Sakuranime.com – Ability adalah teknik atau gerakan yang dapat digunakan oleh duel avatar dalam pertarungan dengan menggunakan program Brain Burst di Normal Duel atau Unlimited Neutral Field. Banyak ability unik dari setiap duel avatar dan masing-masing memiliki efek dan kekuatan yang berbeda.

Dari sekian ability duel avatar yang telah muncul di anime, ada beberapa yang sangat mematikan serta langka. Apa saja? Mari kita simak 10 ability, special move, kemampuan duel avatar terkuat di Brain Burst.

#10. Citron Call – Lime Bell

Citron Call – Lime Bell

Salah satu special move milik Lime Bell, Citron Call membutuhkan special bar dalam keadaan penuh untuk bisa menggunakannya. Citron Call awalnya dikira sebagai ability penyembuh yang akan mengembalikan HP ( Hit Point ) menjadi penuh kembali.

Namun setelah pertarungan kedua antara Silver Crow, Cyan Pile dan Dusk Taker, terungkap bahwa Citron Call sebenarnya adalah kemampuan untuk memutar balik waktu, membalikkan ( Meng undo ) kerusakan yang diterima target dan mengurangi isi special bar mereka.

Setelah naik level, Lime Bell meng-upgrade ability nya tersebut dan membuatnya bisa memutar balikkan waktu lebih jauh, sehingga membuat Silver Crow bisa mendapatkan sayap  miliknya yang dicuri oleh Dusk Taker. Walaupun special move ini tidak menimbulkan damage, tapi ability tersebut termasuk sangat langka di Brain Burst.

#9. Silly-Go-Round ( Yellow Radio )

Silly-Go-Round ( Yellow Radio )

Kemampuan eksklusif milik Yellow Radio, menimbulkan ilusi yang akan membuat lawan merasakan distorsi dan lingkungan berputar mirip dengan bagaimana komedi putar bekerja. Sebagai salah satu legion master, kemampuan Yellow Radio ini tidak dapat diremehkan.

#8. Lightning Cyan Spike ( Cyan Pile )

Lightning Cyan Spike ( Cyan Pile )

Adalah special move level 4 milik Cyan Pile yang membutuhkan 40% dari special bar. Ia bersiap dengan Pile Driver miliknya, dan membuat kuda-kuda untuk mengantisipasi ia terdorong.

Kemudian ujung dari Pile Driver meluncur keluar dengan dengan kecepatan dahsyat serta dilapisi listrik dan akan menghantam lawan dengan keras. Ability tersebut bisa digunakan dalam jarak yang jauh, namun akan lebih efisien jika lawan dalam jarak dekat.

#7. Death by Embracing ( Black Lotus )

Death by Embracing ( Black Lotus )

Salah satu special move milik Black Lotus, membutuhkan special bar dalam keadaan penuh untuk menggunakannya.

Black Lotus meletakkan tangannya yang berbentuk pedang di dekat leher korban yang akan memberikan kesan bahwa ia sedang memeluk orang tersebut. Saat musuh melemahkan penjagaannya,  ia menggunakan tangannya untuk memenggal kepala lawan.

Black Lotus menggunakan ability ini untuk mengakhiri riwayat raja merah pertama, Red Rider. Di volume 3, ia menggunakannya kembali saat melawan Silver Crow dalam duel.

#6. Layered Armor ( Black Vise )

 Layered Armor ( Black Vise )

Layered Armor adalah ability bertahan milik Black Vise, menggunakan semacam panel (papan) dari tangan kirinya, Black Vise dapat membuat beberapa lapis pertahanan untuk memblok serangan lawan. Serangan lawan akan semakin lemah setiap melewati lapisan tersebut satu per satu.

Black Vise menggunakan ability ini saat menahan Vorpal’s Strike milik Black Lotus. Walaupun hancur dan hanya menyisakan lapisan terakhir, Layered Armor terbukti mampu menghentikan serangan Black Lotus yang merupakan seorang legion master.

#5. Static Pressure ( Black Vise )

Static Pressure ( Black Vise )

Walaupun kemunculannya di anime masih terbilang sedikit, ability milik Black Vise tak bisa diremehkan. Static Pressure, Black Vise menempatkan 2 buah panel di setiap sisi lawan dan akan mencoba untuk menekan mereka.

Ia lalu mengubah bentuk panelnya menjadi kotak yang mana akan menambah daya dorong dan melemahkan lawan hingga mereka hancur. Ability ini juga memblok lawan untuk melakukan segala jenis komunikasi. Black Vise menggunakan ability ini saat melawan Silver Crow.

#4. Demonic Commander ( Dusk Taker )

Demonic Commander ( Dusk Taker )

Merupakan special move yang unik milik Dusk Taker, setelah mengunci dan membatasi gerakan lawan, ia membuat kontak mata dengannya ( Awas jatuh cinta :p ) dan mengarahkan sebuah sinar diantara kedua mata duel avatar. Setelah itu, Dusk Taker dapat mengambil ability yang ia inginkan dari duel avatar lawan.

Demonic Commander membuat ia dapat mencuri ability atau Enchanged Armaments milik lawan (sebuah armor atau alat tambahan) untuk waktu selama yang ia inginkan. Ia juga bisa mengembalikan apa yang telah ia curi.

Demonic Commander membuatnya bisa mencuri beberapa ability, namun ada batas tertentu dan belum diketahui berapa batas ability yang bisa ia pertahankan dalam satu waktu. Demonic Commander tidak bisa mencuri ability atau alat perang yang terbuat dari trauma yang dialami lawan ( Bentuk dan ability duel avatar dibuat berdasarkan trauma pemain ).

#3. Vorpal Strike ( Black Lotus )

Vorpal Strike ( Black Lotus )

Vorpal Strike adalah system inkarnasi yang digunakan oleh Black Lotus, menggunakan tangannya yang berbentuk pedang, ia dapat melepaskan sejumlah energy yang mampu menjangkau jarak 10 meter. Vorpal Strike merupakan memampuan jarak jauh yang mematikan, terbukti ia dapat menembus Layered Armor milik Black Vise hingga lapisan terakhir.

Black Lotus mempelajari ability ini dari gurunya, Graphite Edge. Ia juga merupakan pengguna asli ability tersebut.

#2. Death by Piercing ( Black Lotus )

Death by Piercing ( Black Lotus )

Merupakan salah satu special move milik Black Lotus, membutuhkan special bar dalam keadaan penuh untuk dapat menggunakannya. Saat akan menggunakannya, Black Lotus bersiap dengan posisi bertarungnya, lalu ia menyilangkan kedua pedangnya menjadi bentuk X yang kemudian akan bersinar. Ability ini merupakan one hit kill serta membutuhkan kontak fisik.

Ia untuk pertama kalinya menggunakan Death by Piercing saat bertarung dengan Yellow Radio, tapi saat itu terganggu oleh kemunculan dari Chrome Disaster kelima.

#1. Judgement Blow ( Legion Master )

Judgement Blow ( Legion Master )

Ability paling menakutkan sampai saat ini dan hanya bisa digunakan oleh mereka yang menjadi Legion Master. Termasuk one hit kill ability dan membuat penggunanya mampu meng uninstall Brain Burst anggota legion mereka secara paksa. Ability ini hanya bisa digunakan dalam jarak yang sangat dekat, bahkan jangkauannya bisa dibilang nol.

Read More! 5 Tim Air Treck Terkuat di Anime dan Manga Air Gear

Sampai saat ini masih sedikit ability yang diperlihatkan di anime, bahkan sebagian besar Legion Master belum menunjukkan kemampuan mereka. Oleh karena itu tidak menutup kemungkinan bahwa akan muncul ability-ability yang lebih hebat daripada yang telah saya sebutkan. Jika penasaran silahkan baca light novel nya, jika menunggu anime belum ada kabar resmi kapan season 2 nya akan rilis.