Ini Dia! 5 Tingkatan Pecinta Anime, Yang Mana Tingkatanmu?

Tingkat Pecinta Anime
Tingkat Pecinta Anime

Sakuranime.com – Anime sudah sangat terkenal baik di Indonesia maupun Dunia. Kali ini Sakuranime ingin berbagi info unik tentang urutan pecinta atau tingkatan pecinta Anime.  Kadang kala para anime lovers ingin membandingkan tingkatan mereka kepada anime lovers lainnya baik sekedar melihat siapa yang senior maupun sekedar gelar semata hehe.

Pada Tingkatan Anime Lovers Saya sendiri mengaku hanyalah anime lovers tingkatan menengah tidak bisa di sandingkan dengan senior yang sudah sangat-sangat “gila” menganggap anime sebagai segalanya dalam hidupnya. Penasaran apa aja sih Tingkatan Anime Lovers dan ciri-cirinya? Yuk kita bahas bersama :

#1. Newbie

Newbie

Kata Newbie tidak hanya di gunakan untuk tingkatan anime lovers namun sering juga di gunakan dalam hal apapun, bisa sebagai Blogger, Programer, Pengusaha dan pekerjaan atau aktivitas lainnya. Newbie berarti Pemula yaitu orang yang baru saja mengenal kegiatan tersebut. Newbie dalam tingkatan anime lovers adalah orang-orang yang tidak memiliki ketertarikan lebih pada anime.

Menonton anime hanya melalui siaran TV lokal yang kebetulan menyiarkan anime, jika mereka mengkoleksi anime, paling hanya anime popular dan terkenal saja seperti SAO, Naruto, One Piece, Fairy Tail dan lainnya. Sedangkan jika mereka “newbie” membaca manga biasanya hanya membaca sekedarnya, hanya mendownload gratis di internet. Mereka hanya tertarik dengan manga yang sudah tamat dan cenderung memilih manga dengan chapter pendek.

Mereka para newbie tidak rela mengeluarkan uang mereka demi anime dan manga yang ingin dia tonton dan di baca. Salah satu ciri-ciri Tingkatan Anime Lovers satu ini adalah ketika Newbie melihat anime yang di putar di Laptop atau HP teman mereka, pasti mereka meminta anime tersebut.

#2. Anime Lovers

Anime Lovers

Saya berada di Tingkatan Anime Lovers satu ini, anime lovers adalah mereka yang sudah mengenal anime jauh dari pada newbie tentunya. Mereka sudah banyak menonton ratusan judul anime dan membaca ratusan manga yang telah rilis.

Anime lovers merupakan orang yang setia menunggu dan terupdate tidak mau ketinggalan berita anime terbaru, setiap episode terbaru dari anime favorit mereka yang rilis setiap minggu dengan cepat akan mereka download bahkan membeli original langsung dari Jepang sana.

Anime Lovers rela bergadang demi menonton anime apalagi sangat penasaran dengan anime yang diikutinya, meski masih tetap memikirikan hidup mereka dan bergaul bersama teman-teman mereka, kadang kala para anime lovers mementingkan animenya dari pada kebutuhan dunia nyatanya (Ini merupakan langkah awal menuju tingkatan Otaku >.<).

Mereka “Anime Lovers” juga aktif di social media dan sering nongkrong di komunitas atau grup yang membahas anime.ciri-ciri anime lovers itu lihat pada Smart Phone atau PC / Laptop mereka, kalian akan menemukan ratusan anime di dalamnya, berbeda dengan Newbie, Tingkatan Anime Lovers lebih memilih mendownload anime sendiri ketimbang meminta kepada temannya.

#3. Otaku

Otaku

Otaku juga bisa dikatakan sebagai tingkat kecintaan kita pada suatu hal di mana mereka benar-benar suka, yang kita bahas kali ini adalah Otaku Anime, Manga dan game. Tingkatan Anime Lovers ini adalah mereka yang benar-benar menanggap anime itu adalah bagian dari hidupnya.

Mereka sudah banyak menonton dan membaca manga ratusan bahkan mencapai ribuan judul, tidak hanya selalu update dengan anime yang diikutinya, hal-hal yang berbau negeri sakura Jepang mereka pasti mengetahuinya apalagi berita yang menyangkut paut tentang anime, manga dan cosplayer. Tidak hanya anime mereka geluti.

Banyak para otaku juga seorang gamers dan kebanyakan game koleksi mereka bertemakan anime seperti game Naruto, Dragon Ball, One Piece dan lainnya. Seluruh penghasilan atau uang yang mereka miliki, sebagian besar uang mereka di pakai untuk keperluan anime dan Jejepangan lainnya. Tidak sedikit juga para Otaku merupakan cosplayer (berdandan seperti karakter anime atau game) yang rela membuat atau membeli costum mereka.

Mereka para otaku tidak perlu di ragukan lagi wawasan mereka tentang anime, ditanya apapun itu yang penting berhubungan dengan anime pasti mereka tahu,  bertanya  tentang nama karakter? Cukup dengan gambar, mereka dapat mengetahuinya dengan cepat.

Otaku hampir 24 jam aktif di social media, biasanya memiliki respon cepat jika kita lagi main chat dengan mereka. Ciri-ciri Otaku, salah satunya adalah jarang keluar rumah terus menetap dikamarnya yang penuh figure anime dan lainnya, sibuk menonton anime dan OL di Social Media bahkan banyak para Otaku itu merupakan NEET (Not Employment Education or Training) artinya orang yang tidak memiliki pendidikan (tidak sekolah) kurang bersosialiasi dan tidak bekerja.

Mereke Otaku dengan status NEET hanya di anggap sampah di Negara Jepang sana. Yang bikin saya sedikit kecewa, ternyata Otaku di Indonesia kebanyakan hanya gelar tanpa wawasan luas tentang anime ditambah mereka mengaku-ngaku sebagai Otaku, berbeda dengan Negara lain, Otaku di Negara lain memiliki wawasan yang luas bahkan ada di antara mereka tidak mau di panggil Otaku dan hanya memilih untuk menjadi Anime Lovers saja.

Ketika di Tanya tentang anime, mereka mengetahui segalanya. Di Jepang sana, para Otaku juga lebih suka menonton anime lewat TV dibandingkan download anime, mereka juga lebih suka membeli DVD original untuk menghargai si pembuat (Tingkatan Anime Lovers patut ditiru).

#4. Nijicon

Nijicon

Nijicon merupakan Tingkatan Anime Lovers yang sudah menyangkut paut tentang cinta, Nijcon adalah orang dengan kecintaan di luar batas pada anime yang mereka sukai. Bahkan sampai-sampai mereka menikahi salah satu karakter dalam anime yang mereka cintai dan sampai-sampai beberapa kasus pernikahan mereka di laksanakan secara resmi >< (saya sendiri kurasa cukup menetap di tingkatan Anime Lovers aja ^-^).

Jika kalian menemukan orang yang mengaku-ngaku sebagai pacar/suami istri dengan karakter anime tercintanya, maka yakinlah dia adalah Nijcon. Soal wawasan tentang anime, manga dan game anime, tidak perlu di ragukan lagi sudah pasti tingkat wawasannya jauh diatas Otaku. Mau nanya apapun, karakter anime? Judul anime? Nomor sepatu karakter anime?

Mereka sudah pasti tahu. Ciri-ciri Nijicon sudah pasti menyukai karakter anime seperti menyukai lawan jenis mereka, eits namun, beberapa Nijicon di komunitas atau grup social media sering kali menyembunyikan kecintaan mereka kepada public, jika sahabat Sakuranime memiliki kecurigaan kepada mereka yang kalian anggap Nijicon, coba deh untuk menanyakan karakter favorit mereka kemudian jelek-jelekkan karakter itu, jika orang itu marah atau kesal (marahnya bentak-bentak tidak marah biasa) berarti dia Nijicon / iseng dulu bro! ^-^.

#5. Hikkikomori

Hikkikomori

Hikkikomori sebenarnya istilah untuk orang yang kurang ( Tidak ) pernah berbaur di lingkungan social, karena kebanyakan Hikkikomori itu seorang anime lovers, makanya banyak orang mengira bahwa Hikkikomori adalah tingkatan anime lovers, yaah anggap saja ini adalah Hikkikomori tipe pecinta anime.

Hikkimori benar-benar tingkatan akhir dari pecinta anime, kenapa tidak? Seluruh hidup mereka “Hikkikomori” hanyalah Anime, manga dan game (anime) tidak ada yang lain dari otak mereka selain A N I M E. Tentu pada tingkatan akhir ini wawasan mereka tidak usah di ragukan lagi, mereka sudah melihat ribuan anime dengan nama karakter masing-masing baik karakter utama, pendukung dan  karakter tidak penting pun mereka hapal mati! Wow!!.

Hikkikomori jarang kita temui di Indonesia, jujur saya sendiri pun belum pernah bertemu dengan orang bertipe Hikkikomori, mungkin di komunitas atau grup asing di luar sana terdapat Hikkimorori. Hikkikomori kebanyakan atau bahkan semuanya merupakan NEET tidak bekerja dan tidak sekolah, namun saya sempat berpikir, jika mereka tidak kerja, dari mana mereka dapat uang untuk membeli anime, manga, figure anime dan lainnya?

Menurut saya, mulai dari Otaku sampai Hikkikomori memiliki kemampuan computer dan interneting yang cukup luas sehingga memungkinkan mereka meraup penghasilan dari internet itu, bisa lewat blog, kerja online atau sejenisnya (pendapat saya yah! ^-^). Ciri-cirinya adalah semua ciri-ciri dari tingkatan sebelumnya ^-^ seperti gak pernah keluar kamar selama berbulan-bulan, keluar pun sesekali jika ada yang penting banget.

Gimana sahabat Sakuranime? Kalian termasuk di Tingkatan Anime Lovers yang mana? Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat serta menambah wawasan Kalian tentunya tentang anime. Nantikan terus artikel keren lainnya yang akan terus di update. Sekian dan Terimakasih.

Comments

comments