6 Rekomendasi Anime yang Mirip Anime Shinsekai Yori

Sakuranime.com – Shinsekai Yori adalah anime yang diadaptasi dari light novel karya Kishi Yusuke. Berlatar Jepang di masa depan dimana beberapa orang memiliki kemampuan telekinesis. Karakter protagonist bernama Watanabe Saki, datang ke akademi sage bersama temannya Satoru, Maria, Shun dan Mamoru.

Selama perjalanan berkemah yang diadakan oleh sekolah, anak tersebut menemukan kebenaran tersembunyi tentang manusia. Ada saat dimana manusia mempunyai kekuatan telekinetic dan menggunakan hal tersebut untuk berbuat kejahatan dan kekerasan.

Anime ini mempunyai cerita dan soundtrack yang memorable, sehingga hal tersebut akan terus terngiang-ngiang di kepala kita. Banyak para penikmat anime yang mencari-cari anime lain yang mirip dengan anime ini.

Dibawah ini ada daftar 6 anime yang bisa dibilang mirip dengan Shinsekai Yori, Sakuranime berusaha memilih anime yang benar-benar mirip dari segi suasana dan tema, aspek pertimbangan yang tidak boleh ketinggalan adalah dunia di masa depan, fenomena supranatural dan pertemuan dengan spesies yang berbeda. Mari kita simak!!

#6. Psycho-Pass

Psycho-Pass

Berlatar Jepang di masa depan, saat dimana sistem Sibyl yang menentukan Psycho-Pass, level kecenderungan setiap orang untuk berbuat criminal. Sistem Sybil mencegah kejahatan terjadi dengan cara men-scan setiap orang dan mengurutkan kadar niat mereka untuk berbuat kejahatan.

Karakter protagonist disini bernama Kogami Shinya, ia bersama rekannya Tsunemori Akane menemukan sebuah kerusakan pada pengukur system Sibyl.

Psycho-Pass dan Shinsekai Yori, keduanya memilih perspektif dalam masyarakat yang sempurna, dimana penjahat dan siapa saja yang tidak berpegang teguh pada peraturan akan dibuat menghilang. Keduanya juga punya unsur supranatural, tapi Psycho-Pass lebih ke action dan thriller, yang mana suasananya lebih gelap dan misterius.

Jika di Shinsekai Yori kamu menyukai aspek supranatural dan pencarian kebenaran tersembunyi, di Psycho-Pass kamu akan lebih merasakan adegan aksi dan situasi yang rumit. Keduanya memberikan sensasi dan tingkat ketegangan yang begitu tinggi, kamu tidak akan kecewa. Jadi, apa yang kamu tunggu?

#5. Nagi No Asakura

Nagi No Asakura

Ada saatnya dimana semua manusia tinggal di bawah laut. Cerita ini membawa kita ke realitas yang berbeda, ada manusia yang tetap hidup di bawah laut dan ada pula mereka yang memilih untuk berpindah ke daratan.

Keempat karakter protagonist Hikari, Manaka, Chisaki dan Kaname, mereka meninggalkan laut dan berpindah ke daratan untuk dapat bersekolah.

Disana mereka bertemu dengan Tsumugu, keempat karakter protagonist tersebut akan menghadapi permusuhan antara orang yang berasal dari laut dengan mereka yang hidup di daratan. Anime ini memfokuskan pada kehidupan karakter dengan nuansa drama dan romance.

Shinsekai Yori maupun Nagi no Asakura mempunyai karakter yang masih muda, unsur fantasi, hubungan yang rumit dan perlawanan terhadap orang yang dianggap “berbeda”.  Nagi no Asakura tidak menyiratkan suasana kelam seperti di Shinsekai Yori.

Kamu akan menyadari bahwa keduanya memperlihatkan desain karakter yang mirip. Keduannya juga menceritakan tentang bentrokan antara spesies yang berbeda. Tapi tentu saja Nagi no Asakura memiliki suasana lebih “cerah” daripada Shinsekai Yori.

Jadi jika kamu perlu istirahat dengan cerita yang dramatis dan penuh teka-teki, Sakuranime pikir anime ini adalah pilihan yang tepat.

#4. Shiki

Shiki

Shiki merupakan anime adaptasi dari manga yang digambar oleh Fujisaki Ryu, dan manga tersebut juga merupakan adaptasi dari sebuah light novel horror karya Fuyumi Ono. Di sebuah desa bernama Sotoba, saat musim panas ada sebuah keluarga yang baru pindah ke kastil di atas bukit.

Setelah kejadian itu ada banyak penduduk yang meninggal tanpa alasan yang logis. Ozaki Toshio, seorang dokter di desa tersebut berpikir bahwa kejadian tersebut disebabkan oleh sebuah wabah penyakit.

Namun faktanya lebih buruk daripada itu, keluarga misterius yang baru saja pindah tersebut adalah sekelompok vampire. Tujuan mereka adalah membuat desa hantu yang penuh dengan vampire dan menjadi penguasa di sana.

Yahh, ceritanya tampak seram, Shiki mempunyai suasasa yang begitu gelap dan seram serta misterius sama seperti Shinsekai Yori. Keduanya punya unsur supranatural dan perlawanan manusia terhadap spesies yang berbeda.

Baik Shiki maupun Shinsekai Yori berlatar di sebuah tempat terpencil yang damai. Unsur supranatural keduanya juga kuat, Shinsekai Yori dengan anak kecil yang mempunyai kemampuan telekinesis sedangkan Shiki dengan vampire yang membayangi kehidupan manusia. Didukung dengan konflik yang rumit, kamu tidak akan mau ketinggalan untuk menontonnya.

#3. Kamisama Dolls

Kamisama Dolls

Kuga Kyohei baru saja kembali dari Tokyo ke desa untuk menyelamatkan diri dari sebuah kejadian buruk yang terjadi di sana. Suatu hari, ia menghabiskan malam dengan minum-minum bersama tetangga dan teman sekelasnya, Hibino.

Kemudian di malam yang sama, mereka menemukan sesosok mayat di lift. Adik Kyouhei, Utao, memberitahunya bahwa pembunuh dari mayat tersebut adalah temannya sejak kecil, Aki dan bonekanya. Apa rahasia dibalik desa tempat karakter utama tersebut berasal?

Di Kamisama Dolls, karakternya punya kekuatan supranatural dan berbahaya sama seperti Shinsekai Yori. Keduanya menampilkan kesan haus darah dan rahasia tersembunyi yang terjadi di masa lalu. Di Kamisama Dolls, kehidupan yang tenang dan damai berubah karena suatu pembunuhan.

Karakter protagonistnya seperti punya sesuatu yang lain, sebuah boneka yang dapat ia kendalikan dengan pikirannya. Anime ini mengingatkan kita pada Shinsekai Yori, tapi suasana gelapnya lebih kuat dan mistis.

Lebih dari itu, Kamisama Dolls memberikan ketegangan yang begitu kuat sama seperti Shinsekai Yori, namun juga ada momen-momen yang lucu.

#2. Ergo Proxy

Ergo Proxy

Re-I, seorang cucu dari raja yang tinggal di kota Romdo, sebuah kota yang dikelilingi oleh kubah. Setelah bencana ekologis mengubah struktur tanah, hidup di luar kubah tersebut adalah tidak mungkin. Seorang humanoid yang disebut Autoreivs dibuat untuk menyembuhkan manusia.

Namun android tersebut lebih dulu terinfeksi Virus Cogito, sebuah virus yang membuatnya mulai merasakan emosi dan mempunyai kesadaran sendiri. Apa yang terjadi saat Autoreivs mulai membunuh manusia?

Kita menemukan satu lagi anime yang mirip dengan Shinsekai Yori, tentang manusia yang mengalami bentrokan dengan mereka yang bukan manusia, seorang android. Keduanya menggunakan ide tentang utopia (dunia yang sempurna) dan karakter protagonist keduanya adalah perempuan.

Berlatar dunia di masa depan yang secara perlahan berubah menjadi tempat yang tidak menyenangkan serta menakutkan. Jadi, jika kamu menyukai anime Sci-fi dan cerita tentang kehancuran, Ergo Proxy adalah pilihan yang tepat.

Pikirkan tentang hal tersebut, bagaimana jika sebuah utopia tempat dimana kamu tinggal runtuh?

#1. Kiseiju : Sei no Kakuritsu

Kiseiju : Sei no Kakuritsu

Di sebuah dunia yang aman dan damai, tiba-tiba parasite menginvasi bumi dan berusaha masuk ke tubuh manusia untuk mengendalikan otak mereka.

Izumi Shinichi merupakan seorang murid SMA, suatu malam ada parasite yang ingin mengambil alih tubuhnya yang masuk melalui telinga, namun tak berhasil karena Shinichi menghentikannya entah bagaimana caranya.

Parasit tersebut terlalu lemah untuk melawan ataupun meloloskan diri, akhirnya ia terperangkap di tangan kanan Shinichi.

Awalnya sangat sulit bagi Sinichi untuk beradaptasi, namun seiring berjalannya waktu ia mulai belajar tentang parasite. Sedangkan Migi, begitulah Shinichi memanggil Parasit dalam dirinya, akan terus belajar mengenai manusia.

Bagaimanapun setelah Migi tidak berhasil mengontrol otak Shinichi, hal itu menarik perhatian parasite lain. Shinichi harus bersiap menghadapi perubahan yang besar dan tak dapat dihindari.

Ini adalah rekomendasi anime yang terakhir, Sakuranime akan coba memberikan anime yang memiliki suasana lebih “cerah” daripada sebelumnya. Di Shinsekai Yori karakter protagonist harus berhadapan dengan monster, dan di Kiseiju, Shinichi harus berhadapan dengan parasite.

Tapi apakah spesies yang berbeda tersebut hanya mencoba untuk berkomunikasi? Apakah mereka murni seorang “iblis” tanpa belas kasihan? Jika kamu ingin tahu, jangan lewatkan untuk menonton Kiseiju.

Read More! 11 Sumber Kekuatan Paling Aneh di Anime, No.3 Ngakak Abis!

Yahh itulah 6 anime yang Sakuranime kira cukup mirip dengan Shinsekai Yori, semoga list tersebut cukup untuk memuaskan kalian. Sakuranime pilih anime yang benar-benar mirip terutama dari aspek suasana dan ide cerita. Jadi jika kamu suka anime dengan suasana yang sedikit gelap, atau sesuatu yang berkaitan dengan alien dan sebagainya, kamu wajib mencoba list anime diatas.

Comments

comments