43 Genre Dalam Anime Beserta Rekomendasi Terbaiknya!

Genre-genre dalam anime

Sakuranime.com – Anime merupakan film animasi yang berasal dari negeri Sakura, Jepang dan sekarang ini telah menjadi salah satu budaya Jepang yang menyebar luas ke seluruh dunia. Sama seperti film-film yang lain baik itu animasi atau bukan, anime juga memiliki yang namanya genre dan hal tersebut wajib ada dalam sebuah film apapun itu. Nah di artikel kali ini, Sakuranime akan menjelaskan genre apa aja sih yang ada dalam sebuah anime.

Dalam genre sebuah anime biasanya terbagi lagi, ada yang disebut sebagai major genre atau genre utama dan ada juga yang dinamakan subgenre atau genre bagian dari genre utama tadi. Sakuranime tidak akan melakukan pembagian-pembagian melainkan menjelaskan semuanya serta memberikan beberapa rekomendasi terbaik. Well, berikut ini adalah genre-genre anime yang patut kamu ketahui.

#1. Action

Genre-Genre Dalam Anime

Genre anime yang satu ini sangatlah populer dan pasti dalam suatu musim anime, memiliki anime dengan genre action. Seperti namanya, yah kalian tahulah bahwa anime dengan genre action memperlihatkan adegan-adegan aksi atau pertarungan. Action sendiri sangat cocok digabungkan dengan genre-genre yang lain bahkan untuk genre drama sekalipun. Kalau Sakuranime sendiri suka perpaduan action dan romance. Berikut ini beberapa rekomendasi anime action pilihan Sakuranime.

#2. Romance

Romance cenderung memperlihatkan anime dengan cerita yang memicu perasaan karena umumnya mengisahkan tentang drama percintaan. Jadi di genre yang satu ini, kalian akan menyaksikan kisah romantis dari karakter didalamnya yang bisa membuat kamu menangis, terharu, ketawa, senyum-senyum sendiri, dan semacamnya. Hal yang Sakuranime suka dari sebuah anime romance murni adalah bisa menhanyutkan perasaan ke dalam sebuah cerita, baik itu romcom (Romance comedy), atau drama romance. Beberapa anime romance terbaik yang patut kalian tonton yaitu:

#3. Comedy

Satu hal yang pasti dari sebuah anime genre comedy adalah “Membuatmu ketawa sendiri” kecuali kalau nobar dengan teman-teman. Komedi merupakan genre anime yang fokus memiliki satu tujuan yaitu untuk menghibur penonton. Biasanya genre komedi ini tak memiliki alur yang mendramatis kecuali beberapa anime seperti Angle Beats karena memang di anime tersebut memadukan comedy and drama yang bikin nangis sekaligus ketawa. Beberapa genre comedi terbaik yang bisa kamu nonton itu coba cek judul di bawah.

#4. Adventure

Anime adventure atau petualangan pasti menceritakan tentang petualangan karakter utama dalam menjelajahi kehidupannya. Keunikan yang bisa dirasakan dari sebuah anime genre adventure adalah bisa melihat banyak latar tempat dan cenderung memiliki karakter yang banyak sehingga tak akan bosan jika ditonton berulang kali. Berikut rekomendasi anime adventure terbaik pilihan Sakuranime.

#5. Drama

Berbeda dengan romance, drama bukan berarti anime yang harus mengisahkan tentang kisah percintaan saja. Tapi drama cenderung memperlihatkan kisah senang dan susah kehidupan sang karakter utama. Biasanya genre yang satu ini memiliki cerita yang bersambung dan pada akhirnya berakhir dengan sempurna, baik itu happy ending, sad ending, atau bad ending. Salah satu kelebihan dari genre drama adalah membuatmu terhanyut dalam keseriusan cerita. Berikut anime drama pilihan Sakuranime yang memiliki cerita bagus.

  • Sankarea
  • Yahari Ore no Seishun Love Come wa Mac Higatteiru
  • Ano hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai.
  • Clannad Series
  • Glasslip
  • Selengkapnya, Rekomendasi Anime Drama Terbaik

#6. Slice of Life

Anime yang menceritakan tentang keseharian seseorang dan hanya fokus pada orang tersebut, itu yang dinamakan genre Slice of Life. Biasanya sih hanya menceritakan kehidupan karakter utama di dunia kerja atau (Bukan sekolah) tapi ada juga anime slice of life yang mengandung school didalamnya karena subgenre school ini sebenarnya bagian dari slice of life. Beberapa anime slice of life terbaik pilihan Sakuranime adalah:

#7. Fantasy

Fantasy terikat erat dengan yang namanya sihir, mahluk astral, dan pokoknya diluar nalar pikiran manusia. Seperti nama genrenya, anime bergenre fantasy mengajak penonton berfantasy ria dan sejenak melupakan utang-utang yang belum lunas di real life. Keunikan dari sebuah genre fantasy itu sangat banyak, salah satunya kamu bisa melihat berbagai hal yang tidak ada dalam dunia ini seperti Naga, orang terbang, tongkat sihir, robot canggih, dan semacamnya. Berikut ini adalah anime fantasy dengan cerita menarik pilihan Sakuranime.

#8. Magic

Hampir sama dengan fantasy, magic juga cenderung memperlihatkan adegan yang tidak ada di dunia ini yaitu sihir. Genre ini fokus menceritakan tentang karakter utama yang bisa menggunakan sihir atau dunia yang terkait dengan sihir dan penyihir. Berikut ini anime genre magic pilihan Sakuranime yang keren banget.

#9. Supernatural

Genre supernatural biasanya menceritakan tentang dunia atau karakter utama yang terikat dengan kekuatan super yang bisa membuatnya berada di urutan paling atas jajaran manusia di bumi seperti kekuatan untuk terbang, punya pukulan super, memiliki mata spesial, dan lainnya. Berbeda dengan genre magic atau fantasy, supernatural cenderung lebih “Alami” seperti yang Sakuranime sebut tadi yah karakter dalam sebuah anime supernatural punya kelebihan masing-masing. Beberapa anime supernatural terbaik yang bisa kalian tonton adalah:

#10. Horror

Nah kalau yang satu ini kebalikan dari anime comedy yang akan membuat kamu tegang dan merinding. Horror memiliki adegan-adegan yang pastinya bisa membuat kamu sangat ketakutan. Berbeda dengan gore, horror lebih ditekankan kepada cerita hantu atau kejadian-kejadian aneh yang selalu membuat bulu kuduk berdiri, apalagi banyak jumpscare-nya. Sedangkan kalau gore kan lebih mengarah ke adegan-adegan berdarah seperti tubuh dimutilasi dan semacamnya. Meski sama-sama membuat merinding, tapi tetap saja beda walaupun merupakan perpaduan genre yang banyak diterapkan dalam anime. Berikut ini adalah anime horror terbaik pilihan Sakuranime.

#11. Mystery

Genre misteri sudah pasti terkait dengan segala hal yang dianggap misteri. Keunikan dari genre misteri adalah kamu bisa melihat bagaimana kecerdikan karakter utama dalam memecahkan misteri tersebut. Misteri cenderung menceritakan tentang karakter utama yang berusaha untuk memecahkan misteri sebaik mungkin tanpa adanya yang terlewat, anime seperti ini juga terkait erat dengan tema detektif. Beberapa anime mystery yang bisa kalian tonton adalah:

#12. Psychological

Genre yang satu ini biasanya memperlihatkan cerita tentang karakter yang mengalami semacam gangguan jiwa atau cerita yang bisa membuat mental penonton menjadi terganggu, meski semua itu jarang terjadi tergantung tingkat psychological anime tersebut dan keadaan mental si penonton. Tapi biasanya, anime semacam ini bisa loh sedikit berpengaruh terhadap mental apalagi jika sangat menghayati ketika menonton. Berikut anime genre psychological terbaik versi Sakuranime:

#13. Sci-Fi

Sci-Fi atau fiksi ilmiah biasanya menceritakan tentang dunia masa depan yang sudah sangat canggih di mana kamu akan menemukan mobil terbang, robot canggih, senjata super mematikan, dan semacamnya. Anime Sci-Fi sekarang ini sudah sangat jauh di masa depan seperti manusia yang sudah bisa tinggal di berbagai planet. Bahkan genre seperti ini sudah ada sejak zaman dulu, seperti Cowboy Bebop yang rilis sekitar tahun 90-an. Nah ini dia anime Sci-Fi keren yang bisa kalian tonton.

Nah di atas tadi adalah genre utama dari anime dan untuk pembahasan berikutnya, kita akan membahas sub-genre apa saja yang ada pada anime, lets go!

#14. Yaoi/Shounen-Ai

Yaoi itu bisa juga disebut sebagai Shounen-Ai (Namun mengarah ke dewasa) yang artinya menyukai sesama jenis (Laki-Laki) atau mungkin lebih dikenal sebagai gay. Meski mungkin sedikit gimana gitu terdengar di telinga kalian, tapi anime semacam ini biasanya tidak memberikan adegan “Hentai gay” atau apalah, cuma ceritanya saja yang Yaoi. Jadi sepertinya masih wajar ditonton, apalagi sebagian anime Yaoi itu hanya bersifat komedi dan tak sampai bla-bla-bla gitu. Dibawah ini adalah beberapa rekomendasi anime Yaoi terbaik.

#15. Yuri/Shoujo-Ai

Kebalikan dari Yaoi, Yuri juga dikenal sebagai Shoujo-Ai yang memperlihatkan kisah kehidupan dua atau sekelompok gadis yang saling suka, tapi Shoujo-Ai sendiri sedikit mengarah ke dewasa. Beberapa anime yuri mungkin memperlihatkan adegan-adegan yang sedikit mengarah ke “Dewasa” tapi tidak akan sebejat genre hentai kok. Namun biasanya, anime dengan genre seperti ini erat banget dengan kisah persahabatan sesama gadis dan semacamnya. Beberapa rekomendasi anime yuri yang patut ditonton adalah:

#16. Vampire

You know vampire? Sub-genre yang satu ini banyak ditemukan dalam sebuah anime, karena itulah selain vampire seperti elf, orc, dan semacamnya tidak ada dalam anime. Kalian mungkin sudah tahu apa itu vampire, vampire adalah makhluk penghisap darah yang sangat terkenal legenda-nya di abad pertengahan. Dalam anime, “moefikasi” vampire sangat berbeda. Jika di dunia nyata kamu mengenal vampire sebagai makhluk yang berbahaya, di anime kamu bisa menemukan karakter vampire yang cantik nan lugu. Berikut adalah anime vampire yang direkomendasikan oleh Sakuranime.

#17. Tragedy

Anime genre tragedy cenderung menceritakan tentang bencana yang menimpa sang karakter utama dan sekelilingnya. Biasanya sangat erat dengan bencana alam, pembunuhan, terror, kematian, keanehan, kiamat, dan semacamnya. Kebanyakan anime dengan genre ini biasanya memiliki drama menghanyutkan dan selalu bikin tegang. Dibawah ini adalah anime genre tragedi yang bisa kalian tonton.

#18. Super Power

Nah genre yang satu ini hampir mirip dengan supernatural karena yaah sama-sama fokus kepada kekuatan psikis manusia yang superpower banget. Bedanya dengan supernatural, superpower ini lebih mengarah ke kekuatan fisik atau kemampuan “Tenaga dalam” yang sangat besar sehingga ditakuti oleh yang lainnya. Kalian mungkin pernah mendengar istilah “Negara Superpower” nah hampir mirip maknanya dengan istilah tersebut. Oke, ini dia rekomendasi anime super power terbaik pilihan Sakuranime.

#19. Sports

Sports dalam bahasa Indonesia adalah olahraga, so tentunya anime genre sports menceritakan tentang olahraga. Tapi sedikit berbeda dengan dunia nyata, anime atau film-film manapun itu pasti memiliki penggambaran olahraga yang sedikit berbeda dan kadang tidak ada di dunia nyata. Contohnya adalah Quidditch, olahraga bola dalam film Harry Potter. Kalau di dunia anime? Ada juga dong, yaitu olahraga bokong vs bokong yang ada di anime Keijoo. Berikut anime genre sports terbaik versinya Sakuranime.

#20. Space

Anime bergenre space itu adalah anime yang menceritakan tentang atau berlatartempatkan luar angkasa. Sub-genre satu ini merupakan bagian dari Sci-Fi karena jika manusia bisa ke luar angkasa dan berpindah-pindah planet, pastinya teknologinya sudah sangat maju dalam artian lain Sci-Fi. Intinya, kalau ada anime yang karakternya selalu saja berada di luar angkasa meski nggak ngapain-ngapain, sudah pasti itu adalah anime genre space. Berikut anime genre space yang lumayan seru untuk ditonton.

#21. Shounen

Anime genre shounen adalah anime yang ditujukan untuk penonton lak-laki khususnya yang remaja. Biasanya anime seperti ini banyak menceritakan tentang kisah superhero atau fantasy yang kuat. Jadi sudah pasti genre yang satu ini jauh dengan adegan dewasa, kekerasan, dan yaah masih di dalam batas wajar. Beberapa rekomendasi anime shounen pilihan Sakuranime adalah:

#22. Shoujo

Kebalikan dari shounen, genre yang satu ini lebih ditujukan kepada gadis remaja. Jadi ceritanya selalu terkait dengan hal-hal yang disukai oleh gadis remaja pada umumnya seperti kisah persahabatan atau kumpulan laki-laki ganteng. Bisa jadi mereka suka dengan ceritanya atau sedang mencari calon husbando, hmm… i don’t know. Beberapa rekomendasi anime shoujo terbaik pilihan Sakuranime berikut ini patut kamu tonton.

#23. Seinen

Seinen dengan Shounen sebenarnya hampir sama, tapi kalau shounen lebih ditekankan untuk anak remaja laki-laki sedangkan untuk seinen sih lebih mengarah ke laki-laki dewasa atau sudah mencukupi umur. Ini dia beberapa rekomendasi anime seinen terbaik pilihan Sakuranime.

#24. School

School dalam bahasa Indonesia itu berarti sekolah, you know sekolah? Pasti tahu lah, kita sebagai animelovers Indonesia harus menjunjung tinggi pendidikan untuk menjadi apa? Menjadi wibu yang terpandang ( ‘-‘ ) well, dari nama genre-nya saja sudah bisa dipastikan kalau anime yang bergenre seperti ini pasti menceritakan tentang kehidupan anak-anak muda yang sedang sekolah. Tapi di dunia anime, kamu bisa melihat sekolah-sekolah yang belum pernah terpikirkan di dunia yang fanah ini seperti sekolah sihir, sekolah iblis, bahkan ada loh academy malaikat. Untuk rekomendasinya silahkan simak di bawah.

#25. Harem

Hampir di semua musim anime dari zaman dulu sampai sekarang memiliki anime harem didalamnya. Genre yang satu ini sangat populer karena apa? Jumlah JOMBLOERS di dunia sudah mencapai level yang berbahaya. Nah tontonan seperti ini lah yang paling cocok untuk kamu ehh maksudnya mereka yang jomblo karena anime genre harem menceritakan tentang laki-laki yang dikelilingi wanita cantik.

“Gue ngerti perasaan elu bro, gue ngerti.”

Sedangkan untuk rekomendasi anime harem pilihan Sakuranime sih silahkan lihat list di bawah yah.

#26. Reverse Harem

Tidak adil dong masa harem hanya ditujukan untuk laki-laki sedangkan wanita tidak? Tertawa lah wahai mas bro karena yang wanita yang jomblo juga punya bagian untuk menonton anime reverse harem sebagai hiburan, melupakan jodoh yang tidak kunjung datang. Reverse harem merupakan kebalikan dari genre harem di mana satu wanita dikelilingi cowok-cowok ganteng. Berikut ini adalah rekomendasi anime reverse harem pilihan Sakuranime.

#27. Post-Apocalyptic

Anime dengan genre ini lebih mengarah ke kiamat karena menceritakan tentang manusia di ambang kepunahan. Agar mudah kamu pahami, intinya anime bergenre Post-Apocalyptic ini menceritakan tentang manusia yang berusaha bertahan hidup di dunia yang hampir punah. Silahkan simak rekomendasi anime di bawah ini.

#28. Police

Yah kalian tahu lah kalau genre police pasti menceritakan tentang polisi, detektif, atau semacamnya. Biasanya anime dengan genre seperti ini memiliki karakter utama yang bertugas sebagai pengaman warga seperti tentara, polisi, satpam, atau agen khusus, wah keren kan? Berikut ini beberapa rekomendasi anime police yang seru banget untuk ditonton.

#29. Parody

Pernah nonton anime yang didalamnya ada karakter atau hal-hal lain dari anime yang berbeda? Nah itu yang disebut sebagai parodi, jadi jangan bilang kalau “Wah ada yang nyasar nih” Bukan yah. Biasanya genre ini cenderung memiliki komedi yang sangat lucu karena sub-genre satu ini memang bagian dari komedi. Sampai sekarang ini Gintama masih menduduki top anime parodi terbaik versi Sakuranime. Untuk rekomendasi selain Gintama, yuk lihat di bawah ini.

#30. Music

Kalau genre anime yang satu ini cocok banget untuk kamu yang suka mendengarkan musik. Hampir mirip dengan film drama musikal pada umumnya, anime dengan genre music juga membawakan alur cerita diiringi dengan musik yang khas dan hanya ditemukan dalam anime tersebut. Uniknya, kebanyakan dari anime genre musik memiliki lagu-lagu yang sangat enak didengar, baik itu opening song, ending song, atau insert song. Untuk rekomendasinya, simak di bawah.

#31. Mecha

Mecha itu adalah robot, jadi sudah pasti anime bergenre mecha menceritakan tentang robot. Tapi bukan berarti manusianya yang menjadi robot, namun yang mereka tumpangi adalah robot. Kalau tentang manusia setengah robot mungkin sedikit lebih mengarah ke cyberpunk daripada mecha. Berikut anime mecha terbaik yang patut kamu tonton.

#32. Military

Hampir sama dengan anime-anime police, cuma bedanya military lebih ke tema perang yang biasanya memerlukan pasukan, senjata, tank, dan semacamnya. Anime semacam ini juga sangat erat tentang kisah pertarungan antar dua kubu. Berikut anime military terbaik versi Sakuranime.

#33. Isekai

Isekai merupakan genre anime yang menceritakan tentang karakter utama dari dunia manusia berpindah ke dunia fantasy yang penuh dengan hal-hal gila seperti sihir, elf, naga, demon, dan lainnya. Tapi di dunia nyata kalau ada yang ajak kamu dengan perkataan…

“Kapan ke isekai bareng?” itu berarti dia ngajak kamu mati ( ‘-‘ ) so jawab ajah dengan perkataan “Iya, kamu duluan nanti aku nyusul”

Berikut ini beberapa rekomendasi anime isekai terbaik dengan unsur isekai yang kuat banget.

#34. Reverse Isekai

Sama seperti reverse harem yang merupakan kebalikan dari harem, maka reverse isekai juga kebalikan dari isekai di mana bercerita tentang karakter utama atau karakter penting lainnya yang berasal dari dunia lain kemudian pergi ke dunia manusia. Jadi biasanya karakter yang berasal dari dunia lain ini memiliki semacam kekuatan super kemudian ia gunakan di dunia manusia. So kalau kalian memiliki teman yang agak aneh dan ngaku-ngaku sok punya kekuatan super, mungkin ia berasal dari dunia lain ( ‘-‘ ). Well, berikut rekomendasinya.

#35. Historical

Historical juga bisa berarti sejarah, jadi anime bergenre historical cenderung berkisah tentang sejarah. Tapi ada juga yang bukan dari sejarah di dunia nyata, jadi di anime tersebut juga punya sejarah sendiri secara fiksi. Biasanya sih anime seperti ini berlatar tempat di zaman dulu, tapi bukan berarti harus zamannya Angling Dharma, Gatot Kaca atau Gajah Mada, bukan yah. Anime yang menceritakan tentang masa lalu dari karakter utama juga bisa disebut sebagai historical. Berikut ini adalah rekomendasi anime historical terbaik versi Sakuranime.

#36. Kids

Anime kids adalah anime yang ditujukan untuk anak-anak berusia 5-13 tahun, jadi buat kalian yang masih merasa anak-anak, sebaiknya tonton anime genre yang satu ini. Biasanya anime genre kids menghadirkan adegan-adegan yang wajar untuk anak-anak dan tujuannya hanya untuk menghibur anak-anak pastinya. Berikut beberapa anime genre kids terbaik menurut Sakuranime.

#37. Martial Art

Bisa juga disebut sebagai anime seni bela diri, jadi segala anime yang memperlihatkan seni bela diri baik itu menggunakan tangan kosong atau memakai senjata maka bisa disebut sebagai anime genre martial art. Beda dengan genre magic atau supernatural, martial art lebih mengarah ke pertarungan epic tanpa sihir atau kekuatan super. Kalau ibarat di film-film itu ada The Raid yang memperlihatkan seni pencat silat. Tapi perpaduan martial art dengan genre yang lain itu banyak sekali, contohnya adalah Dragon Ball. Untuk rekomendasinya, simak di bawah.

#38. Josei

Genre josei difokuskan untuk kamu penonton cewek yang sudah dewasa atau menjelang dewasa. Biasanya anime dengan genre yang satu ini memiliki karakter utama wanita dan cenderung ke romance serta drama. Intinya sih wanita banget gitu. Berikut rekomendasi anime genre josei terbaik versi Sakuranime.

#39. Demons

Nah selain vampire, demons juga menjadi salah satu genre dalam anime karena banyak anime yang mengisahkan tentang demons. Anime seperti ini biasanya memiliki fantasy yang kental karena demons berarti menampilkan monster, Iblis, atau semacamnya. Berikut deretan anime demons terbaik pilihan Sakuranime.

#40. Cyberpunk

Cyberpunk terikat kuat dengan Sci-Fi karena merupakan sub-genre dari Sci-Fi. Genre yang satu ini menampilkan Sci-Fi yang sangat identik dengan teknologi maju. Tapi bedanya dengan Mecha atau Sci-Fi pada umumnya, Cyberpunk lebih difokuskan untuk anime yang mengarah ke dark dan biasanya menampilkan adegan yang keras dan tak lebay. Berikut anime genre cyberpunk terbaik versi Sakuranime.

#41. Game

Semua orang suka main game, asal jangan mempermainkan hati wanita. Well, genre game dalam sebuah anime berarti anime tersebut menceritakan tentang game, baik itu game visual, game nyata, game kematian, game apapun itu yang penting namanya game. Berikut anime genre game yang direkomendasikan oleh Sakuranime.

#42. Ecchi

Genre ini lebih difokuskan untuk kalian yang sudah dewasa, tidak untuk anak kecil karena anime dengan genre yang satu ini memiliki adegan-adegan HOT! yang sangat tidak patut dipertontonkan di depan anak kecil, karena apa? Gedenya bisa jadi wibu! ( ‘-‘ ) Well, ini dia rekomendasinya.

#43. Hentai

Mungkin kalian sudah tahu apa itu hentai dan sorry because Sakuranime tidak punya pembahasan dan rekomendasi animenya. Intinya anime dengan genre yang satu ini lebih parah dari ecchi dan hanya diperuntukkan untuk kamu yang “Benar-benar” sudah dewasa :3

Read More! Karakter Anime Wanita Petarung Tangan Kosong Terbaik!

Nah terimakasih sudah mau membaca penjelasan yang panjang di atas, semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam mengenal genre-genre dalam anime. Jangan lupa share, like, dan comment. Sampai jumpa dipembahasan anime lainnya dan salam animelovers!