Sakuranime.com – Oda-sensei belum menjelaskan perihal nama Devil Fruit ini, tapi Jozu sudah dipastikan sebagai character pengguna buah iblis karena mampu membuat tubuhnya menjadi berlian dengan otot dan kekuatan aslinya yang sudah kuat ditambah ketahanan berlian yang tebal.

Sudah dipastikan pria ini sangat kuat kekuatan fisiknya, belum lagi dia dikonfirmasi bisa memakai Busho Haki. Bayangkan saja guys, tiga ketebalan yang membuat otot badannya pro banget, seperti yang diharapkan dari komandan Bajak Laut Shirohige.

Ia memiiliki kekuatan otot normal yang sudah besar dan kekar, ditambah kekuatan berlian, serta Haki Busho yang dipoles keseluruh ototnya.

Itulah kekuatan Jozu, sederhananya disebut “Diamond Only” namun kita belum tahu jenis Devil Fruit-nya apa, tapi menurut saya mungkin termasuk dalam tipe Paramecia.

Otot Jozu sangat kuat dibuktikan dalam beberapa scene berikut:

#1. Mencabut Dan Melemparkan Bongkahan Es Segede Bukit Besar

Kekuatan Jozu One Piece

Bagi Jozu, benda tersebut bagaikan batu biasa yang dia cabut dan dia lempar langsung ke arah seluruh Marine, bahkan Vice Admiral Marine raksasa sekalipun kalah telak oleh es itu. Beruntung Akainu membereskan lemparan es yang seperti meteor kecil tersebut dengan 1 tinju magmanya.

#2. Mampu Menahan Tebasan Mihawk

Otot berlian pria ini tidak tergores oleh tebasan Mihawk yang kala itu ingin menguji jarak dia dan Shirohige. Saat tebasan bewarna hijau terang (Warna ditambahkan di anime) maju ke arah Shirohige, tanpa basa basi Jozu turun menahan tebasan tersebut dan Jozu lempar ke langit.

Karena bagi Jozu mungkin “Badan berliannya tidak akan terluka oleh tebasan apapun”, walau Mihawk hanya memakai 1 tebasan saja sih, tapi Jozu sempat kesulitan menahan tebasan tersebut. Jika dilihat dari raut wajahnya, sepertinya tidak akan mudah menghadapi Mihawk ketika di lain waktu mereka bertemu.

#3. Menyeruduk Aokiji Dan Crocodile Sampai Mereka Berdua Terluka

Bagaikan seekor Banteng ganas, Crocodile yang kala itu menyerang Armada Shirohige harus menerima hantaman bahu Jozu yang sekuat berlian dan dipoles Haki Busho itu.

Seketika Crocodile terpelanting dengan wajah penuh darah. Jidat dan mulutnya mengeluarkan darah segar, sedangkan Aokiji juga sama, tapi cuma berdarah dibibirnya (Efek luka organ dalam).

Hanya saja dia sering menonaktifkan berliannya. Sepertinya, Jozu agak mudah lengah dan membuat tangannya hancur waktu Aokiji bekukan dalam duel satu lawan satu.

Read More! Ulasan Tentang “Misterius” Raftel, Pulau Terakhir di Grand Line

Belum sempat merubah ketebalan ototnya dengan berlian, tapi sudah dibekukan dan menurut data One Piece, Jozu kehilangan tangan kanannya akibat dirinya yang dibekukan dan terjatuh ke tanah sehingga otot tangan kanannya hancur seketika.

Seperti Apa Kelemahan Devil Fruit ini?

Selain air laut/kairoseki, sepertinya mode berliannya tidak bisa diaktifkan dalam jangka waktu lama atau mungkin usernya saja yang mudah lengah (Karena Jozu lengah sebentar saja, Aokiji langsung menang) padahal jika mengingat luka yang diderita orang sekelas Admiral seperti Aokiji yang dapat dilukai dalam sekali serang, Jozu bisa jadi karakter yang menyulitkan.

Kekuatan Jozu One Piece – Writer by Yudha Frand