Sakuranime.com – Shoujo-Ai atau juga dikenal sebagai genre Yuri merupakan genre yang terdapat pada Manga atau Anime yang memperlihatkan cerita romantic sesama perempuan. Meski begitu, tontonan yang diberikan oleh anime dengan genre Shoujo-Ai/Yuri ini memiliki banyak fans dan cerita yang sebenarnya cukup menarik.

Anime seperti ini biasanya tak selalu menyajikan hal yang di luar dugaan, tontonan ini hanya sekedar hiburan dengan cerita yang beda dari yang lain. Lagi pula, Shoujo Ai/Yuri tidak selalu menampilkan cerita cinta sesama perempuan melainkan bisa berarti sayang, rasa hormat atau persahabatan. Nah, berikut ini adalah rekomendasi anime Shoujo-Ai/Yuri paling di rekomendasikan oleh Sakuranime.

#22. Bakuretsu Tenshi

Mungkin bukan anime yang difokuskan pada Yuri, tapi tetap saja melihat kedua karakter utama yang sama-sama cewek membuat penonton tertarik dan lebih berkesan Yuri gitu guys. Anime ini memiliki genre utama Adventure dan Mecha. Dari segi cerita cukup menarik, tapi sayangnya masih kurang jika disandingkan dengan anime-anime di bawah yang akan kita ulas. Tapi selera orang beda-beda yah, siapa tau anime ini cocok banget buat kamu tonton. Oh iya, karakter utama anime ini badass gila deh.

#21. Netsuzou Trap

Banyak yang membenci manga dari Netsuzou Trap, tapi bagi pecinta Yuri sudah pasti kalau manga dan anime-nya benar-benar idola banget. Berkisah tentang dua orang gadis yang masing-masing sudah punya pacar, tapi ternyata mereka diam-diam masih ingin dekat satu sama lain. Unsur NTR juga ada loh di anime ini, NTR-nya unik banget.

#20. Konohana Kitan

Kalau anime Yuri terbaik satu ini beda guys ceweknya, jadi di sini kamu akan melihat banyak banget cewek dan loli (Bedanya apa?) yang memiliki telinga hewan seperti telinga rubah (Yah emang rubah -_-). Jadi di anime ini berkisah tentang para gadis rubah yang bekerja di sebuah penginapan bernama Konohanatei.

Nah di sepanjang cerita, anime fokus pada loli rubah cantik bernama Yuzu-chan. Seperti ciri khas dari anime Yuri kebanyakan, kalian akan jarang banget melihat sosok laki-laki di anime ini dan hal itu benar-benar hal yang disukai oleh kalian sebagai pecinta YurI, iya enggak?

#19. Mai-HiME

Selanjutnya ada anime yang cukup lawas di mana anime ini rilis tahun 2004 silam dengan jumlah 26 episode. Beda dengan anime Yuri lainnya yang fokus pada kisah percintaan yang super drama banget, anime ini malah memberikan tontonan action yang cukup menarik. Berkisah tentang gadis-gadis yang bertarung melawan sosok misterius yang disebut Orphans.

#18. Simoun

2 tahun berlalu setelah rilisnya anime Mai-HiME yang telah Sakuranime bahas di atas, di 2006 rilis sebuah anime keren bergenre Military yang dibumbui genre Yuri yang cukup kental. Berkisah tentang perempuan yang terpilih bebas memilih siapa pasangannya yang kemudian mereka akan mengendari kapal terbang kuno untuk mempertahankan Simulicram.

#17. Strawberry Panic

Anime Yuri satu ini jalan ceritanya bagus banget, romancenya juga menarik (Bagi pecinta Yuri sih), tapi sayangnya untuk ending bukanlah yang paling bagus menurut Sakuranime selama menonton banyak anime Yuri sejauh ini. Di sepanjang cerita kalian juga akan melihat banyak cewek tanpa pria satu pun.

Sayangnya untuk masalah grafis kurang greget yah dibandingkan anime sekarang ini, maklum lah anime lawas. Berawal ketika Aoi Nagisa dipindahkan ke sekolah St. Miator, sebuah sekolah mewah di mana isinya cewek semua. Nah mulai dari sini, ia menjalani kesehariannya didampingi dengan banyak cewek-cewek cantik.

#16. Kannazuki no Miko

Anime dengan unsur supernatural yang kuat ini memiliki unsur Yuri yang seru banget untuk ditonton, pasalnya juga mengusung genre action dengan kehadiran mecha di anime ini. Dari segi cerita mungkin bukan yang terbaik di beberapa genre utamanya, tapi jika kamu suka dengan kisah-kisah Rakyat Jepang, sepertinya anime ini patut direkomendasikan untuk kamu.

#15. Kanamemo

Di anime ini kamu bisa melihat seperti apa sosok milf, onee-san, dan loli. Meski rilis tahun 2009, ternyata anime ini berwarna banget dengan kisah comedy yang sangat menghibur, tentu saja untuk masalah Yuri tidak perlu dipertanyakan lagi. Duh jadi ingat deh sama Non Non Biyori ^-^

Berkisah tentang Kana yang merupakan siswi SMP. Ia kemudian tinggal sendirian ketika neneknya meninggal dunia, namun ia berhasil menemukan tempat yang layak untuknya. Saat dirinya sedang berusaha hidup dengan cara bekerja, kehadiran teman-teman ceweknya membuat hidupnya lebih berwarna.

#14. Blue Drop

Meski sudah termasuk anime lawas, ternyata masalah grafis masih enak banget dipandang mata dan art penggambaran karakter juga bagus banget, sasuga deh buat Gonzo Studio. Oh iya, anime ini juga mengusung unsur Sci-Fi dengan Drama yang menarik banget, sayangnya masih kurang greget sih kalau menurut Sakuranime.

#13. Mikagura Gakuen Kumikyoku

Karakter utama cewek yang lugu dan priang, komedi anime yang pas, dan unsur Yuri yang menarik meski sedikit doang membuat anime ini bisa menjadi teman nonton di kala kamu sedang bersantai.

Berkisah tentang Eruna yang masuk ke Akademi Mikagura dengan tujuan mengejar gadis-gadis yang punya paras cantik. Nah dia belum tahu bahwa ternyata murid di akademi itu harus ikut sebuah klub di mana ia harus bertarung menggunakan kekuatan super dengan klub-klub yang lain. Intinya sih anime ini cocok banget buat kamu yang suka komedi dengan tokoh-tokoh lebay.

#12. Kashimashi: Girl Meets Girl

Anime lawas dengan tiga karakter utama cewek ini cukup menarik, baik dari segi cerita dan unsur Yuri-nya. Berkisah tentang Hazumu yang merupakan seorang anak laki-laki yang langsung ditolak oleh Yazuna. Saat ia tertekan dan memohon pada bintang jatuh, ia berubah menjadi wanita dan harus menjalani kesehariannya bersama Yazuna dan Tomari.

#11. Citrus

Sejak episode perdana dari Citrus rilis, siapa sangka kalau anime ini benar-benar memberikan tontonan menarik yang marak dibicarakan di banyak forum-forum dan setelah ditonton, unsur Yuri-nya benar-benar spesial ternyata bung. Berkisah tentang Yuzu yang belum pernah merasakan apa itu cinta.

Yuzu kemudian harus menerima nasib kalau ibunya akan menikah lagi dan memiliki saudara tiri. Ia pengen banget punya pacar kala itu, tapi apa lah daya ia harus dipindahkan ke sekolah khusus wanita. Sialnya lagi, ia malah bertemu dengan adik tirinya di sana yang ternyata merupakan ketua OSIS. Tapi eh dulunya ia sangat benci malah perlahan menjadi tertarik dan suka satu sama lain.

#10. Inugami-san to Nekoyama-san

Inugami-san to Nekoyama-san

Nekoyama Suzu adalah gadis pemalu penyuka anjing namun seorang tsundere dan Inugami Yachiyo adalah gadis ramah namun memiliki sifat masokis yang sangat menyukai kucing. Setelah pertemuan di antara keduanya yang ditakdirkan, mereka tertarik satu sama lain. Dengan pendekatan naluri Inagumi membuat Nekoyama menjadi malu-malu. Sehingga teman mereka bernama Aki harus bekerja lebih ekstra agar mereka bisa lebih akrab.

#9. Kämpfer

Kämpfer

Senou Natsuru, seorang anak laki-laki yang memiliki kehidupan normal, namun kehidupan normalnya kian berubah setelah dia terbangun di pagi hari dan terdapat sebuah gelang aneh di pergelangan tangannya. Semenjak memiliki gelang tersebut, dia dapat berubah menjadi seorang perempuan ditambah boneka Harakiri Tora kepunyaannya kemudian bisa berbicara, hal ini membuatnya semakin bingung.

Namun kebingungannya itu kian hilang setelah Boneka Harakirinya menjelaskan bahwa dirinya telah terpilih menjadi seorang Kampfer dan mengharuskan dia bertempur dengan Kampfer lainnya.

#8. Sakura Trick

Sakura Trick

Mengisahkan 2 gadis bernama Haruka dan Yuu yang masuk disekolah tinggi, namun telah di jadwalkan akan ditutup dalam 3 tahun kedepan. Sehingga keduanya membuat momen-momen istimewa dengan cara berbagi ciuman dan hubungan di antaranya semakin dalam yang awalnya hanya sekedar teman.

#7. Maria†Holic

Maria†Holic

Mengisahkan Miyamae Kanako, gadis SMA yang mempunyai alergi yang aneh yaitu alergi terhadap seorang anak laki-laki. Sehingga dia memilih mendaftar di sekolah khusus wanita dengan harapan dia akan menemukan seorang teman wanita yang romantis. Tapi calon yang menurutnya cocok buatnya ternyata seorang anak laki-laki bernama Shidou Mariya, bersama dengan pembantunya yang sinis bernama Shinouji Matsurika  membuat hari-hari Kanako menjadi sangat sulit.

#6. Yuru Yuri

Yuru Yuri

Anime ini merupakan anime komedi dengan karakternya yang perempuan semua, berawal dari si Akari yang mulai masuk SMP namun pada hari pertama sekolah dia bangun kesiangan sehingga membuatnya terlambat.

Akari adalah gadis yang sering mendapat kesialan, dijahili bahkan jadi bahan ejekan teman-temannya, namun dia tetaplah baik hati serta memiliki sifat positif thinking.

Bersama kedua temannya yaitu Kyouko dengan sifatnya yang kekanak-kanakan serta sangat semberono dan Yui dengan sifatnya yang cool serta kalem. Ketiganya merupakan anggota dari klub kebahagiaan.

#5. Sasameki Koto

Sasameki Koto

Mengisahkan kehidupan Sumika Murasame yang pintar serta populer di sekolahnya serta jago olahraga dan dia menjadi wakil kelas. Sumika memiliki teman baik bernama Ushio Kawazama yang secara diam-diam dia sukai, namun sayang, Kawasama ternyata hanya menyukai seorang perempuan.

#4. Akuma no Riddle

Akuma no Riddle

Azuma Tokaku adalah seorang gadis yang sejak kecil telah dilatih untuk menjadi seorang pembunuh. Namun disuatu hari dia mendapat tugas untuk masuk dikelas Kurogami yang dikenal oleh masyarakat adalah sebuah kelas khusus yang berisi para murid elit, namun sebenarnya berisi kumpulan gadis-gadis yang sangat ahli dalam membunus seperti Tokaku. Seharusnya Tokaku ikut bersaing dalam membunuh Ichinose Haru yang kebetulan ikut juga bergabung dalam kelas tersebut, tapi Tokaku malah melindungi gadis tersebut dari para pembunuh lain.

#3. Candy Boy Series

Candy Boy Series

Yuhino dan Kanade Sakurai adalah seorang saudara kembar yang masuk ke sekolah tinggi yang terdapat di Tokyo. Anime ini memusatkan ceritanya pada kehidupan mereka berdua. Selain itu, terdapat juga hubungan mereka yang diwarnai denga hadirnya seorang gadis dan seorang siswi tahun pertama yang memiliki perasaan terhadap Kanade, gadis itu bernama Sakuya Kamiyama.

#2. Aoi Hana

Aoi Hana

Akira dan Fumi yang merupakan sepasang teman masa kecil namun berpisah setelah Fumi yang pindah rumah. Namun setelah sekian lama dipisahkan kan oleh jarak akhirnya keduanya bertemu saat hari pertama masuk SMA.

Walaupun mereka berada di sekolah yang berbeda tapi  sering terjadi hal-hal yang membuat mereka saling terhubung secara kebetulan. Di lain pihak, Fumi sebenarnya lagi jatuh cinta pada Sugimoto Yasuko yang merupakan kakak kelasnya, ia banyak dikagumi oleh banyak orang, namun sahabat baru Akira di sekolahnya ternyata juga menyukai Sugimoto.

#1. Maria-sama ga Miteru

Maria-sama ga Miteru

Mengisahkan tentang kehidupan para siswi di sekolah khusus wanita yaitu St. Lilim, sekolah yang memiliki sisitem yang sangat unik yaitu adanya sistem Kakak-Adik diantara para muridnya. Sistem ini berlaku bagi seorang kakak kelas memberikan sebuah kalung Rosario kepada adik kelasnya yang dipilih terus sang adik kelas menerimanya, maka status diantara mereka akan seperti kakak beradik.

Sekolah ini juga memiliki sebuah oraganisasi unik yaitu dengan anggota terdiri dari 3 orang siswi yang sering disebut Roses dan para adik-adik merak sehingga totalnya memiliki 9 anggota.

Read More! 15 Rekomendasi Anime Shoujo Terbaik versi Sakuranime

Untuk kamu yang suka akan genre Shoujo-Ai atau Yuri, daftar rekomendasi anime Shoujo-Ai/Yuri terbaik di atas tak boleh kamu lewatkan begitu saja. Sekian rekomendasi kali ini, don’t forget to share, comment and see you again minna! ^-^