21 Rekomendasi Anime Reverse Isekai Terbaik versi Sakuranime!

Sakuranime.com – Yosh setelah Sakuranime kemarin sudah membahas rekomendasi anime isekai terbaik, sekarang akan kita bahas kebalikannya yaitu rekomendasi anime reverse isekai terbaik. Nah buat kamu yang belum mengerti apa sih itu reverse isekai? Sakuranime akan sedikit menjelaskan tentang genre satu ini.

Sebenarnya reverse isekai bukan genre utama seperti comedy, action, atau romance tapi genre alternative dari isekai. Sudah tahu kan genre isekai seperti apa? Isekai cenderung menceritakan tentang tokoh utama yang terlempar ke dunia lain (Dunia Fantasy). Nah bagaimana kalau tokoh utama (Atau tokoh penting) dari dunia lain yang terlempar ke dunia manusia? Itu lah yang dimaksud reverse isekai.

Sebenarnya anime seperti ini juga bisa dibilang isekai dan tak wajib menggunakan “Reverse” atau apalah. Tapi untuk mempermudahkan kalian dalam mencari anime “Tokoh utama dari dunia lain”, maka terciptalah reverse isekai. Mungkin kalian sudah mengerti dan langsung saja mari kita ke topik utama yaitu rekomendasi anime reverse isekai terbaik versi Sakuranime.

#21. Ano Natsu de Matteru

Rekomendasi Anime Reverse Isekai Terbaik | Best Reverse Isekai Anime of All Time

Dalam anime ini, heroine-nya berasal dari dunia berbeda atau lebih tepatnya sih planet yang berbeda. Dari segi cerita hampir mirip dengan AnoHana karena memang genre drama dalam anime ini cukup kental sehingga bisa membuat kamu terharu. Uniknya, ada genre supernatural yang kuat dalam anime ini sehingga menciptakan sebuah cerita drama supernatural yang menarik banget.

Berkisah tentang seorang pemuda bernama Kirishima Kaito dengan teman-temannya yang bertujuan untuk membuat suatu film. Sebelumnya ia bertemu dengan senpai-nya bernama Ichika, gadis misterius namun sangat cantik di mata Kirishima yang kemudian juga bergabung bersamanya di klub film. Seiring berjalannya waktu, mereka saling menghabiskan kebersamaan dengan teman-teman sampai identitas asli Ichika terbongkar. Ada dua heroine di anime ini dan menurut Sakuranime sangat mirip kisahnya dengan Zero Two dan Ichigo (Darling in the FranXX).

#20. Tasogare Otome x Amnesia

Masih sama seperti yang di atas, heroine di anime ini beda dunia yaitu dunia roh alias hantu, silahkan nonton sendiri anime-nya kalian pasti mengerti maksudnya. Anime ini merupakan anime horror comedy, tentu saja akan membuat kamu merasakan dua sensasi yaitu ketawa dan merinding tapi untuk endingnya mungkin agak mengharukan. Perpaduan genre seperti ini memang tak jarang ditemukan dan menurut Sakuranime, sampai sekarang ini Tasogare Otome x Amnesia adalah anime horror comedy terbaik. Oh iya, unsur romance di anime ini juga kental banget.

Kisahnya bermula ketika Niiya Teiichi, seorang anak sekolah biasa tersesat di suatu ruangan aneh disekolahnya. Di sana ia kemudian bertemu dengan sosok gadis cantik bernama Kanoe Yuuko yang ternyata adalah roh dan hanya bisa dilihat oleh Niiya dan beberapa orang saja. Ia kemudian memutuskan untuk bergabung ke sebuah klub penelitian makhluk astral yang diketuai oleh Yuuko sekaligus mencari tahu penyebab kematian Yuuko dan memecahkan berbagai misteri di Seikyou Academy.

#19. Kore wa Zombie Desu ka? (Is This a Zombie?)

Anime ini lebih fokus ke tema magic, zombie, dan comedy. Berbicara tentang reverse isekai, ada karakter yang berasal dari dunia lain kemudian pergi ke dunia manusia. Poin lebih dari anime ini adalah komedi yang bekelas. Tentu saja masih mementingkan alur cerita yang kadang-kadang bisa membuat kamu terhanyut dengan drama dalam anime ini.

Anime ini bercerita tentang seorang pemuda bernama Aikawa Ayumu yang kembali hidup atau lebih tepatnya dihidupkan kembali sebagai zombie oleh seorang gadis necromancer dari dunia bawah tanah bernama Eucliwood Hellscythe. Sejak itulah, Ayumu hidup sebagai zombie dan harus melayani Eucliwood serta mencari tahu siapa pembunuh dan mengapa ia sampai terbunuh.

#18. High School DxD

Lagi-lagi heroine yang jalan-jalan ke dunia main chara-nya yaitu dunia manusia. Mungkin kalian mengenal Rias-senpai yang merupakan Iblis dari dunia Iblis yang bertempat tinggal di dunia manusia bersama dengan sang karakter utama. Dari segi cerita sebenarnya sangat seru, tapi penuh dengan fan service yang ecchi banget bahkan ecchi-nya itu sudah kelas berat.

Semuanya berawal ketika Hyoudou Issei hampir terbunuh oleh Malaikat Jatuh. Ketika ia sedang sekarat, tiba-tiba Rias Gremory datang menolongnya sebagai Iblis dan membuat Issei menjadi Iblis sekaligus sebagai Pion-nya. Sejak saat itulah ia terlibat dengan banyak permasalahan dunia Iblis, Manusia, Malaikat Jatuh, dan Para Malaikat itu sendiri. Salah satu keunikan dari anime ini adalah harem-nya yang mantap banget.

#17. Binbougami ga! (Good Luck Girl!)

Kekuatan utama dari anime ini adalah “Membuatmu tertawa” dengan kisah parodi dan komedi yang sudah tak perlu ditanya kualitasnya. Unsur reverse isekai-nya bisa dirasakan dari salah satu karakter utama dari anime ini yang merupakan seorang Dewi kemudian turun ke bumi untuk menjalankan misinya. Anime ini hanya untuk menghibur, jadi kamu tidak akan menemukan kisah mendramatis atau romantis seperti Drama Korea.

Fokus pada seorang gadis bernama Ichiko Sakura yang sangat cantik, cerdas, dengan kekayaan melimpah. Sakura sangat dilimpahkan oleh keberuntungan sehingga mengganggu keseimbangan keberuntungan orang yang ada disekitarnya. Karena itulah, seorang Dewi miskin bernama Momiji ditugaskan untuk merenggut sebagian dari kekuatan keberuntungan Sakura agar tak terjadi malapetaka.

#16. Beelzebub

Sama dengan Binbougami ga!, anime ini juga mengandung unsur komedi berkelas. Namun dipadukan dengan school dan martial arts yang keren banget. Anime ini sekilas mirip dengan Crows Zero yang sama-sama menceritakan tentang siswa-siswa berandalan dalam suatu sekolah, itu loh yang Genjiaahh! dan kawan-kawan. Selain kisah komedi, Beelzebub juga menampilkan adegan-adegan fight yang epic banget. Reverse isekai pada anime ini ada pada salah satu karakter bayi yang berasal dari dunia Iblis yang masuk ke dunia manusia untuk membinasakan manusia (Ada-ada ajah nih orok satu).

Berawal dari seorang anak berandalan bernama Oga Tatsumi yang dikenal sebagai preman paling kasar di SMA Ishiyama. Suatu hari, ia melihat om-om mengambang di sungai kemudian menolongnya. Tiba-tiba perut om-om tersebut terbuka dan keluar bayi dari perutnya. Bayi tersebut bernama Beelzebub yang ternyata merupakan anak dari Raja Iblis. Sejak saat itulah, Tatsumi kemudian menjadi ayah pengganti dari Bayi Beel sampai ia bisa memusnahkan manusia (Oke fix, nih orok durhaka).

#15. Shinryaku! Ika Musume

Anime ini punya komedi yang unik dan memiliki porsi cerita yang tidak terlalu berat, artinya bisa dicerna untuk kalian yang tidak terlalu suka dengan anime yang memiliki cerita bikin pusing. Sakuranime juga suka dari segi karakter karena di sini main charanya adalah cewek cantik berambut biru yang entah mengapa selalu bikin tersenyum. Apakah ini yang dinamakan cinta? Bukan yah, kalau cinta bikin doki-doki lah ini Cuma tersenyum.

Well lupakan itu, anime ini berkisah tentang Ika Musume yang memiliki rencana untuk menginvasi daratan sekitar lautan karena merasa terganggu dengan perbuatan manusia yang sering mengotori lautan tempat ia berada. Ia memulai untuk menguasai Umi no le Lemon, kedai kecil keluarga Aizawa. Namun pada akhirnya Ika malah disuruh menjadi pegawai di sana karena telah merusak kedainya dan dimulailah kehidupan lucu Ika Musume. Oh iya, karena Ika Musume ini berasal dari dunia dan ras berbeda, maka bisa dibilang anime ini bertema reverse isekai.

#14. To-Love-Ru Series

Sensasi pertama yang akan kalian rasakan ketika menonton anime ini adalah “Horny” soalnya ecchi-nya itu sangat kuat, tapi tidak sekuat High School DxD tentunya. Lebih ke comedy, To-Love Ru tidak akan memberikan adegan-adegan yang bisa membuat kamu menangis karena pada dasarnya anime ini adalah anime harem komedi dengan banyak gadis moe didalamnya. Unsur reverse isekai lagi-lagi dirasakan dari sang heroine yang berasal bukan dari bumi, melainkan dari planet nan jauh.

Berawal dari seorang pemuda bernama Yuuki Rito yang berusia 16 tahun. Ia adalah pribadi yang pemalu dan sangat menyukai Sairenji Haruna, gadis teman sekolahnya tapi masih malu mengungkapkan perasaannya. Suatu hari saat ia sedang mandi, seorang gadis jatuh tepat di rumah Rito dan mengaku sebagai Lala yang berasal dari Planet Deviluke. Sejak saat itulah, Rito menghabiskan waktu bersama Lala dan para harem-nya yang diperkenalkan dari episode ke episode.

#13. The World God Only Knows

Anime ini mengusung tema harem yang sangat “Ramai” sekali karena heroine di anime ini benar-benar banyak. Salah satu heroine utama dalam anime ini ternyata berasal dari dunia Iblis yang turun ke dunia untuk mengutuk dan mengikat kontrak dengan salah satu manusia di sana dan memburu Iblis yang berada di hati manusia.

Berawal ketika Katsuragi, pemuda yang sangat introvet dan kerjanya cuma ngegame mulu. Game favoritenya adalah Galge, khususnya untuk galge yang bertema menalukkan wanita. Suatu hari, tiba-tiba seorang gadis muncul dan mengaku sebagai Iblis yang mencari seseorang untuk mengingat kontrak. Ia kemudian mengikat kontrak dengan Katsuragi dan menangkap para Iblis dalam hati para cewek dengan cara menciumnya.

#12. Suisei no Gargantia

Anime ini memiliki cerita yang menarik dan cenderung ke Sci-Fi, Space, dan Drama. Kalau dari segi cerita sih cukup bagus dan tidak mudah ditebak. Unsur reverse isekai di anime ini dirasakan dari sang karakter utama yang terlempar dari dunia lain atau lebih tepatnya planet lain ke bumi. Sebenarnya asal usul dari karakter utama kita ini adalah bumi, tapi karena bumi sudah hancur, para manusia kemudian pergi ke planet Avalon dan tinggal di sana.

Nah sudah lama mereka bertarung dengan Hideauze, alien yang selalu saja menimbulkan malapetaka untuk kehidupan manusia. Di saat sedang terjadi pertarungan dengan alien ini, sang karakter utama kita yang bernama Ledo terlempar ke dunia asing yang ternyata adalah bumi. Ledo pun memulai hidup di sana sambil mencari tahu sejarah dan apa yang sebenarnya terjadi dibalik perang ini. Oh iya, Sakuranime juga suka banget dengan grafis anime ini karena benar-benar keren.

#11. Matantei Loki Ragnarok

Anime yang satu ini termasuk anime lawas yang rilis tahun 2003 silam tapi masih lumayan bagus untuk ditonton sekarang ini. Berkisah tentang Loki, seorang dewa yang diasingkan ke dunia manusia dalam bentuk anak kecil. Untuk dapat kembali ke kalangan Para Dewa, ia harus mengumpulkan aura jahat dari dalam hati manusia menggunakan jalan sebagai seorang detektif.

Cerita semakin seru ketika gadis manusia ikut membantu dalam memecahkan misteri karena gadis ini juga sangat suka dengan misteri. Tidak hanya sekedar itu, pihak lain dari kalangan Dewa lainnya juga ada yang berniat untuk membunuh Loki.

#10. Majokko Shimai no Yoyo to Nene

Sebuah anime movie dengan grafis yang sangat bagus, terasa colorfull banget untuk sebuah movie yang rilis pada tahun 2013. Unsur fantasy dan magic dalam anime ini cukup kental dan ceritanya pun cenderung mengarah ke magic. Kalau tentang reverse isekai tentu saja sangat kuat dan yah pokoknya seru banget, jauh dari kata membosankan dan semacamnya.

Berkisah tentang dua orang penyihir bersaudara yang secara tiba-tiba terjebak dalam dunia para manusia. Di dunia tersebut, sihir benar-benar tidak dikenal oleh manusia dan menganggapnya sebagai cerita dalam dongen belaka. Saat mereka di dalam dunia tersebut, terjadi kejadian aneh di mana manusia menjadi monster. Tidak bisa dipungkiri, mereka pun terlibat dalam masalah berakar.

#9. Konjiki no Gash Bell!! (Zatch Bell!)

Anime ini cukup menarik meski sudah termasuk anime lawas dengan 150 episode. Anime ini juga lebih ditekankan untuk kamu yang suka reverse isekai dengan tema adventure dan magic yang kental. Berkisah tentang Gash Bell, Iblis berkekuatan petir yang ditemukan pingsan oleh ayah Kiyomaro. Kiyomaro kemudian disuruh untuk menjaga Gash Bell yang kala itu sedang hilang ingatan, berbeda dengan Iblis lainnya yang datang dengan tujuan mencari partner untuk bertarung satu sama lain.

#8. Dance in the Vampire Bund

Nah anime ini lebih mengarah ke dark dengan karakter utama wanita yang keren banget, so beautiful. Unsur reverse isekai juga bisa disaksikan dari karakter utama wanita ini karena ia berasal dari dunia dan ras berbeda. Berkisah tentang dunia yang tak terpacaya dengan kehadiran vampire sampai suatu hari, Ratu Vampire bernama Mina Tepes mengumumkan bahwa bangsa Vampire akan menciptakan Kerajaan sendiri yang dibangun di Reclaimed Land Zero, pulau yang berada di pesisir Tokyo.

#7. Sakasama no Patema (Patema Inverted)

Anime ini bertipe movie dengan durasi sekitar 1 jam 40 menit. Dengan durasi yang tidak sampai 2 jam itu, anime ini berhasil memberikan berbagai perasaan yang tidak akan pernah ditemukan dalam anime lain, apalagi dengan ending yang sangat memuaskan. Unsur reverse isekai dari anime ini bisa dirasakan dari heroine utama yang berasal dari dunia lain (Inverted world) dan masuk ke dunia sang main character anime ini (Normal world). Oh iya, anime ini juga mengandung unsur romance dengan pesan “Untuk cinta, bahkan gravitasi pun bukan halangan.”

Kisahnya berawal ketika seorang gadis bernama Patema yang memberanikan diri untuk masuk ke “Zona larangan” dan secara tidak sengaja ia terjatuh ke lubang tanpa dasar setelah diserang oleh orang misterius. Ia kemudian tiba di suatu permukaan yang ternyata merupakan dunia terbalik. Di sana ia diselamatkan oleh seorang pria muda dengan hidup monoton bernama Age. Di dunia yang Age tempati, ia merasa hampa dengan ajaran tak mendasar. Karena itulah ia mati-matian melindungi Patema kemudian mencari asal usul dunia yang mereka tempati.

#6. Kobayashi-san Chi no Maid Dragon

Satu lagi anime dengan komedi yang sangat menghibur. Anime ini merupakan anime slice of life dengan paduan fantasy yang menarik. Di anime ini kamu akan melihat salah satu karakter utama yang berasal dari dunia dan ras yang berbeda kemudian berbaur dengan para manusia. Uniknya lagi, latar tempat di anime ini sudah modern. Jadi seakan-akan makhluk fantasy dari abad pertengahan masuk ke zaman sekarang dan menjelma sebagai manusia.

Bercerita tentang Kobayashi, wanita yang tinggal seorang diri di apartemen miliknya dan menjalani hari kerjanya seperti orang-orang yang lain. Suatu hari, ia menolong seekor Naga yang sedang terluka dan pada akhirnya Naga tersebut menjadi pelayan Kobayashi bernama Tooru. Tooru kemudian menjadi Maidragon dari Kobayashi dan hidup bersama dalam keseharian lucu.

#5. Monster Musume No Iru Nichijou

Sama dengan Kobayashi-san Chi no Maid Dragon, karakternya juga berasal dari dunia dan ras berbeda yang kemudian masuk ke dalam hidup para manusia. Bedanya, anime ini fokus ke romance dan harem. Jadi para heroine di anime ini adalah gadis setengah hewan seperti setengah laba-laba, setengah ular, setengah ikan (Putri duyung), dan lainnya. Para gadis ini kemudian mengisi kehidupan sang main character yang merupakan pria biasa-biasa saja.

Kurusu Kimihito merupakan relawan dalam sebuah program pertukaran antar spesies dan karena hal itulah, ia akhirnya satu rumah dengan gadis ular bernama Miia. Seiiring berjalannya waktu, ia kemudian bertemu dengan banyak gadis setengah hewan dan mengadopsi mereka, atau lebih tepatnya menjadikan mereka harem-nya mungkin yah? Tapi karakter utama kita satu ini tidak sebejat itu kok.

#4. Fate Series

Cerita yang menarik, grafis yang memukau, dan action yang epic. Ketiga poin tersebut adalah kekuatan dari anime Fate, khususnya seri Fate/stay night: Unlimited Blade Works. Anime ini berkisah tentang pertarungan para servant dan tuan-nya masing-masing untuk memperebutkan cawan suci yang bisa mengabulkan permohonan apapun.

Nah para servant ini adalah para pahlawan yang dipanggil dari zaman berbeda kemudian bertarung satu sama lain. Karena itulah unsur reverse isekai-nya sangat kuat karena setiap seri Fate pasti ada karakter penting yang dipanggil dari zaman atau dunia yang berbeda.

#3. Re: Creator

Kalau berbicara tentang unsur reverse isekai, anime ini adalah anime dengan unsur reverse isekai terkuat dalam list rekomendasi kali ini. Di sini kalian bisa melihat karakter anime yang keluar dari anime dalam anime. Re: Creator memperlihatkan adegan fight yang keren dengan cerita menarik, bahkan konsep yang sama masih jarang ditemukan dalam anime-anime lain.

Bercerita tentang dunia di mana manusia adalah “Tuhan” yang menciptakan segalanya. Fokus pada Souta Mizushino yang tiba-tiba terbawa ke dunia fantasy dan bertemu dengan Celestia Yupitilita, salah satu karakter dari Novel yang sering ia baca. Mereka kemudian terdampar ke dunia manusia modern dan mencari tahu tentang dunia tersebut serta bagaimana caranya kembali ke dunia mereka yang sebenarnya dengan cara mencari pencipta mereka.

#2. Hataraku Maou-sama!

Selanjutnya ada anime yang berbeda dengan anime kebanyakan yang sudah Sakuranime ulas di atas tadi, karena karakter utama dan heroine di anime ini semuanya berasal dari dunia yang berbeda kemudian masuk ke dalam dunia manusia. Uniknya, berpindah dunia juga mengubah pola hidup mereka yang tadinya saling berperang, eh malah jadi sering bikin lucu. Yup, anime ini memang memiliki unsur komedi yang selalu bikin senyum sendiri.

Berawal ketika sang Raja Iblis Maou Satan bersama para Jenderal-nya berhasil ditekan mundur oleh sang Pahlawan bernama Emilia dari dunia Ente Isla. Dengan terpaksa, Maou Satan kemudian membuka portal teleportasi dan terdampar ke bumi, tepatnya di Tokyo. Nah karena di bumi sangat kurang kekuatan sihirnya, Maou dan antek-anteknya terpaksa harus bekerja untuk tetap hidup di bumi seperti menjadi pelayan restoran dan sebagainya.

#1. Gabriel Dropout

Anime ini juga memiliki unsur komedi yang kuat dan lebih cocok untuk kamu tonton bagi yang suka anime tentang keseharian gadis-gadis cantik seperti K-ON, Yuru Camp, Mitsuboshi Colors, dan lainnya. Namun hal yang unik dari Gabriel Dropout adalah kisah komedi yang menyangkut tentang Malaikat dan Iblis yang turun ke dunia manusia untuk mengetahui seperti apa sih kehidupan manusia di sana.

Fokus pada salah satu Malaikat paling cerdas dan berkarismatik bernama Gabriel yang ditugaskan untuk turun ke bumi. Tapi setelah sampai ke bumi, eh ia malah jadi kecanduan main game sampai-sampai sering bolos sekolah dan menjadikannya sebagai Malaikat Jatuh. Di kehidupannya itu, ia bertemu dengan sesama Malaikat dan Iblis lainnya kemudian menciptakan suasana lucu yang menghibur. Salah satu scene yang Sakuranime suka dari anime ini adalah saat Gabriel yang ingin mengakhiri dunia dengan meniup trompet miliknya, so funny.

Read More! Rekomendasi Anime Bertema Vampire Terbaik versi Sakuranime

Sekian rekomendasi anime reverse isekai terbaik kali ini dan akan terus Sakuranime update untuk kalian. Well, thanks sudah mau nongkrong di Sakuranime dan jangan lupa share and like agar teman kamu tidak ketinggalan rekomendasi yang satu ini karen jujur saja, reverse isekai itu benar-benar tema anime yang sangat menarik. Sampai jumpa di pembahasan Sakuranime lainnya and matta nee!!