Sakuranime.com – Dalam menonton anime, ada empat hal yang harus kalian perhatikan nih guys, yaitu ceritanya, seiyuu, soundtrack, dan grafisnya. Kalau empat poin ini semuanya bagus, yakin dan percaya anime tersebut adalah anime terbaik yang pernah kalian tonton. But, kali ini Sakuranime nggak bakal bahas anime yang memiliki empat poin tadi tapi cuma terkait dengan poin ke-4 yaitu grafis. Yup, seperti yang kalian lihat pada judul, Sakuranime akan membahas rekomendasi anime dengan grafis terbaik.

Banyak orang yang berpendapatan bahwa grafis itu tidak penting, yang penting itu adalah ceritanya. Benar sih, tapi grafis yang baik akan menunjang cerita menjadi lebih baik juga. Anime itu ibarat level terakhir dari sebuah novel, manga, atau original si pengarang cerita di mana kalian bisa melihat waifu, husbando, atau karakter favorite kalian dari novel atau manga bisa berbicara dan bergerak. Kalau level Dewa-nya itu Live Action guys muehehe. Ada level Setan nggak? Ada, Doujin Hentai guys muahahaha.

Di dunia anime, studio menjadi pemegang peran penting dalam membuat anime seperti Kyoto Animation yang tidak bisa diragukan lagi kualitas grafis anime-nya, semua studio memiliki style masing-masing. Jadi bedakan pembuat anime dan pembuat cerita orisinil. Jangan pernah berkata “Masashi Kishimoto sang pencipta anime Naruto.” jangan, karena Masashi itu cuma buat manga saja, bukan anime. Well, tanpa basa basi lagi, ini dia top ranking rekomendasi anime dengan grafis terbaik versi Sakuranime.

#40. Aldnoah.Zero (A-1 Pictures, TROYCA)

Pergerakan mecha yang halus dan detail menjadi hal menarik di anime ini. Tentu saja tidak hanya pergerakan mecha, tapi kualitas detail desain karakter juga patut diberi lima jempol. Tidak hanya juara dari grafis saja, anime ini juga juara dalam hal soundtrack dan story. Kisahnya tentang perselisihan rakyat Mars dan Bumi yang kembali memanas setelah kunjungan Putri Kerajaan Mars ke bumi, padahal dia berniat menyatukan kedua kubu.

#39. Berserk (Millepensee, GEMBA, OLM, Studio 4°C)

Mulai tahun 90-an semenjak anime ini rilis, Berserk memang selalu disajikan dengan grafis terbaik pada masanya. Mengikuti zaman, seri demi seri Berserk juga memiliki grafis yang makin meningkat. Jika dibandingkan, tentu saja untuk seri terakhirlah yang paling bagus. Bercerita tentang pria besar dengan pedang besar yang suka bertarung. Ia bertemu dengan seseorang kesatria putih dan berteman dengannya. Namun kehadiran sosok jahat membuat keduanya harus berubah haluan menjadi musuh.

#38. Afro Samurai (Gonzo)

Serba hitam putih guys, layaknya kamu sedang menonton TV tahun 80-an, tapi bukan berarti anime ini tidak berwarna dan rilis di tahun 80-an yah. Hanya style-nya saja yang demikian, tapi warna darah dan pertarungan di anime ini sangat detail dan mempesona. Ceritanya tentang kisah hidup dari seorang Afro, pesamurai berwajah dingin dengan tangan hangat karena darah musuh dan genggaman katana yang kuat.

#37. Comic Girls (Nexus)

Anime yang penuh loli di list ini. Rasanya senang ada anime full loli yang digambarkan sangat mendetail dan imut, padahal bukan KyoAni loh. Penggambaran latar tempatnya juga bagus, terlihat lebih real dan berwarna. Kisahnya unik dan menghibur, yaitu tentang kehidupa sehari-hari para gadis-gadis cantik untuk menjadi seorang mangaka handal.

#36. 5 Centimeters Per Second (CoMix Wave Films)

Salut buat anime movie ini, detail latar dan karakter serta frame yang rapat membuat anime ini smooth di sepanjang filmnya. Mereka juga cukup pro dalam menempatkan efek blur (Alias efek bokeh) yang membuat anime ini makin berkelas. Kisahnya romance banget guys. Tentang pasangan yang berpisah karena suatu alasan dan ketika mereka ingin bertemu, mereka melakukan segala macam agar bisa bersatu lagi.

#35. Kado: The Right Answer (Toei Animation)

Sebuah anime yang benar-benar memiliki grafis yang halus dan tampak semulus 60 FPS, agak mirip dengan anime Ajin tapi kalau anime ini lebih ke 2D ketimbang Ajin, cuma gerakannya semulus Ajin. Berkisah tentang seorang Negosiator yang bertemu sebagai wakil manusia dengan pria misterius yang muncul dari kubus raksasa ketika sedang dalam perjalanan pesawat. Pria penuh misteri ini muncul untuk berkomunikasi dengan para manusia.

#34. The Garden of Words (CoMix Wave Films)

Tetesan hujan yang membuat Sakuranime takjub dengan grafis anime ini. Tetes demi tetes dan melihat air terpantul benar-benar membuktikan CoMix Wave Films serius menggarap anime movie yang terbilang singkat ini. Berkisah tentang seorang pembuat sepatu yang selalu menghabiskan waktunya di pondok. Suatu hari yang sedang hujan, ia bertemu dengan seorang wanita dan mulai dekat satu sama lain, tapi ternyata wanita tersebut adalah gurunya.

#33. Ajin (Polygon Pictures)

Nah kalau grafis anime yang satu ini lebih ke 3D guys, lebih tepatnya mungkin 2.5D. Grafis seperti ini sebenarnya kurang nyaman kalau menurut Sakuranime, jika gerakan sedikit dibuat kasar mungkin akan lebih baik karena yang sekarang ini malah lebih berkesan kaku. Berkisah tentang dunia yang memiliki dua tipe penghuni yaitu Ajin, manusia yang tidak bisa mati dan manusia biasa. Focus pada seorang anak yang harus berlarian menghindari segala ancaman setelah mengetahui dirinya adalah Ajin.

#32. Chaos Dragon: Sekiryuu Seneki (Silver Link., Connect)

Dari segi desain karakter mungkin agak kurang, tapi hal yang disukai itu pencahayaan anime ini benar-benar bagus. Hampir mirip dengan anime Fate yang pedang atau tebasannya menyala gitu guys. Oh iya, soundtrack dari anime ini juga benar-benar enak loh didengar. Kisahnya tentang dua Negara yang sedang berjuang untuk supremasi dan membuat dunia terhentak akan perang. Ada satu Negara dalam perselisihan yang telah kehilangan kejayaannya dan membuat sang penjaga, Naga Merah menjadi tidak terkendali.

#31. K (GoHands)

Soundtracknya bagus, grafisnya juga patut diberikan pujian. Anime ini memperlihatkan kita bagaimana bertarung dengan kekuatan super di tengah kota yang padat. Pencahayaannya cukup menarik di mana dominan warna biru, hmm rasanya sih adem di mata. Kisahnya tentang para Raja warna yang saling berselisih sudah sejak lama sampai akhirnya kemunculan Raja lain membuat keruh keadaan.

Klik gambar di bawah!