Sakuranime.com – Tahu Sword Art Online? Memang SAO merupakan salah satu anime fantasy paling keren yang pernah ada, namun sayangnya SAO bukanlah satu-satunya yang dicap sebagai anime fantasy terbaik.

Anime fantasy banyak diminati oleh orang-orang, apalagi para animelovers di luar sana. Selain menyajikan cerita yang menarik, ciri khas dari anime fantasy adalah virtual atau grafis-nya yang keren dan umumnya menampilkan monster atau demons yang berlatarkan abad pertengahan, yah ada juga varian lain sih.

Ada banyak anime dengan genre fantasy seru untuk ditonton dan sekarang, berikut ini adalah deretan rekomendasi anime fantasy terseru versi Sakuranime!

#46. Violet Evergarden

Banyak orang yang meragukan fantasy dari anime ini. Sebenarnya anime ini sudah fantasy banget, sayangnya orang-orang selalu menganggap fantasy identik dengan pertarungan atau semacamnya. But, anime ini adalah drama kehidupan yang menceritakan tentang seorang gadis yang ditarik kembali dari medan perang untuk bekerja di suatu kantor pengiriman surat. Meski perlahan bisa terbiasa, ia tidak bisa melupakan seorang pria yang ia tinggalkan di medan perang.

#45. Mushishi

Sebuah anime yang kental banget dengan suasana Jepang Kuno di mana roh-roh legenda Jepang bisa ditemukan di anime ini. Ceritanya tentang perjalanan seseorang yang bisa melihat dan berientraksi dengan Mushi (Seperti Yokai/monster halus gitu). Di setiap episode-nya tidak terhubung dengan episode yang lain. Setiap episode-nya memiliki karakter berbeda-beda, tapi tetap dengan karakter utama kita.

#44. Howl no Ugoku Shiro

Sebuah anime movie yang sebaiknya kamu tonton jika kamu suka banget dengan anime fantasy yang memiliki pemandangan indah. Meski termasuk anime lawas, tapi ceritanya tidak boleh diragukan lagi. Grafis dan sound-nya juga sebenarnya masih bagus, seperti yang diharapkan dari anime garapan Studio Ghibli. Anime ini juga sangat erat dengan sihir dan penyihir, serta romance yang kental di ending.

#43. Aria The Origination

Sudah cukup banyak memiliki season dan OVA. Fantasy-nya cukup bagus disertai dengan slice of life yang menarik. Jika saja anime ini digarap sekali lagi dengan grafis yang wow, pasti laku keras. Kisahnya tentang kehidupan para Undine, semacam pemandu yang mengajak pengunjung menikmati indahnya Vanezia. Karakter utama kita bernama Akari, seorang pendayung Gondola atau Undine dari Aria Company.

#42. Kamisama Hajimemashita

Anime ini termasuk reverse harem yang sangat-sangat seru. Di sisi lain, kamu bisa menemukan fantasy yang identik dengan kisah-kisah Yokai Jepang zaman dulu. Anime ini juga sangat kental dengan romance, karena itulah direkomendasikan banget deh untuk yang suka reverse harem. Kisahnya tentang gadis biasa yang terlibat dengan para siluman ganteng. Oh iya, keunikan lain dari anime ini adalah kisah lalu sang MC cowok yang mengejutkan banget.

#41. Houseki no Kuni

Anime fantasy berkelas dengan grafis yang unik dan memukau. Waifu kapal sudah ada, nah di anime ini kamu bisa melihat waifu diamond. Anime ini adalah anime fantasy dan misteri di mana kehidupan manusia tidak lagi tersisa. Kisahnya tentang kehidupan baru yang tercipta dari pertama. Tetapi manusia bulan ingin mengambil dan mengoleksi mereka. Karena tidak ingin, para permata dan guru-nya ini bertempur dengan Tsuki Jin atau manusia bulan.

#40. Princess Mononoke

Sebuah anime movie fantasy dengan cerita yang sangat sederhana. Karena sudah jadul banget, kesan wow mungkin tidak bisa dirasakan jika menonton di tahun ini. Tapi soal cerita, Sakuranime bisa menjamin keseruannya. Ceritanya sederhana banget, kamu tidak akan pusing dengan ceritanya. Kisahnya tentang soerang pemuda yang terkena kutukan karena terlibat perkelahian. Untuk membuang kutukan tersebut, ia pergi berkelana mencari cara. Di tengah perjalanan, ia terlibat dengan dua golongan yang saling bertempur sejak lama.

#39. Kemono no Souja Erin

Anime yang rilis pada tahun 2009 dan memiliki banyak episode, kurang lebih 50 episode. Secara fantasy sudah terasa banget, kamu bisa melihat pemandangan era abad pertengahan di anime ini. Beberapa scene juga bisa membuat kamu terharu. Sayangnya di Indonesia, sepertinya anime ini jarang banget dilirik yah.

#38. Yaoguai Mingdan

Secara visual, anime ini agak dark, tapi memiliki adegan serius dan lucu yang bisa ditemukan sesekali. Fantasy-nya bagus banget. Selain memiliki adegan pertarungan yang badass, anime ini juga menyajikan cerita romantis antara kedua karakter utama kita meski yah tidak sekental anime romance murni.

#37. Juuni Kokuki

Anime yang sedikit terlupakan, maklum karena anime ini sudah jadul banget. Secara fantasy sudah keren banget, perpaduan dua dunia yang berbeda antara modern dan fantasy benar-benar sesuatu hal yang menarik di anime ini. Kisahnya tentang seorang gadis yang ingin hidup normal tapi malah terseret dalam masalah karena kemunculan pria misterius yang mengaku sebagai pengikutnya.

#36. Cardcaptor Sakura: Clear Card-hen

Anime yang baru-baru ini rilis dan memiliki penilaian positif bagi yang menonton. Unsur magic sangat terasa di anime ini. Karena memiliki peran utama cewek, sepertinya anime ini cocok ditonton untuk anak cewek, tapi bagi yang cowok juga cocok kok. Keunikan lain adalah penggambaran karakter yang imut dan sedikit kisah romance.

#35. Kobayashi-san Chi no Maid Dragon

Dunia fantasy seperti kemunculan Naga dan dunia modern dengan gedung pencakar langit menyatu secara sempurna di anime ini. Kisahnya tentang seekor Naga yang ingin menjadi pelayan dari seorang pekerja kantoran biasa. Naga tersebut bisa berubah menjadi cewek cantik. Anime ini tak memiliki adegan serius atau romance, anime ini hanya mengundang tawa dengan genre utama comedy dan slice of life.

#34. Uchouten Kazoku

Kalau dalam bahasa Indonesia, judulnya bisa berarti “Keluarga yang nyentrik”. Latar tempatnya sih modern, tapi unsur fantasy-nya terasa karena di dunia ini terdapat tiga ras yang hidup berdampingan yaitu Tanuki, Tengu, dan Manusia. Karakter utama kita ada di pihak Tanuki, tapi terseret masalah karena kemunculan kelompok lain yang pernah mengacau di keluarganya. Anime ini mungkin kental dengan slice of life dan fantasy, tapi misteri anime ini juga cukup menarik.

#33. Nagi no Asukara

Selain kental dengan unsur fantasy, romance di anime ini juga “Gurih” banget. Ceritanya tentang dunia daratan dan laut dengan masing-masing penghuninya. Karena beberapa alasan, para penghuni laut harus pindah ke daratan untuk hidup yang lebih baik. Karakter utama kita ini anak laut, tapi karena sekolah-nya ditutup, ia harus pindah sekolah ke sekolah darat.

#32. Mahoutsukai no Yome

Seorang gadis yang hidup penuh penderitaan sampai-sampai dirinya hampir berakhir di suatu pelelangan. Tetapi, ia kemudian ia dibeli oleh seorang penyihir berkepala binatang dan mengangkatnya sebagai calon istri. Sebuah kisah romance yang dipadukan fantasy dan magic yang sebaiknya tidak kamu abaikan.

#31. Little Witch Academia

Di anime ini kamu bisa melihat sekolah sihir ala Harry Potter. Ada banyak sihir dan unsur fantasy di anime ini, so bisa kamu bayangkan sendiri seperti apa sekolah sihir itu. Diperankan oleh gadis yang tak memiliki bakat sihir tapi sangat berkemauan menjadi penyihir hebat seperti idolanya. Akhirnya ia masuk di akademi sihir untuk melatih dirinya. Ending anime-nya tidak menggantung, dan terdapat sedikit kisah romance di anime ini.