9 Fakta Menarik Koe No Katachi yang Harus Kamu Tahu!

Sakuranime.com – Hai minna! Sudah nonton Koe no Katachi kan? Anime ini direkomendasikan banget untuk kamu tonton bagi kalian yang suka genre romance, school dan drama yang mengundang air mata.

Nah, dalam artikel kali ini, Sakuranime ingin mengulas beberapa fakta-fakta unik tentang Koe no Katachi yang tak boleh kalian lewatkan. Beberapa mungkin belum kamu tahu dan tak dijumpai dalam anime-nya. Langsung saja, ini dia deretan fakta Koe no Katachi wajib kamu tahu!

#9. Gangguan Mental Sang Tokoh Utama

Fakta Koe no Katachi

 

Tokoh Utama di Movie ini yaitu seorang pemuda bernama Shouya Ishida. Dirinya mempunyai teman wanita yang merupakan penyandang tunarungu bernama Nishimiya Shouko. Ishida sangat gemar mengganggu Nishimiya, seperti menjegalnya, membuang buku komunikasi-nya dan merusak alat bantu pendengaran miliknya.

Hingga suatu ketika Nishimiya pindah sekolah karena tak tahan dengan bully-an Ishida. Ishida pun malah berbalik menjadi target bullying mantan teman Nishimiya dan Ishida pun mulai dijauhi teman-temannya. Dirinya menghabiskan bertahun-tahun masa sekolahnya hingga SMA tanpa seorang teman. Hingga dirinya mengidap gangguan mental bernama Socio Phobia atau phobia terhadap bergaul dengan orang lain.

#8. ‘Shouko’ Yang Berarti Kaca

Fakta Koe no Katachi

 

Dalam bahasa jepang sendiri Shouko diartikan sebagai kaca. Banyak orang beranggapan bahwa Shouko Nishimiya adalah orang yang diperuntukkan agar lawan bicara atau orang yang dekatnya bisa berkaca mengenai ketidaksempurnaan pada dirinya sendiri dan tidak menghina kekurangan orang lain.

#7. Sempat Diprotes Penayangannya Di Taiwan

Fakta Koe no Katachi

 

Movie Koe no Katachi sempat diprotes penayangannya di Taiwan karena lembaganya menganggap film ini menggunakan cacat fisik (Dalam hal ini, yang dimaksud adalah Nishimiya) sebagai elemen penjualan film. Dan film ini juga memperlihatkan adegan bullying terhadap anak dibawah umur dan percobaan bunuh diri. Namun akhirnya film ini tetap tayang di Taiwan pada tanggal 24 maret  2017 lalu. Film ini lulus sensor dan mendapat rating PG-13/Parental Guidance atau setara dengan BO (Bimbingan orang tua) jika di Indonesia.

#6. Menjadi Bahan Meme Karena Mirip Dengan Sinetron Indonesia

Fakta Koe no Katachi

 

Entah kebetulan atau bukan, Koe no Katachi benar-benar mirip dengan sinetron milik Indonesia berjudul ‘Ayah Mengapa Aku Berbeda’. Keduanya sama-sama perempuan, dan sama-sama seorang tunarungu. Dan keduanya juga merupakan korban bully dari teman-teman yang tak suka padanya dan merasa terganggu akan keberadaan dirinya.

#5. Endingnya Sedikit Mengecewakan

Fakta Koe no Katachi

 

Ending Koe no Katachi agak sedikit mengecewakan, pasalnya setelah Ishida dan Nishimiya berbaikan dan saling melupakan kebencian yang ada, langsung muncul daftar nama atau casting movie-nya (Mindset orang Indonesia kalau lihat daftar nama berarti filmnya kelar). Dan sama sekali tidak ada scene tambahan atau spoiler bonus yang setidaknya membuat kita tidur dengan nyenyak tanpa membayangkan apa yang akan terjadi selanjutnya.

#4. Ishida Mengira Bahwa Yuzuru Adalah Laki-Laki

Fakta Koe no Katachi

 

Yuzuru pernah mengatakan pada Ishida bahwa Yuzuru adalah pacar dari Nishimiya. Dan Ishida begitu saja mempercayainya karena dada Yuzuru yang rata dan penampilannya yang tomboy cukup meyakinkan Ishida bahwa Yuzuru adalah seorang laki-laki. Hingga saat dia mengantar pulang Yuzuru, Ishida pun kaget karena Yuzuru menunjukkan bahasa isyarat bahwa dirinya adalah adik perempuan Nishimiya.

#3. Perasaan Nishimiya Terhadap Ishida

Fakta Koe no Katachi

 

Walaupun dulu Ishida pernah membully dirinya, namun perasaan Nishimiya terhadap Ishida mengabaikannya. Nishimiya menyukai Ishida karena Ishida bersedia menjadi temannya dan mengajak orang lain untuk berteman dengan Nishimiya. Nishimiya pun pernah sekali mengungkapkan perasaannya pada Ishida, namun dirinya salah mengeja ‘Suki’ yang berarti Suka, menjadi ‘Tsuki’ yang berarti Bulan. Hal ini disebabkan karena Nishimiya tidak tahu betul apa yang dia ucapkan karena keterbatasan pada telinganya.

#2. Shouya Ishida Bukan Remaja Yang Kejam

Fakta Koe no Katachi

 

Alasan Ishida membully Nishimiya sebenarnya bukan sepenuhnya karena ia membenci Nishimiya. Ishida membully Nishimiya karena dia benar-benar merasa bosan dengan kehidupan sekolah.  Dan ketika Nishimiya pindah ke sekolahnya, dia merasa bahwa membully Nishimiya merupakan salah satu cara untuk mengatasi rasa bosannya. Buktinya saat ia mencabut paksa alat bantu dengar Nishimiya hingga telinganya mengalami pendarahan, Ishida tetap merasa bersalah dan meminta maaf kepada ibu Nishimiya.

#1. Pribadi Nishimiya Yang (Terlalu) Rendah Hati

Fakta Koe no Katachi

Walaupun Dibully oleh Ishida, Nishimiya hanya menunjukkan ekspresi pasrah dan diam (Maksudnya tak melakukan perlawanan) dan malah merasa bahwa dirinya lah orang paling bersalah ketika dibully Ishida dan tetap berusaha minta maaf. Mungkin hal ini sedikit membuat kamu jengkel terhadap sosok Shouya Ishida. Walaupun ketika sudah besar, Ishida kena batunya juga.

Read More! Fakta Menarik Tentang Boku no Hero Academia

Yosh! Sekian itu dia fakta Koe no Katachi, yah semoga bermanfaat untuk kalian semua dan jangan lupa, share, comment, and see you again di fakta-fakta anime menarik lainnya. Arigatou na minna-san!

Comments

comments