Sakuranime.com – Hai-hai sahabat Sakuranime dimanapun kamu berada, welcome back to Sakuranime dengan topik kali ini adalah rekomendasi anime bertema detektif terbaik. Kalian mungkin sudah tahu apa itu detektif dan mengapa anime tentang detektif itu seru banget. Ketika sedang menonton anime detektif, secara tak langsung otak akan berfikir tentang kasus yang terjadi dalam anime tersebut.

Sebagian besar anime lovers pasti suka dengan anime bertema detektif karena anime seperti ini cenderung memiliki cerita yang menarik. Mungkin hampir sama dengan genre misteri, tapi khusus list yang akan Sakuranime bahas berikut ini benar-benar fokus pada cerita detektif atau memiliki unsur detektif yang kuat didalamnya. Nah langsung saja secara padat, singkat, dan jelas, berikut adalah rekomendasi anime bertema detektif terbaik versi Sakuranime.

#22. Higurashi no Naku Koro ni Kai

Rekomendasi Anime Detektif Terbaik

Banyak orang yang mengenal anime ini sebagai salah satu anime gore paling sadis dan hal itu memang benar, di anime ini kamu akan melihat banyak scene berdarah. Uniknya, tidak asal gore saja, Higurashi no Naku Koro ni Kai juga memberikan pengalaman nonton yang menarik dengan unsur detektif didalamnya. Jadi banyak misteri di anime ini yang kemudian secara perlahan akan diungkap oleh si MC.

Berkisah tentang seorang siswa yang dipindahkan ke sebuah desa dan menetap di sana. Suatu hari, sebuah festival sedang berlangsung di sana dan mulai dari sini, banyak kejadian aneh terjadi. Insiden demi insiden pun terjadi, sampai akhirnya ia bersama teman-temannya mengetahui hal yang sebenarnya terjadi di desa tersebut. Unsur detektif anime yang berlatarkan tahun 1983 ini lebih terasa di season ke-2 nya sih, tapi bukan berarti kalian langsung loncat ke season 2 yah hehehe.

#21. Persona 4: The Animation

Berasal dari Persona Series, entah mengapa untuk Persona 4 ini unsur detektifnya lebih terasa ketimbang seri terdahulu atau mungkin untuk seri yang akan datang juga. Berkisah tentang Narukami Yuu yang baru saja pindah ke Inaba. Ia kemudian berteman dengan beberapa orang dan tak lama kemudian, terjadi insiden pembunuhan aneh dengan didasari rumor Channel TV bernama Midnight Channel.

Nah banyak kasus yang terjadi gara-gara channel ini sehingga Yuu kemudian mencoba untuk menelitinya dan terseret dalam masalah dengan perlawanan menggunakan kekuatan Persona-nya.

#20. Monster

Sebuah anime lawas yang memang memiliki drama seru banget. Untuk kamu yang suka banget anime dengan tema misteri disertai dengan bumbu genre police didalamnya, Monster pantas menjadi rekomendasi teratas untuk kamu tonton. Berkisah tentang seorang dokter ahli beda yang bingun ingin menyelematkan anak-anak yang sedang sekarat atau seorang politikus waktu itu.

Di tengah rasa bimbangnya dan mengingat untuk siapa dia menjadi dokter, ia akhirnya memilih untuk menyelamatkan anak tersebut sehingga politikus yang menjadi korban. Karena itu, karirnya sebagai dokter akhirnya kandas di tengah jalan dan seiring waktu berlalu, serangkaian insiden pembunuhan ternyata mengarah ke anak yang dulu ia tolong.

#19. Psycho Pass

Pada tahun 2113, ada yang namanya Sibyl System, nah sistem ini menjadi tolak ukur dalam mengukur mental seseorang yang gunanya untuk mencegah dan menghukum orang yang akan melakukan kejahatan. Mereka yang menjalankan sistem ini adalah para penegak hukum yang dibekali dengan senjata khusus, semakin tinggi indikator Psycho-Pass milik target, semakin parah juga hukuman yang harus diterimanya.

Anime ini berlatarkan di dunia yang maju banget, pokoknya sudah modern dan di sini kamu bisa melihat bagaimana kerasnya sistem hukum di dunia tersebut. Tapi ternyata, ada yang aneh pada sistem ini dan beberapa orang sadar akan hal itu sehingga mereka menyelidiki dan menemukan sesuatu yang tidak diketahui oleh orang banyak. Karakter utama di anime ini juga cool banget, untuk season ke-2 diisi oleh MC wanita loh.

#18. Majin Tantei Nougami Neuro

Sebagai pecinta anime yang suka banget dengan anime berbau detektif, anime ini direkomendasikan banget untuk kamu tonton. Anime ini bisa dikatakan tak kalah keren loh dengan anime detektif terkenal seperti Conan karena MC di anime ini juga jago banget dalam memecahkan permasalahan yang dihadapinya, apalagi ditambah unsur supernatural.

Berawal ketika seorang gadis bernama Katsuragi Yako yang harus menerima takdir di mana ayahnya tewas dengan catatan kasus mati bunuh diri. Nah kasus ini menarik perhatian si Neuro Nougami, jadi dia ini adalah iblis yang datang dari dunia iblis dan sudah memakan banyak misteri di dunianya.

Ia kemudian pergi ke dunia manusia untuk memakan misteri buatan manusia itu sendiri. Tapi karena ia tak mau mencolok di dunia manusia, ia akhirnya merencanakan si Yako menjadi detektif terhebat, padahal dia lah yang berjasa banget menemukan segala misteri yang ada.

#17. Lupin III Series

Anime detektif yang sudah ada sejak dulu, bisa dibilang anime ini teman masa kecilnya Detective Conan. Sudah banyak banget seri Lupin mulai dari manga dan berumunculkan adaptasi anime, sequel, prequel, side story, spin off, alternative version, bahkan live action yang telah memeriahkan seri yang satu ini.

Petualangannya terasa banget, disertai dengan unsur detektif didalamnya. Berkisah tentang keseharian Lupin III atau juga dikenal sebagai Arsene yang ahli banget dalam mencuri bersama dengan rekan-rekannya. Tapi tidak seperti pencuri pada umumnya, mereka ini baik-baik kok.

#16. Tantei Gakuen Q

Juga mengusung unsur comedy didalamnya, bukan berarti membuat unsur detektif dalam anime ini menjadi pudar, bahkan bisa menjadi paduan yang berbeda. Yah kalian tahu lah kalau anime detektif atau misteri itu kebanyakan serius banget. Meski begitu, ternyata ceritanya cukup bagus, sampai-sampai dulu kalau nggak salah tahun 2007 pernah dibuat LA-nya bro.

Berkisah tentang Kyuu, seorang anak laki-laki biasa yang ternyata punya kelebihan dalam bepikir secara logika. Ia ingin jadi detektif sehingga ia mencari sekolah terkenal bernama Dan Detective School (DDS) yang para siswanya ini punya keahlian masing-masing dan diberi izin untuk membawa senjata. Sejak bergabung, ia kemudian lebih berperan aktif dalam memecahkan banyak misteri bersama teman-temannya.

#15. The Mythical Detective Loki Ragnarok

Anime ini juga mengandung unsur supernatural didalamnya dan kisah awalnya juga cukup menarik. Meski sudah termasuk anime lawas, tapi grafisnya masih enak ditonton dengan kualitas komedi yang cukup menghibur. Berkisah tentang seorang dewa yang diasingkan dan diberi wujud seperti anak kecil.

Untuk bisa kembali ke dunia para dewa, ia harus mengumpulkan aura jahat dari hati manusia dan untuk melakukan semua itu ia menjadi seorang agen detektif. Dewa ini kemudian bertemu dengan seorang gadis yang maniak banget soal misteri dan mereka mulai bersama-sama memecahkan banyak misteri.

#14. Hyouka

Karakter utama di anime ini unik banget guys, ia pemalas tapi jago banget memecahkan masalah. Di sisi lain, saya juga terpikat dengan heroine utama yang entah mengapa ia terlihat cantik di mata saya. Nah berbicara tentang kualitas detektifnya, anime ini lebih banyak mengarah ke misteri sekolah atau kehidupan anak sekolahan gitu guys.

Berawal ketika seorang pemuda pemalas yang dipaksa masuk ke klub sastra oleh kakaknya sendiri. Di sana, ia bertemu dengan seorang gadis yang selalu ingin tahu dan selalu memaksa ia untuk memecahkan misteri. Dari sini, kehidupan normal si MC berubah drastis, ditambah dengan kehadiran dua temannya yang lain.

#13. Shinrei Tantei Yakumo

Dari manga ke anime, serial ini berhasil membuat fans menggila pasalnya ceritanya benar-benar keren dengan kualitas misteri yang wah. Kalau dilihat dari anime-nya, kesan pertama saat menonton adalah dark tapi cukup menarik ceritanya.

Berkisah tentang seorang cowok bernama Yakumo yang memiliki mata sebelah kiri berwarna merah. Mata ini bisa ia gunakan untuk melihat dan berbicara dengan roh guys. Roh-roh ini punya masalah tersendiri yang kemudian Yakumo membantu dalam memecahkan masalahnya. Mungkin agak mirip dengan anime Yuujinchou, tapi untuk anime ini unsur detektifnya lebih terasa.

#12. UN-GO

Kalau anime yang satu ini benar-benar murni ceritanya tentang supernatural dan juga mistery. Jadi sudah pasti kalau menonton anime ini bawaannya serius mulu, tapi idola deh buat kalian yang suka anime dengan unsur detektif. Selain itu, saya juga suka dengan alur cerita soalnya untuk misteri yang akan dipecahkan sulit untuk ditebak dan penuh dengan petunjuk tersirat.

Berkisah tentang keadaan Jepang yang sedang terpuruk karena kekalahan perang, tapi perlahan Jepang mulai bangkit. Kita fokus ke seorang yang bernama Yuuki yang selalu berusaha untuk membongkar kedok dari Rinroku yang menjadi petinggi dari JJ System sebagai penanggung jawab Jepang saat itu.

#11. Kindaichi Shounen no Jikenbo

Kindaichi atau Conan? Sulit deh menentukan siapa detektif jagoan antara keduanya, soalnya dua-duanya juga hebat banget dalam memecahkan misteri. Untuk anime ini banyak hal yang menarik, salah satunya kasus yang dipecahkan rata-rata panjang, tapi tidak membuat kita bosan. Kalau disandingkan dengan Detective Conan, kasus pada anime ini sedikit lebih sadis karena menyangkut pembunuhan dan sebagainya.

Berkisah tentang Hajime Kindaichi, siswa SMA yang hebat dalam memecahkan kasus rumit tapi ternyata ia bego dalam hal Matematika. Oh iya, mungkin dari segi grafis bisa membuat mata anak jaman now sedikit sakit, tapi tenang saja karena adaptasi terbaru yaitu Kindaichi Returns memiliki grafis yang lumayan bagus.

#10. Kamisama no Memochou

Buat kamu yang suka dengan misteri, anime ini juga pantas buat kamu tonton. Keunikannya terdapat pada si MC. Jika kalian biasanya melihat anime detektif memiliki MC cowok, maka di anime ini kamu bisa menemukan MC cewek, loli lagi guys.

Jadi anime ini berkisah tentang sekelompok NEET (Meski ada juga yang bukan NEET sih) yang bekerja sama dengan detektif cantik bernama Alice untuk memecahkan berbagai kasus. Note, NEET itu sebutan untuk orang yang tidak bekerja, tidak sekolah, kalau bahasa lainnya disebut “No Life.”

#9. Gosick

Kesan pertama menonton Gosick itu dark, jadi disepanjang episode dari Gosick pasti berkesan tidak berwarna. Itu jika dipandang dari grafis, kalau soal cerita mah bagus banget. Sama dengan anime yang telah Sakuranime bahas, anime ini juga punya loli cantik sebagai karakter utama yang otaknya handal dalam menemukan kunci permasalahan dari sebuah kasus.

Berawal ketika seorang siswa pindahan yang selalu dikaitkan dengan isu hantu atau apalah. Ia kemudian pergi ke perpustakaan sekolah dan bertemu dengan gadis kecil di atas perpustakaan. Sejak itu, mereka kemudian sering bersama layaknya Tuan Putri bersama Penjaganya sembari terlibat masalah yang penuh misteri.

#8. Death Note

Death Note memang menjadi salah satu anime bertemakan detektif terbaik yang pernah ada. Bukan karena grafisnya atau soundtracknya, tapi ceritanya yang memang sangat patut diberi empat jempol. Saya suka dengan karakter utama di anime ini, mereka saling adu kecerdasan dan strategi untuk membongkar kedok masing-masing. Selain itu, rasanya unsur supernatural di anime ini benar-benar mantap.

Berawal ketika seorang anak bernama Light Yagami menemukan sebuah buku catatan di mana buku tersebut ternyata memiliki kekuatan. Jika nama seseorang ditulis pada kertas buku itu, maka orang yang terdapatnya namanya akan mati. Nah sejak dulu, Light memang memiliki tujuan untuk merubah dunia. Ia kemudian menggunakan Death Note tersebut sebagai kekuatannya, tapi tak semulus yang ia bayangkan.

#7. Danganronpa: The Animation

Sadisnya dapat, misterinya mantap, dan ceritanya sudah pasti seru guys. Karena ada beberapa seri, pastikan untuk sesuai dengan tanggal rilis yang pertama itu sekitar tahun 2013. Kalau berbicara tentang kualitas detektif anime ini, saya suka banget karena misteri dan beberapa adegan aksinya menantang guys. Game-nya juga bagus loh dimainkan.

Berawal ketika para siswa baru di Kibougamine tiba-tiba terkurung dan muncul sosok bernama Monokuma. Sepertinya namanya, ia berbentuk beruang putih setengah hitam setengah. Ia mengaku sebagai kepala sekolah dan memulai game mematikan yang terkait dengan pembunuhan dan beberapa kasus yang harus mereka (Murid) lalui. Mungkin anime ini lebih mengarah ke game survival gitu.

#6. Sakura-san no Ashimoto ni wa Shitai ga Umatteiru

Alasan saya suka dengan anime ini salah satunya adalah cerita detektifnya yang keren, tapi di sisi lain saya juga suka banget dengan Sakurako-san, salah satu tokoh utama di anime ini. Sakurako ini hebat dalam memecahkan misteri hanya dengan melihat dan merasakan tulang dari korban. Ia sangat suka melihat tulang dan memang dalam cerita, dia menjadi ahli tulang. Ia sering jalan bareng dengan Shoutarou, anak muda yang selalu Sakurako anggap seperti adik.

#5. Magic Kaito

Sedikit memiliki hubungan dengan Detective Conan, anime ini ternyata juga menarik jika dipandang dari sisi misteri dan unsur detektifnya. Sama seperti anime sebelah, Magic Kaito juga menfokuskan cerita kepada karakter utama yang handal dalam memecahkan sebuah misteri. Sayangnya banyak yang beranggapan kalau alur cerita lebih ke “Filler” gitu.

Fokus pada seorang anak dari pesulap pro bernama Kaito Kid. Anak tersebut bernama Kuraba Kaito. Ayahnya meninggal karena kecelakan yang misterius. Karena itulah ia menggantikan tempat ayahnya sebagai Kaito Kid dan memulai mencari apa dibalik kasus kematian ayahnya.

#4. Zankyou no Terror

Selain juga mengusung detektif, anime ini juga memiliki unsur misteri dan aksi yang benar-benar memukau. Uniknya nih, malah si kedua MC nya lah yang menjadi (Dicap) antagonis di anime ini dan lawan mainnya yang jadi protagonis. Tapi sebenarnya masih ada antagonis di atas antagonis yang berhasil membuat anime ini benar-benar keren karena MC kita ini hanyalah korban.

Dua anak mantan korban dari laboratorium aneh di masa lalu membuat dua anak muda ini menampakkan diri mereka sebagai duo teroris paling terkenal di Jepang, Sphinx. Di semua aksi teroris mereka tidak menimbulkan korban, namun menjadi kerugian besar bagi pemerintah. Hal ini membuat pihak polisis mengejar mereka dan mengungkap apa tujuan sebenarnya.

#3. Subete ga F ni Naru

Semuanya menjadi F, tapi kalau versi Sakuranime anime ini pantas di beri A. Ada beberapa kasus yang diulas dalam anime ini dan itu benar-benar menarik soalnya melibatkan banyak karakter unik. Sebagai anime misteri, anime ini sudah layak banget ditonton apalagi soundtracknya yang lumayan enak didengar.

Berawal ketika Saikawa-sensei, seorang professor sekaligus dosen bersama dengan para mahasiswanya yang sedang pergi berlibur ke sebuah pulau kecil. Ternyata di pulau tersebut sedang menjadi lokasi penelitian dan juga merupakan tempat dari Magata Shiki, orang jenius idola Saikawa-sensei.

#2. Boku dake ga Inai Machi

Misterinya sih oke mantap jiwa, dari segi drama juga bagus, dan NTR-nya lumayan nyesek. Hal yang menarik dari anime ini tentu saja misterinya yang wah banget, endingnya juga memuaskan dan anti gantung-gantung club. Tapi selain itu, saya juga suka dengan alur ceritanya yang mengandung unsur supernatural.

Berkisah tentang seorang pemuda yang memiliki kekuatan bisa kembali ke masa lampau. Ia memanfaatkan hal itu untuk menyelamatkan seseorang sekian detik sebelum maut terjadi. Suatu hari, ibunya dibunuh oleh seseorang misterius dan hal ini menyebabkan kemampuannya bangkit membuat ia kembali beberapa tahun lalu. Sembari mencari siapa pembunuh ibunya, ia juga dihadapkan misteri tentang pembunuhan teman masa kecilnya.

#1. Detective Conan

No coment deh untuk anime ini. Kalau menurut Sakuranime, masih banyak anime genre misteri yang lebih bagus dari anime ini, tapi beda lagi kalau berbicara tentang tema detektif. Anime ini lebih terasa detektifnya karena pada dasarnya si MC juga menjadi detekftif. Tentu saja tentang cara Conan dan rekan-rekannya mengungkap misteri itu menjadi kekuatan anime ini.

Berkisah tentang seorang anak bernama Edogawa Conan yang sebenarnya ia adalah Shinici Kudo. Dirinya menyusut menjadi kecil karena ulah dari Satria Baja Hitam, eh maksudnya grombolan orang berjubah hitam yang membuat dirinya menjadi anak kecil. Namun meski ia kembali kecil, kemampuannya menganalisis kasus tidak pernah memudar.

Read More! Rekomendasi Anime Romance Mystery Terbaik!

Sekian rekomendasi dari Sakuranime kali ini tentang anime bertema detektif terbaik. Satu hal yang pasti ini, buat kamu yang suka anime detektif wajib banget untuk menonton anime-anime di atas. Well, kalau mau silahkan share artikel ini dan admin juga pengen dong minta rekomendasi anime dektetif lainnya yang mungkin belum admin lihat, dah!