#15. Megalo Box

Tinju (Sci-Fi) | Action, Sci-Fi, Slice of Life, Sports, Drama

Anime ini cukup serius dan “Dewasa” banget untuk sebuah genre sports. Olahraga yang dibahas adalah Boxing atau Tinju. Bedanya, di anime ini kamu bisa melihat olahraga tinju yang lebih modern dan menggunakan alat khusus, tepatnya Sci-Fi Boxing gitu. Padahal sensasinya sendiri ala-ala Retro Style tahun 90-an. Kisahnya sendiri tentang kehidupan JD atau Junk Dog sebagai seorang petarung tinju bawah tanah yang keras.

#14. Redline

Balapan Mobil | Action, Sci-Fi, Cars, Sports

Grafis unik dengan warna black yang memikat dan kehadiran karakter utama cowok serta heroine yang benar-benar keren. Anime ini difokuskan pada olahraga Race (Balapan mobil). Bedanya, lintasan yang digunakan ada di luar angkasa. Ceritanya sendiri agak berbelit-belit, intinya tentang kehidupan JP yang jago banget balapan. Namun karena masalah bla-bla-bla yang terjadi, ia berakhir di lintasan Redline, ajang balapan keras di suatu planet Cyborg.

#13. Prince of Tennis

Tenis Lapangan | Sports, Comedy

Echizen Ryoma, anak ajaib yang pindah ke Seigaku (Seishun Gakuen), sebuah sekolah yang terkenal dengan tenisnya yang bagus. Dalam turnamen sekolah, dia mengalahkan beberapa pemain terbaik di sekolah tersebut dan mendapat tempat di starting lineup klub. Sejak saat itu, perjalanan klub tenis Seigaku menuju Kejuaraan Nasional Sekolah Menengah dimulai, menghadapi tim saingan baru di setiap alur cerita yang baru.

#12. Diamond no Ace

Baseball | Sports, Comedy

Sawamura Eijun adalah pitcher SMP Akagi, di mana tim bisbol sekolah itu cukup buruk. Meskipun demikian, Sawamura benar-benar menikmati bermain dengan rekan setimnya. Dia kemudian masuk SMA melanjutkan perjalanan ke Koushien. Namun, dia dibimbing oleh seorang manajer dari sekolah swasta elit di Tokyo.

Setelah beberapa pertimbangan dan dorongan dari rekan setimnya di SMP, dia memutuskan untuk membawa mimpi mereka bersamanya saat dia pindah ke Tokyo untuk bergabung dengan tim baseball Seidou High School. Sayangnya, apa yang dia temukan tidak seperti yang dia harapkan.

#11. Hajime no Ippo

Tinju | Sports, Shounen, Martial Art

Ippo Makunouchi adalah anak sekolah yang pemalu. Setelah kehilangan ayahnya saat masih kecil, dia menghabiskan seluruh waktu luangnya untuk membantu ibunya. Sifat introvert dan kurangnya teman menarik sekelompok pengganggu yang sering memukulinya.

Suatu hari saat dia sedang dijahili, Ippo bertemu dengan Mamoru Takamura, petinju profesional yang menyelamatkannya dan menemukan apa yang menjadi takdirnya. Ippo kemudian bergabung dengan Kamogawa Boxing Gym dan memulai perjalanannya menuju kelas bulu Jepang dan mencari arti sebenarnya dari kekuatan.

#10. Yuri!!! on Ice

Ice Skating (Seluncur Es) | Sports, Comedy, Drama

Yuri Katsuki selalu mengidolakan sosok skater Victor Nikiforov, dan bermimpi suatu hari bisa meluncur di atas es yang sama dengannya. Sayangnya, ketika akhirnya mendapat kesempatan untuk melakukannya, dia mengacaukan permainannya yang akhirnya gagal dalam Grand Prix di Sochi.

Berikutnya, dia kembali ke kampung halamannya. Ketika dia pergi ke arena skating lokal dan dengan sempurna meniru Victor, sebuah video tentang dia diupload ke internet dan akhirnya menarik perhatian Victor. Victor kemudian muncul di depan mata Yuri, menyatakan bahwa dia sekarang akan menjadi pelatih Yuri untuk Grand Prix yang akan datang. Lihat laki-laki melakukan ace skating ternyata cukup beautiful juga, yohohoho.

#9. Hinomaruzumou

Sumo | Martial Arts, Shounen, Sports

Olahraga yang dibahas dalam anime ini adalah sumo. Salah satu olahraga asal Jepang yang jarang banget dijadikan sebagai topik utama dalam sebuah anime. Banyak orang yang berkata bahwa olahraga sumo itu nggak asik dan nggak keren, nah di anime ini karakter utamanya keren dan badass banget.

So maybe bisa sedikit merubah pandangan kalian tentang sumo. Kisahnya tentang seorang anak dengan mimpi menjadi pesumo professional. Tapi sayangnya, syarat tinggi badan tidak bisa ia capai. Namun ia terus berlatih dan ketika ia masuk SMA, ia bergabung dengan klub sumo dan mencoba memenangkan sumo tingkat SMA.

#8. Air Gear

Sepatu Roda Mesin | Sports, Action, Comedy, Romance

Ikki, seorang pemuda yang tertarik untuk mengendarai sebuah sepatu roda khusus dan membawanya ke dalam dunia Air Track dengan battle antar tim yang menegangkan. Untuk itu, Ikki yang seorang pemula perlahan memulai petualangannya untuk menjadi Sky King (Raja langit) selanjutnya dan membentuk sebuah tim AT yang tangguh.

#7. Yowamushi Pedal

Balap Sepeda | Sports, Shounen, Comedy

Sakamichi Onoda adalah Otaku yang ingin membentuk sebuah klub pecinta anime di sekolahnya dan sedang mencari anggota baru. Sementara itu, dua pesepeda berbakat juga masuk di sekolah yang sama. Bagi Shunsuke Imaizumi dan Shoukichi Naruko, balap sepeda sangat penting. Sebenarnya, tujuan mereka untuk tahun depan adalah mencapai Road Race Interhigh, dan mengincar podium kemenangan.

Suatu hari, Imaizumi melihat Onoda bersepeda ke Akihabara dan menempuh 90 km dengan kecepatan yang bahkan mengalahkan sepeda motor (Meski butut). Menyadari potensi yang luar biasa untuk balapan sepeda, dia mencoba membujuk Onoda untuk meninggalkan klub anime yang sepi demi klub balap sepeda.

#6. Hanebado!

Badminton (Bulu Tangkis) | Sports, Seinen

Pernah nggak dengar ada anime yang fokus sepenuhnya pada olahraga bulu tangkis? Mimin sendiri belum pernah menemukan anime bertema bulu tangkis selain di manga, tapi yang satu ini benar-benar anime yang menceritakan tentang bulu tangkis atau badminton.

Hal yang menarik yaitu yang menjadi MC di sini adalah cewek, salah satunya punyai oppai yang nggak biasa, muehehe. Ceritanya dramatis banget, berkisah tentang seorang gadis yang tidak memiliki tujuan dalam bulu tangkis, tapi mempunyai bakat. Sedangkan di sisi lain, ada satu gadis yang ingin sukses dalam bulu tangkis namun kemampuannya masih belum cukup.

Mereka pernah bertanding dan akhirnya dipertemukan kembali di klub sekolah. Nah, dari sini mereka kemudian mulai dekat dan perlahan menemukan tujuan baru untuk apa mereka bermain badminton.

#5. Eyeshield 21

American Football | Sports, Shounen, Comedy

Sena Kobayakawa adalah siswa pendek dan kurus di Deimon High School. Dia selalu menjadi sasaran pengganggu, dan teman masa kecilnya Anezaki Mamori akan selalu berusaha melindunginya. Pada hari pertamanya di Deimon, sekelompok pengganggu memojokkannya dan menyeretnya ke ruang klub kecil American Football, di mana dia diselamatkan oleh tim tersebut dan direkrut untuk menjadi sekretaris tim. Seiringnya waktu dan menyadari potensi dari Sena, dia akhirnya menjadi ace dengan nomor punggung 21.

#4. Baby Steps

Tenis Lapangan | Sports, Romance, Comedy, Drama

Maruo Eiichirou adalah anak laki-laki yang tepat waktu dan sungguh-sungguh berjuang untuk meraih nilai terbaik sejak SD. Dia mulai tertarik dengan tenis saat SMA. Di sana, ia bertemu dengan Takasaki Natsu, seorang gadis cantik dan baik yang hanya memiliki bakat dan minat untuk tenis. Karena analisis Maruo sangat tinggi, ia bisa berkembang dengan pesat bahkan hanya beberapa tahun saja ia sudah bisa setingkat dengan pemain terbaik tingkat prefektur.

#3. Ballroom e Youkoso

Rekomendasi Anime Sports Terbaik
Dansa Ballroom | Sports, Romance, Drama

Tatara Fujita adalah seorang siswa SMA biasa yang baik dan lemah lembut, namun sekarang dia sedang bingung menentukan masa depannya. Dalam perjalanan pulang dari sekolah, dia didekati oleh sekelompok pengganggu yang mencoba memerasnya, namun diselamatkan oleh seorang misterius nan tinggi bernama Kaname Sengoku.

Sengoku ternyata adalah penari ballroom profesional yang tertarik merekrut Tatara ke Ogawara Dance Studio. Dia kemudian menerima untuk mengambil beberapa pelatihan dan melangkah lebih jauh ke dunia ballroom yang kompetitif dan memukau, terinspirasi oleh salah satu penari di sana, Shizuku.

#2. Haikyuu!!

Voli | Sports, Shounen, Comedy, School

Shouyou Hinata tiba-tiba tertarik pada bola voli karena melihat pertandingan di televisi yang menampilkan pemain “The Small Giant” dan sangat ingin mengikuti jejaknya untuk menjadi pemain bola voli profesional meski bertubuh pendek. Setelah menderita kekalahan yang menyedihkan, Hinata bersumpah untuk mengalahkan Kageyama dan melampaui dia sebagai pemain voli.

Saat memasuki SMA Karasuno, sekolah dari “The Small Giant”, Hinata terpaksa dan harus menerima bahwa dia sekarang berada di tim yang sama dengan Kageyama. Keduanya harus belajar bekerja sama sehingga mereka bisa mengembalikan Karasuno menuju masa keemasannya yang dulu. Siapa sangka, mereka menjadi duo mematikan dari Karasuno dengan kecepatan kilat Hinata dan keakuratan passing milik Kageyama.

#1. Kuroko no Basket

Rekomendasi Anime Sports Terbaik
Basket | Sports, Shounen, Comedy

Klub Basket SMP Teikou, sebuah sekolah dengan tim basket super kuat dengan lebih dari 100 anggota klub dan memenangkan beberapa kejuaraan berturut-turut. Tetapi bahkan dalam klub terkuat itu, masih ada anggota tim yang bisa disebut “yang terkuat”, lima pemain dengan bakat yang hanya muncul dalam sepuluh tahun sekali yang disebut sebagai “Kiseki no Sedai”. Tapi ada rumor bahwa masih ada satu orang dari lima jenius tersebut yang diakui oleh Kiseki no Sedai itu sendiri, kunci dari segala kemenangan, Kuroko Tetsuya.

Saat ke-6 pemain berbakat ini tamat dari SMP, mereka kemudian pergi ke SMA yang berbeda dan bertemu dengan partner serta tim baru mereka. Kuroko yang masuk ke SMA Seirin bertemu dengan seorang pemuda yang kekuatannya setara dengan 5 pemain Kiseki no Sedai, Kagami Taiga. Dengan partner dan timnya tersebut, Kuroko memulai petualangannya untuk menjadi yang terbaik di kejuaraan basketball tingkat SMA dan mengalahkan Kiseki no Sedai yang lain.

Read More! Anime Mirip Nisekoi Paling Keren dan Menarik!

Menarik bukan? Rekomendasi anime sports terbaik di atas memiliki cerita yang menarik dan pastinya memiliki rating positif di mata dunia. Seperti biasa, jangan lupa share, dan komentar yah serta baca juga rekomendasi-rekomendasi anime lainnya hanya di Sakuranime. Salam animelovers Indonesia!

UPDATE SAKURANIME CHANNEL