi waktu luang para Sahabat Sakuranime. Saya admin Sakuranime, sampai jumpa pada artikel menarik selanjutnya, terimakasih.

Comments

comments