9 Anime Mirip Clannad Dengan Nilai Kehidupan Tinggi

Sakuranime.com – Kamu sudah menonton Clannad? Bagaimana menurut kalian? Well, pasti penuh dengan air mata bukan? Clannad memang dikenal sebagai salah satu anime yang sangat sukses mengundang air mata. Meski tidak keseluruhan dari episode Clannad memperlihatkan hal yang bisa bikin kamu nangis, tapi tetap saja beberapa scene di Clannad berhasil membuat emosi tergoyahkan.

Anime Mirip Clannad Series

Di kesempatan kali ini, Sakuranime akan mengulas beberapa anime mirip Clannad yang akan di rekomendasikan untuk kalian yang masih ingin merasakan suasana saat menonton anime Clannad. Tapi sebelum itu, mari kita membahas sedikit tentang Clannad.

Cerita Clannad berpusat pada kehidupan seorang siswa bernama Okazaki Tomoya. Ia merasa hidupnya sangat membosankan sehingga Tomoya sering melakukan kenakalan bersama teman-temannya. Suatu hari ia bertemu dengan seorang gadis bernama Furukawa Nagisa, sejak saat itu kehidupan Tomoya lambat laun mulai berubah. Pertemuannya dengan Nagisa merupakan awal dari perubahan penting dalam sejarah hidupnya di masa depan.

Ketika mencari anime yang mirip dengan Clannad tentu saja kita tidak boleh meninggalkan sekuelnya. Clannad: After Story bercerita tentang kelanjutan kisah Tomoya dan Nagisa, season pertamanya hanya merupakan pemanasan dan ini adalah puncak dari kisah mereka berdua. Tomoya dan Nagisa memiliki garis takdir yang keras, kalian harus siapkan tisu dan ember untuk menampung semua air mata yang keluar.

Berikut ini adalah daftar rekomendasi anime mirip Clannad versi Sakuranime yang harus kalian tonton!

#9. Angel Beats!

Sebuah tempat bagi para jiwa berkumpul setelah kematian, itulah setting yang ada di dunia Angel Beats, Otonashi Yuzuru bersama teman-temannya harus mempertahankan diri dari malaikat yang ingin menghapus mereka. Pertama mungkin kalian bisa tertawa dengan adegan konyol para karakternya. Namun pada akhirnya kalian akan menangis dengan ending Angel Beats yang tidak akan pernah kalian lupakan.

#8. Anohana

Persahabatan 6 orang anak seketika berubah menjadi kisah tragis setelah kematian salah satu dari mereka. Sejak saat itu kehidupan mereka berubah drastis, tidak lagi saling berhubungan satu sama lain. Lima tahun kemudian, sebuah fenomena aneh muncul, ada arwah yang mengaku sebagai anak yang mati 5 tahun yang lalu dan ingin mengingat kejadian masa lalu dengan bantuan kelima temannya.

Namun semua teman masa kecilnya tersebut masih memiliki trauma mendalam tentang apa yang mereka alami saat itu. Sebuah kisah yang akan menguras habis air mata kalian.

#7. Ano Natsu de Matteru

Saat seseorang meninggal hanya kenangan semasa hiduplah yang akan tertinggal. Oleh karena itu, sekelompok anak berusaha untuk membuat film demi menciptakan kenangan untuk tetap diingat suatu hari nanti. Sepanjang proses tersebut banyak hal terjadi, bukan hanya kesengangan, namun lambat laun masing-masing dari mereka mulai mengungkapkan jati dirinya. Sebuah cerita yang mencampurkan emosi ke dalam masing-masing karakter dengan baik.

#6. Hotarubi No Mori E

Cinta memang tidak mengenal batasan, kisah tentang seorang gadis dan roh hutan yang sangat menyentuh. Ada seorang roh hutan yang telah tinggal di dalam hutan selama bertahun-tahun. Suatu hari ia menemukan seorang gadis yang tersesat disana, iapun memutuskan untuk membantunya dan dari sanalah awal dari persahabatan mereka. Namun ada satu masalah, ketika roh tersebut menyentuh manusia, maka roh tersebut akan hilang selama-lamanya. Tidak hanya mengeksplorasi hangatnya persahabatan, Hotarubi No Mori E akan membuat emosi kalian bergejolak.

#5. Tokyo Magnitude 8.0

Sebuah gempa besar berkekuatan 8 skala richter telah melululantahkan kota. Kehidupan Mirai dan Yuuki harus penuh dengan kesengsaraan karena bencana tersebut. Akankah mereka dapat melewati cobaan berat ini? Anime ini akan meluapkan segala emosi dari seorang manusia yang berusaha melewati jalan yang terjal.

#4. Air

Satu lagi anime yang akan menumpahkan seluruh air mata kalian. Berkisah tentang Kunisaki Yukito yang sedang mencari seorang gadis bersayap seperti pada cerita kuno. Dalam perjalanannya, ia banyak membantu orang yang terjebak berbagai misteri. Akankah misteri tersebut membawanya ke sebuah titik terang?

#3. Elfen Lied

Lucy, seseorang yang lahir sebagai diclonus, makhluk mirip manusia yang mempunyai kekuatan psikis. Dengan kekuatan tersebut ia lari dari sebuah labolatorium tempat ia ditahan, semua orang disana Lucy bunuh. Kemudian secara tidak disengaja ia bertemu dengan Kouta, teman waktu mereka masih kecil.

Namun dengan berbagai alasan, Kouta tidak lagi mengingat Lucy. Mengesampingkan adegan pembunuhan dan berdarah, Elfen Lied merupakan salah satu anime dengan cerita paling menyedihkan. Sayangnya, gore di anime ini mungkin membuat air mata tertahankan.

#2. Little Buster!

Sejak kematian orang tuanya, Riki Naoe kini mengidap sebuah kondisi yang disebut sebagai Narcolepsy. Tubuhnya kadang bisa tumbang kapan saja, sehingga ia tidak bisa hidup normal seperti biasanya. Sampai ia bertemu dengan Kyousuke, Masato, Kengo dan Rin, mereka membentuk sebuah tim yang bernama “little buster”.
Little Buster di adaptasi dari light novel yang dibuat oleh creator yang sama dengan Clannad. Hal ini membuat ceritanya memiliki beberapa karateristik yang mirip. Bagaimana nilai kekeluargaan, persahabatan serta cinta diekspresikan. Sebuah tragedy yang bisa mengubah hidup seseorang untuk selamanya.

#1. Byousoku 5 Centimeter

Bercerita tentang Takaki dan Akari, 2 anak muda yang nampaknya memiliki hubungan lebih dari sekedar sahabat. Karena suatu alasan, Akari harus pindah dan pergi jauh dari Takaki. Tak hanya itu, keluarga Takaki pun harus pindah dan membuat jarak antar keduanya semakin jauh. Mampukah keduanya menyatukan perasaan mereka kembali meski terdapat jurang besar di depan mereka?

Byousoku 5 Centimeter membawa cerita yang sangat emosional serta didukung dengan visual yang menakjubkan. Hal ini mirip dengan yang dibawakan dalam Clannad, sebuah kisah yang reallistis dan tragis. Kehidupan tidak selalu diwarnai dengan canda dan tawa.

Read More! 9 Fakta-Fakta K-On yang Harus Fans Ho-kago Tea Time Tahu!

Dalam cerita Clannad, kita di perlihatkan kisah realistis perjuangan seseorang yang ingin hidup lebih baik. Jika kamu lebih meresapi jalan cerita Clannad, kamu akan menemukan banyak sekali contoh moral yang dapat di petik dan semoga saja anime mirip Clannad diatas juga memberikan nilai moral tinggi. Well, sekian rekomendasi Sakuranime kali ini, jangan lupa share dan nantikan rekomendasi similar anime keren lainnya.

Comments

comments