Sakuranime.com#IMO, Cuma memperjelas inisial D pada dunia One Piece yang berati adalah Tekad One Piece! dan Musuh Abadi Pemerintah Dunia. Gol D. Roger adalah orang pertama yang bangkit kembali dengan mewariskan Tekad D untuk melawan World Government.

Roger juga telah membaca semua Poneglyph dan merangkumnya menjadi Rio Poneglyph yang terletak di Raftel, pulau terakhir di Grand Line. Selain Roger, ada beberapa orang yang juga mengetahui tentang sejarah yang hilang seperti Shanks, Rayleigh, bahkan Buggy.

Namun, mereka merahasiakan hal ini karena nyawa mereka juga dapat terancam. Roger juga menjadi musuh dari World Government karena telah mengetahui tentang sejarah yang hilang, hal ini membuat Marine mempunyai kewajiban untuk memburu semua orang yang memiliiki inisial D.

Roger juga berperan penting untuk menyulut kembali Tekad D yang sempat pudar. Dengan nafas terakhirnya, ia membangkitkan semangat dengan meneriakan,

“Harta Karunku? Akan Kuberikan! Tapi, kalian harus mencarinya sendiri karena semua yang ada di dunia ini kuletakan di Raftel.”

Perkataan Roger yang menjanjikan ini membuat semua orang berlomba-lomba untuk mencapai Raftel. Namun, Roger tahu hanya orang yang pantas dapat mencapai Raftel dan mewariskan Tekad D untuk melawan pemerintahan World Government.

Sejauh ini, ada 9 orang pemilik inisial D, mereka adalah:

  1. Monkey D. Luffy
  2. Monkey D. Dragon
  3. Monkey D. Garp
  4. Gol D. Roger
  5. Portgas D. Ace
  6. Portgas D. Rouge
  7. Jaguar D. Saul
  8. Marshal D. Teach
  9. Trafalgar D. Law

Inisial D bagi mereka lebih dari sebuah nama, melainkan sebuah janji dan tekad yang menjadi kekuatan bagi mereka untuk terus bangkit. Seperti Saul yang hingga kematiannya menjaga Nico Robin atau Ace yang melindungi Luffy dari serangan Akainu.

Read More! Debut Kuzan “Aokiji”, Bagaimana Keadaannya Sekarang?

Nama ini juga memiliki kebiasaan yang unik, mereka selalu tersenyum menjelang detik kematian mereka yang menandakan bahwa mereka tidak takut akan kematian dan tidak menyesal akan apa yang mereka pertaruhkan dengan nyawa mereka sendiri. Seiring dengan waktu, semakin banyak orang dengan Tekad D bermunculan seperti Law.