10 Fakta Menarik Tentang Anime yang Belum Kamu Ketahui

Sakuranime.com – Bahkan jika kalian telah menonton lebih dari 1.000 judul anime bukan berarti kalian tahu segalanya tentang anime. Ada banyak hal tentang anime baik kecil maupun besar yang tersembunyi dari dunia luar dan hanya diketahui segelintir orang. Jadilah “segelintir orang” tersebut dengan membaca daftar 10 fakta tersembunyi tentang anime yang belum kamu ketahui.

#1. Anime Terpengaruh Gaya Disney

Astro Boy Terinpirasi dari Disney

Anime memang punya ciri tersendiri, baik dari art, visual maupun story. Jika ditelusuri ke belakang semua itu akan berujung ke 1 orang, yaitu Osamu Tezuka. Para penerusnya sekarang tentu terpengaruh oleh gaya sang masterpiece, namun beliau tidak menciptakan gaya tersebut sendiri.

Ia juga terpengaruh kartun Disney di masanya seperti  Bambi dan Mickey Mouse. Jika kita lihat, karya beliau seperti Astro Boy tampak terpengaruh gaya Disney.

#2. Space Brother adalah Anime Pertama yang Memiliki Suara dari Luar Angkasa

Space Brother

Space Brother adalah sebuah anime yang menceritakan tentang dua anak laki-laki yang bercita-cita menjadi astronot. Dalam episode 31 ada rekaman suara yang benar-benar diambil saat di luar angkasa. Akihiko Hoshide melakukan sesi rekaman tersebut saat berada di ISS (International Space Station) [yang asli ya].

#3. Anime Terpanjang Hingga Sekarang Telah Mencapai 7.400 Episode

Sazae-chan

Kalian pikir One Piece dengan 780+ episode atau Detective Conan dengan 800+ episode adalah anime terpanjang yang sedang berjalan? Tidak!! Gelar tersebut hanya pantas ditujukan kepada Sazae-chan yang hingga kini telah mencapai 7400+ episode dan masih terus berlanjut.

Jika kalian merasa tidak adil karena Sazae-chan hanya berdurasi 6 menit setiap episodenya, masih ada Nippon Mukashibanashi yang telah mencapai 1400+ episode dengan durasi 25 menit/episodenya.

#4. Anime Merupakan Tempat Meletakkan Iklan yang Strategis

Pizza Hut di Code Geass

Saat kalian menonton sebuah kartun, mungkin kalian sekilas melihat beberapa merk dagang muncul disana. Begitu juga dengan anime, beberapa dari mereka merupakan tempat untuk mempromosikan merk dagang tertentu. Sebut saja Pizza Hut yang sering muncul di Code Geass, atau Doritos dan Kirin bir yang sering muncul di Evangelion Rebuild.

#5. Nama Studio Ghibli Berasal dari Pesawat Terbang

Ghilbi Airplane and Ghilbi Studio

Studio Ghibli merupakan salah satu produsen anime paling terkenal, namun tahukah kalian apa arti nama studio Ghibli? Jika kalian salah satu orang yang tahu banyak hal tentang perang dunia II maka mungkin kalian akan langsung menyadarinya. Ya, sebuah pesawat Caproni Ca. 309 pada era WW II Italia dijuluki sebagai Ghibli.

#6. Nama Gundam Merupakan Perpaduan “Gun” dan “Freedom”

Gundam

Gundam merupakan salah satu anime paling sukses hingga sekarang, menurut Bandai South Asia judul sebenarnya dari anime ini adalah “Gundom” yang merupakan gabungan dari kata “gun” dan “freedom”. Namun sang creator, Yoshisuki Tomino mengubahnya menjadi Gundam.

#7. Shingeki no Kyojin Terinspirasi dari Seorang Pria Mabuk

Attack on Titan

Saat Hajime Isyama, sang mangaka Shingeki no Kyojin berada di sebuah warnet, ia bertemu dengan seorang pria yang sedang mabuk. Saat ia bertemu dengan orang itu, ia memahami bagaimana sulitnya berkomunikasi dengan seseorang walaupun berasal dari spesies yang sama. Selain itu Isyama-sensei juga sadar bahwa hewan yang paling berbahaya adalah manusia.

#8. Ada Karakter yang Memiliki Seiyu (Pengisi Suara) Sampai 22 Orang yang Berbeda

Eucliwood Hellscythe

Biasanya seorang karakter anime hanya diisi oleh 1 orang seiyu (pengisi suara). Namun untuk beberapa kasus ada 1 karakter yang memilki beberapa seiyu. Eucliwood Hellscythe dari Kore wa Zombie desu ka? Memiliki seiyu sebanyak 22 orang. What the? Yang lebih mengherankan adalah Eu ini sangat jarang berbicara, karena apa yang keluar dari mulutnya akan jadi kenyataan.

#9. Anime Sudah Ada Sejak Tahun 1900-an

Osamu Tezuka

Sejak kapan kalian menonton anime? Sakuranime tebak sekitar tahun 2000-an atau paling tua mungkin 80-90an. Anime dan manga, jika ditarik kebelakang semuanya berawal dari 1 orang yaitu Osamu Tezuka yang dimulai sejak tahun 1950an.

Namun perlu kalian ketahui anime (animasi Jepang) sudah ada sejak 1907 atau bahkan sebelum itu. Saat dimulai tentu bentuk dan komposisinya masih sederhana dan belum sekompleks sekarang.

10. Rata-Rata Animator Jepang Memiliki Gaji Di Bawah Minimum

Ilustrasi Mangaka

Banyak orang salah paham tentang seorang animator, sebagian dari mereka menganggap menjadi animator itu enak hanya bekerja di depan computer dan digaji tinggi. Upss.. silahkan buang pemikiran tersebut, mungkin untuk sebagian kasus hal tersebut bisa dibenarkan, namun hanya segelintir.

Para animator di jepang setiap hari dikebut untuk memproduksi anime dan semakin bertambah banyak setiap tahunnya. Namun bukannya mendapat gaji tinggi, rata-rata animator disana justru memiliki gaji dibawah rata-rata.

Read More! Apakah Kualitas Anime Semakin Berkurang? Dulu Vs Sekarang

Nah itulah fakta dibalik anime yang belum kamu ketahui. Semoga dengan apa yang dibahas diatas, kamu dapat mengetahui hal yang menarik dari anime yang kebanyakan orang tak tahu. Sebenarnya fakta menarik tentang anime banyak banget, tapi Sakuranime hanya membahas 10 poin saja yang benar-benar menarik. Thanks and see you again di pembahasan anime berikutnya, arigatou minna!

Comments

comments