Sakuranime.com – Anime bergenre sports atau olahraga tidak kalah popular jika dibanding dengan genre-genre lainnya. Sampai saat ini sudah banyak anime bergenre sport yang telah dirilis, salah satu yang paling banyak digemari adalah bertema basket.

Cukup banyak anime bertema basket yang sukses bersaing di pasar anime. Jika kamu merupakan salah satu penggemar genre sport, maka daftar di bawah ini adalah anime tentang basket (sport) yang wajib kamu tonton versi Sakuranime!

#8. Dear Boys

Dear Boys

Sebuah tim basket di SMA Mizuho yang memiliki 4 orang anggota sedang mengalami masalah. Mereka terancam tak bisa bermain lagi, namun seorang murid pindahan bernama Aikawa memberi harapan kembali pada Tim Basket SMA Mizuho.

Murid pindahan tersebut membuat tim menjadi genap dan tidak kekurangan orang lagi. Tidak disangka Aikawa adalah pemain yang sangat handal dalam basket. Dengan ini, mimpi SMA Mizuho dapat menjadi kenyataan untuk menjadi yang terkuat.

#7. I’II/CKBC

I’II/CKBC

Seorang pemain basket hebat bernama Hiiragi Hitonari namun tak tidak pernah bisa lepas dari pengaruh kakaknya yang merupakan pemain basket lebih hebat darinya.

Ia merupakan Tim Basket Kouzu. Dalam sekolahnya, ia memiliki saingan bernama Tachibana Akane. Anime bertemakan basket ini memiliki cerita yang menarik meski dengan grafis yang sedang.

#6. Ro-Kyu-Bu!

Ro-Kyu-Bu!

Nah anime basket satu ini berbeda dengan daftar-daftar yang lain, kenapa? Dalam anime ini pemain basketnya itu gadis-gadis cantik dan loli.

Bercerita tentang Subaru Hasegawa, seorang mahasiswa bergabung dalam sebuah tim basket di kampusnya. Sayangnya tim tersebut bubar karena kecurigaan pemain pada pelatih yang dianggap lolicon. Subaru akhirnya mendapat pekerjaan sebagai pengajar atau pelatih tim basket SD.

#5. Slam Dunk

Slam Dunk

Salah satu anime legenda dan bisa dibilang sebagai cikal bakal genre sport. Anime ini merupakan adaptasi dari manga karya Takehiko Inoue dengan judul yang sama.

Slam Dunk menceritakan tentang perjalanan seorang pemuda pembuat onar bernama Hanamichi Sakuragi yang ingin menjadi pemain basket terbaik.

Ia sebenarnya tidak tahu apa-apa tentang basket, namun ia nekat bergabung dengan klub basket demi seorang gadis yang ia cintai bernama Haruko Akagi.

Karena dasarnya si Sakuragi ini tidak tahu apa-apa tentang basket, di awal ia banyak melakukan kebodohan. Bahkan ia sering dikeluarkan di tengah pertandingan karena melakukan fouls 5 kali.

Tapi demi cintanya ia tak menyerah, Sakuragi terus berusaha dan berlatih demi menyaingi rivalnya, Rukawa Kaede. Lambat laun skill basket Sakuragi mulai berkembang dengan pesat hingga ia menjadi seorang professional.

Saat menonton Slam Dunk kalian akan dikenalkan dengan berbagai istilah dalam dunia basket. Cerita dalam anime ini juga bersifat realistis dan tidak dibuat-buat. Bagi kamu yang belum menonton, segeralah masukan Slam Dunk ke dalam list kamu.

#4. Buzzer Beater

Buzzer Beater

Anime Buzzer Beater diadaptasi dari sebuah manga karya Takehiko Inoue yang kita tahu beliau juga merupakan mangaka Slam Dunk. Mungkin anime ini tidak sepopuler Slam Dunk ataupun Kuroko no Basuke, tapi Buzzer Beater merupakan salah satu anime tentang basket yang patut ditonton. Bahkan ceritanya sudah diadaptasi menjadi sebuah Dorama Jepang.

Buzzer Beater menceritakan seorang anak bernama Hideyoshi, ia merupakan seorang tunawisma yang tinggal di New York. Hideyoshi mengandalkan uang yang ia dapat dari taruhan bermain basket untuk bertahan hidup. Namun hidupnya seketika berubah sejak ia direkrut menjadi pemain basket professional.

Konsep yang diusung Buzzer Beater berbeda dari anime tentang basket kebanyakan, atau malah bisa dibilang cukup aneh. Jika biasanya basket hanya dimainkan oleh manusia dan hanya berlatar di bumi, dalam anime ini basket merupakan permainan alam semesta.

Dengan membawa konsep tersebut, Hideyoshi bersama teman-temannya berusaha membuktikan bahwa ras manusia adalah yang terbaik dalam bermain basket.

#3. Basquash!

Basquash!

Satu lagi anime tentang basket dengan konsep yang bisa dibilang “nyeleneh”. Basquash bercerita tentang permainan basket yang tidak hanya dilakukan oleh manusia. Jika dalam Buzzer Beater yang menjadi lawan adalah Alien, maka dalam anime ini lawannya adalah robot raksasa.

Diceritakan bahwa sang tokoh utama terjebak dalam sebuah permainan yang disebut Bigfoot Basketball dimana ia harus bermain basket melawan robot raksasa yang disebut Bigfoot.

#2. Dash! Kappei

Dash! Kappei

Merupakan anime jadul yang ditayangkan sekitar tahun 80an, menceritakan tentang Kappei Sakamoto, seorang murid SMA yang mempunyai kemampuan luar biasa dalam bermain basket.

Namun ada yang berbeda dari karakter ini, jika biasanya pemain basket memiliki postur tubuh tinggi, maka Sakamoto adalah kebalikannya. Ia mempunyai postur tubuh pendek, bahkan tingginya tidak mencapai 1 meter.

Selain itu Sakamoto juga mempunyai sebuah obsesi, yaitu ia sangat tertarik dengan celana dalam wanita berwarna putih.

Bahkan ia masuk tim basket karena pelatih tim basket putri, Natsu memakai celana dalam berwarna putih. Dengan obsesinya yang cukup aneh tersebut banyak kejadian lucu yang akan membuat kamu tertawa.

#1. Kuroko No Basuke

Kuroko No Basuke

Kuroko no Basuke yang pertama kali dirilis tahun 2012 ini mungkin bisa disebut sebagai rival dari Slam Dunk. Dengan mengusung tema basket, premis yang digunakan Kuroko no Basuke tentu saja tak jauh dari “from zero to hero”.

Walau premis yang digunakan sudah tergolong umum, anime ini mampu membuktikan bahwa ia bisa bersaing dan tak kalah dengan anime lain.

KnB menceritakan tentang Kuroko Tetsuya yang bergabung dengan klub basket SMA, Seirin. Bersama dengan seluruh anggota tim, Kuroko bertekad untuk menjadi tim basket terbaik di Jepang.

Namun tentu saja jalan tak semulus paha wanita jepang, dalam perjalanan mereka menjadi yang terbaik harus menghadapi banyak tim kuat.

Ada perbedaan mencolok antara KnB dan Slam Dunk, jika Slam Dunk mempunyai alur cerita yang realistis, KnB justru mempunyai unsur fantasi dalam ceritanya.

Selain jalan cerita yang menarik serta dramatis, anime yang biasa disingkat menjadi Kurobas ini juga mempunyai unsur komedi yang tak kalah lucunya.

Read More! 8 Karakter Tercantik dan Populer di Shokugeki no Soma

Itulah 5 anime bertema basket terbaik yang harus kamu masukan ke dalam list wajib tonton. Semoga beberapa rekomendasi diatas dapat memberikan kamu inspirasi.

Dengan terus berjalannya waktu tidak menutup kemungkinan akan bermunculan anime bertema basket yang lain. Simak juga pembahasan anime keren lainnya, arigatou na Minna-san! ^-^