Sakuranime.com – Halo teman-teman, watashi kembali di sini untuk merekomendasikan deretan anime untuk minna-san. Nah seperti yang kalian lihat pada judul artikel kali ini, Sakuranime akan sedikit mengulas tentang rekomendasi anime Cyberpunk terbaik. Tapi sebelum itu, Sakuranime pengen tanya nih, tahu ndak sih apa yang disebut Cyberpunk? Kalau belum tahu yuk simak sedikit informasi tentang Genre yang satu ini.

Cyberpunk merupakan Genre turunan dari Sci-Fi. Jadi sudah pasti Cyberpunk akan menghadirkan sebuah tontonan masa depan yang identik dengan Mecha, mobil terbang, teknologi canggih, atau semacamnya. Namun sedikit berbeda dengan anime Genre Sci-Fi lainnya seperti Gatchaman Crowds yang terlalu meriah atau Sora no Otoshimono yang Ecchi nya kebangetan, Cyberpunk lebih memperlihatkan sisi dark dari sebuah Genre Sci-Fi dan terlihat lebih “Keras” gitu.

Wakatta ka minna-san? Kalau sudah mengerti, Sakuranime akan lebih mudah merekomendasikan kepada kalian bukan? Yuk simak deretan rekomendasi anime Cyberpunk terbaik versi Sakuranime di bawah ini ^-^

#24. Dramatical Murder

Rekomendasi Anime Cyberpunk Terbaik

Wah yang pertama ada anime yang tidak terlalu dark amat sih yah, tapi para tokohnya itu ganteng-ganteng loh, cocok banget buat kamu yang cewek untuk menontonnya. Berkisah tentang suatu kawasan di Midorijima, sebuah Tour Konzern yang kuat mengubah sisa kawasan itu menjadi penjara platinum resor eksklusif. Meskipun demikian, Aoba Seragaki tetap membangun kehidupan normal untuk dirinya sendiri, bekerja paruh waktu di toko barang bekas dan bergaul dengan temannya seperti Ren.

#23. Parasite Dolls

Nah anime ini termasuk bagian dari anime Bubblegum Crisis yang akan kita bahas juga di bawah, tapi ada sedikit hal yang berbeda pada cerita dan karakter-karakter yang berbeda pula. Mengikuti unit khusus Polisi A.D. yang bertugas untuk menghancurkan Boomers dan mencegah kerusakan kota. Beberapa adegan di anime bertipe OVA ini lebih dark dan keras ketimbang Bubblegum.

#22. Cyborg 009: The Cyborg Soldier

Bercerita tentang sembilan tentara cyborg bertenaga super bergabung untuk memerangi Black Ghost, sebuah organisasi teroris. Anime ini sebenarnya sudah ada sejak tahun-tahun yang lalu kisaran 1968, kalian mungkin belum lahir yah, watashi juga sih muehehe. Nah judul yang kalian lihat di atas merupakan versi remake atau dibuat ulang sehingga grafisnya lebih mantap dan ada sedikit perubahan cerita, tapi masih seru kok.

#21. Under the Dog

Berikutnya ada anime yang tokoh utamanya ini cewek minna-san. Actionnya juga keren abis, cocok deh untuk kamu yang suka anime action dengan karakter utama seorang gadis cantik. Ceritanya berlangsung di Neo Tokyo pada tahun 2025, lima tahun kemudian setelah sebuah serangan teroris yang parah terjadi saat Olimpiade Tokyo 2020.

Siswa yang memiliki kemampuan khusus dipaksa untuk menjadi unit anti-teroris elite yang diciptakan oleh PBB. Jika para agen elite ini gagal dalam misi, mereka akan dibunuh bersama keluarga mereka karena bom yang ditanam di dalam kepala mereka. Fokus pada seorang gadis Swedia bernama Anthea Kallenberg yang berusaha untuk menemukan jati dirinya.

#20. Casshern Sins

Dunia saat ini berantakan dan Casshern yang harus disalahkan. Dia dituduh telah membunuh sebuah robot bernama “Luna” dan dengan demikian mengeluarkan wabah yang disebut sebagai “kehancuran”. Tapi Casshern tidak ingat melakukan tindakan seperti itu, sayangnya tidak ada manusia yang percaya dengannya. Sekarang, dia harus berjuang untuk mengungkap apa yang sebenarnya telah terjadi untuk membuktikan ia tak bersalah atau kah untuk membayar dosanya. Cerita dan judulnya benar-benar cocok kan, kakkoi-desu! ^-^

#19. Zegapain

Zegapain adalah serial anime yang memiliki 26 episode rilis pada tahun 2006. Meski begitu, ceritanya tak kalah keren dengan anime di atas yang sudah diulas loh. Berkisah tentang seorang siswa SMA bernama Kyo Sogoru. Dia merupakan satu-satunya anggota tim renang yang akan segera dibubarkan. Suatu hari, dia melihat seorang gadis cantik dan bergegas ke sana dengan harapan gadis itu adalah calon anggota baru diklubnya. Namun saat gadis itu menyelam, tiba-tiba ia menghilang dan Kyo tidak tahu apa yang sedang terjadi.

Tapi dia melihat gadis itu lagi yang bernama Shizuno Misaki. Ia kemudian memintanya untuk berada dalam video promo untuk klub renang dan sebagai gantinya dia setuju untuk mengendarai mecha yang disebut Zegapain Altair yang akan melawan musuh yang dikenal sebagai Gards-Orm. Ketika dia bertanya “Dunia apa ini?” dia diberitahu itu adalah permainan. Kisahnya sendiri berat guys, langsung dinonton saja yah.

#18. Soukou Kihei Votoms

Berakhirnya perang 100 tahun antara planet Bavalant dan Melkia tidak membiarkan tentara Melkian Chirico Cuvie merasakan damai. Keterlibatannya yang tidak disengaja dalam misi klandestin membuatnya berada dalam bahaya, sehingga ia harus melarikan diri dan berusaha bertahan hidup. Hmm… sebuah anime Cyberpunk yang sedikit bertema perang yah, menarik banget.

#17. Metropolis

Selanjutnya ada anime yang Sci-Fi nya itu kental banget guys. Tapi di sisi lain, kamu juga akan merasakan sebuah Genre Cyberpunk yang lumayan kuat. Berkisah tentang Kenichi dan pamannya yang bernama Shunsaku Ban harus menemukan misteri di balik gadis robot yang dikenal sebagai Tima.

#16. Appleseed Ex Machina

Setelah tragedi Appleseed terjadi, pemerintah dunia menunjuk Briareos bergabung dalam sebuah tujuan untuk menyatukan semua satelite kemudian melacak keberadaan teroris. Anime ini sebenarnya sangat seru, apalagi untuk bagian Sci-Fi dan Action nya, tentu saja Genre utamanya masih tetap Cyberpunk.

#15. UN-GO

Anime rilisan tahun 2011 ini dulunya cukup direkomendasikan loh, bisa dilihat dari ratingnya yang cukup tinggi. Tidak hanya menyajikan cerita yang menarik, penggambaran karakter di anime ini juga keren banget. Cerita dimulai sejak pasca perang di Jepang, seorang detektif berpengalaman menangani kasus dengan bantuan asisten supernaturalnya. Jadi bisa dilihat dari sinopsisnya, anime ini juga mengandung unsur Mystery dan juga Supernatural yah ^-^

#14. Bubblegum Crisis Tokyo 2040

Satu lagi anime yang rilis di masa lampau, tapi uniknya anime rilisan tahun 90-an ini mengambil latar waktu yang cukup jauh yah. Ditetapkan pada 2039-2040, anime ini berlatarkan di Megalo City, sebuah kota yang dibangun di atas reruntuhan Tokyo. Sederet pekerja android yang diciptakan oleh Genom Corporation yang dinamakan Boomer melakukan puluhan tugas, mulai dari pembersihan hingga manajemen industri.

Namun, serangkaian peristiwa aneh telah menyebabkan banyak boomer ini menjadi jahat. AD Police, berfungsi sebagai anti-Boomer khusus, melakukan yang terbaik untuk menghentikan mesin maniak tersebut. Namun, selalu saja selangkah di depan mereka ada sebuah pasukan perwira misterius yang diketahui sebagai Knight Sabres. Tidak ada yang yakin siapa mereka, tapi seorang wanita kantoran bernama Lina Yamazaki bermaksud untuk mencari tahu dan bergabung dengan mereka.

#13. Gunslinger Girl

Selanjutnya datang dari sebuah anime action yang cukup menarik di mana karakter utamanya ini cewek guys. Tidak hanya itu, kamu juga akan menemukan banyak karakter anime cewek yang jago dalam mengoperasikan senjata api. Berkisah tentang beberapa kelompok gadis kecil yang dilatih khusus oleh Negara mereka untuk menjadi seorang prajurit elite dan ditugaskan untuk melakukan misi-misi berbahaya. Intinya gadis-gadis loli ini akan memperlihatkan kamu sebuah adegan pertarungan baku tembak yang epic banget.

#12. Armitage III

Pada tahun 2046, seseorang gadis yang bernama Armitage Naomi, bagian dari android terbaru yang dikenal dengan model “Class III”. Misinya adalah menyelidiki perbuatan ilegal dari golongan android class III di Mars. Lagi-lagi main charanya ini cewek guys, namun karena termasuk anime lawas, mungkin bisa membuat mata kamu sedikit perih yah. Tapi rasa perih tersebut bisa diatasi dengan action dan ceritanya yang menarik.

#11. Megazone 23

Selanjutnya ada anime Cyberpunk yang cukup keren dengan aksi pertarungan yang seru, meski sudah termasuk anime berumur. Berkisah tentang seorang biker muda yang menemukan sepeda motor prototype dengan fungsi tersembunyi yang memiliki kaitan dengan misteri dunia.

#10. Mardock Scramble Series

Seorang gadis berusia 15 tahun bernama Rune Balot diselamatkan setelah hampir dibunuh. Dia secara tidak sadar diberi pilihan untuk terus hidup karena adanya peraturan darurat untuk melestarikan kehidupan yang disebut Mardock Scramble 09. Ia kemudian menjadi cyborg dan diberi pilihan untuk membantu penyelidikan terhadap orang yang berusaha menghentikannya. Dia adalah bagian dari perusahaan Oktober yang kuat yang diam-diam melakukan kegiatan ilegal.

#9. Texhnolyze

Di bawah tanah buatan manusia, keturunan dari generasi yang tercerai-berai bersaing mengambil Lux. Ichise, seorang yatim piatu kehilangan kaki dan lengan dalam suatu insiden. Di ambang kematian, dia dibawa oleh seorang dokter wanita dan digunakan sebagai kelinci percobaan untuk evolusi dari Texhnolyze. Dengan anggota badan barunya, Ichise berada di bawah naungan Oonishi, pemimpin sebuah organisasi yang berpegangan pada Lux. Gadis ini kemudian tertarik lebih dalam ke konflik perang dan perlahan membongkar misteri Lux.

#8. The Animatrix

Anime ini memiliki unsur Cyberpunk yang sangat kental dan rekomendasi banget untuk kamu. Animatrix merupakan kumpulan beberapa animasi pendek yang menceritakan tentang latar belakang alam semesta “Matrix” dan juga perang antara manusia dan robot yang menyebabkan penciptaan Matrix.

#7. Battle Angel Alita (Gunnm)

Seorang cyborg muda bernama Gally yang ditemukan oleh Cyberdoctor, Daisuke Ido yang memperbaiki Gally kembali dan menjadi ayah angkatnya. Gally tidak ingat masa lalunya, tapi memiliki keterampilan bertarung yang luar biasa. Dia mulai bekerja sebagai pemburu hadiah dan bertemu dengan seorang anak muda bernama Yugo. Yugo ini memiliki impian untuk pergi ke Zalem, tapi kelihatannya mustahil. Namun dengan bantuan Gally, keduanya memulai kisah yang mendramatis penuh action.

#6. Accel World

Nah anime ini sebenarnya termasuk Genre Cyberpunk, namun juga dipadukan dengan penggambaran karakter yang moe-moe. Berkisah tentang Haruyuki, seorang anak gemuk dan berada di dasar rantai makanan di sekolahnya. Ia selalu dijahili oleh teman-temannya dan dunia virtual lah satu-satunya menjadi tempat ia bisa melupakan semua kesengsaraannya. Hidupnya berubah ketika dia diajak oleh gadis tercantik di sekolahnya untuk masuk ke dunia akselerasi (Brain Bust).

#5. Psycho-Pass

Kalau anime yang satu ini, Sci-Fi nya terasa banget dan mengandung unsur Gore yang lumayan. Percaya pada kemanusiaan dan ketertiban, polisi wanita bernama Akane Tsunemori mematuhi sistem Sibyl yang berkuasa. Tapi ketika dia menghadapi seorang kriminal yang bisa mengelabui sistem sempurna ini, dia mempertanyakan tentang apa itu Sibyl dan tujuan sebenarnya ia bertugas.

#4. Akira

Berkisah tentang sebuah proyek militer rahasia membahayakan Tokyo. Ketika dua Geng motor saling beradu, dua remaja bernama Kanade Shotaro dan Shima Tetsuo memulai petualangan yang membahayakan dimulai dari Shima Tetsuo bertemu dengan Esper, orang yang memiliki kekuatan super. Anime ini sangat terkenal pada masanya dan sekarang sudah menjadi legenda. Ketika kita berbicara sebuah anime Cyberpunk yang juga memiliki unsur di mana manusia dalam ambang kepunuhaan, Akira menjadi salah satu anime Cyberpunk terbaik untuk kamu tonton.

#3. Serial Experiments Lain

Kalau yang ini Cyberpunk dicampur Horror dan Mystery. Bermulai dari peristiwa aneh saat gadis yang bernama Lain terobsesi dengan dunia maya yang saling berhubungan dan disebut sebagai “The Wired”.

#2. Ergo Proxy

Di masa depan pasca-apokaliptik, manusia hidup dalam damai dengan para android di kota kubah. Namun, serangkaian pembunuhan aneh telah mengganggu perdamaian yang telah ada. Sebuah anime yang dark banget dan sangat cocok dengan tema yang diangkat yaitu Cyberpunk.

#1. Ghost in the Shell

Ghost in the Shell menjadi anime Cyberpunk terbaik versinya Sakuranime karena selain Genre Sci-Fi yang kuat, anime ini juga mengusung karakter utama sebagai seorang Cyborg. Berkisah tentang seorang polisi wanita Cyborg dan partnernya yang berusaha memburu seorang hacker misterius yang dikenal sebagai Master Puppet.

Read More! Rekomendasi Anime Sci-Fi Terbaik Sepanjang Masa! [Most Update!]

Well, itu dia rekomendasi anime Cyberpunk terbaik versinya Sakuranime. Semoga dengan adanya artikel ini, bisa bermanfaat untuk kalian semua yang mencari anime bergenre Cyberpunk yang layak untuk ditonton. Sampai jumpa di pembahasan rekomendasi anime lainnya hanya di Sakuranime.

Klik gambar di bawah!