25 Rekomendasi Anime Tragedy Terbaik yang Menarik Di tonton!

Best Tragedy Anime of All Time | Anime Tragedi Terbaik Sepanjang Masa
Best Tragedy Anime of All Time | Anime Tragedi Terbaik Sepanjang Masa

Sakuranime.com – Tragedy merupakan salah satu genre yang terdapat dalam film atau sebuah anime. Genre ini lebih mengfokuskan pada cerita tentang suatu pristiwa tragedi yang tak di sangka-sangka. Biasanya film atau anime bergenre seperti ini cenderung memberikan tontonan dengan cerita yang sulit di tebak seperti mengangkat tema bencana alam, terror, dan lainnya.

Nah seperti apa sih anime yang bergenre tragedy tersebut? Jika kamu sudah membaca sedikit informasi tentang apa itu tragedy seperti yang di tulis di atas, maka pembahasan yang akan Sakuranime ulas tentang anime tragedy terbaik ini akan berjalan lancar. Oke, berikut ini adalah rekomendasi anime yang mengusung genre tragedi terbaik versi Sakuranime.

#25. Anohana

Best Tragedy Anime of All Time | Anime Tragedi Terbaik Sepanjang Masa

Anohana merupakan salah satu anime yang memiliki cerita paling menyedihkan. Di anime ini kamu akan banyak menemukan adegan-adegan yang susah di tebak, salah satunya adalah tragedi seperti kematian salah satu karakter penting didalamnya.

Berkisah tentang lima sahabat yang bersedih kehilangan salah satu sahabatnya Menma. Suatu hari, Jintan dihantui oleh sosok astral mirip Menma (Yah emang Menma). Roh tersebut hanya bisa di lihat oleh Jintan. Jintan pun mencoba mengabulkan apa saja permintaan Menma agar bisa pergi dengan tenang.

#24. Bokurano

Anime besutan Gonzo Studios ini memiliki cerita yang menarik dan penuh makna. Berkisah tentang 14 orang yang tak sengaja terlibat dalam permainan mematikan di mana mereka harus menaiki robot dan melawan para makhluk raksasa yang berusaha menghancurkan bumi. Tentu saja dengan banyaknya tergadi yang terjadi di anime ini membuat anime ini benar-benar seru untuk kamu tonton.

#23. Blood-C

Blood-C sangat penuh dengan adegan tragedi berdarah. Bercerita tentang Saya Kisaragi, gadis yang terlihat lugu tinggal bersama ayahnya di sebuah kuil. Ia belajar bagaimana cara menggunakan pedang dari ayahnya. Ia memiliki tugas yang harus dilakukan, yaitu melawan Furukimono, monster yang kerap muncul di kota dan membunuh manusia dengan brutal.

#22. Blood+

Bercerita tentang Saya Otonashi tinggal bersama keluarganya di sebuah kota bernama Okinawa yang kebetulan dekat dengan pangkalan milik militer USA. Ia memiliki penyakit amnesia dan anemia sehingga ia memerlukan pasokan darah secara berkala. Saya merupakan anak angkat dikeluarganya karena Saya tak mengingat siapa keluarganya yang sesungguhnya. Mereka adalah keluarga George Miyagutsuku, veteran militer asal USA yang tinggal di Jepang. Hidup Saya mungkin terlalu santai, sampai akhirnya ia di serang oleh Chiropteran, makhluk yang mirip vampire.

#21. Zetsuen no Tempest

Genre tragedinya makin kuat saat dunia mengalami sindrom besi di mana setiap makhluk akan berubah menjadi besi saat sebuah benda aneh muncul yang identik dengan kupu-kupu. Berkisah tentang Yoshino Takigawa yang berpacaran secara diam-diam dengan adik sahabatnya Mahiro Fuwa.

Namun saat pacarnya Aika Fuwa mati secara misterius, ia dan sahabatnya berusaha untuk menemukan pelakunya. Namun saat mereka berusaha menemukan penyebab kematian Aika, malah membuat keduanya terlibat bahaya di mana nasib dunia ada di tangan mereka. Di anime ini kamu juga akan melihat bagaimana takdir bekerja.

#20. Texhnolyze

Kota Lux, kota bawah tanah yang di buat oleh manusia namun telah diabaikan bertahun-tahun. Ada 3 kelompok besar yang mengincar kota tersebut yaitu Organo, Salvation Union, dan Racan, kelompok pemuda dengan Texhnolyze untuk kepentingan mereka sendiri.

Fokus pada seorang yatim piatu bernama Ichise yang tinggal di kota Lux sebagai PrizeFighter atau di kenal sebagai individu yang terus bertarung agar bisa bertahan hidup. Suatu hari, ia harus kehilangan tangan dan kakinya karena terlibat permasalahan dengan Promotornya. Saat ia sedang sekarat, ia ditemukan oleh Eriko Kamata yang merupakan ilmuan dan menggunakan Ichise sebagai objek untuk Texhnolyse. Saat Ichise mendapat kaki dan tangannya, ia sadar bahwa kota Lux telah menjadi tanggung jawabnya.

#19. Shigatsu wa Kimi no Uso

Anime Romance ini memiliki Genre Tragedy yang bisa kalian temukan pada karakternya, seperti tragedi dari masa lalu sang main chara dan tragedi tak terduga pada endingnya. So, meski tak terlalu kuat namun bisa membuat kamu menangis T-T.

Bercerita tentang Arima Kousei, seorang Pianis muda berbakat yang mengalami tragedi di masa kecil di mana ia trauma dengan sikap ibunya dan membuat ia tak bisa mendengar suara lantunan pianonya lagi. Saat beranjak SMP di saat ia tak lagi bermain musik, ia bertemu dengan seorang Violin cantik bernama Kaori Miyazano yang perlahan mengajak Arima kembali ke dunia musik.

#18. Neon Genesis Evangelion

Anime ini merupakan anime Tragedy terbaik yang bisa kamu tonton karena memiliki unsur tragedi yang sangat kuat. Bercerita tentang dunia yang hampir punah akibat Second Impact, sebuah bencana di mana meteor menghantam bumi dan memusnahkan hampir seluruh populasi manusia. Meski di anggap sebagai bencana biasa, namun faktanya yang ada di balik Second Impact adalah organisasi bernama SEELE.

Fokus pada seorang remaja bernama Ikari Shinji yang datang ke Tokyo-3 karena diperintahkan oleh komandan NERV sekaligus ayahnya, Ikari Gendou. Ia di panggil untuk mengendarai sebuah robot/mecha bernama EVA untuk melawan Angle. Meski awalnya ia menolak, namun setelah pertemuannya dengan Rei Ayanami ia akhirnya mau menyelamatkan dunia.

#17. Ga-Rei: Zero

Tsuchimiya Kagura merupakan anak tunggal dari keluarga pembasmi roh terkenal di Jepang, Tsuchimiya. Saat kematian ibunya, ia kemudian dititipkan ke keluarga kerabat keluarganya, Isayama. Di sana ia bertemu dengan Isayama Yomi yang merupakan anak tertua di keluarga tersebut. Seiring waktu, ia kemudian bergabung dan bekerja sebagai pemburuh roh.

Mereka akhirnya bekerja sama untuk melakukan pekerjaan tersebut. Suatu hari, seorang laki-laki berambut putih kemudian menyerang Yomi dan memberikan Yomi sebuah batu yang bisa mengabulkan segala permintaan di sebut Death Stone, namun sebagai gantinya si pengguna akan menjadi jahat. Yomi kemudian menjadi jahat dan membunuh orang-orang bahkan ayah kagura sendiri. Disinilah tragedi berdarah di mulai dan mengganggu hubungan kedua gadis muda ini.

#16. Hoshi no Koe

Di sebut juga Voice of a Distant Star, anime ini mengangkat tema Space, Sci-Fi, dan Tragedy. Berkisah tentang Mikako dan Noboru yang merupakan teman akrab (Ujungnya cinta). Suatu hari, Mikako harus menanggung tanggung jawab besar dalam menjalankan sebuah misi yang mengharuskan ia harus ke luar angkasa. Meski pergi jauh, ia selalu berhubungan dengan Noboru menggunakan HandPhone yang selalu ia bawah.

Namun semakin ia jauh dari bumi, semakin susah mereka berhubungan. Perbedaan waktu juga dirasakan keduanya. Mikako mengirimkan pesan ke Noboru bisa memakan waktu 1 tahun untuk di terima Noboru. Di bumi, Noboru terus tumbuh sampai akhirnya menginjak umur 20 tahun, sedangkan tidak untuk Mikako, umurnya masih 14 tahun. Ini adalah kisah tragedi dua pasangan yang terpisah oleh ruang dan waktu.

#15. Fate/Zero

Fate/Zero menceritakan tentang tragedi yang terjadi sekitar 10 tahun lalu sebelum Fate/Stay Night. Menceritakan tentang pertarungan 7 Master dan 7 Servant dalam memperebutkan Grail, Cawan Suci yang bisa mengabulkan segala permintaan. Semua Master memiliki tujuannya masing-masing dan cenderung untuk egonya sendiri, namun tidak untuk Master dari kelas Saber. Emiya Kiritsugu merupakan salah satu Master yang memiliki tujuan menghancurkan Grail dan menghentikan permainan yang bisa berujung tragedi berdarah ini.

#14. Ima, Soko ni Iru Boku (Now and Then, Here and There)

Rilis pada 1999, meskipun termasuk anime lawas tapi anime ini sangat seru untuk diikuti. Shu yang memiliki ketertarikan kepada Kendo suatu hari bertemu dengan seorang dewi berumur ribuan tahun bernama Lala Ru. Lala Ru berasal dari dunia lain, sebuah Negara bernama Hellywood. Orang suruhan dari Negara tersebut kemudian muncul untuk mengambil Lala Ru kembali, namun Shu berusaha untuk menolong. Karena kalah, Shu akhirnya juga terseret oleh masalah Lala Ru dan tiba ke Hellywood.

#13. Mahou Shoujo Madoka Magica (Puella Magi Madoka Magica)

Berkisah tentang seorang perempuan yang mengikuti takdir sebagai Puella Magic. Mereka adalah pejuang yang melawan Withces dengan hewan misterius yang mengikat kontrak dengan mereka dan mengabulkan satu keinginan apapun itu. Apakah mereka akan berhasil dan bisa menjalani takdir ini?. Anime ini adalah anime yang memperlihatkan bagaimana gadis moe bertarung mengikuti takdir yang penuh tragedi.

#12. Myself; Yourself

Bercerita tentang 5 orang sahabat, mereka adalah Sana, Nana, Shusuke, Shuri, dan Aoi. Sayangnya, salah satu sahabat mereka yaitu Sana harus meninggalkan ke-4 temannya karena ikut bersama orang tuanya ke Sakuranomori karena bisnis. Sebelum berpisah, teman-temannya memberikan hadiah masing-masing sebagai kenang-kenangan.

5 tahun kemudian, mereka berkumpul kembali dan telah menjadi siswa siswi SMA. Ia senang teman-temannya tak berubah kecuali Nana yang terlihat lebih pendiam. Setelah diceritakan oleh Shusuke, Nana ternyata mengalami lupa ingatan semenjak tragedi kebakaran yang menewaskan kedua orang tuanya. Untuk endingnya sendiri, silahkan di tonton yah minna-san ^-^

#11. Full Moon wo Sagashite

Mitsuki Kouyama merupakan gadis 12 tahun yang berbakat dalam bernyanyi. Namun ia menderita Sarcoma, penyakit yang jika di operasi bisa merusak suaranya. Impiannya untuk menjadi seorang penyanyi terkenal perlahan lenyap ketika neneknya tak merestui dan tumor makin menjadi-jadi. Sebelum bakat bernyanyinya hilang sepenuhnya, ia akhirnya mengikuti audisi menyanyi.

Tapi Shinigami tak tinggal diam, ia kemudian berjanji pada Takuto untuk pergi sesuai waktu yang diberikan dan Takuto akan membantunya meraih mimpi. Takuto kemudian memberikan kekuatan kepadanya untuk berubah menjadi gadis 16 tahun untuk meraih mimpinya.

#10. Mawaru Penguindrum

Kanba Takura dan Shouma Takura merupakan 2 orang kakak yang berjuang keras untuk menyembuhkan adiknya yang bernama Himari. Banyak cara yang mereka lakukan demi adiknya. Mulai dari perawatan dan mencoba untuk meninggalkan kenangan bersama Himari di sisa hidupnya yang pendek.

Mereka ber-3 kemudian jalan-jalan ke sebuah tempat hiburan Kolam Penguin, di sana mereka juga membeli sebuah topi penguin. Namun sayangnya, si kakak harus terima bahwa ke kolam penguin merupakan perjalanan terakhir bagi mereka ber-3. Saat adiknya dinyatakan sudah meninggal, suatu keajaiban terjadi. Untuk selengkapnya di simak sendiri yah ^-^

#9. Kimi no Nawa

Berkisah tentang Mitsuha, seorang gadis desa yang tinggal dengan damai bersama nenek dan adiknya di desa. Ayahnya terlalu sibuk dengan pekerjaan sehingga ia jarang bertemu dengan ayahnya. Mitsuha juga ingin banget hidup di Tokyo karena bosan dengan suasana di desa. Di sisi lain, Taki merupakan seorang laki-laki yang tinggal di Tokyo dan menjalani hidup layaknya anak Kota.

Ia juga bekerja di salah satu Restoran Italia dan tertarik dengan salah satu rekan kerjanya di sana. Suatu hari, Mitsuha bermimpi menjadi seorang laki-laki yang hidup di Kota dan begitu juga Taki yang bermimpi hidup di Desa. Namun mereka perlahan sadar bahwa hal itu adalah kenyataan, bukan mimpi.

#8. Kimi ga Nozomu Eien

Jika seandainya kamu aktif pantau anime tahun 2000-an, maka kamu mungkin akan berkata anime ini adalah anime romance terbaik yang pernah ada. Tentunya akan ada sentuhan tragedi yang membuat cerita lebih berbobot dan yah bisa bikin kamu sedikit nyesek. Ceritanya sendiri cenderung memperlihatkan kisah cinta yang terpisah akan waktu bahkan bertahun-tahun dan kemunculan pihak ke-3 yang membuat semuanya makin berbelit-belit. Untuk selengkapnya hmm… nonton sendiri ajah deh ^-^

#7. Grave of the Fireflies

Kalau yang di atas bisa bikin nyesek, kalau yang ini bisa bikin kamu nangis terharu T-T. Biasanya anime sedih itu romance, tapi kalau ini beda guys, tapi tentang bagaimana rasanya berada di tengah perang yang menggejolak. Ceritanya tentang kakak adik yang berusaha bertahan hidup di tengah peperangan, so tentunya anime movie ini penuh dengan tragedy.

#6. Clannad: After Story

Clannad di kenal memiliki kisah yang bikin sedih, khususnya pada season ke-2 yaitu Clannad: After Story. Pada season ke-2 ini, Clannad lebih menekankan pada klimaks cerita dan penuh akan kisah tragedi. Melanjutkan kisah dari Tomoyo dan Nagisa yang kini telah menikah dan menjalani hidup bersama. Ketika kelahiran sang buah hati yang telah lama dinantikan, tragedi pun terjadi.

#5. Death Note

Seorang pemuda cerdas bernama Light Yagami kadang berpikir betapa membosankan dunia ini. Hal yang sama juga dirasakan oleh seorang Shinigami dan memutuskan untuk membuang Death Note ke bumi, berharap manusia menemukannya dan menghiburnya. Suatu hari, Light Yagami kemudian menemukan buku tersebut.

Death Note memiliki kekuatan di mana setiap nama yang dituliskan didalamnya maka orang tersebut akan mati. Dengan kecerdasaan Light dan kekuatan buku tersebut, ia berpikir untuk menjadi “Tuhan” dan menghapus seluruh criminal yang merajalela di bumi dan mengambil nama samaran “Kira”. Sayangnya banyak orang yang menentang prinsipnya, salah satunya adalah L.

#4. Attack on Titan

Unsur tragedi cukup jelas di anime ini. Manusia yang berada di ujung kepunahan serta banyaknya adegan-adegan kematian sudah memberikan apa yang ingin diperlihatkan oleh sebuah anime yang Bergenre Tragedy. Berkisah tentang manusia yang bertarung melawan para raksasa dan memangsa mereka selama beratus-ratus tahun lamanya.

Dinding besar di buat agar raksasa tak masuk dan telah menjadi pertahanan terakhir umat manusia. Namun, munculnya Titan Colosal yang menjebol dinding membuat para raksasa yang lain masuk dan memangsa manusia. Hal yang paling ditakutkan oleh manusia akhirnya terjadi.

Seorang pria muda bernama Eren Jeager melihat langsung bagaimana ibunya di bunuh oleh Titan dan karena itu, ia akhirnya bersumpah akan membunuh semua Titan. Eren akhirnya masuk dalam pasukan pengintai khusus agar bisa keluar dari dalam dinding dan memburu para Titan. Namun perlahan manusia sadar bahwa musuh utama mereka bukan hanya para raksasa.

#3. Hanbun no Tsuki ga Noboru Sora

Dari segi cerita masih memberikan efek-efek tragedi yang tak akan di duga-duga. Anime ini juga mengusung Genre Romance yang bisa mengundang air mata. Selain itu, OST merdu yang akan mengiringi kamu selama 6 episodenya bisa menjadi poin lebih. Berkisah tentang Yuichi yang terkena Hepatitis dan harus di rawat di rumah sakit. Ia pernah mencoba untuk kabur dari rumah sakit tapi gagal.

Suatu hari, ia bertemu dengan seorang gadis bernama Rika dan langsung suka dengannya. Rika merupakan gadis cantik namun sedikit egois. Seiringi dengan berjalannya waktu, Yuichi terus mendekati Rika dan tahu apa yang membuat Rika begitu egois. Ternyata oh ternyata, Rika mengidap suatu penyakit di mana umurnya tak lama lagi T-T

#2. True Tears

Satu lagi anime yang bisa bikin kamu sedih T-T (Tragedi emang identic dengan yang sedih-sedih >…<) namun memberikan sesuatu yang berkesan banget setelah menonton. Awal ceritanya di mulai dari Hiromi yang tinggal bersama Shinichiro sejak sepeninggal orang tuanya. Mereka juga bersekolah di tempat yang sama. Di sana mereka bertemu dengan teman-teman dan menjalin persahabatan, tentunya ada sedikit kisah percintaan yang berujung haru di sini.

#1. Tokyo Magnitude 8.0

Nah kalau yang ini nih benar-benar murni 100% tragedi alam. Mirai dan Yuki merupakan kakak adik yang memiliki hidup normal diperkotaan. Sayangnya setiap malam tak jarang mereka melihat pertengkaran kecil antara ayah dan ibu mereka. Meski begitu, perhatian orang tua rasanya tak cukup bagi mereka.

Suatu hari Yuki ingin ke Odaiba untuk melihat pemeran robot di sana. Karena ibu nya tak sempat, maka Mirai di suruh untuk menemani adiknya pergi kepameran tersebut. Di tengah pameran, tiba-tiba gempa bumi berkekuatan 8.00 Skala Richter terjadi dan membuat bangunan hancur parah. Mirai dan Yuki akhirnya terjebak karena sulitnya akses kembali dan seringnya gempa susulan. Di tengah kepanikan, seorang wanita bernama Mari datang dan membantu mereka.

Read More! 13 Rekomendasi Anime Harem Terbaik 2017 versi Sakuranime!

Itu dia rekomendasi anime tragedy terbaik yang bisa kamu tonton, temani hidupmu dengan yang tegang-tegang. Tentunya jika masih ada rekomendasi anime tragedi lainnya bisa komentar di bawah yah. Jangan lupa share dan tetap kunjungi Sakuranime, situs membahas anime terbaik se-Indonesia!!! Arigatou minna-san! ^-^

Comments

comments