25 Anime Mecha Terbaik Paling Keren Plihan Sakuranime

Anime Mecha Terbaik | The Best Mecha Anime of All Time
Anime Mecha Terbaik | The Best Mecha Anime of All Time

Sakuranime.com – Mecha merupakan salah satu genre dalam anime yang cukup populer. Setelah action dan romance, genre mecha menjadi kandidat kuat sebagai genre paling dicari setelah dua genre populer tadi. Genre mecha memiliki perbedaan besar dengan genre lain dimana memperlihatkan aksi robot didalamnya. Baik itu TV series atau movie, mecha selalu menghadirkan sesuatu yang beda.

Jadi buat kamu yang suka anime tentang robot-robotan, genre mecha cocok banget buat kamu dan kali ini, Sakuranime akan membahas rekomendasi anime mecha terbaik buat kamu tonton. Anime mecha sendiri memiliki ciri khas khusus, seperti adanya robot atau pertempuran antar galaksi. Kebanyakan memang dipadukan dengan genre space.

Tahu tidak? Sebenarnya genre mecha ini populer banget di masa-masa dulu, bahkan sampai sekarang masih tak pudar meski kemunculan anime keren dari berbagai genre. Nah Buat teman-teman yang sedang mencari refrensi nonton genre mecha, berikut ini adalah daftar anime genre mecha terbaik versi Sakuranime.

#25. Tengen Toppa Gurren Lagann

Tengen Toppa Gurren Lagann

Anime action mecha terbaik ini memiliki kisah yang menarik dan tak heran, anime ini memiliki rating yang tinggi. Berkisah tentang Simon dan Kamina lahir dibesarkan di sebuah desa bawah tanah yang tersembunyi.

Kamina adalah sosok berjiwa bebas yang bertekad memberi nama untuk dirinya sendiri, sementara Simon adalah pemuda yang tidak memiliki aspirasi nyata. Suatu hari saat menggali tanah, Simon bergerak ke benda misterius yang ternyata merupakan kontak kunci artefak perang kuno, duo Lagann dubs.

Dengan menggunakan senjata baru mereka, Simon dan Kamina menangkis serangan mendadak dari permukaan dengan bantuan Yoko Littner, seorang gadis berambut merah yang memegang senjata besar.

#24. Neon Genesis Evangelion

Neon Genesis Evangelion

Anime ini adalah anime mecha lawas yang sangat populer. Ceritanya sendiri sangat menarik dengan genre mecha yang kuat. Pada tahun 2015, dunia berada di ambang kehancuran. Harapan terakhir manusia terletak di tangan Nerv, sebuah badan khusus di bawah Perserikatan Bangsa-bangsa.

Evangelion, raksasa yang mampu mengalahkan Malaikat yang menggembar-gemborkan Bumi. Gendou Ikari, kepala organisasi, sedang mencari pilot yang bisa melakukan sinkronisasi dengan Evangelion. Membantu dalam usaha defensif ini, personel berbakat Misato Katsuragi ( Chief Operating Tactical ) dan Ritsuko Akagi ( Chief Scientist ) ikut membantu.

Kehidupan Shinji Ikari selama 14 tahun  ini berubah saat ia dibawa ke Nerv dan menjadi sebuah takdir menjadi seorang pilot Evangelion, Unit-01 dengan nasib umat manusia di pundaknya.

#23. FLCL

FLCL

Naota Nandaba adalah anak kelas enam biasa yang tinggal di kota yang biasa-biasa saja. Setelah saudaranya Tasuku meninggalkan kota untuk bermain bola basket di Amerika, Naota terus menjaga apa yang ditinggalkan Tasuku.

Semuanya berubah dari damai menjadi penuh tangtangan saat pertemuannya dengan Haruko Haruhara, psikopat berambut panjang ini menyeret Naota kedalam pertempuran terbesar di Bumi atau bahkan seluruh alam.

#22. Full Metal Panic!

Full Metal Panic!

Dilengkapi dengan persenjataan canggih dan pasukan khusus, sebuah organisasi militer swasta bernama Mithril berusaha untuk memadamkan terorisme dunia dan semua ancaman terhadap perdamaian di bumi. Organisasi ini didukung oleh Whispered, individu dengan pengetahuan luar biasa untuk menciptakan perangkat dan mesin hebat.

Sousuke Sagara, seorang sersan 17 tahun yang bekerja untuk Mithril, ditugaskan untuk melindungi Kaname Chidori. Dia diperintahkan untuk masuk ke SMA dan sedekat mungkin dengan Chidori demi mencegahnya jatuh ke tangan musuh dan berbaur dengan teman sekelas mereka tanpa mengungkapkan identitas aslinya.

Sousuke yang tumbuh di medan perang dan sedikit pengetahuan tentang gaya hidup SMA harus beradaptasi dengan kehidupan sekolah untuk melindungi Kaname. Namun, pasukan musuh mulai bergerak dan Sousuke mengetahui bahwa musuh yang datang untuk Kaname jauh lebih berbahaya dari perkiraannya.

#21. Aldnoah.Zero

Aldnoah.Zero

Rekomendasi anime bergenre mecha terbaik berikutnya memiliki cerita yang benar-benar menarik. Bisa dibilang anime ini adalah anime mecha dengan cerita terbaik dalam daftar ini. Poin lebihnya adalah action mechanya yang keren serta alur cerita yang susah ditebak.

Penemuan hypergate di Bulan memungkinkan manusia untuk melakukan teleport ke Mars. Mereka yang memilih untuk tinggal di sana menemukan sebuah teknologi yang jauh lebih maju daripada di bumi yang mereka beri nama “Aldnoah.” Penemuan ini mengarah pada berdirinya Kekaisaran Vers di Mars dan sebuah deklarasi perang melawan Terrans yang tinggal di bumi.

Namun, pertempuran yang disebut “Heaven’s Fall” itu menyebabkan hypergate meledak, menghancurkan bulan dan membuat Bumi dan Mars saling berselisih paham sampai akhirnya berujung perang. Lima belas tahun kemudian, murid SMA Inaho Kaizuka mengetahui rencana pembunuhan berencana Putri Allseum yang datang ke Bumi untuk memperbaiki hubungan antara Bumi dan Mars.

Karena itulah Gencatan senjata tak bisa dihindari dan orang-orang Mars mengumumkan perang terhadap Terrans sekali lagi. Dalam menghadapi musuh yang tak dapat diatasi ini, Inaho dan teman-temannya sekarang harus berjuang melawan Kekaisaran Vers untuk menyelesaikan perang sekali lagi dan untuk selamanya.

#20. Ghost in the Shell

Ghost in the Shell

Pada tahun 2029, kemajuan dalam Sibernetika memungkinkan orang mengganti hampir seluruh bagian tubuh dan organ mereka dengan robotika. Melalui prosthetics ini, yang lemah dibuat kuat dan yang sekarat diberi kehidupan baru. Bagian Keamanan Publik dari Kota Niihama harus menyelidiki kasus-kasus korupsi dan terorisme karena kehadiran prosthetics ini.

Mayor Motoko Kusanagi memiliki prosthetics tubuh penuh, karena kecelakaan masa kecilnya. Dia telah diberi tugas penting untuk menyelidiki seorang hacker yang dikenal sebagai “The Puppetmaster.” Yang membawanya ke pusat segala macam masalah.

#19. Eureka Seven

Eureka Seven

Meski termasuk anime yang sudah lama, cerita dari anime menarik sekali. Rekomendasi juga untuk kamu yang mencari anime mecha romance terbaik, Eureka Seven cocok banget buat kamu tonton.

Di sebuah kota terpencil, tinggallah seorang anak laki-laki berusia 14 tahun bernama Renton Thurston. Dia ingin meninggalkan rumahnya dan bergabung dengan kelompok yang dikenal dengan sebutan Gekkostate agar menemukan sebuah petualangan untuk ia lebih bisa menikmati hidup.

Namun sang kakek ingin ia menjadi mekanik seperti kakeknya dan tekanan warisan almarhum ayahnya. Semua berubah ketika Negara api menyerang ( LOL ) maksudnya, saat benda tak diketahui macet melalui garasi Renton. Ia bertemu dengan Light Finding Operation-robot yang mampu mengendarai gelombang Trapar dikenal sebagai tipe Nirvash ZERO.

Pilot itu adalah seorang gadis muda bernama Eureka, anggota Gekkostate yang meminta tune up untuk Nirvash. Pertemuan mereka memicu keterlibatan Renton dengan Gekkostate saat ia melakukan perjalanan dengan Eureka sebagai co-pilot Nirvash.

#18. Mobile Suit Gundam Series

Mobile Suit Gundam

Cerita bermula, umat manusia telah pindah ke ruang angkasa. Salah seorang dirinya sebagai “Raja Zeon” dan mengumumkan perang terhadap Federasi Bumi, badan pemerintahan yang sekarang memerintah Bumi.

Dengan menggunakan robot humanoid kuat yang dikenal sebagai Mobile Suit, Zeon dengan cepat mendapatkan keunggulan. Sembilan bulan konflik berlangsung, Federasi Bumi telah mengembangkan sebuah Mobile Suit yang kuat disebut Gundam.

Ketika Zeon melancarkan serangan ke sebuah koloni yang memegang Gundam, seorang warga sipil 15 tahun bernama Amuro Ray tiba-tiba terlempar ke dalam sebuah konflik tak berujung.

#17. Sidonia no Kishi

Sidonia no Kishi

Setelah menghancurkan Bumi bertahun-tahun yang lalu, ras alien Gauna telah mengejar manusia yang masih hidup dan melarikan diri melintasi galaksi. Anime Sidonia no Kishi mengikuti Tanikaze saat ia menemukan dunia yang telah mati, terus bertahan hidup dan menjadi pahlawan yang dibutuhkan Sidonia.

#16. Kakumeiki Valvrave

Kakumeiki Valvrave

Manusia telah berhasil berkembang ke luar angkasa dan mulai tinggal di Galaksi. Namun sayangnya perang tak ada henti-hentinya bahkan sampai keluar angkasa dengan dua Negara raksasa sebagai pelakunya, Koloni Amerika ( ARUS ) dan Dorssian.

Di era yang dilanda perang ini, Jepang dan Kepulauan Oseanik ( JIOR ) berada dalam keadaan damai dan sejahtera secara ekonomi, mempertahankan tingkat netralitas di antara mereka dan tetangga-tetanga mereka.

Cerita anime Kakumeiki Valvrave bermula di mana kehidupan damai Haruto Tokishima berusia 17 tahun menjadi kacau karena armada Dorssian tiba-tiba melanggar sebuah koloni netral. Tujuan mereka adalah untuk merebut Valvraves, senjata mekanis yang kuat namun dirumorkan tersembunyi jauh di dalam sekolah Haruto, Sakimori Academy.

#15. Macross Series

Macross Series

Berkisah awal, setelah sebuah pesawat antariksa misterius menabrak Bumi, manusia menyadari bahwa mereka tidak sendiri. Takut akan ancaman dari luar angkasa, dunia menghapus nasionalisme, kepentingan dan perbedaan budaya mereka. Pasukan PBB yang baru terbentuk memutuskan untuk membentuk pesawat ruang angkasa bernama SDF-1 Macross.

Sayangnya, pada hari penerbangan pertamanya, sebuah armada pesawat asing yang dikenal sebagai Zentradi turun ke bumi dan SDF-1 Macross bertindak atas kemauannya sendiri dan akhirnya terperangkap dalam perang antariksa.

Hikaru Ichijou, seorang pilot yang berjiwa bebas dan Minmay Lynn, seorang idola dengan cita-citanya menjadi idol terbaik. Bersama dengan perwira Macross, mereka mengalami perjalanan epik yang penuh dengan drama saat mereka memulai perjalanan kembali ke Bumi.

#14. RahXephon

RahXephon

Pada tahun 2012, Jepang diserang oleh Mu, manusia dari dimensi lain dengan darah biru. Pada tahun 2015, Tokyo diserang oleh pemberontak bernama Dolem. Selama kekacauan, Ayato Kamina bertemu Reika Mishima yang merupakan teman kelasnya.

Pada hari yang sama, ia diserang oleh seorang pejabat pemerintah namun seorang wanita bernama Haruka datang untuk menyelamatkannya. Memberitahukan kepadanya bahwa dia dikirim oleh Organisasi TERRA dan akibat dari semua kekacauan, Tokyo pun ditutup.

#13. Bokurano

Bokurano

15 anak, 8 anak laki-laki dan 7 perempuan sedang menikmati perkemahan musim panas mereka dan tiba-tiba menemukan sebuah gua di tepi laut. Ketika mereka memasuki tempat misterius itu, mereka menemukan sebuah ruangan yang penuh dengan computer dan juga seorang pria bernama Kokopelli.

Dia mengaku sedang mengerjakan sebuah game yang melibatkan robot raksasa yang telah dirancang untuk melindungi Bumi dari 15 invasi alien yang berbeda. Kokopelli belum bisa menguji gamenya, jadi dia membujuk semua kecuali satu anak laki-laki untuk menandatangani kontrak dalam apa yang dia klaim akan menjadi petualangan yang menyenangkan.

#12. Tenkuu no Escaflowne

Tenkuu no Escaflowne

Hitomi Kanzaki hanya seorang anak sekolahan biasa berusia 15 tahun dengan minat pada kartu ramalan. Tapi suatu malam seorang anak laki-laki bernama Van Fanel tiba-tiba muncul dari langit dengan seekor Naga jahat. Hitomi dan Van akhirnya berhasil membunuh naga tersebut, namun sebuah cahaya muncul dan menerangi mereka berdua.

Akibatnya, Hitomi terlempar ke Gaea, sebuah daratan misterius dimana Bumi menggantung di langit. Di tanah baru ini, Hitomi tahu bahwa Van adalah seorang pangeran Kerajaan Fanelia, yang sedang diserang oleh kerajaan jahat, Zaibach. Kelanjutan dari anime ini bagus banget. Banyak scene yang susah ditebak dengan genre mecha yang kental sebagai poin lebih.

#11. Isekai no Seikishi Monogatari

Isekai no Seikishi Monogatari

Dengan teleport misterius dari Bumi, Kenshi Masaki terlibat dengan organisasi misterius yang disebut Geminar, di mana pilot mecha pria sangat jarang ditemukan. Dengan janji kembali ke rumah, anak berusia 15 tahun tersebut setuju untuk mengenakan jas mecha yang disebut Sacred Mechanoid dan membunuh penguasa Kekaisaran Shtrayu, Lashara Earth XVIII.

Namun, hal itu tidak berjalan sesuai rencana, Kenshi malah ditawanan oleh Lashara di kapal selamnya. Setelah mengetahui keadaan Kenshi, Lashara menawarinya kesempatan untuk menebus dirinya dengan sebuah pekerjaan. Dia harus menjadi budak, namun diberi kesempatan dapat meggunakan setelan mecha sekali lagi. Buat kamu yang suka anime mecha harem, anime ini bagus banget.

#10. Samurai 7

Samurai 7

Di masa depan yang jauh, di planet yang disebut bumi, ada perang antara samurai yang melakukan mekanisasi terhadap tubuh mereka. Setelah perang panjang, orang-orang menikmati kedamaian setelahnya.

Menghadapi kelaparan dan penculikan oleh bandit mekanis yang menakutkan ( Nobuseri ), para petani di Desa Kanna memilih untuk menyewa samurai untuk perlindungan. Kirara, Komachi dan Rikichi berangkat untuk menyewa samurai dengan tak  memiliki apa-apa selain beras dari panen mereka yang sedikit.

Melalui pertemuan yang berbahaya dan sedikit keberuntungan, 7 samurai spesialisasi, kuat, ahli dan perpengalaman berhasil dikumpulkan untuk sebuah pertarungan epik melawan bandit dan pedagang yang serakah.

#9. Heavy Object

Heavy Object

Anime ini keren banget, tak heran anime ini masuk jajaran anime dengan genre mecha terbaik 2015. Bercerita tentang kehidupan dimana perang tak dibutuhkan yang harus terjadi pertumpahan darah. Semuanya telah dilakukan dengan mecha raksasa yang disebut dengan Object. Fokus pada Quenser, murid dengan cita-cita tinggi menjadi desainer Object yang berpengaruh.

#8. Aquarion Evol

Aquarion Evol

Anime mecha keren satu ini memiliki cerita yang benar-benar seru dengan adegan pertarungan epic yang akan kamu temukan. 12.000 tahun setelah kejadian Genesis Aquarion, manusia hidup di bintang Vega di bawah ancaman makhluk trans-dimensional yang disebut Abductors. Musuh-musuh ini berasal dari bintang adik Vega Altair dan menyerang manusia di Vega.

Sebagai pembalasan, sebuah organisasi yang dikenal sebagai Neo-DEAVA dibentuk untuk memerangi hal tersebut. Mereka menempelkan setelan mecha canggih yang disebut Aquaria. Kejadian tak terduga saat mecha Abductor bergabung dalam keributan tersebut. Mikono dan Amata, dua remaja ini diseret ke dalam bahaya.

#7. Heroic Age

Heroic Age

Ketika Golden Race mengundang ras lain untuk bergabung dengan mereka di bintang-bintang, tiga ras menjawab panggilan mereka. Goldens menyebut mereka sebagai Bronze, Silver dan Heroic Tribes. Tepat sebelum Golden Race pergi ke galaxy lain, sebuah perlombaan keempat muncul, berjalan ke puncak pencapaian mereka masing-masing. Mereka menamai umat manusia dari Iron Tribes.

Seiring berjalannya waktu, umat manusia menderita di tangan ras yang lebih dominan dan sekarang menghadapi era kepunahan. Setelah ramalan yang ditinggalkan oleh Golden Race, Putri Deianeira pergi mencari makhluk kuat yang bisa menyelamatkan umat manusia dan akhirnya bertemu dengan anak laki-laki di sebuah planet asing.

#6. Vandread

Vandread

Teknologi telah memungkinkan manusia untuk menjajah seluruh galaksi Bima Sakti dan dalam satu sistem bintang, pria dan wanita tinggal di dua planet yang berbeda, Taraak dan Mejere. Perang membuat manusia sampai pada titik di mana mereka tidak lagi melihat satu sama lain sebagai spesies.

Hibiki Tokai, laki-laki dari Taraak terjebak dalam sebuah kapal perang setelah mencoba mencuri robot namun gagal. Ia tak tertangkap sendiri, seorang gadis Mejere ikut terlibat dan mereka harus mencari cara agar bebas dan dapat pulang kembali ke rumah mereka.

#5. Break Blade

Break Blade

Nah kalau yang ini tak perlu ribet keluar angkasa segala. Seluruh latar terjadi di bumi dengan cerita yang dramatis, action keren dan sedikit romance. Di benua Cruzon, sebuah perang antara kerajaan Krishna dan orang Athena akan terjadi.

Orang-orang di Negara ini bisa menggunakan Quartz untuk tujuan apapun yang mereka inginkan. Tapi satu orang bernama Rygart Arrow, tidak. Dia bukan penyihir, hanya seseorang yang tidak bisa menggunakan Quartz. Tapi ia special, ia dapat menggerakkan Golem kuno ( Robot mecha ) yang cukup kuat untuk menghadapi tentara yang menyerang Athena.

#4. Gun x Sword

Gun x Sword

Van, seorang pendekar pedang kurus sedang dalam perjalanan untuk membunuh orang yang membunuh tunangannya. Satu-satunya ciri pelaku yang ia kantongi adalah si pembunuh memiliki cakar dilengannya, si pembunuh dikenal dengan The Claw Man. Selama perjalanannya, Van kebetulan melewati kota Evergreen dan bertarung dengan bandit.

Di sinilah Van bertemu dengan Wendy Garret, seorang gadis pemalu yang sedang mencari adik laki-lakinya yang diculik. Ternyata si The Claw Man ini ada sangkut pautnya dengan adik Wendy yang diculik. Karena itulah, Van dan Wendy memulai petualangan mencari kitab suci ke barat ( LOL ) maksudnya, mencari si The Claw Man.

#3. Buddy Complex

Buddy Complex

Seorang siswa SMA biasa, Aoba Watase tiba-tiba menjadi sasaran robot raksasa yang dikenal dengan Valiancer. Namun ia diselamatkan oleh teman sekelasnya yang misterius, Hina Yumihara. Setelah mengungkapkan bahwa ia dan musuh robot tadi berasal dari masa depan, Hina tiba-tiba mendorong Aoba 70 tahun ke depan untuk mencegah kematiannya.

Setelah tiba, Aoba berada di kokpit Valiancer yang disebut Luxon di tengah baku tembak antara militer Aliansi FPA dan Republik Zogilia. Meskipun Aoba mampu bertahan dalam pertempuran tak terduga ini, dia dibawa ke tahanan oleh FPA Cygnus yang ingin menginterogasinya. Secara tak sadar, si tokoh utama kita terlibat masalah untuk menyelamatkan umat manusia.

#2. Cross Ange: Tenshi to Ryuu no Rondo

Cross Ange: Tenshi to Ryuu no Rondo

Putri Angelise Ikaruga Misurugi hidup damai sebagai seorang putri kerajaan Misurugi. Ia cantik, berbakat, atletis dan dicintai oleh bangsanya. Kerajaannya damai berkat penggunaan kekuatan perwujudan teknologi yang sangat maju yang dikenal sebagai Mana.

Namun, kebahagian yang Angelise rasakan tiba-tiba hilang saat ia mengetahui ia adalah Norma, orang yang tak bisa menggunakan Mana dan dapat menghancurkan Mana. Sama seperti Norma lainnya, Angelise ditangkap dan diusir dari kerajaan bahkan statusnya sebagai Putri kini hilang dan harus kehilangan ibunda satu-satunya.

Kini ia dipaksa bekerja sebagai tentara untuk melawan Naga yang muncul dari dimensi lain yang bermarkas di kamp. tahanan Arzenal dan menerbangkan robot yang disebut Paramail. Untuk bertahan hidup, Angelise harus menyesuaikan diri dengan beberapa aspek di kehidupan barunya itu.

#1. Code Geass Series

Code Geass Series

Anime ini direkomendasikan banget untuk kamu yang mencari genre mecha dengan cerita yang menarik dan tak terduga-duga. Pada tahun 2010, Holy Britannian Empire menyebut dirinya sebagai Negara militer yang dominan di dunia, dimulai dengan penaklukan Jepang dan mengganti nama wilayah Jepang menjadi area 11.

Setelah mengalami kekalahan yang cepat, Jepang tak mau kalah dan beberapa teroris yang sebenarnya orang Jepang berkumpul dan menantang Kerajaan Britannia dengan harapan dapat merdeka.

Lelouch Lamperouge, pangeran Britannia yang diasingkan dan suatu hari, ia terjebak dalam baku tembak antara angkatan bersenjata kedua Negara. Dia bisa lolos, berkat seorang gadis misterius bernama C.C. yang memberinya Geass “The Power of Kings”.

Menyadari potensi besar dari Geass yang dapat memberi perintah mutlak pada manusia hanya dengan melihat matanya, Lelouch memulai petualangan dengan menyamar sebagai Zero, pemimpin cerdas serangan tanpa ampun terhadap Britannia untuk membalas dendam sekali dan untuk selamanya. Code Geass memiliki beberapa seri dan season, jadi pastikan nonton semua.

Read More! Anime Genre Kids Terbaik Cocok untuk Anak-Anak!

Menarik bukan? Banyak yang bilang anime bertema mecha sangat membosankan, tapi cobalah untuk menonton Code Geass, dijamin kamu tak akan berkata bosan lagi. Itulah rekomendasi anime mecha terbaik yang Sakuranime bahas kali ini, sampai jumpa di pembahasan genre lainnya dan terimakasih sudah membaca minna-san!

Comments

comments