34 Rekomendasi Anime Musikal Terbaik Terpopuler! versi Sakuranime

#15. Detroit Metal City

Seri yang satu ini mendapat adaptasi anime dari manga dan terakhir mendapat live action yang mimin rasa semuanya laris manis. Kenapa tidak, ceritanya sendiri benar-benar segar dan ROOCKKK! banget. Kisahnya bermula ketika seorang pemuda yang suka musik POP malah terdampar ke dunia ROCK AL4Y.

Awalnya sih ia berpikir bahwa Band Rock yang ia perani bisa dijadikan ajang latihan sebelum memulai debut Band Pop-nya. Namun siapa sangka, Band Rock tersebut malah sukses berat dan susah untuk melepaskannya. Sialnya lagi, cewek yang pemuda ini sukai jijik banget dengan Band Rock, apalagi Band Rock alay yang mencoret muka sendiri seperti pemuda ini lakukan.

Uniknya lagi, setiap member memiliki identitas tersembunyi karena coretan wajahnya. Jadi si cewek dan keluarga di kampung nggak tau kalau dia jadi Vokalis Band Rock gila! :v

#14. Nana

Kisahnya tentang keseharian dua gadis berbeda, sifat berbeda, namun nama yang sama. Mereka bernama Nana, dipertemukan di Kereta Api ketika hendak menuju Tokyo untuk memulai kehidupan di sana. Anime ini punya unsur romance dan beberapa scene kadang membuat sesak nafas. Musical-nya terasa pada kedua karakter ini, khususnya Nana yang terlihat seperti anak musical rock sejati.

#13. IDOLiSH7

Anime ini bertema reverse harem, di mana satu gadis dikelilingi banyak cowok tampan. Nah para cowok tampan ini adalah idol, beda banget dengan anime idol kebanyakan yang idol-nya itu cewek. So, jika kamu cowok dan menonton anime ini, pasti yang menjadi daya Tarik adalah sang cewek, kalau tertarik dengan idol cowoknya sih perlu dipertanyakan :v.

Kisahnya tentang Grup Idol cowok yang dikelola oleh satu manager cantik karena dimintai oleh ayahnya sebagai pendiri Grup Idol ini. Nah para cowok ikemen ini punya kelebihan masing-masing dan sifat yang pada dasarnya berbeda-berbeda. Salut juga dengan ceritanya yang benar-benar memulai dari 0 dan tidak membosankan.

Oh iya, dari segi grafis juga mantap banget, tidak seperti grafis idol cowok kebanyakan yang digambarkan “Terlalu tampan” dengan detail grafis yang teliti banget, mimin rasa grafis anime yang satu ini benar-benar fresh.

#12. Sakamichi no Apollon

Satu hal yang agak mimin tidak suka hanya grafisnya, terkesan sedikit kaku, tapi beda orang beda pendapat sih. Sedangkan dari segi cerita benar-benar drama persahabatan banget yang dibumbui genre musical karena musik penjadi penghubung ke-4 karakter utama kita di sini. Kalau berbicara romance sih juga ada sedikit, bahkan di tengah cerita jadi triangle love yang sempat menjadi konflik antara persahabatan mereka.

Jika di Nodame Cantabile membahas Orkestra, Shigatsu wa Kimi no Uso membahas piano dan biola, maka di anime ini kamu akan melihat seperti apa sih musik Jazz. Kisahnya tentang seorang pemuda yang sering pindah tempat tinggal karena pekerjaan orang tuanya. Hal ini membuat ia tertutup oleh dunia luar. Namun suatu hari, ia bertemu dengan teman-teman yang cocok dengannya dan dimulailah kehidupan pemuda ini bersama tim musik Jazz-nya.

#11. Kiniro no Corda

Nama lainnya adalah La Corda D’Oro dengan beberapa side story yang sudah dirilis, untuk spin-off-nya beda chara lagi dan grafis yang lebih mantep. Anime ini juga bertema reverse harem seperti IDOLiSH7. Bedanya, musik di sini lebih klasik dengan grafis yang sudah terbilang jadul. Kamu bisa melihat permainan dari alat musik jaman old seperti biola, seruling, piano, dan lainnya, lebih mirip Orkestra sih.

Nah di sisi lain, mimin suka dengan MC ceweknya, doi benar-benar cantik dan mampu menaklukkan 5 pria tampan :3. Kisahnya tentang seorang gadis muda yang tidak bisa memainkan alat musik satu pun. Suatu hari, ia malah terpilih menjadi peserta kompetisi musik di sekolahnya.

Ia sangat bingun karena ia tak bisa memainkan alat musik apapun sampai ia diberikan Biola ajaib yang bisa dimainkan oleh siapapun dengan hanya mengingat nadanya. Biola tersebut diberikan oleh Lili, peri musik yang menyukai gadis berambut merah ini. Nah mulai dari sini, ia kemudian bertemu dengan teman cewek dan laki-laki tampan yang berbakat dalam music di bidangnya masing-masing.

#10. So Ra No Wo To

Sedikit unik perpaduan genre di anime ini, bayangkan military digabungkan dengan musikal? Anda mau nyanyi atau perang :V. Yah setidaknya anime ini lebih masuk akal daripada seri MACROSS, you know lah :V. Kisahnya sendiri tentang Perang Dunia yang tiada akhir.

Seorang prajurit gadis muda yang jago bermain Fugle ditugaskan untuk pergi ke Benteng Pleton 1121 dan di sana ia bertemu dengan gadis prajurit lain yang ternyata memiliki kemampuan bermain alat musik yang berbeda-beda.

Di sana, mereka bertugas untuk melindungi benteng tersebut bersama dengan kehidupan damai Desa Seize di tengah perang yang menggejolak. Meski ceritanya tentang perang, bukan berarti anime ini mengisahkan tentang perang yang membara dan penuh pengorbanan.

Anime ini lebih menekankan pada kisah drama yang menyentuh di mana sekelompok gadis yang tergabung sebagai Military Negara berusaha untuk melindungi apa yang mereka percayai dengan alunan melodi.

#9. Beck

Beck

Dalam Seri anime Beck: Mongolian Chop Squad, anime ini benar-benar berhasil memikat banyak fans, khususnya mereka yang suka anime musikal. Tidak hanya manga dan animenya, prilisan Live Action Beck juga menjadi salah satu Andalan LA Jepang yang wajib di tonton.

Kisahnya mengenai keseharian Grup Band bernama Beck. Tidak hanya masa depan sang protagonist yang menarik, asa muasal pembentukan grup band ini juga memiliki daya tarik tersendiri.

#8. BanG Dream!

BanG Dream!, Rekomendasi Anime Musikal/Musik/Music Terbaik

Salah satu anime terbaik winter 2017 ini memiliki daya tarik kuat tentang musik. Karakter di anime ini terbilang menarik dengan full genre musik, artinya keseluruhan menceritakan musik, musik, dan musik. Bercerita tentang Touyama Kasumi, dia ini gadis SMA yang tertarik dengan sebuah gitar bentuk bintang yang ia temukan di pegadaian tua.

Pas pertama kali melihat gitar itu, ia tertarik untuk memilikinya. Karena itulah ia menjadi suka dengan music dan karena kesukaannya itu, ia akhirnya bertemu dengan 4 gadis yang sama-sama suka dengan musik dan akhirnya berteman. Btw, season kedua-nya memiliki grafis yang mantap jiwa banget loh.

#7. The iDOLM@STER

The iDOLM@STER

Suka idol grup seperti AKB48 atau yang dekat ajah JTK48? Anime ini wajib banget buat kamu tonton. Jadi kisahnya tentang 12 idol di bawah naungan 765 Production, nah anime ini menceritakan keseharian ke-12 idol ini dalam meningkatkan kopuleran mereka dan permasalahan karir setiap member. The iDOLM@STER juga memiliki beberapa seri, jadi pastikan nonton semua.

#6. Love Live! School Idol Project

Love Live! School Idol Project

Satu lagi anime idol terbaik selain The iDOLM@STER dalam daftar ini. Di anime ini, kamu akan menemukan sebuah idol isinya cewek moe-moe semua. Awal cerita tentang Honoka Kousaka, gadis SMA Otonokiza ini harus menerima bahwa sekolahnya akan ditutup akibat kurangnya siswa yang mau masuk ke sana.

Karena itu lah, Honoka termotivasi bagaimana caranya agar para calon siswa-siswi ini dapat masuk ke sekolahnya. Akhirnya ia berpikir untuk membuat sebuah Grup Idol untuk menarik perhatian. Dari sini lah dimulai perjalanan grup idol ini sampai benar-benar terkenal dan menarik banyak calon pelajar ke SMA Otonokiza.

#5. Hibike! Euphonium

Hibike! Euphonium

Anime ini sedikit serius dengan genre musik. Bercerita tentang Oumae Kumiko yang bergabung ke sebuah klub Musikal Ansambel namun sedikit ragu akibat masa lalunya di SMP. Ia kemudian bergabung namun apa yang ia temukan di sana telah mengangkat masa lalu kelam karena teman satu SMP-nya ternyata ada di sana.

#4. Zombieland Saga

Anime idol? Idolnya manusia? Dah biassaa bro… but how about idol yang ternyata adalah zombie? Sudah pasti kocak banget. Kisahnya tentang keseharian para idol yang telah menjadi zombie dengan manager mereka untuk mencapai kejayaan sebagai idol terkenal. Anime ini lucu banget, khususnya scene yang melibatkan sang legenda Yamada Tae XD.

Sebagai zombie, mereka pastinya tidak masalah jika tangan atau kepala mereka putus, tapi itu yang harus mereka hindari dan cara mereka menghindar serta menyembunyikan identitas asli mereka sebagai zombie sangat lucu. Berbicara tentang musical, lagu ciptaan dari idol kita ini keren-keren!. Memang sih kebanyakan komedi, tapi terkadang juga anime ini cukup serius dan bikin terharu.

#3. K-On!

K-On!

Masuk sebagai comedy musical terbaik dalam list kali ini. K-On memperlihatkan kita tontonan menarik dengan cerita yang menghibur. Tidak hanya itu, banyak sekali hal unik di anime ini seperti lagu ciptaan klub K-On yang keren banget. Apalagi semua karakter utamanya cewek moe dengan skill band yang keren, best recommended deh pokoknya.

Berawal dari Yui, gadis muda yang sedang mencari klub untuk ia masuki. Akhirnya ia menemukan Keion-bu (K-On Club), klub musik beranggotakan tiga orang, Mio, Ritsu, dan anggota yang baru-baru masuk, Tsumugi. Setelah Yui bergabung, anggota bertambah menjadi 5 orang dengan kedatangan anggota junior super moe, Azusa-chan.

#2. Nodame Cantabile

Nodame Cantabile

Anime yang diangkat dari Manga karya Tomoka Ninomiya ini populer banget, baik Manga dan adaptasi anime-nya. Berkisah tentang Shinichi Chiaki dan Megumi Noda (Nodame). Chiaki ini bertemu dengan Nodame yang sedang bermain piano, kacau tapi memiliki daya tarik seolah ia bernyanyi.

Ternyata si Nodame ini tetanggaan dengan Chiaki yang akhirnya menjadi lebih akrab. Chiaki sangat mencintai musik. Namun di tengah cerita, ia masih perlu berjuang lebih keras untuk mencapai mimpinya sebagai Conductor (Pemimpin Orkestra). Nah setelah pertemuan dengan si Nodame ini, Chiaki menempuh perjalanan lebih jauh, tapi tak mengabaikan perasaannya untuk Nodame.

Di akhir cerita, Chiaki dibuat bimbang dengan dua pilihan berat, apakah dia akan fokus pada karirnya atau Nodame.

#1. Shigatsu wa Kimi no Uso

Shigatsu wa Kimi no Uso, Rekomendasi Anime Musikal/Musik/Music Terbaik

Anime ini bergenre music, school, dan drama. Berbeda dari anime lainnya yang telah dibahas di atas, Shigatsu wa Kimi no Uso merupakan anime drama yang dapat membuat kamu galau dan sedih sampai nangis karena ceritanya yang menyentuh banget, khususnya ending.

Berkisah tentang Arima Kouse, seorang pemain piano muda yang berbakat. Namun ia trauma sejak kecil dan tak bisa mendengar lantunan permainannya sendiri, ini diakibatkan karena tindakan keras ibunya waktu kecil. Beranjak SMP, ia bertemu dengan seorang gadis bernama Kaori, pemain biola muda yang mengubah hidup Arima.

Read More! Anime Remake Terbaik Lebih Bagus dari Aslinya!

Rekomendasi di atas patut buat kamu tonton bagi yang suka anime bertema musikal. Sekian rekomendasi anime musik terbaik kali ini, mohon maaf jika ada kesalahan, silahkan kritik di komentar dan kalau ada tambahan rekomendasi anime yang belum mimin tonton, silahkan komentar di bawah juga. Semoga bermanfaat dan simak juga rekomendasi genre lainnya hanya di Sakuranime. Arigatou minna! dan salam animelovers Indonesia.

About n u n u ヌヌ 422 Articles
" 私は群衆が好きではありませんが、友達がたくさんいます。私は長い間アニメに興味を持っていましたが、今では本当に中毒性があります。翻訳を使用して申し訳ありません。:v "