41 Rekomendasi Anime Psychological Terbaik Pilihan Sakuranime!

#20. Re:Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu

Re:Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu

Anime Psychological terbaik ini cerita benar-benar seru, tak heran anime ini memiliki rating yang cukup tinggi. Karakter utama di anime ini mentalnya sedikit terganggu akibat apa yang menimpanya, jadi Psychological anime ini kuat banget. Tidak hanya dari segi tokoh utama, cerita pun sering kali memperlihatkan adegan yang mengarah ke “Penghancuran mental.”

Seperti misalnya kematian sang heroine, kematian karakter utama, dan lainnya meski dapat hidup kembali. Berkisah tentang Subaru, seorang remaja yang sedang berbelanja di Minimarket tiba-tiba berpindah ke dunia fantasy yang aneh. Ia kemudian bertemu dengan seorang gadis bernama Emilia dan akhirnya tahu akan kekuatannya yaitu kembali dari kematian.

#19. Zankyou no Terror

Zankyou no Terror

Sedang mencari anime adu strategi dengan Psychological yang keren dan menegangkan? Anime ini patut banget buat kamu tonton. Berkisah tentang Nine dan Twelve, duo terroris yang sering melakukan aksinya tanpa ampun dan penuh akan kekacauan. Meski begitu, dua orang yang menyebut dirinya Sphinx ini tak melibatkan jiwa warga sipil. Terjadilah pertempuran antara Sphinx melawan Polisi dengan adu strategi. Apakah polisi bisa menangkap teroris ini dan mengetahui tujuan sebenarnya apa? Simak anime-nya~!

#18. Higurashi no Naku Koro ni

Higurashi no Naku Koro ni

Anime ini bergenre Gore Psychological dengan banyak karakter loli di dalamnya. Jadi buat kamu yang tak tega melihat para loli disiksa dan segala macam, lebih baik jangan ditonton. Meski termasuk salah satu anime berdarah dan brutal, cerita dari anime ini cukup bagus, khususnya cerita misteri yang ada di dalamnya.

#17. Btooom!

Btoom!

Salah satu anime bergenre Game Psychological yang wajib banget buat kamu tonton. Btooom merupakan anime dengan cerita yang menarik dengan adegan action Psychological dan gore (Hal menjijikan). Hampir mirip dengan Death Parade, Btooom juga memperlihatkan game mematikan namun yang ini lebih dahsyat.

Berkisah tentang sebuah game online bernama Btooom di mana player harus menggunakan bom sebagai alat tempur utama. Sang tokoh utama kita, Sakamoto merupakan 10 besar pemain terbaik dan satu-satunya mewakili Jepang tiba-tiba berpindah ke sebuah pulau misterius yang ternyata system-nya mirip dengan Btooom di mana yang lemah akan mati, yang kuat tetap hidup dengan senjata utama adalah BOM.

#16. Psycho-Pass

Psycho-Pass

Salah satu anime Psychological terbaik sepanjang masa! Tidak lengkap daftar ini jika tak ada Psycho-Pass, benar-benar kental di genre Psychological. Tidak hanya memberikan adegan action keren, sedikit gore, misteri yang pekat, unsur police, dan lainnya, anime ini juga bertema masa depan dengan latar kota modern.

Dunia di mana keadilan ditentukan oleh Psycho-Pass, sebuah alat yang mengukur Psikologis seseorang dan saat Psikologis seseorang ini tak bisa ditolong, aparat penegak akan menembaki mereka sesuai dengan tingkat Psikologis mereka. Paling buruk adalah mereka ditembak mati dan “BOOOM~!” meledak, jika Psycho-Pass mereka memasuki zona merah.

#15. Youkoso Jitsuryoku Shijou Shugi no Kyoushitsu e

Anime ini nggak dark, tapi ada sedikit sensasi psycho-nya. Bayangin kalian sekolah di sekolah khusus yang mempunyai motto “Yang kuat bertahan, yang lemah ditindas”. Wtf!~ so jika kalian mau sekolah ke SMA Koudo Ikusei ini, kamu harus bermental baja, bukan berfisik baja.

Selain itu, ada beberapa scene yang terkadang membuat shock ketika menonton seperti waifu cantik yang hampir diperkosa, atau waifu cantik berbulu domba, dan masih banyak karakter unik lainnya.

Yang paling favorite adalah MC cowoknya, mukanya mungkin biasa-biasa saja, tapi ahli banget dalam menyusun rencana dan bela diri, intinya multitalent banget. Bagi MC, karakter lain hanya alat semata.

#14. Boku dake ga Inai Machi

Boku dake ga Inai Machi

Anime Drama Psychological terbaik jatuh kepada Boku dake ga Inai Machi. Cerita yang seru dengan kesan yang tak akan pernah terlupakan. Fokus pada seorang pria bernama Satoru yang memiliki kekuatan supernatural kembali ke masa lalu namun hanya sesaat.

Suatu hari, ibunya dibunuh dan dituduh menjadi palakunya. Berpikir pembunuhan ini terkait dengan pembunuhan temannya di waktu kecil, ia tiba-tiba kembali ke masa ia masih kecil dan memulai menyelidiki siapa pelaku pembunuhan temannya Kayo dan ibunya.

#13. Ghost in the Shell

Ghost in the Shell

Anime yang wajib buat kamu tonton, khususnya kamu yang suka anime Military Psychological dengan action keren. Berkisah tentang dunia di mana robotika sudah sangat berkuasa. Manusia kini bisa mengganti bagian bahkan seluruh tubuh dengan robot. Fokus pada Motoko Kusanagi, seseorang yang memiliki tugas untuk menyelidiki hacker yang dikenal sebagai “Puppetmaster” dengan tubuh setengah robotnya. Sembari mencari tahu jati dirinya, ia juga berhadapan dengan orang jahat dengan teknologi robot yang sama dengannya.

#12. Mirai Nikki

Mirai Nikki

Berkisah tentang dunia yang membutuhkan dewa pengganti Zeus dan akhirnya dipilihlah player dengan Mirai Nikki (Catatan harian masa depan) yang dapat menyelamatkan mereka dari kematian. Para calon ini saling bertarung satu sama lain sampai mati. Berbicara tentang kisah romance, anime ini juga kuat banget soal romance, jadi yang sedang mencari Romance Psychological, anime ini patut ditonton.

#11. Aku no Hana

Aku no Hana

Memiliki penggambaran visual yang menarik, cerita Psychological di anime ini juga bagus banget. Berkisah tentang Takao Kasuga, seorang kutu buku yang sangat menyukai karangan Charles Buadelaire, khususnya buku berjudul “Aku no Hana”. Saat pulang sekolah, ia menyentuh dan tanpa sengaja membawa pakaian olahraga Nanako, seseorang yang ia sukai pulang ke rumah. Namun ia kepergok oleh Nakamura Sawa dan dari sini lah, kehidupan Takao pun berubah.

#10. Kiseijuu: Sei no Kakuritsu

Kiseijuu: Sei no Kakuritsu

Best Psychological Action of All Time! Ceritanya tentang parasyte yang mencoba mengambil alih otak seorang pemuda bernama Shinichi Izumi. Namun bukannya otak, parasyte tersebut hanya bisa menguasai tangan kanannya karena terhalau masuk ke otak. Dari sini lah, Shinichi kemudian berusaha beradaptasi dengan Migi, nama parasite tersebut dan melawan parasyite lain yang mencoba menghancurkan dia dan merusak dunia.

#9. Aoi Bungaku Series

Aoi Bungaku Series

Anime ini adalah anime Historical Psychological terbaik yang menarik untuk diikuti. Terdiri dari 6 kisah yang berbeda-beda, anime ini diadaptasi dari karya seni sastra tahun 1900-an. Anime ini memiliki Psychological yang kuat, dengan masing-masing cerita yang cukup bertema dark.

#8. NHK ni Youkoso!

NHK ni Youkoso!

Nah yang ini adalah anime Psychological, comedy, dan romance yang bisa kamu tonton. Jadi berbeda dengan anime yang telah dibahas, di anime ini memiliki sedikit scene menghibur namun dengan Psychological yang kental. Kisahnya tentang seorang pria dewasa tapi Hikikomori (Tertutup dengan dunia luar). Ia sering menghayal bahwa dunia ini perlahan dikuasi oleh organisasi aneh, alias dia ini gangguan mental. Tapi, seorang gadis muda bertemu dengannya dan mencoba untuk menyelematkan laki-laki tersebut dari jeratan Hikikomori.

#7. Elfend Lied

Elfend Lied

Satu lagi dengan genre gore yang lebih parah dari Spongebob (LOL) atau yah setara dengan Gantz. Elfend Lied memperlihatkan kita banyak adegan Psychological yang benar-benar kuat. Gore di anime ini bahkan bisa mempengaruhi perasaan si penonton. Karakter utama di anime ini juga mengidap masalah kejiwaan dengan kekuatan supernatural yang brutal.

Berkisah tentang Lucy, seorang gadis dengan kekuatan aneh di mana ia dapat memutuskan, memotong, merobek atau mengangkat benda apa saja di dekatnya menggunakan tangan tak terlihat. Sebenarnya ia adalah sebuah objek penelitian namun karena ia memberontak, ia akhirnya lolos dan bertemu dengan seorang remaja bernama Kouta.

#6. Serial Experiments Lain

Serial Experiments Lain

Anime Psychological terbaik selanjutnya merupakan anime lawas dengan Genre utama Horror, Drama, dan Psychological. Berkisah tentang Iwakura Lain, gadis introvert (Tertutup) yang jauh dari keramaian. Wired, sebuah Global Network seperti Internet lagi marak dibicarakan orang-orang. Suatu hari, teman Lain menerima email aneh dan kebetulan Lain disuruh untuk mengeceknya. Setelah ia pulang, ia mengecek pesan dan kaget ternyata yang mengirim pesan adalah temannya yang sudah meninggal.

#5. Gantz

Gantz, Rekomendasi Anime Psychological Terbaik

Anime dengan genre gore yang kuat ini memiliki cerita yang seru. Psychological di anime ini kuat banget, kamu akan menemukan banyak scene yang dapat membuat kamu susah BAB, BAK tak lancar, sakit perut, dan segala macam gangguan perut lainnya.

Why? Gore di anime ini tak bisa disandingkan dengan salah satu kartun mendunia paling gore, Spongebob yang sering memperlihatkan tangan putus, kaki putus atau yang paling parah scene Mr. Crab melepaskan cangkangnya (LOL).

Nah di anime Gantz ini lebih parah dari itu. Berkisah tentang setelah kematian, seseorang akan dihadapkan pada pilihan di mana harus melawan monster alien dengan setelan hitam khusus dan senjata yang ia dapat dari sebuah bola hitam besar dinamakan Gantz atau meninggalkannya begitu saja dan mati. Pilih mana?

#4. Monster

Monster

Satu lagi anime lawas dengan Genre Psychological yang kental banget. Ceritanya tentang seorang dokter yang bekerja di sebuah rumah sakit dengan politik yang tak berpihak pada rakyat kecil. Suatu hari, ia dihadapkan pilihan untuk menolong politikus atau anak yang sekarat. Dokter ini memiliki anak yang terluka tembak daripada politikus. Karena itulah, statusnya sebagai dokter hilang.

Tidak hanya sampai di situ saja. Setelah bertahun-tahun kemudian, sang dokter ini bertemu kembali dengan anak yang pernah ia tolong dulu. Sebuah insiden yang melibatkan “Monster” membuat dokter ini harus masuk dalam hidup penuh aksi berdarah bersama sang anak tersebut yang sekarang sudah dewasa.

#3. Jigoku Shoujo

Jigoku Shoujo

Punya dendam dengan orang lain? Ingin mengirimnya ke Neraka? Jigoku Shoujo berkisah tentang seorang Gadis dari Neraka yang menyeret setiap orang di mana orang tersebut telah dikirim oleh orang yang ingin mengirimnya dengan bantuan “Jigoku Shoujo”, si gadis Neraka.

#2. Paprika

Apa jadinya jika kamu bisa melihat mimpi orang lain secara bersamaan? Pasti absurd banget, toh kita tahu sendiri mimpi itu seperti apa, terkadang masuk akal tapi terkadang juga nggak masuk akal. Nah konsep ini lah yang diterapkan di anime ini.

Telah tercipta alat canggih di mana kamu bisa masuk ke mimpi orang lain dan MC kita bernama Paprika berusaha untuk mendapatkan alat tersebut karena telah dicuri oleh tangan yang jahat. Meski awalnya digunakan sebagai alat terapi mimpi, tetap saja dengan penyalahgunaan alat tersebut bisa membuat dunia nyata dan dunia mimpi menjadi kacau.

#1. Perfect Blue

Rekomendasi Anime Psychological Terbaik

Anime ini drama thriller banget, banyak anak jaman now yang tidak tahu dengan kehadiran anime ini. Padahal sekitar tahun perilisannya 1997 sampai 2000-an, anime ini sangat sukses bahkan di luar Jepang. Berbicara sensasi, kebalikan dari Mononoke. Jika di Mononoke lebih mengarahkan penonton untuk mengalami perubahan kejiwaan, maka Perfect Blue lebih mengarahkan kita sebagai penonton untuk menikmati bagaimana si karakter utama mengalami gangguan kejiwaan.

Ceritanya sendiri agak berbelit-belit, intinya tentang seorang gadis idol yang sudah berjaya namun karena sudah tidak produktif lagi ia akhirnya berhenti. Anime ini seputar intertainment, ketika gadis ini tidak lagi menjadi idol, ia kemudian ikut ambil bagian dalam projek film. Awalnya baik-baik saja, namun siapa sangka projek film ini ternyata membuat dia mengalami gangguan mental karena peranannya.

Read More! Anime Apocalypse Terbaik yang Harus Kamu Tonton!

Nah itu dia rekomendasi anime Psychological terbaik versi Sakuranime. Jangan lupa share dan pastikan komentar yah, silahkan tambahkan anime psychological lainnya yang mungkin mimin belum tonton. Well, sampai jumpa di pembahasan genre lainnya, terimakasih dan salam animelovers Indonesia.

About n u n u ヌヌ 422 Articles
" 私は群衆が好きではありませんが、友達がたくさんいます。私は長い間アニメに興味を持っていましたが、今では本当に中毒性があります。翻訳を使用して申し訳ありません。:v "