Sakuranime.com – Hai minna-san~! rekomendasi anime Slice of Life terbaik akan menjadi topik utama pembahasan Sakuranime kali ini. Tahu kan apa itu Slice of Life? Slice of Life adalah salah satu genre yang terdapat dalam sebuah film, seperti di dunia anime.

Genre ini biasanya menceritakan tentang kehidupan sehari-hari dari karakter utama, tapi dalam artian luas dan tidak terlalu spesifik. Misalnya selain di sekolah, MC kita juga sering diperlihatkan di luar sekolah seperti sedang kerja, liburan, atau lainnya. Intinya sih mencakup semua keseharian karakter utama.

Genre ini biasanya memiliki tingkat drama yang tinggi namun kebanyakan perpaduan dengan comedy juga sangat bagus, contohnya adalah Barakamon dan Working. Tidak hanya komedi saja, slice of life juga banyak dipadukan dengan genre lain. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah deretan rekomendasi anime Slice of Life terbaik versi Sakuranime!

#58. Gochuumon wa Usagi desu ka??

Rekomendasi Anime Slice of Life Terbaik

Poin lebih dari anime ini adalah bisa menghibur kamu, dalam artian nggak bikin ngakak yah, mungkin cuma senyum-senyum sendiri kayak orang gila. Keseharian karakternya begitu sederhana dan dipenuhi dengan gadis cantik karena semua tokoh utama di anime ini adalah cewek.

Intinya buat kamu yang suka dengan anime gore, pyscho, dan semacamnya, menonton anime ini bisa membuat mata kalian perih. But, if you trying to watch this anime, maybe you will like it. Kisahnya tentang seorang gadis priang yang pindah ke suatu kota dan bertemu dengan banyak teman.

#57. Aria The Origination

Selain menyajikan pemandangan indah dan karakter cantik, anime ini juga penuh dengan inspirasi. Kisahnya sendiri tentang keseharian para pendayung Gondola yang mengantar para pengunjung menikmati keindahan Aqua (Sebutan untuk planet Mars).

Karakter utama kita adalah Akari, ia merupakan Undine (Sebutan pendayung Gondola) yang berasal dari bumi. Ia berada di bawah naungan Aria Company, jadi para Undine ini mempunyai perusahan tersendiri guys. Nah di kesehariannya, ia menemui banyak Undine lainnya dan banyak beragam orang di luar sana.

#56. Uchuu Kyoudai

Anime ini juga penuh dengan inspirasi. Memperlihatkan kita bagaimana cara meraih mimpi meski tidak percaya diri. Parahnya, semangat kita tiba-tiba drop melihat orang yang dulunya memulai start bersama untuk meraih mimpi yang sama, malah orang tersebut lebih duluan sukses, walaupun keluarga sendiri. Kisah anime ini tentang dua bersaudara yang memiliki cita-cita menjadi astronot.

Tapi sang adik mendahuluinya dan sang kakak malah dipecat dari pekerjaannya, ia juga sudah tidak tertarik lagi dengan mimpi lamanya itu. Namun seperti yang Sakuranime bilang tadi, anime ini tentang bagaimana seseorang mati-matian mengejar mimpinya yang sempat drop. Oh iya, meski anime ini bergenre slice of life, tapi jalan cerita kebanyakan menceritakan secara serius tentang dunia astronot atau luar angkasa gitu.

#55. Nichijou

Anime ini cocok banget untuk kamu yang suka karakter loli dan komedi. Di anime ini, kamu akan melihat banyak hal gokil dan kadang-kadang di luar logika. Meski aneh, tapi bisa membuat kamu tertawa terbahak-bahak.

Yup, tujuan utama dari anime ini adalah membuat kamu sakit perut. Meski kebanyakan scene di anime ini mengambil latar di sekolah, tapi terkadang ada juga aksi yang berlangsung di luar sekolah. Intinya untuk slice of life dicampur comedy, anime ini patut diperhitungkan untuk ditonton.

#54. Nana

Nana merupakan anime yang memiliki dua karakter dengan nama yang sama, umur yang sama, gender pun sama, tapi sifat yang sedikit berbeda. Kisahnya tentang seorang gadis yang pergi ke Tokyo untuk menyusul pacarnya. Di tengah perjalanan, ia bertemu dengan gadis berpenampilan musisi bergaya rock dan berteman dengannya.

Meski sempat terpisah, mereka kemudian bertemu kembali di Tokyo dan hidup bersama. Anime ini juga memiliki unsur romance yang kental, dan beberapa dari kalian mungkin beranggapan bahwa romance anime ini sedikit menyesakkan dada.

#53. Kemono no Souja Erin

Grafis yang sederhana, fantasy yang luas, dan penuh inspirasi menjadikan anime ini patut untuk kalian tonton. Kisahnya tentang seorang anak yang memiliki cita-cita seperti ibunya yaitu Beastinarian (Dokter hewan buas/hewan fantasy).

Tapi cita-cita ini bukanlah hal yang mudah dilakukan karena penuh dengan bahaya dan resiko. Ibunya pun mati karena resiko tersebut. Namun gadis kecil ini sangat gentar dan tetap ingin menjadi kuat seperti ibunya. Ia kemudian pergi berkelana mulai dari belajar di sekolah khusus Beastinarian sampai terlibat dalam kudeta kerajaan.

#52. Nodame Cantabile

Anime slice of life dicampur dengan unsur musikal ini sangat bagus. Kamu bisa melihat permainan Orkestra dan beberapa alat musik merdu di anime ini. Kisahnya tentang seorang pria yang bercita-cita menjadi Conductor (Pemimpin Orkestra) Professional.

Suatu hari, ia kemudian bertemu dengan gadis aneh namun memiliki bakat menjadi pianis handal. Meski sifat gadis ini aneh, pria tersebut malah dekat dengannya seiring berjalannya waktu. Yup, kisah ini juga mengandung romance yang kental bahkan kisah cinta mereka tidak bisa dipisahkan dari jarak dan perbedaan mimpi mereka.

#51. Danshi Koukousei no Nichijou

Slice of life yang kental dengan komedi. Di anime ini, kamu bisa melihat bagaimana kehidupan kocak beberapa anak sekolah laki-laki. Tidak hanya di sekolah, mereka juga sering berulah di luar sekolah. Kekuatan utama dari anime ini adalah komedi, tidak memiliki cerita yang serius, dan di setiap episodenya terdapat beberapa kisah komedi yang tidak berkaitan satu sama lain (Ala cerpen gitu). Meski judulnya “Kehidupan sekolah anak laki-laki” tapi kalian juga bisa melihat aksi gokil anak perempuan dari sekolah sebelah kok.

#50. K-On!

Bagi yang suka karakter cewek dan moe, anime ini direkomendasikan banget. Kisahnya tentang keseharian lima cewek imut yang tergabung dalam klub band bernama K-ON di sekolah mereka. Tidak hanya di sekolah atau di rumah, mereka juga berpetualang sampai ke luar negeri loh.

#49. Yuru Camp

Anime ini mirip dengan K-ON, sama-sama menceritakan tentang lima gadis cantik, namun di anime ini menceritakan tentang kehidupan anak camping. Mereka dipertemukan tidak secara bersamaan, namun berujung dengan kebersamaan. Anime ini menyajikan pemandangan menyejukkan dan kisah slice of life yang benar-benar membuat mata benar-benar rileks.

#48. Gin no Saji

Anime ini juga mengusung tema sekolah yang benar-benar berbeda dengan lainnya. Soalnya, di anime ini kamu bisa melihat bagaimana keseharian para siswa di sekolah khusus pertanian dan perternakan. Kisahnya tentang seorang anak yang hidup biasa saja di sekolah regular.

Karena ayahnya terus menekan dia untuk menjadi yang terbaik secara akademis, ia akhirnya memutuskan untuk belajar di Ezonoo Academy, sekolah khusus peternakan. Berbeda dengan biasanya di mana cara belajar menggunakan otak, di sekolah tersebut ia harus menggunakan otot dan yah… sedikit pakai otak.

#47. Hachimitsu to Clover

Kisahnya tentang tiga orang mahasiswa yang miskin, pokoknya ngenes banget. Namun suatu hari, kehadiran gadis cantik bernama Hagumi muncul di depan mereka dan membuat mereka bahagia. Ada banyak pelajaran yang bisa didapat dari anime ini, seperti kisah percintaan atau bagaimana cara menikmati hidup dengan benar.

#46. Sakurasou no Pet na Kanojo

Kanda Sorata, seorang siswa laki-laki biasa yang dipindahkan ke Asrama Sakura gara-gara memungut kucing liar ke asrama regular. Di asrama ini banyak banget penghuni anehnya dan dikenal siswa-siswi yang gagal. Tapi Kanda tidak begitu yakin karena di dalamnya ternyata semuanya siswa-siswi yang berbakat. Suatu hari, kehadiran gadis lugu yang sukanya bikin repot namun jago banget melukis mewarnai hidupnya. Selain slice of life yang memperlihatkan tingkah laku aneh penghuni Sakura-sou, romance anime ini juga unik banget.

#45. ReLIFE

Slice of life, kehidupan sekolah, romance, dan supernatural bercampur menjadi adonan yang melezatkan. Kisahnya tentang seorang pria dewasa berumur 27 tahun yang mengikuti project misterius di mana ia kembali ke masa ia berumur 17 tahun dengan ditawari gaji yang besar. Karena pengangguran, ia kemudian bersedia dan sekali lagi merasakan kehidupan SMA. Nah dari sini lah kehidupan remajanya dimulai, untuk yang kedua kalinya.

#44. Kuragehime

Keunikan anime ini adalah grafis yang unik dan komedi yang nggak garing. Kisahnya tentang seorang gadis otaku yang tertarik dengan ubur-ubur (Judulnya saja “Putri Ubur-Ubur” XD). Sebagai seorang otaku, yah hidupnya no life banget, intinya sama kek otaku-otaku lain. Padahal kalau diperhatikan, doi sebenarnya cukup kawai juga :3. Nah ceritanya makin menggila ketika kehadiran banci, eh maksudnya pria yang berdandan seperti wanita datang menghampirinya. Wait, what?

#43. Shoujo Shuumatsu Ryokou

Meski memiliki karakter utama moe gitu, ceritanya sebenarnya cukup suram tapi damai. Genre lain anime ini selain slice of life adalah post-apocalyptic. Jadi anime ini mengisahkan tentang dunia yang hampir tidak ada peradaban. Kisahnya tentang dua gadis kecil yang menjelajah dan mencoba bertahan hidup dengan apa yang mereka bisa temukan.

#42. Eve no Jikan

Juga dikenal sebagai Time of Eve, anime ini punya unsur sains-fiksi atau Sci-Fi yang bagus banget, apalagi dipadukan dengan slice of life. Kisahnya tentang dunia di mana Android, robot yang secara visual sangat mirip dengan manusia telah tercipta. Android di anime ini adalah cewek bernama Sammy. Ia punya pemiliki yang seorang laki-laki. Sayangnya, kehadiran Andorid di dunia ini mulai dibicarakan hangat apa perlu kehadiran mereka diakui.

#41. Hyouka

Untuk kamu yang suka misteri, anime ini cukup direkomendasikan. Tiada hari tanpa misteri yang dibicarakan. Karakter utama cewek di anime ini cantik banget, ia sangat penuh semangat dan suka mengetahui hal baru. Sedangkan karakter utama cowok malah pemalas. Jika tidak dipaksa dengan keras, ia nggak bakal sudi bergerak. Tapi kelebihan cowok ini adalah sangat pintar dalam memecahkan misteri.

#40. Ie Naki Ko Remy

Anime ini berlatar tempat di luar Jepang, yaitu Prancis. So kamu bakal melihat banyak pemandangan ala Prancis tahun 60 sampai 90-an karena anime ini rilis puluhan tahun yang lalu. Kisahnya sendiri tentang seorang gadis yang memiliki masa lalu kelam namun perlahan mulai bangkit menjadi seseorang yang memanfaatkan bakat yang diberikan Tuhan.

Remy, gadis kecil yang hampir saja dijual sebagai budak oleh orang yang bukan orang tua kandungnya. Ia kemudian diselamatkan oleh Vitalis, penghibur jalanan yang melihat bakat menyanyi milik Remy.

#39. Tanaka-kun wa Itsumo Kedaruge

Bagaimana perasaan kamu punya teman yang pemalasnya minta ampun? Apakah dibuang? Ditinggalkan? Dibully? Dihiraukan? Atau enaknya diapain?. Di anime ini tidak seperti yang kamu pikirkan. Karakter utama kita bernama Tanaka, dia adalah orang paling pemalas di alam anime ini. Tapi faktanya, ternyata Tanaka banyak diperhatikan orang lain. Dia punya teman pengertian, cewek cantik naksir dia, punya adik kelas cantik, dan lainnya.

#38. Shirobako

Anime ini adalah slice of life di dunia kerja. Mirip dengan anime New Game, tapi bedanya, Shirobako lebih ditekankan pada dunia industri anime. Berawal ketika 5 anggota klub animasi dari SMA Kaminoyama bermimpi untuk membuat suatu mahakarya animasi yang tidak akan terlupakan. Setelah itu, Aoi dan Ema berhasil mendapatkan pekerjaan di perusahaan anime. Nah mulai dari sini lah mereka akan belajar betapa susahnya membuat anime dan kalian cuma menonton bajakannya!

#37. Great Teacher Onizuka

Anime ini sangat terkenal di masanya dan sekarang menjadi legenda. Ceritanya tentang keseharian guru dalam menghadapi murid-muridnya yang nakal. Keunikannya adalah MC-nya yang benar-benar keren dan ala preman gitu. Dari sekian banyak guru yang mengajar di kelas “Gagal” tersebut, hanya dia yang berhasil bertahan lama. Anime ini juga juaranya komedi, dan pasti bisa membuat kamu ketawa. Jika saja di tahun kedepannya ada adaptasi terbaru pasti grafisnya akan lebih baik lagi.

#36. Saiki Kusuo no Ψ Nan

Anime ini tidak memiliki jalan cerita yang serius. Tujuannya Cuma satu yaitu membuat kamu tertawa. Soalnya, ada banyak hal aneh di anime, tapi lucu. Contohnya seperti kehadiran keluarga yang muka dan suaranya sama semua, what?. Kisahnya tentang keseharian anak yang memiliki kekuatan cenayang.

Ia bisa terbang, telepati, menghancurkan, mengendalikan benda, dan lainnya. Ia selalu dikelilingi orang-orang aneh yang membuat carita menarik. Karena merupakan slice of life, kamu bisa melihat aksi kocak mereka baik itu di sekolah, di rumah, pas libur, di luar negeri, bahkan sampai luar angkasa.

#35. Violet Evergarden

Anime ini bergenre drama dan yah sedikit fantasy. Unsur slice of life di anime ini sangat kental yang menceritakan tentang keseharian gadis bernama Violet yang bekerja di sebuah perusahaan pembuatan surat. Yang menjadi hal menarik di anime ini adalah ceritanya yang nyentuh banget di mana si Violet ini memiliki kisah masa lalu menyedihkan, apalagi orang yang paling dekat dengannya entah kemana. Berbicara tentang ending, mimin sangat puas.

#34. 3-gatsu no Lion

Unsur game dicampur slice of life di anime ini benar-benar keren, apalagi ditambah dengan drama yang wah banget. Berkisah tentang Kiriyama Rei yang kehilangan keluarga sejak kecil. Ia kemudian sudah menetapkan hatinya untuk terus bermain shogi dan mencapai gelar profesional. Seiring berjalannya waktu, hidupnya perlahan berubah ketika ia bertemu dengan 3 gadis bersaudara yaitu Momo, Akari, dan Hinata.

#33. Gakuen Babysitters

Anime ini dilihat dari cover, sinopsis, atau karakter-karakternya pasti kalian akan berpikir “Wah, komedinya mantap nih…” Yah memang ada benar sih, tapi ada juga atau bahkan banyak malah adegan-adegan yang bisa bikin nangis.

But, itulah yang menarik dari anime ini. Bercerita tentang Ryuuichi dan adik kecilnya Kotarou pindah ke sebuah Akademi dan Ryuuichi ditugaskan untuk menjadi Baby Sitter di sana. Nah dimulailah kisah seru sekaligus mengharukan para pengasuh, bayi yang diasuh, dan orang-orang terdekat di Akademi tersebut.

#32. Mitsuboshi Colors

Suka loli? Suka slice of life? Atau suka aku? Eaa… well, anime ini sangat cocok untuk kamu yang suka anime slice of life dan juga banyak loli di dalamnya, seperti Umaru-chan atau Renge-tan. Nah di anime ini kamu bisa melihat 3 loli yang selalu berbuat lucu. Berkisah tentang 3 gadis loli yang menyebut diri mereka sebagai Colors. Mereka selalu bersama dan melakukan kegiatan-kegiatan seru bersama.

#31. Hinamatsuri

Sebuah anime slice of life yang komedinya nggak garing bro, rekomendasi banget untuk kamu tonton. Berkisah tentang seorang anggota Yakuza yang tiba-tiba menemukan seorang gadis aneh yang jatuh tepat di atasnya. Gadis tersebut ternyata memiliki kekuatan supernatural. Di mulai dari sini, kamu akan melihat keseharian lucu kedua karakter utama kita ini.

#30. Tada-kun wa Koi wo Shinai

Sebuah anime romance comedy yang unsur slice of life-nya itu cukup bagus. Kamu bisa melihat tokoh utama di anime ini bersekolah dan juga berkerja. Bermula ketika Tada, seorang pria yang tak mengenal kehangatan cinta yang suatu hari ia bertemu dengan Teresa Wagner, gadis murid pindahan dari Luxembourg. Mereka akhirnya saling kenal dan memulai hubungan yang dimulai dengan bersahabat. Btw, Teresa ini mirip banget yah ama Kaori?

#29. Comic Girls

Anime ini menceritakan tentang keseharian para gadis moe banget yang kebetulan juga merupakan mangaka yang tinggal di asrama bersama. Nah di anime ini kamu bisa terhibur dengan kisah komedi dan slice of life yang kental banget.

#28. Byousoku 5 Centimeter

Rekomendasi Anime Slice of Life | Best Slice of Life Anime

Sebuah anime Slice of Life terbaik berjudul 5cm/second. Anime Ini memiliki kisah yang sangat menyentuh dan mungkin saja bisa membuat bendungan air mata kamu tak tertahankan. So, buat kamu yang suka anime genre Slice of Life yang dipadukan dengan drama, maka anime ini pas banget buat kamu tonton.

Berkisah tentang Toono Takaki dan Shinohara Akari yang merupakan teman sekelas yang sangat dekat. Sayangnya mereka terpisah karena harus pindah ke daerah tujuan masing-masing. Jauh bukan berarti berpisah, mereka saling mengirim pesan satu sama lain sampai akhirnya mereka memutuskan untuk bertemu setelah sekian lama berjauhan.

#27. Hanasaku Iroha

Rekomendasi Anime Slice of Life Terbaik

Sebuah anime yang mengisahkan tentang komedi, drama, dan cerita kehidupah yang ada di Kissuisou, sebuah penginapan plus permandian air hangat (Onsen) di sebuah wilayah terpencil Yonosagi. Matsumae Ohana, seorang gadis yang dimintai oleh ibunya untuk berkunjung dan bekerja di Kissuisou. Meski merupakan milik neneknya sendiri, neneknya tak membedakannya dengan pegawai yang lain sehingga Ohana harus menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

#26. Denpa Onna to Seishun Otoko

Nah berbicara tentang anime romance yang dipadukan dengan comedy dan Slice of Life, maka anime ini sangat bagus untuk ditonton. Berkisah tentang Makoto Niwa dan Erio Towa yang memiliki hubungan sebagai sepupu. Saat Makoto Niwa pindah ke rumah tantenya, Meme Towa, ia terkejut melihat Erio juga berada di sana karena selama ini ia berpikir tente-nya hanya tinggal sendiri.

Ia kemudian berkata bahwa dia adalah alien. Erio yang melihat ini kaget dan tak tahu harus bagaimana. Seiring waktu saat Erio membiasakan diri dengan Niwa, hubungan mereka kemudian semakin erat dengan hadirnya teman-teman baru.