20 Anime Space Terbaik dengan Cerita yang Keren Banget!

Rekomendasi Anime Space Terbaik | Best Space Anime of All Time
Rekomendasi Anime Space Terbaik | Best Space Anime of All Time

Sakuranime.com – Suka anime yang menceritakan tentang luar angkasa? Seperti pertarungan antar Galaksi atau segala hal yang menyangkut angkasa raya, hal itu disebut sebagai Genre Space. Kali ini Sakuranime akan mengulas beberapa deretan rekomendasi anime Space terbaik dengan cerita yang menarik.

Sebelum itu, mari kita kenal lebih dalam seperti apa sih Space itu? Space merupakan Genre anime yang memperlihatkan unsur luar angkasa didalamnya. Salah satu yang terkenal adalah Uchuu Kyodai yang memperlihatkan unsur Space yang sangat kuat. Tapi, selain Uchuu Kyodai ternyata masih ada lagi loh yang lebih menarik, penasaran? Berikut ini adalah rekomendasi anime Space terbaik versi Sakuranime.

#20. elDLIVE

Rekomendasi Anime Space Terbaik | Best Space Anime of All Time

Rekomendasi anime Space pertama ini rilis pada tahun 2017 dan memikat banyak perhatian bagi yang menyukai genre Space. Bercerita tentang Kokonose Chuuta, seorang pemuda yang bisa mendengar suara-suara mistis entah dari mana datangnya. Suatu hari, ia bertemu dengan sosok alien bernama Chips dengan tujuan mengajak Chuuta untuk bergabung ke dalam organisasi elDLIVE.

Eldlive merupakan nama organisasi kepolisian luar angkasa yang bertujuan untuk menjaga perdamaian antar galaksi di seluruh alam semester. Chuuta tidak langsung menjadi anggota, ia mengalami banyak ujian dan prekrutan untuk menjadi anggota elDLIVE. Chuuta akhirnya mengetahui asal suara yang sering ia dengar tersebut ternyata berasal dari alien yang tinggal di dalam tubuhnya bernama Drew.

#19. Ginga Eiyuu Densetsu

Anime ini bisa dibilang legenda nya genre Space karena telah rilis lama bahkan sejak Cowboy Bebop mengudara. Meski sudah terlalu jadul, jangan remehkan kualitas cerita dari anime yang mendapat rating 9+ ini. Berkisah tentang pertarungan antara Imperal Galaksi melawan Aliansi Kebebasan Planet yang melibatkan ribuan kapal perang angkasa dan berjuta-juta prajurit.

Salah satu yang menjadi poin penting perlawanan mereka adalah sang komandan yaitu dari pihak Imperal, Reinhord von Lohengramm dan dari pihak aliansi, Yang Weng-Li. Keduanya saling bertempur adu strategi dan kekuatan sampai akhirnya menimbulkan banyak kekacauan tak terduga.

#18. Uchuu Senkan Yamato 2199

Anime ini merupakan rekap dari anime yang juga sangat populer di masa lalu, sama dengan Ginya Eiyuu Densetsu, bahkan lebih lama lagi. Bercerita tentang tahun 2199, umat manusia hampir mengalami kepunahaan saat melawan Gamilas dan memaksa manusia untuk hidup serta bertarung di luar angkasa. Kisah ini adalah kisah perjuangan generasi muda dalam melawan Gamilas menggunakan teknologi yang lebih maju.

#17. Planetes

Sebuah kisah antara cinta dan luar angkasa yang menarik untuk disimak. Berkisah tentang dunia dimana kemajuan teknologi sudah bisa membuat manusia berada di luar angkasa. Ai Tanabe, seorang gadis muda yang sangat optimis untuk bekerja di perusahaan Technora divisi Debri yang bertugas membersihkan sampah di luar angkasa. Ia bersama rekannya kadang berpikir betapa rendahnya pekerjaan ini, namun karena ini juga lah kehidupan manusia di bumi lebih terjaga.

#16. Space Dandy

Anime ini merupakan salah satu anime Space terbaik yang pernah ada loh, sudah banyak sekali yang merekomendasikan anime ini, bahkan Sakuranime sendiri. Berkisah tentang seorang yang bekerja untuk mencari alian yang belum ada sebelumnya, atau alien spesies baru. Ia kemudian menyerahkan alien tersebut ke pusat pendaftaran khusus untuk mendapatkan upah.

#15. Mouretsu Pirates

Yups, sebuah anime Space yang cukup seru, dimana kamu akan melihat bagaimana sih cara membajak dan dibajak oleh bajak laut angkasa? Hmm, kedengerannya menarik banget. Cerita diawali dengan sang tokoh utama bernama Kato Marika. Dia ini merupakan anak sang kapten perampok bernama Kato Ganzaemon.

Ayah Marika ini sudah mati. Suatu hari, ibu Marika sedang memperingati 3 hari kematian suaminya. Marika cukup tahu bagaimana ayahnya, ia tahu bahwa ayahnya merupakan kapten perampok. Salah satu teman dari ibunya bertanya apakah Marika ingin menjadi kapten kapal bernama “Bentenmaru”, dari sini lah petualangan Marika di mulai.

#14. Heroic Age

Selain memiliki genre Space, anime ini juga mengusung genre Mecha yang sangat menarik. Well, paduan antara kedua genre seru tersebut sangat pantas untuk ditonton. Berkisah tentang beberapa ras yang berkuasa di Galaksi, ras yang paling berkuasa adalah Golden Tribe namun memutuskan untuk pergi dari Galaksi asalnya ke Galaksi lain.

Golden Tribe memilih untuk mengajak ras lain untuk bergabung dengan mereka. Disisi lain, ras lainnya adalah Silver Tribe yang merupakan Humanoid, Bronze Tribe yang memiliki wujud seperti serangga dan satu lagi, ras yang memiliki kekuatan yang sangat dahsyat, mereka adalah Heroic Tribe.

#13. Vandread

Anime ini memiliki grafis yang lawas tapi ceritanya bagus. Anime ini mengambil setting masa depan yang berkisah tentang manusia yang sudah bisa bermigrasi ke planet selain bumi. Namun, karena suatu insiden, manusia terbagi atas dua kelompok yaitu kaum laki-laki dan perempuan. Laki-laki hidup di Planet Tarak sedangkan perempuna menempati Planet Mejale.

#12. Tenchi Muyou!

Anime dengan cerita yang gokil ini memiliki Genre Space yang cukup kental. Berkisah tentang Tenchi Masaki, seorang pemuda yang tinggal di sebuah Desa terpencil di Jepang yang tak tahu banyak tentang zaman yang sekarang ia tempati. Saat ia berpikir bahwa hidupnya sudah lebih dari cukup damai, dua orang polisi antar Galaxy tiba-tiba datang dan menyeret Tenchi kedalam banyak masalah.

#11. Uchuu Kyoudai

Mutta, seorang pemuda yang karir pekerjaannya harus kandas ditengah jalan dan memutuskan untuk pulang ke kampung halaman. Ia kemudian tinggal bersama orang tua dan adiknya yang sedang mengikuti pelatihan Astronot. Menjadi Astronot juga menjadi impian lama Mutta. Suatu hari, ibunya mengirim Resume milik Mutta ke Japan Aerospace Exploration Agency dan akhirnya diterima disana. Sejak itulah, ia kemudian memulai petualangannya untuk mencapai cita-cita yang pernah tertunda.

Anime ini sebenarnya cukup populer dimasanya. Untuk anime bergenre Space, rasanya tak lengkap jika anime ini tak masuk list rekomendasi. Banyak hal yang menarik dari Uchuu Kyoudai, salah satunya adalah melihat bagaimana perjuangan seseorang dalam mencapai impiannya, dalam anime ini sang tokoh utama bercita-cita menjadi Astronot. Hmm, apakah mimpinya bisa tercapai?

#10. Seihou Bukyou Outlaw Star

Anime ini rilis pada Winter 1998, cukup lawas untuk ditonton kids jaman now, tapi ceritanya tentu tak kalah dengan anime-anime sekarang ini. Anime ini mengikuti aksi petualangan Gene bersama krunya dalam mengarungi angkasa raya dan bertemu dengan banyak musuh seperti bajak laut ruang angkasa serta terus berusaha mengungkap misteri mengenai Melfina.

#9. Kakumeiki Valvrave

Cerita dari anime ini cukup berbobot dan sangat menarik, sederhana saja, jika kamu mencari anime Space, Mecha, dan Action, maka Kakumeiki Valvrave sangat pas untuk ditonton. So, anime ini secara luas mengisahkan tentang manusia yang terus mengejar tujuan untuk menaklukkan alam semesta.

Di tahun 71 dalam kalender sejati, Negara Galaksi ke-3 dimulai. Dalam kesuksesan Dyson Sphrere, berdampak pada kolonisasi ruang angkasa yang mengalami percepatan, karena itulah 70% manusia pergi dari bumi dan menetap di suatu wilayah yang disebut Modul.

Tokishima Haruto, seorang siswa Sakimori Academy hidup di modul 77 di bagian wilayah Jior. Disana mereka hidup dengan aman dan tentram untuk sejauh ini, namun sejak Dorsian mengirim tentaranya masuk ke Academy, semuanya berubah menjadi lebih runyam.

#8. Kidou Senkan Nadesico

Satu lagi anime yang benar-benar lawas, rilis pada tahun 1996. Berkisah tentang Akito, ia tak suka bertarung dan lebih suka menghabiskan waktunya untuk memasak daripada meniru adegan Mecha atau semacamnya. Namun hidup damainya berubah ketika dia dipindahkan secara misterius dari rumahnya Mars ke Bumi, semuanya menjadi lebih runyam ketika dia bertemu dengan Yurika, kapten kapal Nadesico. Untuk tetap ikut bersama Yurika, ia menjadi juru masak di Nadesico.

#7. Sidonia no Kishi

Cerita bermula ketika Gauna, sosok alien yang menghancurkan Tata Surya mulai bertingkah. Karena hal itu, manusia berusaha untuk melarikan diri dan terus berjuang hidup menggunakan kapal raksasa yang mirip Sidonia. Nagate Tanikaze hidup di bagian terbawah kapal yang terus berlatih dan dipercayakan untuk memiloti unit khusus legendaris demi melawan para Gauna.

#6. Macross Series

Musical, Mecha, dan Space menjadi perpaduan Genre yang sangat menarik. Kamu akan menemukan banyak sekali hal seru di serial anime yang memiliki banyak seri dan season ini. Macross juga dikenal sebagai Robotech yang pernah tayang di salah satu Channel TV Indonesia saat tahun 90-an. Di setiap serialnya memiliki cerita yang menarik dan saling terkait satu sama lain. Kamu juga akan melihat pertunjukan musik dan kisah romance antara tokoh-tokohnya.

#5. Mobile Suit Gundam Series

Salah satu anime Space yang memiliki serial dan musim cukup banyak selain Macross, bahkan lebih banyak lagi, tapi tak akan bikin kamu bosan. So, soal cerita, jangan ragukan anime satu ini. Semua seri Mobile Suit Gundam tak terlepas dari Mecha. Unsur Space nya juga tak kalah seru, kamu bisa melihat banyak pertarungan Mecha di luar angkasa di Mobile Suit Gundam.

#4. Cowboy Bebop

Siapa sih yang tak kenal dengan anime ini? Kalian pecinta Genre Action pasti tahu anime yang namanya sudah sangat terkenal, baik sekarang atau masa perilisannya dulu. Selain terkenal dengan action yang keren meski rilis pada tahun 1998, kualitas cerita tidak usah diragukan lagi.

Bercerita tentang bumi tahun 2070 yang mengalami kerusakan parah dan memaksa manusia untuk tinggal di luar angkasa. Sebuah grup bernama Bounty Hunter yang awalnya terdiri atas Jet dan Spike ini kemudian bertemu dengan Ed dan Faye kemudian bergabung sebagai Bounty Hunter. Mereka berpetualangan untuk mencari para criminal untuk diserahkan ke polisi.

#3. Aldnoah.Zero

Memiliki grafis dan OST yang sangat bagus menjadi bagian yang sangat diminati banyak orang, namun dibalik kesempurnaan tersebut yang sangat menopang adalah ceritanya sendiri. Cerita dari Aldnoah.Zero berkesan lebih mendramatis tanpa terselip komedi yang berlebihan, semuanya sangat serius dan menghanyutkan pikiran penoton lebih dalam lagi. Semakin banyak episode berganti, semakin cepat rasanya durasi berlalu, saking serunya.

Jauh sebelumnya, misi Apollo 17 ke Bulan berhasil dilaksanakan dan menemukan Hyper Gate yang menghubungkan ke Mars. Karena itulah, sebagian manusia memilih hidup di Mars dan terbentuklah Kekasiaran Vers. Waktu berlalu, sebuah relik teknologi berhasil ditemukan oleh manusia yang diperkirakan telah berumur 30 ribu tahun bernama Aldnoah.

Di tahun 1999, Vers menyatakan perang ke Bumi yang akhirnya dikenal sebagai peristiwa Heaven’s Fall. Karena tragedy tersebut, Hyper Gate di bulan menjadi rusak dan menghancurkan satellite tersebut. 15 tahun berlalu, perang kembali bergejolak setelah insiden yang menimpa Putri Vers Alleysium yang awal tujuannya berniat menyatukan Bumi dan Mars.

#2. Terra Formars

Apa jadinya jika Space dipadukan dengan Gore? Suasananya mungkin lebih mengcekam, namun sangat seru untuk ditonton. Bercerita tentang bumi abad 27, para peneliti khawatir bagaimana jika manusia tak bisa mencukupi asupan kebutuhan di bumi yang semakin lama semakin mengecil, karena itulah mereka berpikir tentang cara agar manusia bisa hidup di Mars.

Akhirnya, sebuah proyek yang bernama Terraforming dilakukan untuk menguji kelayakan Mars. Mereka kemudian mengirim beberapa kecoa ke Mars sebagai bahan uji coba. Bertahun-tahun berlalu, Jepang kemudian mengutus unit kelompok untuk mengambil kecoa tersebut di Mars. Namun disinilah tragedy berdarah dimulai, mereka memang menemukan kecoa, namun telah berubah menjadi sosok monster kecoa raksasa yang ganas.

#1. Tengen Toppa Gurren Lagann

Hanya di anime ini kamu bisa melihat pertarungan Robot Mecha terbesar di luar angkasa yang bahkan besarnya melebihi bumi, hanya di Tengen Toppa Gurren Lagann. Well, baik cerita dan grafisnya semuanya sangat bagus, untuk Genre Mecha dan Space, anime ini benar-benar rekomendasi teratas.

Kamina dan Simon telah lama hidup di desa bawah tanah dan sangat ingin menapakkan kaki mereka di permukaan. Suatu hari, desa mereka diserang oleh Gunman, robot misterius yang lincah.

Dalam insiden tersebut, mereka juga bertemu dengan Yoko Littner, seorang gadis seksi yang ahli menembak dengan senjata berat miliknya. Bersama dengan robot kecil yang hanya bisa diaktifkan oleh bor milik Simon, mereka bertiga akhirnya bisa keluar ke permukaan dan memulai sejarah baru dimana manusia juga bisa bersaing bahkan di level antar Galaksi.

Read More! 25 Rekomendasi Anime Slice of Life Terbaik versi Sakuranime!

Nah itu dia rekomendasi anime Space terbaik versinya Sakuranime, keren-keren bukan? Well, semua memiliki ketertarikan masing-masing sesuai dengan selera dan pilihan kamu. So, semoga rekomendasi kali ini bisa bermanfaat. Don’t forget to share and see you again minna-san ^-^

Comments

comments