in , ,

28 Rekomendasi Anime Romance Terbaik versi Sakuranime!

#15. Nodame Cantabile

Segar rasanya melihat romance yang dipadukan musikal. Ibarat memungut mawar sambil bertatap wajah dengan gadis cantik sambil diringi lagu Pandangan Pertama oleh A. Rafiq XD. Anime ini mengisahkan tentang seorang pemuda yang bercita-cita menjadi conductor terkenal (Pemimpin orkestra) dan seorang gadis aneh namun memiliki bakat bermain piano.

Mereka berdua bertemu dan saling suka, tapi sayangnya kedua mimpi mereka bertolak belakang. Satu ingin mengejar mimpi menjadi pro dan satunya lagi hanya menikmati bermain piano semata. Anime ini memperlihatkan bagaimana pasangan ini memulai karir di dunia musik yang didasari oleh perasaan cinta.

Kehadiran pihak lain yang mencoba mengganggu hubungan pasangan ini sangat mimin suka, tapi tidak ada perlawanan yang keras, damai itu indah :). Intinya, anime ini drama banget, yah terkadang ada komedinya sih.

#14. Koi wa Ameagari no You ni (After the Rain)

Sebuah anime yang penuh banget dengan kisah romance dan drama. Jadi cocok banget untuk kamu yang suka anime yang dramanya kental banget. Selain itu, kisah romance-nya juga terbilang unik. Jadi ceritanya tentang seorang gadis SMA muda berusia 17 tahun yang suka dengan Manajer di tempat ia bekerja yang berusia 45 tahun. Hmm… menarik bukan? Anime ini juga memiliki kisah persahabatan yang cukup kuat.

#13. Soredemo Sekai wa Utsukushii

Soredemo Sekai wa Utsukushii

Nah, ini dia salah satu anime romance dengan cerita paling unik. Bercerita tentang seorang Putri dari kerajaan Hujan yang terpencil, gadis tersebut bernama Nike Remercier, gadis cantik dengan tingkah tegas yang pergi ke Kerajaan Matahari untuk bertunangan dengan sang Raja.

Setelah menempuh hari-hari sulit, Nike-hime kemudian berhasil bertemu dengan Raja, siapa sangka ternyata sang Raja lebih muda darinya, raja tersebut bernama Livius Orvinus Ifrikia, Raja Kecil yang menguasai sebagian besar wilayah dunia.

Kisah ini menceritakan tentang perjuangan sepasang kekasih beda tinggi beda umur yang saling mencintai. Cocok juga ditonton untuk kamu yang merasa Shotacon :v

#12. Ao Haru Ride

Yoshioka Futaba, merubah penampilan feminimnya saat ia duduk di bangku SMA, pengalaman pahitnya saat SMP membuat perubahan signifikan baginya. Futaba sangat populer di kalangan laki-laki saat ia SMP, namun hal itu membuat ia tak mempunyai teman sesama perempuan, padahal ia tak memiliki ketertarikan sedikit pun pada laki-laki.

Namun, ada satu laki-laki yang mampu menarik perhatiannya, pria itu bernama Tanaka Kou. Namun sayang, Kou harus pindah di tahun pertama SMP-nya. Tanaka Kou kini muncul kembali sebagai Mabuchi Kou dengan keperibadian berbeda saat SMP dan bertemu kembali dengan Futaba dibangku SMA.

Ao Haru Ride adalah salah satu anime romance drama paling menyentuh. Di satu sisi menampilkan kisah romance antar karakter, namun di sisi lain memperlihatkan konflik yang harus dilalui Futaba, Kou, dan teman lainnya.

#11. Tsuki ga Kirei

Tsuki ga Kirei

Ingin melihat seperti apa sih kisah romantis anak SMP jaman now? nonton anime ini, mereka berpacaran tapi nggak liar, nggak kayak di Indonesia :3 tapi yah kalau masih SMP nggak usah pacaran dulu.

Berkisah tentang Mizuno dan Azumi yang telah duduk di bangku kelas 3 SMP. Moment ini adalah untuk pertama kalinya mereka berada di kelas yang sama dan saling kenal satu sama lain.

Meski hubungan mereka terus berkembang, di sisi lain selalu ada saja masalah yang membuat hubungan mereka terganggu. Anime ini memiliki romance yang bagus dan mampu menembus rating angka 8 dengan ending yang membuat semua orang puas banget.

#10. Kishuku Gakkou no Juliet

Tema utamanya romance komedi. Menceritakan tentang dua golongan di suatu sekolah yang leader-nya sudah berumusuhan sejak lama. Tapi ketika masa SMA, eh mereka malah jatuh cinta. Namun status leader yang mereka pegang membuat mereka harus berpacaran secara diam-diam. Mimin suka dengan kisah komedi di anime ini, sangat menghibur. Alasan lain yang mimin sukai dari anime ini adalah karena karakter ceweknya cantik-cantik, muehehe.

#9. Ookami Shoujo to Kuro Ouji

Ookami Shoujo to Kuro Ouji

Berbicara tentang romance, nih anime patut sekali kamu tonton, kenapa? Karena kualitas romance yang diberikan benar-benar berasa, ada komedinya, dan kadang menyentuh. Ada banyak scene yang menceritakan perjuangan cinta pasangan karakter utama, khususnya MC cewek.

Bercerita tentang Shinohara Erika, gadis biasa yang sedang mencari teman di kelas barunya di SMA. Karena tak mau diasingkan oleh teman-temannya, Erika kemudian berbohong tentang pengalaman dia dalam berpacaran.

Suatu hari ia mendengar teman-temannya mulai tak percaya dengannya, ia berpikir kalau ia bisa dapat foto cowok dan memperlihatkan kepada temannya maka semua baik-baik saja. Dalam perjalanan, Erika melihat seorang cowok super ganteng dan menfotonya kemudian mengaku sebagai pacarnya. Siapa sangka cowok tersebut adalah Sata Kyouya, pangeran di sekolahnya.

#8. Akagami No Shirayuki-hime

Akagami No Shirayuki Hime memberikan cerita yang menarik dan sangat dramatis dengan kisah romance yang kental. Bercerita tentang Shirayuki, seorang gadis cantik dengan rambut merah Apel yang indah memutuskan untuk meninggalkan Negeri-nya Tambarun karena ingin dijadikan selir oleh Pangeran Tambarun, Raj.

Di tengah perjalanannya, ia kemudian bertemu dengan Zen, seorang Pangeran dari Negeri seberang yang makmur. Lagi-lagi mimin suka dengan MC cewek di anime ini. Dia memperlihatkan sosok tegar dan kuat, tapi tetap saja wanita ditakdirkan lemah. Nah untung saja ada si Pangeran Zen yang selalu melindunginya. Ada juga karakter lain yang suka dengan si MC cewek, yah sedikit mengarah ke reverse harem sih.

#7. Plastic Memories

Giftia, sebuah Android yang mirip banget dengan manusia. Giftia hidup untuk menemani orang-orang (Lebih tepatnya, memang itu tujuan Giftia dibuat) SAI Corporation adalah perusahaan Giftia dan memiliki tanggung jawab sepenuhnya atas Giftia.

Mizugaki Tsukasa, seorang pemuda yang baru saja bekerja di perusahaan tersebut jatuh cinta pada rekan kerjanya bernama Isla yang ternyata adalah Giftia dengan hidup hanya tinggal sedikit lagi (Semua Giftia memiliki umur terbatas kemudian ingatannya akan dihapus).

Anime satu ini memiliki kesamaan dengan Angel Beats, ending animen-nya membuat kamu akan meneteskan air mata dan awal cerita terlihat lebih penuh comedy, namun tenang saja, anime ini berakhir dengan Happy End kok.

#6. Lovely Complex

Satu lagi anime romance terbaik yang dibalut komedi, sayangnya grafisnya sudah jadul. Jika saja kedepannya ada remake anime ini pasti sukses berat. Berkisah tentang perjalanan cinta dari pasangan “Hanshin-Kyojin” (Nama ejekan karena MC cowok pendek dan MC cewek tinggi). Koizumi Risa dengan tinggi 172 cm dan Otani Atsushi, 156 cm.

Tidak kebayang bukan kalau pasangan ini ceweknya lebih tinggi dari pada cowoknya, ini yang membuat anime ini beda dari yang lain. Best Recommended pokoknya! ^.^ Apalagi awalnya mereka tak punya perasaan sama sekali, baru lah ketika mereka mulai dekat kemudian muncul benih-benih cinta.

#5. Golden Time

Tada Banri merupakan seorang mahasiswa di salah satu Universitas Tokyo, ia memulai tahun pertamanya dengan kehidupan baru karena sebelumnya ia kehilangan ingatannya sebelum pindah ke Tokyo. Di hari pertamanya, ia tersesat tak tahu arah kemudian bertemu dengan Yanagisawa Mitsou, orang yang tersesat juga :V.

Sambil berkenalan dengan Mitsou, tiba-tiba seorang gadis menawan turun dari mobil dan menampar Mitsou dengan Serangkaian Bunga Mawar. Gadis itu bernama Kaga Kouko, teman masa kecil Mitsou yang suka dengannya namun malah Mitsou tak suka dengannya. Tiba-tiba Tada Banri merasa takdirnya mulai berjalan saat ia bertemu dengan Kouko dan perlahan menuntunnya mengingat masa lalu yang terlupakan.

Dengan dibumbui comedy, anime romance terbaik ini memiliki jalan cerita yang benar-benar mewah, susah ditebak, dan drama banget. Yang tadinya benci kini menjadi cinta, ada saatnya kau akan melepasnya, ada saatnya kau akan mengejarnya, begitulah sedikit gambaran tentang anime romance keren yang satu ini.

#4. Seishun Buta Yaro wa Bunny Girl Senpai no Yume wo Minai

Rekomendasi Anime Romance Terbaik

Ceritanya drama banget dengan begitu banyak konflik, tapi uniknya, ceritanya dibumbui unsur supernatural di dunia modern. Kisah awalnya tentang seorang gadis sekaligus selebriti terkenal yang kehilangan hawa keberadaannya.

Namun ada satu pemuda yang bisa merasakannya dan pemuda itu membantu gadis ini memecahkan misteri mengapa ia bisa dilupakan oleh orang lain. Nah seiring berjalannya cerita, kasus tersebut kemudian dinamakan Syndrom Pubertas.

Tidak hanya itu kasus Syndrom Pubertas yang terjadi, masih ada banyak kasus yang selalu menyangkutpautkan si MC cowok. Selain cerita yang menarik, mimin juga suka dengan couple utama di anime ini, benar-benar bikin iri banget.

Intinya sih anime ini beda dengan anime romance kebanyakan yang biasanya hanya menceritakan tentang kisah romance sehari-hari yang jujur mimin bosan melihatnya. Tapi anime ini berhasil memadukannya dengan unsur supernatural dan itu sangat bagus sekali.

#3. Kaichou wa Maid-sama!

Bercerita tentang Misaki Ayusawa, seorang gadis yang tegas sekaligus juga menjadi ketua OSIS SMA Seika. Di sisi lain, pria paling tampan di sekolahnya, Takumi Usui selalu terlihat keren namun tidak memiliki ketertarikan kepada gadis yang biasa saja.

Suatu hari, Misaki yang bekerja sebagai Maid di salah satu restoran dipergok tak sengaja oleh Usui dan akhirnya terbongkar bahwa ketua OSIS yang kejam ternyata seorang Maid, di situlah kisah kedua pasangan ini memulai hubungan.

Lagi-lagi anime romance ini patut banget kamu nonton. Ceritanya cukup menarik untuk ditonton dan beda dari yang lain. Di sini, karakter utama ceweknya itu susah untuk ditaklukkan, yah memang sedikit tomboy tapi cantik, di situ deh karakter utama cowok yang super keren tertarik dengannya.

#2. CLANNAD Series

Clannad bisa dibilang adalah anime romance dipadukan slice of life terbaik yang pernah ada. Untuk yang sudah menonton anime ini pasti tak meragukan pernyataan tadi. Bercerita tentang Tomoya, seorang siswa dengan penampilan preman berubah drastis setelah bertemu dengan gadis bernama Nagisa yang memiliki fisik yang lemah.

Clannad memiliki dua season dan jika kamu menontonnya sampai season ke-2, siap-siap untuk merasakan kehidupan sesungguhnya. Selain menghanyutkan penonton dengan cerita mengharukan dari Tomoya dan Nagisa, Clannad juga termasuk anime mendidik, mengajarkan kita bagaimana cara menyayangi seseorang dan bagaimana cara menjalani hidup dengan baik.

Endingnya agak nyesek setelah melihat perjuangan Tomoya dan Nagisa mulai dari mereka bertemu, berpacaran, menikah, dan mempunyai anak eh ujung-ujungnya malah berpisah. Tapi yakin saja, ini bukan bad ending kok.

#1. Shigatsu Wa Kimi No Uso

Rekomendasi Anime Romance Terbaik

Nah, tidak ada yang tidak mengenal anime satu ini. Tidak diragukan lagi jika kamu suka akan genre romance atau drama musikal, sangat wajib untuk menonton anime satu ini. Bercerita tentang Arima Kouse, seorang pianis muda berbakat namun memiliki trauma yang cukup membekas di masa lalu, hal ini membuat dia tak bisa mendengar lantunan permainan pianonya sendiri.

Diselimuti gelapnya masa lalu, Kaori Mizayono, seorang Violis muda yang menunjukkan cahaya bagi Arima. Anime satu ini benar-benar adalah anime romance terbaik yang pernah ada. Saat menonton, kamu bakal terhanyut dalam drama-nya yang menyentuh, apalagi pas episode-episode terakhir. Saran sebelum menonton, sediakan tisu selalu di dekat kamu.

Read More! Karakter Anime Loli Paling Cantik dan Imut

Nah, daftar rekomendasi anime romance terbaik di atas adalah yang terbaik dari yang terbaik versi Sakuranime. Jika kalian punya rekomendasi anime romance lain yang belum mimin tonton, coba komentar di bawah. Artikel akan mimin update jika mimin menemukan anime romance berkualitas lainnya, baik anime lawas atau baru dirilis. So jangan lupa untuk tetap mampir di Sakuranime. Arigatou minna-san dan salam animelovers Indonesia.

Loading…

Written by n u n u ヌヌ

" 私は群衆が好きではありませんが、友達がたくさんいます。私は長い間アニメに興味を持っていましたが、今では本当に中毒性があります。翻訳を使用して申し訳ありません。:v "