#15. Gate: Jieitai Kanochi nite, Kaku Tatakaeri

Gate: Jieitai Kanochi nite, Kaku TatakaeriAnime ini memiliki alur cerita yang menarik di mana dua zaman saling terhubung satu sama lain melalui sebuah gerbang. Anime ini memiliki genre utama fantasy, namun unsur military yang ada di dalamnya juga kuat banget, menceritakan pertempuran antara dua zaman ini.

Pasukan tentara Jepang sekaligus otaku bernama Youji Itami sedang dalam perjalanan untuk menghadiri konvensi doujin di Ginza, Tokyo ketika sebuah portal misterius yang berbentuk gerbang besar tiba-tiba muncul.

Dari gerbang ini, makhluk gaib dan pasukan abad pertengahan muncul masuk ke kota dan menghancurkan segala sesuatu yang ada di jalan mereka. Dengan tindakan cepat, Itami menyelamatkan nyawa sebanyak yang dia bisa sementara sisanya dari JSDF mengarahkan usaha mereka untuk menghentikan pembrontakan di Ginza itu.

Tiga bulan setelah serangan tersebut, Itami ditugaskan memimpin tim khusus sebagai bagian dari tugas JSDF yang akan dikirim ke dunia dibalik gerbang. Mereka pergi untuk lebih banyak mencari tahu tentang apa yang mereka hadapi dan mencoba berteman dengan masyarakat setempat dengan harapan bisa menciptakan hubungan damai dengan kerajaan yang berkuasa.

#14. Youjo Senki

Youjo Senki

Salah satu pemegang gelar anime terbaik winter 2017 ini memiliki rating yang tinggi dengan genre utama military. Buat kamu yang memang mencari full military, anime ini cocok banget buat kamu tonton, so recommended banget.

Berkisah tentang Anya Degurechaff, seorang pejuang muda yang terkenal karena bakat taktik serta kekuatan dan orang-orang menyebutnya “Devil of the Rhine” karena di balik penampilannya yang terlihat polos, tertidur jiwa seorang yang menentang kehadiran Tuhan.

#13. Girls und Panzer

Girls und PanzerBerbeda dengan anime military lainnya, anime ini memperlihatkan ciri khas tersendiri terutama pada karakternya yang penuh akan “moe-moe” dan ceritanya. Senshadou adalah olahraga tradisional yang menggunakan tank Perang dalam game bersistem eliminasi ini.

Dipraktekkan secara luas oleh perempuan sebagai bentuk seni yang diarahkan untuk membuat wanita lebih menonjol dalam budaya dan menarik perhatian. Seiring berjalannya waktu, pengaruh Senshadou mengarah ke sebuah kejuaraan dunia yang akan digelar di Jepang.

Miho Nishizumi, yang berasal dari keturunan spesialis Senshadou yang sangat dihormati berselisih dengan olahraga tersebut setelah peristiwa traumatis membuat dia tidak lagi berminat. Untuk menghindari praktik sebanyak mungkin, dia pindah ke Ooarai Girls High School, tempat Senshadou dihapuskan.

Namun dengan berita tentang kejuaraan yang akan datang, sekolah tersebut menghidupkan kembali Senshadou mereka dan Miho didorong untuk bergabung. Kini dengan bantuan beberapa temannya, ia harus mengalahkan masa lalunya dan sekali lagi memimpin skuadron tank untuk menang.

#12. Nejimaki Seirei Senki: Tenkyou no Alderamin

Nejimaki Seirei Senki: Tenkyou no AlderaminDunia menjadi kacau saat kekaisaran Katjvarna menyerang Republik Kioka. Ikta membenci perang namun pada akhirnya ia tak memiliki pilihan selain menjadi anggota Militer untuk membela negaranya. Tidak ada yang bisa membayangkan bahwa orang pemalas ini nantinya akan menjadi pahlawan yang dibutuhkan semua orang.

#11. Otome Youkai Zakuro

Otome Youkai ZakuroRekomendasi anime genre perang terbaik atau military ini patut banget kamu tonton, apalagi yang suka anime militer dengan kisah romance di dalamnya. Sepanjang sejarah ini, manusia dan roh berdampingan di dunia yang sama.

Namun Jepang menjadi semakin dipengaruhi oleh orang-orang Barat dan lebih banyak orang menerima budaya dan agama Barat sebagai budaya pilihan mereka daripada kepercayaan tradisional Timur yang telah mendominasi negara ini selama berabad-abad.

Hal itu menyebabkan konflik antara manusia dan youkai (Roh). Untuk membantu meringankan ketegangan, sebuah organisasi Kementerian Spirit terdiri dari sekelompok tentara laki-laki dan sekelompok wanita youkai dibentuk.

Sayangnya tidak berjalan seperti yang diharapkan karena salah satu tentaranya Kei Agemaki, sangat takut dengan youkai dan salah satu arwahnya Zakuro, tak menyukai orang yang menerima tradisi barat.

#10. Gunslinger Girl

Gunslinger GirlDi pusat kota Italia, Badan Kesejahteraan Sosial menyelamatkan gadis-gadis muda dan memberi mereka kesempatan kedua untuk hidup dengan menggunakan kemajuan cybernetic terbaru.

Dengan tubuh mereka yang disempurnakan secara artifisial, gadis-gadis itu dicuci otaknya dan dilatih sebagai pembunuh untuk melakukan pekerjaan kotor Pemerintah Italia. Meskipun full modifikasi, mereka masih memiliki hati dan berjuang untuk mendapatkan pengakuan dari orang yang mereka cintai.

#9. Kantai Collection: KanColle

Kantai Collection: KanColleBerada di laut yang sama di bawah ancaman dari Armada Abyssal yang tidak bersahabat, sebuah pangkalan angkatan laut khusus didirikan untuk melawan mereka. Pangkalan itu dipersenjatai dengan Kanmusu Girls yang memiliki kemampuan untuk memakai senjata khusus yang kuat.

Fubuki, anggota baru Kanmusu bergabung dengan pangkalan. Namun dengan pengalaman minim dan sifat pemalunya, dia ditugaskan ke Skuadron Torpedo ketiga yang terkenal dan dengan cepat menuju ke lapangan pertempuran. Anime ini sempat booming saat pertama kali dirilisnya karena selain memiliki cerita menarik tentang kapal perang, visual karakternya juga menjadi nilai plus.

#8. Ginga Eiyuu Densetsu

Ginga Eiyuu DensetsuAnime military terbaik selanjutanya ini tak boleh kamu lewatkan. Meski merupakan anime lawas (Sekarang sudah ada remakenya di tahun 2018), tapi dari segi cerita anime zaman sekarang jarang sekali yang sebagus cerita anime ini. Berkisah tentang Imperial Galaksi melawan Aliansi Planet Bebas yang menyeret ribuan prajurit dari kedua belah pihak.

Reinhard von Lohengramm merupakan komandan dari Imperial harus bertarung dengan sengit dengan pihak aliansi bernama Yang Wen-Li. Anime ini menceritakan tentang kedua karakter yang ahli strategi ini saling adu kekuatan dan menarik secara paksa kemenangan atas perang ini.

#7. So Ra No Wo To

So Ra No Wo ToKalau anime military satu ini beda banget dari yang lain, bisa dilihat deh dari gambarnya. Berkisah tentang di pinggiran negara Helvetia ada sebuah kota kecil bernama Seize. Di jalan-jalan berbatu, penduduknya menjalani kehidupan sehari-hari mereka dengan tidak terganggu oleh aksi militer yang semakin tegang antara Helvetia dan Kekaisaran Romawi.

Dalam situasi inilah peleton Helvetian ke-1121 ditempatkan di Benteng Clocktower di Seize. Mereka merekrut anggota baru bernama Kanata Sorami. Setelah bergabung dengan militer untuk mewujudkan mimpinya, ia jadi bisa berteman dengan beberapa orang yang ia temui. Anime ini memiliki genre music didalamnya, jadi lengkapnya bergenre military dan musical. Kisahnya sendiri lebih ke drama, memperlihatkan kumpulan prajurit muda dalam menghibur warga setempat dengan melodi.

#6. Senjou no Valkyria

Senjou no ValkyriaSenjou no Valkyria memiliki daya Tarik lebih, seperti berlatarkan di benua fiktif yang mengingatkan kita pada Eropa pada tahun 1930-an. Benua yang disebut Europa, terbagi menjadi dua kekuatan utama. Imperial Empire, sebuah kerajaan di timur dan sebuah aliansi demokratis yang disebut Federasi barat.

Di dunia ini, ada sumber yang sangat penting yang disebut ragnite, penggunaannya tertuju dalam perawatan medis. Karena ragnite adalah sumber penting, Federasi dan Kekaisaran selalu saling bertarung untuk itu. Ceritanya terjadi di negara netral Gallia yang dikenal sebagai Negara dengan cadangan ragnite yang melimpah. Fokus pada seorang anak bernama Welkin bersama dengan temannya yang terseret dalam masalah perang.

#5. Fullmetal Alchemist: Brotherhood

Perpaduan supernatural di anime ini benar-benar mantap. Meski begitu, anime ini masih memperlihatkan aksi keren yang dilakukan oleh pasukan militer kerajaan. Kedua karakter utama kita juga termasuk dalam military tersebut, tapi sebagai “Anjing” pemerintah.

Kisahnya tentang dua bersaudara yang berusaha menghidupkan ibu mereka kembali dengan ilmu Alkimia. Namun semua itu gagal dan mereka harus membayarnya dengan bagian tubuh mereka. Untuk mengembalikan apa yang hilang, mereka berusaha mencari batu misterius sambil menjadi anjing militer.

#4. Break Blade

Anime mecha yang memiliki seri TV dan movie ini sangat direkomendasikan banget untuk kamu tonton. Kualitasnya bisa kamu rasakan dari drama yang diberikan, kadang memberikan sensasi terharu dan menegangkan karena adegan pertarungan yang epic. Kisahnya tentang seorang pemuda yang tidak ahli dalam menggunakan Golem (Robot).

Ia kemudian dipanggil oleh kerajaan dan di sana ia berhasil mengendarai Golem Kuno. Nah, anime ini kisahnya tentang pertikaian kerajaan gitu dengan bumbu-bumbu konflik dan politik. Pemuda ini kemudian berperang dengan Kerajaan tetangga, tapi siapa sangka di kubu sebelah ternyata ada teman baiknya.

#3. Ghost in the Shell

Baik anime, movie, atau LA Hollywood semuanya benar-benar keren banget. Berbicara tentang military, anime ini sangat direkomendasikan. Mimin suka dengan karakter utamanya, dia cewek tapi setengah Cyborg. Yang kita ulas adalah anime-nya, karena film Hollywood-nya ada sedikit yang berubah.

Kisahnya tentang Major Kusanagi yang merupakan manusia yang seluruh tubuhnya telah dimodifikasi dengan prosthetics robotika. Tapi ketika dia sedang berusaha mengingat masa lalunya dan siapa dirinya, ia juga harus berhadapan dengan para cyber-terorisme yang semakin merajalela.

#2. SAO: GGO dan SAO Alternative: GGO

Seri alternative dari cerita SAO. Kalian sudah pasti kenal dengan anime fenomenal yang satu ini ya kan? Yup, SAO Alternative: GGO adalah kisah sampingan atau spin-off yang menceritakan tentang seorang gadis yang tidak percaya diri akibat tinggi badan yang over.

Ia kemudian tertarik dengan game dan akhirnya menemukan GGO (Game ala-ala militer) karena avatar chibi yang ia sukai. Nah di dalam game ini, ia bertemu dengan banyak teman dan ikut ambil bagian dalam Squad Jam, ajang Battle Rolaye (Event GGO). Sedangkan untuk seri utama SAO: GGO atau season kedua dari SAO juga memiliki unsur military, tapi hanya setengah bagian saja.

#1. Full Metal Panic!

Rekomendasi Anime Military Terbaik

Mimin suka dengan karakter utama cowoknya di anime ini. Dia masih muda, tapi sudah menjadi seorang veteran militer. Kisahnya tentang seorang prajurit atau tentara bayaran yang ditugaskan untuk menjaga seorang gadis karena memiliki rahasia penting dalam otaknya. Nah tentara bayaran ini masih muda banget, ia bergaul dengan baik selama ia berpura-pura menjadi siswa di sekolah tempat gadis ini agar lebih mudah memantau.

Lucu sih lucu, soalnya pemuda ini maniak militer dan kadang bertingkah aneh. Tapi ceritanya semakin serius ketika ia memirikan pekerjaannya dan kehidupan normal gadis tersebut, yang satunya adalah tentara bayaran yang dekat dengan kematian dan yang satunya cuma gadis lemah biasa yang harus dilindungi, tapi agak galak sih (‘-‘).

Read More! Anime Mecha Terbaik Paling Keren Plihan Sakuranime

Anime military terbaik di atas direkomendasikan banget deh untuk kamu tonton, khususnya yang memang mencari anime semacam ini. Semoga apa yang direkomendasikan kali ini dapat bermanfaat, don’t forget to share and thanks udah mendukung Sakuranime sejauh ini, sampai jumpa dipembahasan genre lainnya yah minna-san!. Salam animelovers Indonesia!

UPDATE SAKURANIME CHANNEL