#15. Suisei no Gargantia

Dari segi grafis benar-benar keren dan berwarna banget. Sedangkan dari segi cerita, benar-benar seru, sepertinya anime ini cukup direkomendasikan untuk kamu yang mencari anime mecha yang dipadukan dengan fantasy. Anime ini juga bertema reverse isekai, artinya MC kita di sini bukan berasal dari bumi namun terdampar ke bumi, meski manusia memang asal usulnya dari bumi sih.

Ceritanya tentang kehidupan manusia jauh di masa depan di mana bumi tidak lagi ditempati dan menjadi mitos belaka. Manusia sekarang hidup di luar angkasa sambil berperang melawan alien kayak Gurita raksasa menggunakan robot mecha.

Nah saat menjalankan tugas dan kalah telak, si MC gagal kembali ke kapal induk sehingga ia terdampar di suatu tempat. Di saat ia sadar, ia mengetahui bahwa tempat itu ternyata adalah bumi dengan keindahan alam yang begitu luas. Mulai dari sini, ia kemudian belajar bahasa bumi dan mencoba untuk berinteraksi dengan lainnya.

#14. Robotics;Notes

Rekomendasi Anime Mecha Terbaik

Ceritanya memang “Teknologi” banget dan berlatarkan di tahun 2019 di masa depan, udah deket sih. Di sini kamu bisa melihat bagaimana sekelompok pelajar yang memiliki misi untuk mengembangkan teknologi baru yaitu Phonedroid Pad di mana manusia mampu menciptakan robot atau mecha.

Anime ini tidak bercerita serius seperti anime mecha kebanyakan seperti perang atau semacamnya. But, anime ini lebih ke drama mecha dengan semangat anak muda yang penuh konflik sembari membuat robot impian mereka.

#13. RideBack

Ada dua alasan mengapa mimin sangat suka dengan anime mecha ini. Pertama, karakter utama yang nggak biasa, dan kedua, konsep mecha yang nggak biasa juga. Dengan begitu kita bisa simpulkan bahwa anime ini luar biasa banget. Ceritanya tentang organisasi jahat yang mencoba untuk menguasai dunia.

Di sisi lain, karakter utama kita adalah seorang penari balet tapi karena pernah mengalami cedera serius, ia akhirnya berhenti. Bertahun-tahun berlalu, ia kemudian menemukan mecha mirip motor yang disebut sebagai RideBack. Karena kemampuan balance (Keseimbangan)-nya sebagai seorang penari balet, ia sangat berbakat mengendarai RideBack. Namun karena itu juga lah ia terseret masalah dengan pemerintah dan organisasi jahat itu tadi.

#12. Sidonia no Kishi

Sidonia no Kishi

Setelah menghancurkan Bumi bertahun-tahun yang lalu, ras alien Gauna telah mengejar manusia yang masih hidup dan melarikan diri melintasi galaksi. Anime Sidonia no Kishi mengikuti Tanikaze saat ia menemukan dunia yang telah mati, terus bertahan hidup dan menjadi pahlawan yang dibutuhkan Sidonia.

#11. Buddy Complex

Buddy Complex

Seorang siswa SMA biasa, Aoba Watase tiba-tiba menjadi sasaran robot raksasa yang dikenal dengan Valiancer. Namun ia diselamatkan oleh teman sekelasnya yang misterius, Hina Yumihara. Setelah mengungkapkan bahwa ia dan musuh robot tadi berasal dari masa depan, Hina tiba-tiba mendorong Aoba 70 tahun ke depan untuk mencegah kematiannya.

Setelah tiba, Aoba berada di kokpit Valiancer yang disebut Luxon di tengah baku tembak antara militer Aliansi FPA dan Republik Zogilia. Meskipun Aoba mampu bertahan dalam pertempuran tak terduga ini, dia ditahan oleh FPA Cygnus yang ingin menginterogasinya. Secara tak sadar, si tokoh utama kita terlibat masalah untuk menyelamatkan umat manusia.

#10. Heavy Object

Heavy Object

Anime ini keren banget, tak heran anime ini masuk jajaran anime dengan genre mecha terbaik 2015 lalu. Bercerita tentang kehidupan di mana perang tak dibutuhkan yang harus terjadi pertumpahan darah. Semuanya telah dilakukan dengan mecha raksasa yang disebut dengan Object. Fokus pada Quenser, murid dengan cita-cita tinggi menjadi desainer Object yang berpengaruh.

#9. Full Metal Panic!

Full Metal Panic!

Dilengkapi dengan persenjataan canggih dan pasukan khusus, sebuah organisasi militer swasta bernama Mithril berusaha untuk memadamkan terorisme dunia dan semua ancaman terhadap perdamaian di bumi. Organisasi ini didukung oleh Whisper, individu dengan pengetahuan luar biasa untuk menciptakan perangkat dan mesin hebat, atau lainnya.

Sousuke Sagara, seorang sersan 17 tahun yang bekerja untuk Mithril, ditugaskan untuk melindungi Kaname Chidori. Dia diperintahkan untuk masuk ke SMA dan sedekat mungkin dengan Chidori demi mencegahnya jatuh ke tangan musuh dan berbaur dengan teman sekelas mereka tanpa mengungkapkan identitas aslinya.

Sousuke yang tumbuh di medan perang dan sedikit pengetahuan tentang gaya hidup SMA harus beradaptasi dengan kehidupan sekolah untuk melindungi Kaname. Namun, pasukan musuh mulai bergerak dan Sousuke mengetahui bahwa musuh yang datang untuk Kaname jauh lebih berbahaya dari perkiraannya.

#8. Cross Ange: Tenshi to Ryuu no Rondo

Cross Ange: Tenshi to Ryuu no Rondo

Putri Angelise Ikaruga Misurugi hidup damai sebagai seorang putri kerajaan Misurugi. Ia cantik, berbakat, atletis, dan dicintai oleh bangsanya. Kerajaannya damai berkat penggunaan kekuatan perwujudan teknologi yang sangat maju yang dikenal sebagai Mana.

Namun, kebahagian yang Angelise rasakan tiba-tiba hilang saat ia mengetahui ia adalah Norma, orang yang tak bisa menggunakan Mana dan dapat menghancurkan Mana. Sama seperti Norma lainnya, Angelise ditangkap dan diusir dari kerajaan bahkan statusnya sebagai Putri kini hilang dan harus kehilangan ibunda satu-satunya.

Kini ia dipaksa bekerja sebagai tentara untuk melawan Naga yang muncul dari dimensi lain yang bermarkas di kamp jauh dari kerjajaan. tahanan Penjara Arzenal menerbangkan robot yang disebut Paramail. Untuk bertahan hidup, Angelise harus menyesuaikan diri dengan beberapa aspek di kehidupan barunya itu.

Di anime ini kamu bisa melihat bagaimana perkembangan seorang putri manja dan lemah menjadi seorang prajurit pemberani untuk menyelematkan kerajaannya.

#6. Break Blade

Break Blade

Nah kalau yang ini tak perlu ribet keluar angkasa segala. Seluruh latar terjadi di bumi dengan cerita yang dramatis, action keren, dan sedikit romance. Di benua Cruzon, sebuah perang antara kerajaan Krishna dan orang Athena terjadi.

Orang-orang di Negara ini bisa menggunakan Quartz untuk tujuan apapun yang mereka inginkan. Tapi satu orang bernama Rygart Arrow, tidak. Dia bukan orang yang berbakat dan tidak bisa menggunakan Quartz. Tapi ia special, ia dapat menggerakkan Golem kuno (Robot mecha) yang cukup kuat untuk menghadapi tentara yang menyerang Athena.

#5. DARLING in the FRANXX

Nah berasal dari anime rilisan tahun 2018, DARLING in the FRANXX berhasil memberikan suasana Mecha yang sangat keren. Hal ini membuat anime ini benar-benar patut masuk dalam list rekomendasi anime Mecha terbaik versinya Sakuranime.

Berkisah tentang Hiro, seorang anak yang dianggap tidak memiliki kemampuan untuk menjadi seorang Pilot Mecha khusus bernama Franxx yang bertujuan untuk membasmi semua monster yang mengancam kehidupan manusia. Ketika ia sedang bertanya-tanya untuk apa ia berada di sana, ia kemudian bertemu dengan seorang gadis cantik bernama Zero Two yang akhirnya menjadi partnernya.

Anime ini memperlihatkan pertarungan epic antar Mecha dan Sci-Fi nya itu kental banget. Di sisi lain, kisah romance yang mendramatis banget membuat anime ini benar-benar wajib untuk kamu tonton untuk kamu yang suka anime Mecha dengan Romance yang menyentuh.

#4. Aldnoah.Zero

Aldnoah.Zero

Rekomendasi anime bergenre mecha terbaik berikutnya memiliki cerita yang benar-benar menarik. Bisa dibilang anime ini adalah anime mecha dengan cerita terbaik dalam daftar ini. Poin lebihnya adalah action mecha-nya yang keren serta alur cerita yang susah ditebak dan SERU.

Penemuan hypergate di Bulan memungkinkan manusia untuk melakukan teleport ke Mars. Mereka yang memilih untuk tinggal di sana dan menemukan sebuah teknologi yang jauh lebih maju daripada di bumi yang mereka beri nama “Aldnoah.” Penemuan ini mengarah pada berdirinya Kekaisaran Vers di Mars dan sebuah deklarasi perang melawan Terrans yang tinggal di bumi.

Namun, pertempuran yang disebut “Heaven’s Fall” itu menyebabkan hypergate meledak, menghancurkan bulan dan membuat Bumi dan Mars saling berselisih paham sampai akhirnya berujung perang. Lima belas tahun kemudian, murid SMA Inaho Kaizuka mengetahui rencana pembunuhan berencana Putri Allseum yang datang ke Bumi untuk memperbaiki hubungan antara Bumi dan Mars.

Karena itulah Gencatan senjata tak bisa dihindari dan orang-orang Mars mengumumkan perang terhadap Terrans sekali lagi. Dalam menghadapi musuh yang tak dapat diatasi ini, Inaho dan teman-temannya sekarang harus berjuang melawan Kekaisaran Vers untuk menyelesaikan perang sekali lagi dan untuk selamanya. Intinya sih perang saudara gitu.

#3. Eureka Seven

Eureka Seven

Meski termasuk anime yang sudah lama, cerita dari anime menarik sekali. Rekomendasi juga untuk kamu yang mencari anime mecha romance terbaik, Eureka Seven cocok banget buat kamu tonton. Di sebuah kota terpencil, tinggallah seorang anak laki-laki berusia 14 tahun bernama Renton Thurston.

Dia ingin meninggalkan rumahnya dan bergabung dengan kelompok yang dikenal dengan sebutan Gekkostate agar menemukan sebuah petualangan untuk ia lebih bisa menikmati hidup. Namun sang kakek ingin ia menjadi mekanik seperti kakeknya dan tekanan warisan almarhum ayahnya.

Semua berubah ketika Negara api menyerang (LOL) maksudnya, saat Renton bertemu dengan gadis pilot bernama Eureka, anggota Gekkostate. Pertemuan mereka memicu keterlibatan Renton dengan Gekkostate saat ia melakukan perjalanan dengan Eureka sebagai co-pilot Nirvash.

#2. Tengen Toppa Gurren Lagann

Tengen Toppa Gurren Lagann

Anime action mecha terbaik ini memiliki kisah yang menarik dan tak heran, anime ini memiliki rating yang tinggi. Berkisah tentang Simon dan Kamina lahir dibesarkan di sebuah desa bawah tanah yang tersembunyi.

Kamina adalah sosok berjiwa bebas yang bertekad untuk pergi ke permukaan. Sementara Simon adalah anak kecil yang agak penakut, tapi selalu mengikuti Kamina layaknya seorang kakak. Suatu hari saat menggali tanah, Simon bergerak ke benda misterius yang ternyata merupakan kunci artefak kuno, duo Lagann dubs.

Dengan menggunakan itu, Simon dan Kamina menangkis serangan mendadak Alien dari permukaan dengan bantuan Yoko Littner, seorang gadis berambut merah yang memegang senjata api besar.

#1. Code Geass Series

Code Geass Series, Rekomendasi Anime Mecha Terbaik

Anime ini direkomendasikan banget untuk kamu yang mencari genre mecha dengan cerita yang menarik dan tak terduga-duga. Pada tahun 2010, Holy Britannian Empire menyebut dirinya sebagai Negara militer yang mendominasi dunia, dimulai dengan penaklukan Jepang dan mengganti nama wilayah Jepang menjadi area 11.

Setelah mengalami kekalahan yang cepat, Jepang tak mau kalah dan beberapa teroris yang sebenarnya orang Jepang berkumpul dan menantang Kerajaan Britannia dengan harapan dapat merdeka.

Lelouch Lamperouge, pangeran Britannia yang diasingkan dan suatu hari, ia terjebak dalam baku tembak antara angkatan bersenjata dan teroris. Dia bisa lolos, berkat seorang gadis misterius bernama C.C. yang memberinya Geass “The Power of Kings”.

Menyadari potensi besar dari Geass yang dapat memberi perintah mutlak pada manusia hanya dengan melihat matanya, Lelouch memulai petualangan dengan menyamar sebagai Zero, pemimpin cerdas sisa orang Area 11 tanpa ampun terhadap Britannia untuk membalas dendam. Code Geass memiliki beberapa season, movie-nya sendiri melibatkan karakter yang berbeda.

Read More! Anime Genre Kids Terbaik Cocok untuk Anak-Anak!

Menarik bukan? Anime mecha tak selalu berending sad kok, ada beberapa list di atas yang endingnya nggak mainstream. Well, itulah rekomendasi anime mecha terbaik yang Sakuranime bahas kali ini, sampai jumpa di pembahasan genre lainnya dan salam animelovers Indonesia.