Sakuranime.com – Hai minna-san, kembali lagi dengan Sakuranime di sini bersama pembahasan rekomendasi anime fall 2018 terbaik yang akan menjadi topik utama hari ini. Akhirnya kita sudah sampai di penghujun tahun 2018 yaitu musim fall.

Sayang sekali yah ada beberapa anime hits yang digadang-gadang akan tayang pada 2018 tapi nyatanya tidak. Kalian tidak boleh putus asa dan terus menunggu yah. Sebagai ganti kebosanan kalian menunggu anime favorite kamu di musim selanjutnya, mungkin beberapa deretan rekomendasi anime pilihan musim fall versi Sakuranime ini bisa menjadi teman nonton terbaik untuk kamu.

Hampir semua anime di musim ini sudah mimin tonton. Rata-rata sudah 4-5 episode yang sudah keluar. Penilaian mimin di musim kali ini adalah story dan kesan pertama dari anime yang benar-benar layak ditonton. Anime apa saja sih? Yuk simak list rekomendasi anime terbaik fall 2018 versi Sakuranime di bawah ini!

#15. Golden Kamuy 2nd Season

rekomendasi anime fall 2018 terbaik
Action, Adventure, Historical, Seinen

Musim perdananya sukses membuat para penonton jatuh cinta dengan ceritanya. Di anime ini kamu bisa melihat adegan fight yang serius, konflik para tentara, berburu emas, bertahan hidup, dan dua karakter utama yang benar-benar keren. Meski memiliki banyak adegan serius seperti pertarungan berdarah hidup dan mati, tapi ada juga scene yang bisa membuat kamu tertawa.

Melanjutkan kisah Sugimoto dan Asirpa yang bekerja sama untuk memecahkan misteri letak emas yang disembunyikan dan mencari tahu di mana ayah Asirpa berada sekarang. Mereka terus memburu tattoo dari para tahanan yang merupakan petunjuk dari emas tersebut. Sayangnya di perjalanan mereka, mereka selalu menghadapi musuh asing, baik itu musuh, teman, teman menjadi musuh, atau musuh menjadi teman.

#14. Karakuri Circus

Adventure, Mystery, Shounen

Anime ini sangat seru dengan action yang unik. Berkisah tentang Narumi, seorang pria berotot biasa yang terlibat dalam insiden pengejaran anak kecil yang mewarisi Saiga Group. Ia adalah pria yang baik hati dan tidak bisa membiarkan Saiga Masaru dikejar-kejar oleh orang jahat yang ingin membunuhnya. Di sisi lain, seorang gadis bernama Shirogane muncul dan membantu mereka.

Keunikan dari anime ini adalah kualitas fight-nya. Kamu bisa melihat pertarungan boneka, baik itu boneka yang bisa bergerak sendiri atau boneka yang dikontrol secara langsung menggunakan benang tipis. Jika kamu pernah melihat gaya bertarung Sasori atau Kankuro dari anime Naruto, hal yang sama persis juga ada di anime ini. Pokoknya keren banget deh!

#13. Kaze ga Tsuyoku Fuiteiru

Drama, Sports

Satu lagi anime sports yang bisa kamu tonton di fall kali ini. Sama seperti anime sports Jepang lainnya, anime ini memulai kisah perjuangan yang berawal dari sebuah Klub. Ceritanya tentang seorang Anggota Klub Lari Universitas Kansei bernama Haiji yang mencari 9 anggota klub lainnya untuk memenuhi tujuannya. Secara grafis anime ini mirip banget dengan Haikyuu soalnya berada di satu naungan Studio yang sama, Production I.G.

Di saat ia menemukan orang ke-10, ia sadar bahwa orang yang bernama Kakeru Kurahara ini memiliki kemampuan lari yang bagus dan ia juga pernah menjadi top elite di SMA. Tapi, bagaimana dengan 8 anggota lain yang tidak tertarik dengan lari? Apakah mereka berdua mampu membuat timnya sukses? So simak terus perjuangan klub lari ini untuk menggapai mimpi baru mereka.

#12. Radiant

Action, Adventure, Magic, Fantasy

Jika melihat rank di MAL, anime ini sepertinya terlalu diremehkan. Sebenarnya kualitas anime ini cukup bagus dengan jalan cerita yang menarik. Anime ini bertema fantasy yang melawan monster yang disebut Nemesis.

Anime ini seperti perpaduan Black Clover dan God Eater. Ceritanya tentang dunia manusia yang selalu dimusuhi oleh Nemesis, monster raksasa yang mengacaukan dunia. Tokoh utama kita adalah seorang penyihir muda, awalnya tidak memiliki kemampuan sihir yang baik seperti Asta dari Black Clover dan sepertinya bakal menjadi anime bertema zero to hero.

Selain Nemesis, para Penyihir juga dianggap berbahaya dan bisa mendatangkan bencana. Namun menurut sang tokoh utama kita, Penyihir baginya adalah orang yang keren dan berkeinginan menjadi penyihir hebat. Salah satu anime bertema magic di fall 2018 kali ini yang patut ditonton.

#11. Irozuku Sekai no Ashita kara

Drama, Magic, Romance

Rekomendasi anime fall 2018 terbaik berikutnya adalah sebuah anime yang memiliki nuansa Time Travel alias penjelajah waktu. Ceritanya tentang seorang gadis bernama Hitomi yang hidup kesepian dan kehidupannya seperti tanpa warna. Ia berasal dari keluarga penyihir yang semakin sedikit keberadaannya.

Karena khawatir dengan masa depan Hitomi, neneknya, Kohaku mengirim Hitomi ke masa lalu, masa di mana neneknya masih seumuran dia (Sekitar 17 tahun). Di sana ia bertemu dengan banyak jenis orang dan berusaha menjalani hidup seperti anak gadis pada umumnya.

Kesan pertama anime ini adalah modern banget. Meski kembali ke masa lalu, kamu tak akan melihat pemandangan kuno seperti Era Edo karena Hitomi (2018) berasal dari 60 tahun yang akan datang. Penggambaran karakternya sangat bagus, ada banyak cewek cakep di anime ini. Anime ini juga akan fokus pada kisah romance, namun sepertinya kisah utamanya adalah mengubah anak yang kesepian untuk menikmati hidup.

#10. Toaru Majutsu no Index III

Action, Magic, Sci-Fi, Super Power

Anime yang sudah mendominasi di jaman SAO season pertama dulu. Ceritanya sangat seru dengan karakter utama yang memiliki kekuatan unik di mana dia bisa menetralkan kekuatan yang disebut Imagine Breaker, tapi sering direndahin sih.

Masih melanjutkan kisah dari Touma yang selalu saja terlibat dalam masalah yang berkaitan dengan Esper jahat, manusia yang memiliki kekuatan super. Semuanya berawal ketika ia bertemu dengan Index, seorang gadis yang memiliki pengetahuan yang diincar banyak orang.

#9. Tokyo Ghoul:re 2nd Season

Action, Drama, Horror, Mystery, Psychological, Seinen, Supernatural

Meski performa Tokyo Ghoul semakin lama kian memburuk menurut mimin, tetapi itu tak berlaku bagi fans sejati Tokyo Ghoul. Selain itu, tetap saja Tokyo Ghoul bukanlah anime yang membuatmu cepat bosan saat menontonnya.

Di season kemarin, Tokyo Ggoul:re memberikan tontonan yang menarik dengan adegan fight yang keren juga. Kaneki sang tokoh utama juga perlahan mengingat siapa jati diri sebenarnya dan di season ke-2 ini semuanya sudah terungkap.

Selain jalan cerita yang modern dengan fantasy yang liar, Tokyo Ghoul memang mengusung karakter-karakter yang keren. Saat adegan bertarung pun serunya terasa banget. Jadi direkomendasikan banget untuk kamu tonton, apalagi yang belum kenal Tokyo Ghoul sama sekali, pastikan nonton mulai dari season pertama, OVA, dan sampai season paling terakhir saat ini.

#8. Goblin Slayer

Action, Fantasy

Gara-gara anime ini, musim kali ini hampir menjadi “Musim Goblin Kawin”. Jika saja anime Overlord 3 ditunda sampai musim ini, sudah dipastikan Goblin ada di mana-mana. Seperti judulnya, anime ini menceritakan tentang kehidupan si pembunuh Goblin.

Goblin di kenal sebagai monster yang lemah dibanding monster lain. Tapi meski begitu, Goblin adalah monster yang merakyat dan hidup berkelompok. Karena sering diremehkan, Goblin bisa saja menjadi ancaman yang serius.

Anime ini bertema dark fantasy, memiliki banyak adegan yang cukup liar. Yang menjadi musuh di sini adalah para Goblin, soalnya mereka sering meresahkan warga, mencuri para gadis, dan memerkosanya. Tapi para petualang tidak tinggal diam, beberapa di antaranya menyebut dirinya sebagai Goblin Slayer.

#7. Hinomaruzumou

Martial Arts, Shounen, Sports

Mimin nggak tau sebelumnya ada anime bertema olahraga Sumo atau tidak, tapi anime ini adalah anime pertama yang mimin lihat dengan jalan cerita fokus pada olahraga Sumo. Kalian sudah pasti tahu kan Sumo itu apa?

Yap, anime ini punya karakter utama yang badass banget dan sepertinya bakal menjadi orang penting di dunia pesumo. Tapi sayangnya, tinggi badan untuk melangkahkan kaki ke panggung Sumo Professional masih belum diraih oleh karakter utama bernama Hinomaru Ushio kita ini.

Bukan hanya itu halangannya, rintangan pertama yang harus ia hadapi adalah para Sumo Elite kelas anak SMA yang badannya gede-gede. Karena itulah di sepanjang episode, kamu akan terus melihat laki-laki gemuk, berotot, dan setengah telanjang di mana-mana. Tapi tenang saja, selain cerita yang menarik, ada beberapa karakter cewek yang cantiknya luar biasa yang bisa memanjakan mata kamu, yah walau jatah mereka sedikit sih.

#6. Kishuku Gakkou no Juliet

Action, Comedy, Romance, School, Shounen

Anime terbaik fall 2018 terbaik berikutnya adalah anime romance komedi yang mengisahkan tentang Perang Dunia ke-3 antara dua golongan di suatu sekolah. Masing-masing pemimpin dua kelompok ini memang sudah musuhan sejak kecil. Tapi yang unik, ternyata kedua leadernya memiliki perasaan satu sama lain.

Parahnya lagi, mereka berdua sangat penting bagi kelompoknya. Mereka memiliki banyak pengikut dan saling membenci satu sama lain kayak Tom and Jerry. Apa jadinya jika mereka mengetahui leadernya ternyata saling suka? XD.

Di anime ini juga banyak kehadiran cewek dan cowok yang menggoda. Grafisnya juga mantap dan berkesan sekolah anak sultan bergaya Eropa. Romance di anime ini juga kental, dan kayaknya anime ini bakal mengingatkan kita dengan triangle love Rem, Emilia, dan Subaru dari Re:Zero. You know?

#5. Zombieland Saga

Comedy, Music, Supernatural

Sebuah anime idol dengan jalan cerita yang cukup menarik. Kamu akan melihat bagaimana orang yang sudah mati tapi hidup alias zombie menjadi idol. Ceritanya tentang seorang gadis bernama Sakura yang sedang rapi-rapi untuk pergi ke sekolah eh malah ketabrak dan mati, tamat.

Belum tamat yah, Sakura memang mati, tapi ia berubah menjadi zombie. Kemudian datang seorang laki-laki misterius yang bertujuan untuk menyelamatkan Saga dengan cara mengumpulkan gadis-gadis cantik legenda di masa-nya untuk dijadikan idol.

Zombie jadi idol gimana ceritanya tuh? Bisa-bisa fansnya dimakan XD. Awalnya sih anime ini memang horror abis, tapi seiring berjalannya cerita, malah menjadi anime idol biasa saja. Uniknya, kamu bisa melihat zombie di sini yang identik dengan anggota tubuh putus dan semacamnya. Tapi zombie di sini tidak memakan manusia, mereka memiliki kesadarannya masing-masing.

Bagian yang mimin sukai adalah karakternya. Kamu bisa melihat banyak jenis cewek di anime ini, mulai dari loli, onee-san, yanki girl (Gadis preman), milf, gadis polos, baka girl, dan semuanya cantik-cantik. Benar-benar anime yang cocok ditonton di malam Halloween bukan?

#4. Sword Art Online: Alicization

Action, Adventure, Fantasy, Game, Romance

Setelah kehadiran SAO beberapa tahun lalu mengguncang dunia, kini SAO sudah merilis season ke-3 betajub Alicization. Melanjutkan kisah Kirito yang selalu menjadi uji coba test teknologi virtual terbaru. Kali ini ia berurusan dengan dunia yang disebut Underworld.

Di dalam Underworld, kamu bisa melihat perjuangan Kirito bersama temannya Eugeo, dan kehadiran heroine cantik mengalahkan Asuna bernama Alice. Berbeda dengan Virtual Game yang selama ini Kirito mainkan, kali ini sedikit berbeda karena petualangan kali ini benar-benar fantasy. Ibaratnya seperti kamu menjadi pemeran utama dalam sebuah film fantasy.

Ada banyak kehadiran karakter-karakter menarik kedepannya. Intinya kali ini kamu akan merasakan fantasy yang hampir sama dengan SAO season pertama namun dengan karakter berbeda dan cerita yang lebih menarik. Yah tentu saja SAO tidak akan melupakan Asuna dan kawan-kawan di Real Life.

#3. Seishun Buta Yarou wa Bunny Girl Senpai no Yume wo Minai

Comedy, Romance, School, Supernatural

Nah bagi yang suka drama romance, anime ini bagus banget untuk kamu tonton. Di dalamnya juga terselip unsur supernatural yang membuat cerita semakin menarik. Seperti anime romance pada umumnya, kamu bisa melihat kisah cinta dua karakter utama kita, tentu saja ada pihak ke-3 yang masuk untuk memeriahkan cerita.

Hal yang unik di anime ini adalah unsur supernatural-nya. Kisahnya tentang Mai Sakurajima, seorang artis terkenal yang memulai debutnya sejak kecil. Ketika SMA, ia mengalami kondisi yang disebut Sindrom Pubertas yang membuat dirinya menghilang dan dilupakan oleh orang lain. Di saat itulah, MC cowok kita bernama Sakuta Azusagawa datang untuk membantu Mai. Mulai dari pertemuan itu, mereka kemudian saling jatuh cinta.

Tapi masalah tidak sampai di situ saja. Kemunculan masalah Sindrom Pubertas lainnya membuat hidup mereka makin kacau, salah paham, dan mengganggu hubungan mereka. Kedua karakter utamanya juga mantap banget. Heroine merupakan artis terkenal di Jepang, sedangkan si karakter utama cowok dikenal cuek dan sifatnya mirip Babi busuk. Tapi karakternya kadang berbeda jika berada dihadapan Mai, ia bahkan sering menggodanya.

Ada sifat yang sama dari kedua karakter kita yang menurut mimin sangat serasi, yakni mereka berdua sama-sama dingin. Jadi ingat dengan couple Haciman dan Yukino dari Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru. Bedanya couple Sakuta dan Mai lebih berwarna percintaannya.

#2. Tensei shitara Slime Datta Ken

Fantasy, Shounen

Kemana kita setelah mati? Jawabannya adalah ke ISEKAI. Yah sayang sekali isekai yang kamu dambakan seperti dunia SAO, sekuat Lord Ainz, sepintar Sora, dan menjadi king harem didalamnya tidak bisa kamu rasakan. Jadi satu-satunya pilihan untuk merasakan isekai adalah dengan menonton anime bertema isekai, yup!

Di musim ini, muncul satu lagi anime isekai yang cukup menarik. Ceritanya tentang seorang pria yang sudah menjomblo selama 30 tahun lebih yang mati tertusuk oleh orang misterius (Matinya mode random). Sebelum ia mati, ia mengatakan beberapa keluhan hidup, namun kemudian sebuah suara aneh terdengar dan mengubah keluhan tersebut menjadi nyata.

Pria ini kemudian tersadar dalam wujud slime, semacam cairan lengket yang agak gimana gitu, tapi bentuknya bulat. Di dunia yang ia tempati, slime menjadi monster yang lemah. Tetapi renkarnasinya sedikit unik, ia malah menjadi slime kuat yang bisa berubah menjadi wujud manusia atau wujud apapun yang ia makan.

So anime isekai kali ini lagi-lagi memiliki MC yang cukup kuat. Karena bersifat slime yang bisa memakan apapun, di awal cerita ia memakan salah satu Naga Legenda yang membuatnya bisa sangat kuat. Ia kemudian menelusuri banyak tempat untuk mencari tahu informasi apakah ada orang Jepang lain yang terlempar ke dunia tersebut. Seiring itu, ia juga mengumpulkan teman dan melawan orang yang jahat.

#1. Fairy Tail (2018)

rekomendasi anime fall 2018 terbaik
Action, Adventure, Comedy, Fantasy, Magic, Shounen

Siapa sih yang tidak kenal dengan Fairy Tail? Anime ini juga menjadi anime favorite mimin. Setelah beberapa tahun hiatus, Fairy Tail kembali menggempar dunia dengan final season-nya kali ini. Melanjutnya kisah Natsu dan kawan-kawan yang mencari para member Guild Fairy Tail yang tersebar di seluruh benua setelah Fairy Tail dinyatakan bubar oleh Master Makarov.

Mengapa musim kali ini spesial banget? Soalnya ini adalah musim terakhir dari Fairy Tail yang artinya kita akan sampai pada cerita klimaks di mana misteri akan terjawab dan melawan musuh utama. Oh iya, masih ada kisah alternative atau spin off yang sebaiknya tidak kamu tinggalkan, yaitu Fairy Tail: 100 Years Quest. Semoga saja kelak ada adaptasi anime-nya yah minna!

Musuh utama mereka kali ini tentu saja adalah Sang Penyihir Kematian, Zeref bersama antek-anteknya dan Raja Naga Hitam, Agnologia yang menjadi dua antagonis utama sejak Fairy Tail rilis. Bagi kamu yang baru saja menonton Fairy Tail atau hanya mengikuti anime-nya saja, siap-siap untuk mengetahui misteri yang mengejutkan dan berbahagialah bisa melihat korban fanservice kita, Lucy XD.

Read More! 17 Rekomendasi Anime Summer 2018 Terbaik versi Sakuranime

Nah rekomendasi anime fall 2018 terbaik di atas hanya menurut pendapat Sakuranime saja. Semua orang punya selera berbeda-beda. Tapi, sebenarnya selera manusia itu hanya beda tipis, so kalian bisa menjadikan list di atas sebagai sarana untuk memilah anime apa saja yang menarik sesuai dengan daya tarik yang sudah Sakuranime jelaskan di atas 🙂

Well terimakasih sudah nongkrong di sini, sampai jumpai lagi di pembahasan winter 2019 mendatang!