Sakuranime.com – School merupakan salah satu genre dalam anime dimana menitikberatkan pada kisah kehidupan sekolah, sesuai dengan nama genrenya. Banyak hal yang menarik dapat kamu temukan dari anime dengan genre school, apalagi dibumbui dengan romance karena school biasanya lebih bagus dipadukan dengan romance.

Jangan Lewatkan Minna-san! >>> ANIME PSYCHOLOGICAL TERBAIK PILIHAN SAKURANIME!

Tapi kali ini, Sakuranime akan membahas rekomendasi anime school terbaik bukan hanya dari romancenya, melainkan genre school yang dipadukan dengan berbagai genre seperti action, horror, drama dan genre lainnya. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah anime genre school terbaik versi Sakuranime.

#35. Gakkougurashi! ( School Live! )

Gakkougurashi! ( School Live! )

Anime ini memiliki daya Tarik unik dimana karakternya loli dan moe-moe, tapi untuk kisahnya sendiri mungkin sedikit horror dimana menceritakan tentang zombie, sebutan orang yang kurang kerjaan memakan sesamanya ( Muehehehe ).

Yuki Takeya merupakan siswa priang bersama temannya Yuri Wakasa, Miki Naoki dan Kurumi Ebisuzawa. Mereka bersekolah di SMA Megurigaoka. Suatu hari, wabah misterius menyerang dimana dapat mengubah orang menjadi zombie. Sembari wabah makin menyerang, Yuki masih saja terus menikmati setiap kegiatan klubnya.

#34. Sakurasou no Pet na Kanojo

Sakurasou no Pet na Kanojo

Anime school romance terbaik yang pernah ada dan memiliki cerita yang menarik. Poin lebihnya ada pada karakternya, disini kamu akan menemukan banyak karakter yang unik dan aneh.

Kanda Sorata, seorang pelajar SMA Suimei yang harus pindah dari asrama regular ke asrama khusus bernama Sakurasou. Suatu hari, ia disuruh oleh Chihiro-sensei untuk menjemput sepupunya bernama Shina Mashiro, gadis polos yang tak bisa mengurus dirinya sendiri.

#33. Ouran Koukou Host Club

Ouran Koukou Host Club

Anime ini memiliki komedi yang kuat dengan kisah anak sekolahan didalamnya. Berkisah tentang Fujioka Haruhi, murid secara special diterima di sekolah Ouran High School, salah satu sekolah elit Jepang.

Ia diterima karena kecerdasannya. Suatu hari tepatnya hari pertamanya, ia pergi ke ruang music karena mengira tidak ada orang disana agar ia bisa belajar dengan tanang. Namun ternyata memiliki 6 orang cowok didalamnya yang merupakan anggota Host Klub.

#32. Gin no Saji

Gin no Saji

Temanya sedikit berbeda dengan anime school kebanyakan yang menceritakan kisah perkotaan, anime ini sedikit istimewa dengan cerita dan keseruannya yang berbeda. Silver Spoon atau Gin no Saji bercerita tentang kehidupan Hachiken dalam menjalani hari-harinya di sekolah khusus pertanian Ooezu.

Ia berasal dari Kota dan bersekolah di Ooezu dengan alasan agar dapat hidup tenang dan jauh dari keluarganya. Namun tak semudah yang ia bayangkan, ia tak mudah menyesuaikan diri di lingkungan Pedesaan karena awalnya ia adalah orang Perkotaan.

#31. Gekkan Shoujo Nozaki-kun

Gekkan Shoujo Nozaki-kun

Suka anime school romcom? Anime ini patut banget kamu tonton. Sakura Chiyo menyukai Nozaki Umetarou, pria tinggi yang menjadi teman satu sekolahnya. Suatu hari saat Sakura akan menyatakan cintanya, ia malah disalahpahami oleh Nozaki dengan memberi ia tanda tangan.

Ternyata Nozaki adalah penggambar sekaligus penulis Manga dan mengira Sakura sebagai fansnya. Ia kemudian mengajak Sakura ke rumah untuk membantunya menggambar Manga. Bermula dari sini, dimulailah kisah romance comedy antara pasangan ini.

#30. Danshi Koukousei no Nichijou

Danshi Koukousei no Nichijou

Berbicara tentang anime school dengan kisah paling kocak yang pernah ada, selain Baka to Test, anime ini menjadi salah satu pilihan school comedy yang sayang banget jika dilewatkan.

Fokus pada kisah kocak Tadakuni, Yoshitake dan Hidenori, 3 idiot yang bersekolah di SMA Sanada, sekolah khusus laki-laki. Tidak hanya ke-3 karakter utama, anime ini juga sering memperlihatkan karakter lain dalam satu sekolah.

#29. Hyouka

Hyouka

Meski sedikit berkesan “Dark” mungkin dipengaruhi karena genrenya yang mistery, anime school mistery terbaik ini patut masuk daftar, apalagi kalian yang suka genre “Mistery” ala Conan yang memecahkan masalah.

Houtarou Oreki, remaja siswa SMA yang terobsesi dengan kata “Hemat”. Tidak seperti siswa lainnya, ia tak suka terlalu banyak mengeluarkan energy. Ia disuruh untuk bergabung dengan sebuah klub Sastra dan akhirnya bertemu dengan Eru Chitanda, gadis yang memiliki keinginan kuat menghidupkan klub Sastra kembali.

#28. Angel Beats!

Angel Beats!

Nah Angel Beats menceritakan sekolah setelah kematian, jadi karakter yang ada di anime ini sudah mati kemudian dialihkan ke sebuah Kota berpusatkan di suatu sekolah.

Otonoshi Yuzuru, pemuda yang tiba-tiba tersadar ditempat yang ia tak kenal. Ia bertemu dengan Yuri, gadis yang memegang senjata api dan sedang menembaki gadis bersayap bernama Kanade. Seiring berjalannya waktu, ia kemudian mengetahui ia berada di dunia setelah kematian dimana orang didalamnya akan berenkarnasi setelah keinginan di dunia terwujud.

#27. Nisekoi

Nisekoi

Cerita dari anime ini terbilang unik dengan ending yang susah ditebak. Selain memiliki unsur comedy yang kuat, romance serta drama di anime ini kadang membuat penonton hanyut kedalamnya.

Raku Ichijo, anak dari seorang Yakuza telah dijodohkan dengan Chitoge Kirisaki. Siapa sangka Chitoge memiliki kunci dari Liontin Raku yang menjadi symbol janji Raku bersama dengan gadis misterius saat ia kecil. Namun kemunculan karakter pemegang kunci lain bermunculan dimana Raku tak tahu siapa pemilik sebenarnya.

#26. Little Busters!

Little Busters!

Tak heran anime school terbaik ini selalu masuk top rekomendasi di situs-situs internet. Bisa kamu lihat sendiri, anime ini memiliki daya Tarik tersendiri khususnya bagian ceritanya.

Seorang yatim piatu bernama Riki Naoe. Ia hidup sebatang kara karena orang tuanya meninggal akibat kecelakaan. Sampai akhirnya ia bertemu dengan kelompok anak kecil yang mengaku sebagai Little Busters. Sampai akhirnya mereka beranjak dewasa, mereka membentuk sebuah tim Baseball dengan nama yang sama, Little Busters!.

#25. Another

Another

Berbeda dengan rekomendasi-rekomendasi diatas, Another menjadi salah satu anime school horror dalam daftar ini yang dapat kamu tonton khususnya bagi yang suka school, mistery, horror dan gore.

26 tahun lalu, Misaki Yomiyama bersekolah di Yoiyama North Middle School yang meninggal dengan kasus misterius. Semuanya terkejut, namun ada satu orang yang menganggapnya ada dan masih bersekolah. Guru dan teman-temannya akhirnya menganggap ia masih hidup. Kejadian aneh terjadi ketika siswa mati secara misterius di kelas 9-C, kelas dari Misaki.

#24. Ansatsu Kyoushitsu

Ansatsu Kyoushitsu

Kurang dalam romance, namun persahabatan yang diperlihatkan anime ini cukup kental. Bukan hanya itu, action di Ansatsu Kyoushitsu menjadi poin lebih dari anime ini.

Makhluk misterius diduga alien berkecepatan 20 Mach mengaku telah menghancurkan setengah dari Bulan. Ia kemudian muncul dengan permohonan menjadi guru di sebuah kelas terbawah yang memiliki siswa-siswi bermasalah. Sebagai imbalannya, ia membolehkan siswa dikelas 3-E tersebut untuk membunuhnya.

#23. Kokoro Connect

Kokoro Connect

Daya Tarik anime ini ada pada ceritanya, dimana mengisahkan tentang club sekolah yang ditimpa masalah. Selain drama yang menghanyutkan, kisah cinta berbelit-belit juga ada dalam anime ini.

Menceritakan sebuah klub dengan lima anggota didalamnya. Suatu hari anggota klub tersebut mengalami kejadian aneh dimana jiwa mereka tertukar satu sama lain. Semenjak hari, banyak masalah yang mereka temui dan mempengaruhi persahabatan mereka.

#22. K-On!

K-On!

Beralih ke school musical, K-On! Telah lama menjadi salah satu anime musical terbaik yang banyak direkomendasikan untuk teman-teman.

Berkisah tentang Yui yang bergabung dengan klub K-On, klub music ringan yang awalnya berisikan 2 anggota saja. Dengan masuknya beberapa orang, klub K-On kini menjadi lebih hidup.

#21. Yamada-kun to 7 Nin no Majo

Yamada-kun to 7 Nin no Majo

Suka anime yang memiliki banyak scene “Kiss” bahkan hampir di setiap episodenya? Anime ini cocok banget untuk kamu. Tidak hanya sebagai anime school comedy, unsur supernatural yang ditampilkan dalam anime juga menjadi salah satu poin lebih.

Yamada, seorang pemuda SMA yang tak sengaja berciuman Shiraishi, gadis teman satu sekolahnya. Kejadian aneh pun terjadi dimana mereka bertukar raga. Ternyata Shiraishi merupakan salah satu dari 7 Penyihir disekolahnya. Semuanya tambah runyam ketika ke-6 lainnya muncul.

#20. Shokugeki no Souma

Shokugeki no Souma

Shokugeki no Souma merupakan salah satu anime bertema memasak yang memiliki kepopuleran paling besar daripada anime sejenis bertema memasak lainnya. Dalam cerita, karakter yang diceritakan bersekolah disuatu Academy khusus untuk para koki, so genre school didalam anime ini kuat banget.

Fokus pada seorang remaja dengan impian melampaui ayahnya sebagai koki. Ia adalah Yukihira Souma, salah satu koki berbakat di Totsuki. Awalnya ditolak, namun ia terus berusaha sampai akhirnya dimasukkan secara special oleh kepala Academy ke Totsuki, sekolah memasak paling elit di Jepang dan menjadi salah satu academy memasak terbaik di Dunia.

#19. OreGairu

OreGairu

Meski hampir sama dengan anime school kebanyakan, entah kenapa atmosfer yang dihadirkan dalam anime ini beda banget. Hal ini dipengaruhi oleh cerita yang beda dengan karakter utama yang tak biasa.

Hikigaya Hachiman, siswa SMA yang memiliki masa kelam di SMP dimana ia ditolak oleh cewek. Ia adalah sosok penyendiri dengan pandangan berbeda dari orang lain. Sang guru mewajibkannya untuk masuk ke salah satu klub, klub tersebut adalah klub relawan dengan tujuan membantu orang lain. Disana ia bertemu dengan Yukino Yukinoshita, sama-sama tertutup namun cerdas.

#18. Beelzebub

Beelzebub

Pernah nonton Film Jepang Crow Zero? Beelzebub memiliki kemiripan dengan Crow Zero dimana bercerita tentang keseharian murid disekolah khusus anak nakal.

Oga Tatsumi bertemu dengan pria besar yang hanyut di sungai kemudian terbelah lah pria besar tadi dan keluarlah seorang bayi ( Plot macam apa ini? ). Bayi tersebut ternyata adalah bayi Raja Iblis yang akan menguasai dunia. Oga kemudian terikat takdir dengan Bayi Bell sebagai pengurusnya.

#17. Boku no Hero Academia

Boku no Hero Academia

Kalau yang ini bercerita tentang sekolah super hero. Di dunia dimana sebagian besar manusia terlahir dengan kemampuan, namun tidak untuk Izuku Midoriya yang terlahir tak memiliki kekuatan apapun. Sampai akhirnya ia mewarisi kekuatan super dari All Might, super hero yang paling ia idolakan.

Dengan kekuatan “One for All” nya ia kemudian masuk kesekolah khusus para calon super hero. Kini ia harus siap berhadapan dengan segala macam penjahat. Disamping semua itu, ia masih tetap berjuang dalam menguasai kekuatan hebatnya itu.

#16. Charlotte

Charlotte

Meski tak terlalu fokus pada kehidupan sekolah, tetapi ada satu poin lebih dimana anime ini patut masuk di rekomendasi anime school. Sebuah insiden dimana menyebabkan mereka yang belum memasuki fase dewasa alias masih remaja memiliki kekuatan supernatural.

Otosaka Yuu, seorang remaja yang memiliki kemampuan memasuki tubuh orang lain dalam jangka waktu 5 detik. Ia kemudian memakai kekuatannya itu untuk melakukan kecurangan sampai akhirnya ia tertangkap basah oleh Tomori Nao, gadis dengan tujuan menghapus seluruh kekuatan di dunia ini.

#15. Classroom Crisis

Classroom Crisis

Anime ini memiliki cerita yang berbeda dengan karakter unik didalamnya. Kisah kehidupan sekolah juga beda banget dari yang lain, terutama yang telah kita bahas diatas.

Untuk dapat mencapai seluruh antariksa, manusia membentuk koloni di berbagai planet. Fokus pada seorang pemuda SMA di Tokyo Prefektur Mars ( Tokyo ke-4 ). Iris Shirasaki, siswa kelas tiga sebagai pilot uji coba. Kaito sebagai wali kelas mereka sekaligus direktur program pengembangan bakat.

#14. D-Frag

D-Frag

Salah satu rekomendasi anime school comedy yang wajib kamu tonton. Meski setiap episodenya hanya menceritakan keseharian karakter di sekolah, tetap saja comedy serta unsur school yang ada di anime ini memberikan suasana baru bagi yang menonton.

Kazama Kenji memiliki karakteristik kuat untuk menjadi ketua geng di sekolahnya. Namun kacau saat ia bertemu dengan gadis pendek berambut pirang yang mengajaknya masuk ke dalam klubnya. Dengan segala macam paksaan, ia kemudian bergabung ke klub yang isinya cewek nggak jelas semua.

#13. Gabriel Dropout

Gabriel Dropout

Berawal dari kehidupan sekolah di Surga, karakter utama kemudian pindah bersekolah di bumi. Selain memiliki data Tarik kuat dengan karakter moe, comedy di anime ini juga berbobot dengan cerita ringan.

Gabriel Tenma White, malaikat cerdas yang ditugaskan untuk turun ke bumi demi menjalankan kehidupan layaknya manusia untuk mengetahui gaya hidup manusia. Namun ia malah kecanduan main game online dan akhirnya menjadi malaikat yang pemalas alias “Malaikat jatuh”

#12. Gakusen Toshi Asterisk

Gakusen Toshi Asterisk

Fokus ke drama dengan latar waktu di masa depan, anime ini memperlihatkan cerita yang menarik dengan genre school yang kuat. Di anime ini, kamu juga akan menyaksikan aksi keren pertarungan antar sekolah.

Ayato masuk ke Seidoukan Academy dengan undangan special. Namun dihari pertama ia sudah berurusan dengan masalah dan harus duel dengan gadis bernama Julis. Setelah kejadian tersebut, mereka kemudian saling dekat dan ikut berpartisipasi dalam pertarungan antar academy.

#11. Infinite Stratos

Infinite Stratos

Rekomendasi school harem terbaik dalam daftar ini. Selain itu, untuk kamu yang suka genre Mecha dengan pertarungan robot yang seru maka anime ini patut kamu tonton. Poin lebihnya ada pada karakter heroine yang banyak, jadi cocok buat kamu yang suka anime harem.

IS merupakan Mobile Suite yang hanya bisa digunakan oleh wanita saja. Namun berbeda dengan Ichika, pria yang bisa memakai IS dan menjadi satu-satunya laki-laki di academy khusus pilot IS.

#10. Masamune-kun no Revenge

Masamune-kun no Revenge

Cerita di anime cukup menarik di mana karakter utama muncul kembali dengan sosok berbeda untuk balas dendam ke cewek yang telah menolaknya. Anime ini juga menjadi salah satu anime terbaik Winter 2017, jadi tak perlu heran anime ini masuk di daftar ini.

Masamune telah ditolak akibat tubuhnya seperti babi saat ia masih kecil oleh Aki Adagaki. Ia selalu memiliki dendam dengannya sampai akhirnya saat ia beranjak remaja dan menjadi tampan. Ia kemudian masuk ke SMA dan bertemu dengan Adagaki yang dikenal sebagai Puteri Sadis. Dimulailah Revenge Masamune karena telah menolaknya dulu.

#9. Prison School

Prison School

Rekomendasi terbaik untuk yang suka genre ecchi. Perpaduaan antara ecchi dengan school sangat bagus. Tetapi sedikit berbeda dengan anime ecchi lainnya, level ecchi di anime ini hampir mendekati Hard.

Berkisah tentang lima pria di sekolah yang dulunya sekolah khusus perempuan. Lima laki-laki ini adalah murid laki-laki pertama dalam sejarah sekolah. Namun karena tindakan tidak senonoh mereka, kelimanya kemudian dipenjara dan disiksa oleh tiga anggota OSIS yang cantik.

#8. ReLIFE

ReLIFE

Nah anime ini memiliki unsur school yang sangat kuat. Namun bukan itu daya Tarik utamanya, melainkan adalah cerita di anime ini unik banget.

Kaizaki Arata, 27 tahun dan susah dalam melamar pekerjaan. Ia kemudian bertemu dengan Yoake Ryo, pria yang mengaku dapat mengeluarkan ia dalam masalah penganggurannya. Ryo mengajak Arata untuk berpartisipasi dalam Projet ReLIFE, sebuah pil yang dapat mengembalikan ia 10 tahun lalu dengan bayaran hidup mewah setelahnya. Kini Arata harus kembali menjadi Siswa SMA dan sekali lagi merasakan cinta.

#7. Saenai Heroine No Sodatekata

Saenai Heroine No Sodatekata

Satu lagi anime harem school yang patut buat kamu tonton. Ceritanya ringan dan seru dengan kualitas ecchi yang bagus namun tak se hard Prison School.

Tomoya Aki, otaku yang berkeinginan membuat klub pembuat game dan sampai akhirnya ia bertemu dengan Megumi Kaito, calon heroine utama didalam gamenya. Untuk mewujudkannya, ia merekrut temannya yang hebat dalam dibidangnya yaitu Eriri dan Utaha.

#6. SKET Dance

SKET Dance

Ini dia anime school comedy paling terbaik yang ada didalam list kali ini. Sket Dance memiliki daya Tarik kuat pada karakternya. Banyak sekali karakter unik yang ditampilkan dalam anime ini, terutama 3 karakter utama kita yang kocak.

Bercerita tentang keseharian Sket Dance, klub dengan tujuan membantu seluruh siswa disekolahnya. Sket Dance memiliki 3 anggota yaitu Bossun, Himeko dan Switch. Meski disetiap episodenya hanya memperlihatkan aksi kocak Sket Dance, namun tidak pada bagian yang menceritakan masa lalu yang kelam ke-3 karakter ini.

#5. The World God Only Knows

The World God Only Knows

Jika diatas adalah anime school comedy terbaik, maka anime ini adalah anime school harem terbaik dalam daftar, bahkan lebih baik dari Infinite Stratos. Karakter utamanya jago dalam mengambil hati para wanita.

Katsuragi Keima, gamers game galge yang tak terkalahkan, apalagi dalam urusan menaklukkan hati heroine didalam game. Suatu hari ia mendapat pesan misterius dan saat ia membalasnya, tiba-tiba muncul gadis dari langit yang mengaku sebagai iblis bernama Elise dengan tugas mengumpulkan jiwa-jiwa yang lepas.

Keima sebagai orang yang mengikat kontrak dengan Elise untuk menangkap jiwa-jiwa yang bersemayang di gadis-gadis dan harus dibebaskan dengan ciuman. Dari dunia game, Keima kini harus menaklukkan gadis didunia nyata.

#4. Toradora!

Toradora!

Cerita dari Toradora terbilang unik dan menarik dengan karakter utama yang tak biasa. Fokus ke drama romance, comedy di anime ini juga cukup terasa namun hanya sedikit.

Bercerit tentang Taiga dan Ryuuji yang sama-sama mencintai orang yang berbeda. Mereka kemudian bekerja sama untuk mendapatkan cintanya tersebut, tapi pada akhirnya mereka tak bisa menutupi perasaan bahwa mereka saling suka.

#3. Suzumiya Haruhi no Yuuutsu

Suzumiya Haruhi no Yuuutsu

Meski termasuk anime lama alias lawas, kepopuleran anime ini masih tetap hidup sampai sekarang dengan memegang gelar anime school drama terbaik spanjang masa.

Kyon, pelajar biasa yang bertemu dengan Haruhi yang merupakan gadis mengaku mencari alien, penjelajah waktu dan esper. Kyon tak percaya akan itu namun semuanya menganggapnya bukan lelucon. Mereka kemudian saling kenal dan membuat klub SOS untuk memenuhi keinginan Haruhi.

#2. Kimi ni Todoke

Kimi ni Todoke

Suzumiya Haruhi no Yuuutsu bisa dikatakan sebagai anime school terbaik di tahunnya, namun untuk selanjutnya adalah Kmi no Todake. Perpaduan antara persahabatan, kisah cinta, persaingan dan latar belakang karakter menjadi hal yang menarik dalam anime ini.

Kuronuma Sawako, gadis yang sering diejek sebagai Sadako ( Hantu Urban Legend Jepang ) karena rambut hitam panjang dan wajah suramnya. Namun pandangan tersebut tidak dilihat oleh Kazehaya, laki-laki populer di sekolahnya.

#1. Great Teacher Onizuka

Great Teacher Onizuka

Sudah jelas sekali dengan judul anime ini, tentu kuat banget genre schoolnya. Anime ini merupakan anime school lawas populer yang mutlak masuk dalam list anime school terbaik di situs rekomendasi manapun.

Eikichi Onizuka, seorang guru yang diangkat oleh kepala sekolah Meishu. Ia awalnya hanyalah tukang kebun sampai akhirnya pak kepala sekolah menugaskannya untuk mengurus kelas 2-4. Kelas ini memiliki siswa yang nakalnya kelas dewa, sudah banyak guru yang gugur dalam kelas ini. Namun tidak untuk Onizuka-sensei, ia menghadapi muridnya dengan caranya sendiri.

Read More! 15 Anime Genre Magic Terbaik Paling Direkomendasikan

Menarik bukan? Sebenarnya cukup banyak anime school yang tak masuk dalam list recommended by Sakuranime. Tetapi, daftar diatas adalah yang terbaik sampai saat ini.

Tentu di waktu-waktu yang akan datang dengan kemunculan anime school yang lebih baik, maka akan di update untuk direkomendasikan kepada teman-teman. So don’t forget to share and coment, see you again dalam rekomendasi genre terbaik lainnya dan arigatou na minna! ^-^