#25. Genshiken

Anime ini memiliki cerita yang menarik, di mana kamu akan melihat bagaimana kehidupan kelompok di salah satu universitas. Berkisah tentang Sasahara Kanji, seorang mahasiswa pemalu yang memutuskan untuk bergabung ke dalam perkumpulan pecinta anime, manga, dan game.

#24. Shinryaku! Ika Musume

Memiliki genre utama Slice of Life dipadu dengan fantasy dan romance serta sedikit komedi. Anime ini benar-benar memberikan kisah yang menarik dan tak bikin bosan. Bercerita tentang monster yang muncul dari lautan untuk menguasai seluruh daratan, monster itu bernama Ika Musume. Monster ini memiliki tampilan layaknya gadis cantik dengan rambut biru.

Tujuan utamanya adalah untuk balas dendam kepada manusia yang kerap kali mengotori tempat tinggalnya. Saat ia sedang memberontak, Ika bertemu dengan keluarga Aizawa yang mengelola restoran. Sayangnya restoran tersebut hancur karena ulah Ika. Untuk itu, Ika pun menjadi salah satu pelayan di restoran tersebut untuk bertanggung jawab.

#23. Uchouten Kazoku

Suka anime bertema family atau keluarga? Anime ini bisa kamu nonton. Selain memiliki kisah yang menarik dengan Fantasy seru, anime garapan P. A. Works ini juga terlihat “Unik”. Shimogamo Yasaburou merupakan anak ketiga dari Shimagomo, keluarga besar yang ada di Kyoto. Keluarga tersebut saling hidup berdampingan dengan Tanuki, Tengu, dan Manusia.

Meski memiliki kehidupan yang normal, ia ternyata mempunyai ingatan pahit di masa lalu saat ayahnnya yang merupakan pemimpin Tanuki di bunuh. Sejak saat itu, para Tanuki tak bisa hidup dengan damai dan selalu berwaspada pada sekeliling mereka, begitu juga dengan Yasaburou.

#22. Kotonoha no Niwa

Kotonoha no Niwa merupakan anime movie yang rilis pada tahun 2013. Meski hadir hanya dengan durasi kurang lebih 46 menit saja, kisah dari Kotonoha no Niwa berhasil di curahkan sepenuhya meski durasi yang terbilang pendek dari anime movie lainnya.

Bercerita tentang seorang siswa SMA bernama Takao yang menekuni bakatnya sebagai pembuat sepatu. Setiap hari ketika hujan, ia sering merancang sepatunya di sebuah pondok. Suatu hari, ia bertemu dengan seorang gadis dewasa bernama Yukino dan memintanya untuk menjadi model pembuatan sepatunya. Tapi siapa sangka, mereka sebelumnya memiliki hubungan formal.

#21. Mushishi

Selain menjadi salah satu anime adventure terbaik, Mushishi juga pantas direkomendasikan sebagai salah satu anime Slice of Life terbaik karena memiliki kisah kehidupan yang penuh makna. Ceritanya tentang seorang bernama Ginko yang berkelana sebagai Mushi-shi. Mushi-shi adalah sebutan untuk orang yang bisa mengatasi Mushi, makhluk primitive, dan kadang disebut sebagai “Hantu” tapi mereka adalah makhluk unik yang beragam.

#20. Papa no Iukoto wo Kikinasai!

Segawa Yuuta merupakan mahasiswa yang hidup bujangan alias sendiri. Sebelum itu, ia pernah tinggal bersama dengan kakaknya Yuri. Tapi saat kakaknya menikah dan hidup sendiri, ia dimintai untuk menjaga anak-anaknya, Hina, Miu, dan Sora selama kakaknya pergi berbulan madu.

Namun sayang, takdir berkata lain, Yuri bersama suaminya meninggal dunia karena pesawat yang mereka tumpangi mengalami kecelakaan. Sejak saat itu lah Yuuta kemudian menjadi ayah pengganti 3 anak tersebut dan berusaha agar beradaptasi dengan mereka.

#19. Air

Air disebut-sebut memiliki banyak kemiripan dengan Clannad, baik secara grafis atau kisah menyentuh yang bisa mengundang air mata. Bercerita tentang tiga gadis dengan seorang pria muda bernama Yukito Kunisaki yang merupakan ahli boneka untuk melakukan pencarian ibunya. Kisah ini adalah kisah kehidupan yang penuh makna yang dimulai dengan pertemuan Yukito dan Misuzu Kamio.

#18. Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai.

Lebih dikenal sebagai Anohana, sebuah anime yang lagi-lagi bisa mengundang air mata karena cerita yang begitu menyentuh. Anime ini juga mengandung unsur Slice of Life yang begitu dalam. Berkisah tentang enam orang sahabat yang selalu bermain saat mereka masih kecil, sampai sebuah tragedy terjadi.

Saat mereka masih kecil, salah satu sahabat mereka bernama Meiko Honma (Menma) mengalami kecelakan dan meninggal dunia. Sejak saat itu, lima sahabat lainnya kemudian hidup dengan caranya masing-masing dan tak pernah berkumpul kembali sampai mereka beranjak dewasa.

Suatu hari, Jintan Yadomi, seorang pemuda dan merupakan ketua dari perkumpulan saat mereka masih kecil yang selalu menghindar dari sekolah. Mau tidak mau, ia harus menerima fakta bahwa kehadiran “Roh Menma” terus menghantuinya dan mencoba memberikan pesan padanya.

#17. Natsume Yuujinchou

Paduan Slice of Life dengan fantasy membuat anime ini benar-benar menarik. Selain itu, anime ini memiliki banyak season dengan rating tinggi. Bukannya bosan, malah cerita dari musim ke musim makin seru. Berkisah tentang Natsume Takashi yang memiliki kemampuan melihat roh karena warisan dari neneknya, Reiko.

Saat neneknya mati, neneknya mewariskan sebuah buku yang dinamai Yuujinchou kepada cucunya, Natsume Takashi. Sebagai cucuk dari Reiko, ia merasa bertanggung jawab untuk mengembalikan roh yang datang padanya kepada untuk meminta nama mereka kembali karena dulunya ditangap sama Reiko. Dengan ditemani temannya Nyanko-sensei, ia berpetualang bersama.

#16. Barakamon dan Handa-kun

Barakamon dan Handa-kun merupakan anime yang berbeda tapi saling terkait satu sama lain. Barakamon merupakan kisah dari anime Handa-kun bertahun-tahun setelahnya dan Handa-kun merupakan kisah lampau dari anime Barakamon. So, mereka memiliki keterkaitan satu sama lain dan harus ditonton keduanya.

Barakamon bercerita tentan Handa Seishuu, seorang kaligrafer yang mengalami insiden perkelahian sehingga ia dikirim ke sebuah wilayah desa terpencil untuk merenungi perbuatannya. Di sana, sembari mengasah keterampilan kaligrafinya, ia juga harus kerepotan oleh orang-orang di desa tersebut. Sedangkan Handa-kun bercerita tentang kehidupan Handa Seishuu saat masih duduk di bangku sekolah.

#15. Dagashi Kashi

Di anime ini, wawasan kamu tentang jajanan ringan akan bertambah karena memang fokus ke jajanan ringan tadi. Jadi kamu akan menyaksikan kehidupan seorang anak penjaga toko makanan ringan bernama Kokonatsu yang memiliki mimpi untuk menjadi mangaka. Namun orang tuanya, Shikada Yo menginginkan ia untuk menjadi penjaga toko saja.

Suatu hari, seorang gadis cantik berambut ungu namun sedikit aneh bernama Shidare Hotaru tiba-tiba muncul untuk membujuk Shikada Yo menjadi salah satu anggota di perusahaannya. Sayangnya, ayah Kokonatsu tak mau bergabung sampai anaknya ingin mewarisi toko-nya. Sejak saat itu lah, Hotaru mati-matian membujuk Kokonatsu untuk mengurusi warungnya saja.

#14. Amaama to Inazuma

Anime ini memiliki banyak kemiripan dengan salah satu anime Slice of Life terbaik, Usagi Drop. Berkisah tentang Inuzuka, seorang guru yang memiliki putri bernama Tsumugi dan telah merawatnya sendiri semenjak istrinya meninggal. Karena itulah ia tak terlalu pintar mengurus anak, apalagi menyiapkan makanan.

Suatu hari saat Tsumugi sedang menonton acara kuliner di TV, ia menjadi sangat ingin memakan yang enak-enak. Karena itu, Inuzuka kemudian berangkat bersama putrinya ke sebuah restoran yang kebetulan dikelola oleh salah satu ibu dari muridnya di sekolah, Kotori. Seiring berjalannya waktu, ketiga insan tersebut akhirnya sering bertemu satu sama lain.

#13. Clannad

Siapa yang tak kenal dengan anime ini? Well, pastinya kamu tahu akan anime yang bisa membuat banjir air mata ini. Clannad memiliki cerita yang menarik. Kisahnya dimulai dari seorang siswa SMA bernama Okazaki Tomoya yang mempunyai banyak masalah di keluarganya. Ia kemudian bertemu dengan Nagisa Furukawa, gadis bertubuh lemah yang nantinya akan merubah Tomoya.

Di season pertama, Clannad fokus pada kisah percintaan pasangan ini dengan komedi sekolah yang menghibur. Kamu bisa merasakan genre Slice of Life yang begitu kuat saat season kedua dari Clannad, di mana menceritakan kisah Tomoya dan Nagisa saat setelah lulus SMA dan menjalani kehidupan bersama.

#12. Kobayashi-san Chi no Maid Dragon

Dalam list kali ini, anime ini adalah anime Slice of Life terbaik yang mengusung genre fantasy dan comedy. Kisahnya sendiri tentang Kobayashi, wanita dewasa yang bekerja layaknya manusia normal sampai suatu hari, seorang Naga alias Dragon yang bisa berubah menjadi gadis cantik bernama Tooru menjadi pelayannya.

#11. Himouto! Umaru-chan

Buat kamu yang suka anime penuh loli, maka anime ini juaranya. Berkisah tentang keseharian Umaru, adik dari Taihei, gadis tercantik yang ada di sekolah-nya. Yang menjadi daya tarik utama adalah Umaru-chan dengan aksi serunya. Umaru-chan juga ahli loh dalam olahraga.

#10. Sakura Quest

Anime ini sangat seru untuk diikuti karena menceritakan tentang keseharian gadis cantik. Cocok banget buat kamu yang suka anime seperti K-On!, uniknya nih anime ini memiliki nuansa kerja yang kental dengan berisikan gadis-gadis dewasa. Berkisah tentang lima orang gadis yang bekerja di biro pariwisata. Mereka ditugaskan untuk mengembangkan industri pariwisata di sebuah kota kecil yang bisa dianggap sedang drop dalam perwisataan.

#9. Mahoutsukai no Yome

Setiap episode memiliki cerita drama yang menarik dan kehadiran karakter-karakter baru yang menambah keseruan anime ini. Lebih cocok untuk kamu yang suka anime magic drama hampir mirip dengan Natsume Yuujinchou. Bedanya, anime ini memiliki unsur romance yang lebih kuat.

Berkisah tentang Hatori Chise, seorang gadis malang yang tidak pernah merasakan kebahagian selama belasan umurnya sampai-sampai ia harus berakhir di sebuah acara pelelangan. Saat pelelangan dirinya berlangsung, seorang pria berwajah binatang datang dan membeli Chise kemudian menjadikannya murid dan berencana menikahinya.

#8. Karakai Jouzu no Takagi-san

Satu hal yang menarik dari anime ini disamping unsur slice of life yang seru, anime ini juga memiliki komedi berkelas dan tidak akan membuat kamu bosan. Selain itu, unsur romance di anime ini juga sangat bagus dan Sakuranime rekomendasikan banget untuk kamu yang suka kisah percintaan di masa muda. Bercerita tentang Nishikata yang selalu saja dijahili oleh teman perempuannya bernama Takagi. Karena selalu kalah, ia berusaha keras untuk membalas dengan cara apapun itu.

#7. Sora yori mo Tooi Basho

Nah hampir sama dengan K-On juga, anime ini juga memperlihatkan kisah keseharian para gadis-gadis cantik. Bercerita tentang beberapa gadis yang memiliki tujuan untuk pergi ke kutub selatan. Mereka saling mengerti dan saling membantu untuk melewati berbagai macam halangan. Dari segi grafis, Sakuranime suka banget karena lebih terlihat unik dan beda dari yang lain.

#6. Servant x Service

Nah ini dia anime Slice of Life sejati di mana memang benar-benar fokus pada kisah sehari-hari, mulai dari berada di rumah, berangkat bekerja, dan kembali lagi ke rumah. Anime ini juga dipadukan dengan genre comedy yang membuat anime ini makin seru untuk kamu tonton.

Ceritanya sederhana dan mudah dipahami. Bercerita tentang keseharian PNS (Pegawai Negeri Sipil) yang berada di Mitsuba, Hokkaido. Seorang anak yang dilahirkan namun orang tuanya sulit untuk menentukan nama anaknya. Sampai akhirnya tercipta lah sebuah nama yang begitu panjang, Yamagami Lucy Kimiko Akie Airi Shiori Rinne Yoshiho Ayano Tomika Chitose Sanae Mikiko Ichika (Dan masih panjang lanjutannya).

Karena panjang, dia dipanggil dengan nama Lucy. Lucy akhirnya beranjak dewasa dan begitu kesal dengan orang yang mengesahkan namanya tersebut. Maka dari itu, ia menjadi seorang PNS dan berniat membalaskan dendamnya. Tapi, siapa sangka menjadi PNS itu tak semudah yang dipikirkan. Banyak hal dan orang-orang disekitar yang selalu menjadi penghalang balas dendam Lucy, khususnya laki-laki bernama Yutaka.

#5. Tamako Love Story

Tamako, gadis dari pemilik Tama-ya, toko keluarga dan menjual mochi. Suatu hari, ia tak sengaja menemukan seekor burung bernama Dera yang mampu berbicara. Dera berkata, ia berasal dari istana dan sedang berpergian untuk mencari pasangan untuk tuannya. Mulai sejak itu lah Dera dan Tamako hidup bersama. Anime ini mengisahkan Slice of Life keseharian Tamako dalam menjaga toko-nya dan dibumbui romance yang kental.

#4. Non Non Biyori

Sama dengan Umaru-chan, anime ini juga memperlihatkan kehidupan loli yang menggemaskan. Bercerita tentang Ichijou Hotaru, seorang murid SD yang pindah bersama orang tuanya dari Tokyo ke desa dan harus beradaptasi terhadap sekolah barunya. Uniknya, di sekolahnya hanya ada 5 siswa yang berada di kelas yang sama, campuran antara SD dan SMP.

#3. Usagi Drop

Anime ini mengisahkan tentang kehidupan yang sebenarnya, sebuah Slice of Life yang sejatinya. Di sini kamu akan melihat bagaimana seseorang hidup mandiri dengan berbagai masalah yang dihadapi. Berkisah tentang Daikichi yang akan menghadiri pemakaman kakeknya di rumah utama keluarganya.

Di sana ia bertemu dengan Rin, anak tak sah dari kakeknya, hasil dari hubungan yang tak diketahui. Semua keluarga besar tak ingin merawat Rin, namun berbeda dengan Daikichi yang rela merawat Rin. Sejak hari itu, Daikichi kemudian hidup bersama Rin. Sayangnya, sebagai seorang yang lama hidup sendiri, ia mengalami banyak masalah saat membesarkan seorang anak.

#2. New Game!

New Game merupakan anime Slice of Life atau kisah kehiduan yang “lengkap”. Di sini kamu akan melihat bagaimana kehidupan kerja yang sebenarnya, meski sering kali diselipkan komedi. Namun, untuk kamu yang ingin melihat bagaimana sih kehidupan kerja di industry game, maka New Game! Bisa menjadi rekomendasi utama.

Berkisah tentang Suzukaze Aoba yang bekerja di perusahaan game bernama Eaglejump. Fakta lainnya adalah ternyata yang menjadi senior Aoba di tempat kerjanya tersebut merupakan orang yang berhasil membuat Aoba sangat suka pada game. Dengan demikian, dimulailah kehidupan Aoba yang penuh dengan hambatan, tawa canda, dan sebagainya.

#1. Working!! (Wagnaria!!) Series

Rekomendasi Anime Slice of Life Terbaik

Working!! Memiliki 3 season dan seri-seri lainnya yang masih terkait dengan cerita utama, seperti www.working!! Yang memiliki tokoh-tokoh berbeda dengan nuansa baru namun masih menceritakan tentang keseharian di Wagnaria (Restoran keluarga). Anime ini menjadi rekomendasi terbaik bagi kamu yang suka anime Slice of Life yang kegitatannya “bekerja” yang dibalut komedi berkelas.

Awal mula berkisah tentang Takanashi Souta, seorang pemuda yang sangat menyukai hal-hal yang kecil seperti loli dan favorite dia adalah “Kutu air” karena sangat kecil. Souta memiliki masalah keuangan sehingga mengharuskan dirinya harus bekerja, sampai akhirnya ia menjadi pelayan di restoran keluarga Wagnaria dan berhadapan dengan pegawai lain yang tidak bisa dikatakan sebagai manusia normal. Anime ini juga punya romance, tapi dominan komedi sih.

Read More! Karakter Anime Terkuat Overpower versi Sakuranime!

Keren-keren bukan rekomendasi anime Slice of Life di atas? Semoga rekomendasi pilihan Sakuranime bisa bermanfaat untuk kamu dan jangan lupa untuk share agar teman kamu tak ketinggalan mengetahui info penting ini. Well, sampai jumpa di pembahasan rekomendasi anime keren lainnya, dan salam animelovers Indonesia minna-san~! ^-^