Sakuranime.com – Hai pembaca setia Sakuranime, genki desu ka? Oke, admin kali ini akan mengulas sebuah list rekomendasi sih seperti yang Sakuranime lakukan di musim-musim sebelumnya yaitu mengulas rekomendasi anime spring 2018 terbaik. Di musim sebelumnya yaitu winter 2018, Sakuranime sudah mengulas daftar rekomendasinya dan tiba saatnya kita akan pindah haluan ke spring 2018. Menurut kalian spring 2018 ini seperti apa sih? Kalau menurut Sakuranime sendiri musim ini tak sebagus musim kemarin.

Berbeda dengan musim sebelumnya yang menampilkan banyak anime fresh (Rilis perdana), di musim ini Sakuranime lihat kurang banyak atau tidak sebanyak musim yang lalu yang pantas direkomendasikan. Hal yang paling istimewa dari spring 2018 ini mungkin hanya karena didalamnya ada kelanjutan sekuel seri anime terkenal seperti Shokugeki no Souma, Persona series, Amanchu!, dan lainnya. Tapi, tidak sebagus musim yang lalu bukan berarti jelek. Masih banyak kok anime-anime keren yang rilis pada spring 2018 seperti daftar anime terbaik spring 2018 versi Sakuranime di bawah.

#20. GeGeGe no Kitarou 2018 (Comedy, Demons, Shounen, Supernatural)

Tsundere-hime~!

Anime ini adalah anime remake dari sang anime legendaris berjudul GeGeGe no Kitarou yang pertama kali rilis pada 1968. Sebenarnya juga sempat dibuat remakenya pada tahun 1996, 2007, dan sekarang adalah versi 2018. Anime ini memiliki tema supernatural yang sangat kuat. Di sini juga membahas tentang Yokai, jadi untuk kamu yang suka menonton anime bertema Yokai seperti Natsume Yuujinchou, anime ini sangat direkomendasikan. Uniknya, GeGeGe no Kitarou terus mengikuti zaman dan menerapkannya ke dalam anime.

Jadi tidak seperti dulu yang latar tempatnya jadul banget, di sini lebih modern seperti kota besar, ada idol juga, dan lainnya. Tentu saja perubahan grafis jangan ditanya deh, khususnya untuk Neko Musume. Berkisah tentang dunia yang sudah hampir melupakan yang namanya roh atau Yokai. Berbagai kejadian aneh pun mulai terjadi. Fokus pada Kitarou dan teman-temannya untuk melawan roh jahat dan melindungi dunia.

#19. Wotaku ni Koi wa Muzukashii (Comedy, Romance)

Rekomendasi Anime Spring 2018 Terbaik
Ikemen maksimal yang cowoknya >///<

Suatu musim yang nggak ada romance comedy-nya itu ampas banget. Tapi untuk di spring 2018, anime ini menjadi rekomendasi teratas untuk kamu yang suka anime comedy dicampur romance. Dari segi karakter, Sakuranime suka dengan karakter yang ada di anime ini. Bawaannya pasti ingin selalu senyum-senyum sendiri, kalian tahu lah seperti apa orang kalau lagi nonton anime romance tapi sedikit lucu.

Anime ini lebih fokus pada kisah keseharian seorang otaku dalam dunia kerjanya. Ia kemudian bertemu dengan seorang gadis yang suka dengan hal-hal berbau Fujoshi. Keduanya kemudian bertemu setelah sekian lama tidak bertemu sejak SMP dahulu. Karena berada di perusahaan yang sama, keduanya sering bertemu dan perlahan memulai hubungan yang penuh kekocakan. Apalagi ditambah karakter supporting lain yang membuat anime ini makin lucu dan berwarna.

#18. Tada-kun wa Koi wo Shinai (Comedy, Romance)

Entah mengapa suka cowok model rambut kek gitu >///<

Sepertinya musim kali ini penuh dengan kisah-kisah romance karena yang satu ini juga termasuk anime comedy romance yang layak banget ditonton. Tapi berbeda dengan yang di atas, anime ini cenderung memiliki warna yang berbeda dengan cerita terfokuskan pada keseharian anak sekolahan. Kalau yang di atas tadi di dunia kerja, anime ini lebih menceritakan tentang masa muda.

Ceritanya berawal dari seorang laki-laki ikemen banget bernama Tada Mitsuyoshi. Di saat ia sedang memotret bunga Sakura, ia bertemu dengan seorang gadis yang kebetulan merupakan murid pindahan dari Luxembourg, namanya Teresa Wagner. Seiring berjalannya cerita, mereka kemudian saling bertemu dan memulai hubungan. Uniknya di anime ini adalah si Tada ini tak mengerti apa itu cinta, jadi ia benar-benar polos. Jarang banget nemu laki-laki polos seperti Tada, iya kan para pembaca Sakuranime yang cewek?

#17. Sword Art Online Alternative: Gun Gale Online (Action, Game, Military, Sci-Fi, Fantasy)

Yang belakang kok bikin… ah sudahlah

Kirito mana? Shinon mana? Sorry but kalian tidak akan menemukan Kirito, Asuna, atau Shinon dalam seri SAO yang satu ini. Anime ini diangkat dari Spin Off-nya SAO, jadi tidak akan memunculkan karakter utama dan kisahnya juga tidak ada kaitannya dengan cerita utama. Tapi satu hal yang pasti, anime ini tak kalah seru dengan ceritanya Kirito dan kawan-kawan. Anime ini lebih cocok sebagai pengisi waktu sambil menunggu season ke-3 dari SAO.

Karakter utamanya juga pasti berbeda. Di sini, karakter utamanya adalah Kohiruimaki Karen, seorang gadis yang merasa dunia nyata tak cocok dengannya karena masalah tinggi badannya. Hal itu membuat ia sulit untuk bergaul dengan banyak orang. Namun setelah mengenal salah satu game VR bernama Gun Gale Online, ia akhirnya menemukan tempat di mana ia bisa bergaul dan menghibur diri dengan membuat karakter game-nya menjadi imut dan loli banget.

#16. Mahou Shoujo Site (Drama, Horror, Psychological, Supernatural)

Di episode awal memacu banget…

Anime ini memperlihatkan adegan yang keras dan tidak boleh dicontoh oleh kalian semua. Tapi karena memang menonton anime ini rasa adrenaline pasti terpacu, sehingga sepertinya anime ini layak direkomendasikan. Semoga saja endingnya tak mengecewakan. Kisahnya sendiri tentang sebuah situs aneh dan mengerikan yang tiba-tiba terhubung dan menyala di komputer Asagiri Aya, seorang gadis yang sering dibully oleh teman-temannya di sekolah (Btw, bully-nya kelas berat T_T).

#15. Comic Girls (Slice of Life, Comedy)

Unyu-unyu yah?

Jika di musim sebelumnya ada Yuru Camp, Mitsuboshi Colors, Slow Start, dan Ramen Daizuki Koizumi-san, maka di musim spring 2018 ini ada Comic Girls yang genre dan secara keseluruhan aspek mirip dengan anime-anime yang telah disebutkan di atas karena sama-sama menceritakan tentang keseharian kelompok gadis cantik dan moe. Jadi buat kamu yang suka anime semacam itu, Comic Girls sangat direkomendasikan untuk kamu di musim kali ini. Kisahnya sendiri sangat simple, yaitu keseharian para mangaka cantik yang tinggal dalam satu asrama yang sama.

#14. Hinamatsuri (Sci-Fi, Slice of Life, Comedy)

Hmm… kok rasanya mau hubungi police yah? ‘-‘

Berawal di suatu hari ketika sebuah benda misterius jatuh dan menimpa Nitta yang merupakan seorang anggota Yakuza. Benda ini kemudian memunculkan gadis aneh yang bernama Hina. Uniknya, Hina ini punya kekuatan supernatural. Nah sejak saat itu, kisah seorang Yakuza kasar dan gadis muda berkekuatan super akhirnya dimulai. Sakuranime suka dengan art grafis anime ini. Mirip dengan Tsuki ga Kirei karena keduanya memang dibuat di studio yang sama yaitu Feel.

#13. Mahou Shoujo Ore (Comedy, Fantasy, Magic)

Kok jadi Mahou Danshi yah? ‘-‘

Selanjutnya ada anime bertema Magical Girl. Dari segi cerita juga cukup menarik apalagi dibumbui tema comedy yang cukup menghibur. Jadi ceritanya itu tentang seorang gadis bernama Uno Saki yang merupakan seorang idol yang jatuh cinta pada Mohiro yang juga seorang idol terkenal. Namun suatu hari, Mohiro tiba-tiba diculik oleh iblis dan dengan cepat Saki membuat kontrak yang membuat dirinya menjadi penyihir dan mengubahnya menjadi lelaki tampan.

#12. Captain Tsubasa 2018 (Action, Shounen, Sports)

Captain Tsubasa kembali lagi!

Untuk kalian anak 90-an, mungkin sudah pernah menonton Captain Tsubasa dan bersyukurlah karena remakenya kini hadir di tahun 2018. Apalagi bagi kamu yang belum pernah sama sekali menonton Captain Tsubasa, cobalah lihat versi remakenya saja karena grafisnya benar-benar jauh lebih bagus daripada originalnya.

Berkisah tentang seorang anak yang jatuh cinta banget dengan sepak bola. Anak ini bernama Tsubasa dan memiliki mimpi untuk menjadi pesepak bola terbaik di Jepang bahkan dunia. Tapi untuk mencapai impiannya, ia harus memulai dari kota Nankatsu yang dikenal sebagai salah satu kota yang maju dalam sepak bola karena memiliki banyak tim sepak bola terbaik di sana.

#11. Amanchu! Advance (Comedy, School, Shounen, Slice of Life)

Cantik yah… Bikin gemes…

Selanjutnya ada kisah lanjutan dari Amanchu atau bisa dibilang anime ini adalah season ke-2 dari Amanchu. Masih melanjutkan kisah keseharian dari Futaba dan juga Hikari yang suka dengan pemandangan lautan dan juga menyelam. Tidak hanya memiliki cerita yang seru dan sangat menghibur, Sakuranime juga suka dengan art penggambaran anime ini yang unik dengan pewarnaan yang berbeda dari yang lain.

#10. 3D Kanojo: Real Girl (Romance, School, Shoujo)

Pacar kok 3D? -_- 2D dong 🙂

Anime ini cocok buat kamu yang suka dengan gadis 2D dan selalu menghindari gadis 3D atau bahasa halusnya “Gadis nyata” jadi di sini kamu akan diperlihatkan kalau gadis 3D itu tak seburuk apa yang kalian kira. Ceritanya juga sangat menarik. Seorang pemuda bernama Hikari Tsutsui sangat suka dengan gadis 2D yang biasanya terdapat pada anime atau game. Nah saat ia sedang ditugaskan untuk membersihkan kolam renang, tiba-tiba di sana ada gadis cantik yang sangat populer bernama Iroha yang mencoba untuk mendekati Hikari.

#9. Piano no Mori (Adventure, Comedy, Drama, Music, School, Seinen)

Saat mereka masih anak-anak

Sebuah anime drama yang ceritanya cukup seru tanpa adanya karakter-karakter moe dan sejenisnya pada anime ini. Jadi anime ini full drama, lebih tepatnya drama musical karena beberapa scene mungkin memperdengarkan lantunan piano yang lembut. Ceritanya tentang dua anak laki-laki yang latar belakangnya sangat berbeda. Kai merupakan anak dari seorang kupu-kupu malam dan di sisi lain ada Shuuhei yang lahir di keluarga pianis ternama. Namun karena sama-sama suka dengan piano, jalan takdir mereka dipertemukan.

#8. Uma Musume: Pretty Derby (Sports)

Ganbaree! Uma-chan!

Nah kalau anime ini nih penuh banget dengan gadis-gadis hewan. Kalau biasanya kamu menemukan gadis neko, gadis bunny, dan sebagainya, di anime ini karakter utamanya itu adalah gadis kuda. Jadi telinga, rambut, ekor, dan lainnya mirip dengan kuda. Ceritanya fokus pada gadis kuda kita bernama Special Week yang bagus dalam berlari dan memiliki mimpi untuk menjadi idol serta sukses dalam ajang olahraga Nasional. Anime yang penuh dengan karakter moe ini diadaptasi dari sebuah game yang pernah rilis untuk Android dan juga iOS. Versi ONA-nya juga pernah rilis di tahun 2016 silam.

#7. Persona 5 the Animation (Action, Supernatural, Fantasy)

Badass banget nih anime

Seri Persona memang cukup banyak. Ada Persona 4 the Animation, Persona 3 the Movie series, Persona: Trinity Soul, Persona 5 the Animation: The Day Breakes, dan lainnya. Seri Persona rilisan spring 2018 ini merupakan seri terbaru dari Persona 5 the Animation. Ceritanya sendiri di sini yaitu sebuah legenda urban yang baru-baru ini beredar luas di penjuru Tokyo

#6. High School DxD Hero (Action, Comedy, Demons, Ecchi, Harem, Romance, School)

Rias-senpai agak beda dari musim kemarin ‘-‘

Anime ecchi paling terbaik sekarang ini, kalau berbicara tentang ecchi yah. Anime ini merupakan season ke-4 dari High School DxD. Masih melanjutkan kisah tokoh utama kita yaitu Hyodou Issei bersama Rias-senpai dan para haremnya. Oh iya, karena beda studio, DxD Hero ini sedikit berbeda grafisnya jadi mungkin mata kalian akan tidak terbiasa. Pasti kalau kalian suka dengan Ecchi-nya HS DxD, tentu mementingkan grafis juga bukan?

#5. Megalo Box (Action, Slice of Life, Sports, Drama, Shounen)

Keren rambut afro!

Kalau anime yang satu ini unik banget dan berkesan keren. Jadi genrenya adalah sports, lebih tepatnya olahraga tinju. Kalau kalian suka dengan anime tinju seperti Hajime no Ippo atau kembali ke masa lalu anime ini juga mirip dengan Joe no Ashita. Berkisah tentang JD atau Junk Dog yang terus berjuang dalam dunia tinju agar bisa tetap hidup. Tidak sekedar tinju saja, ia kadang menghadapi kerasnya dunia baik di dalam ring atau di luar ring. Nah di anime tinju satu ini ada keunikan yang tidak ditemukan dalam anime tinju yang lain. Jadi atlet tinju di sini memiliki sebuah alat di punggung mereka yang digunakan selama bertinju.

#4. Steins;Gate 0 (Sci-Fi, Thriller)

Ceritanya keren banget pokoknya

Kalau meminta pendapat Sakuranime, anime ini keren banget. Dari setiap serinya juga bagus dan kekuatan utama dari anime ini adalah ceritanya, bukan grafisnya, penggambaran karakternya, atau lainnya. Di anime ini merupakan ending alternatif dari cerita Steins;Gate. Kisahnya tentang Okabe Rintarou yang akhirnya memutuskan untuk berhenti menjadi ilmuan setelah gagal menyelamatkan Kurisu. Namun ketika semua mulai mereda, ia terbawa ke masa lalu dan terseret masalah yang menyangkut tragedi tak terduga.

#3. Boku no Hero Academia 3rd Season (Action, Comedy, School, Shounen, Super Power)

Wih, kedua kubu siap tempur nih

Di musim sebelumnya, Boku no Hero Academia memberikan tontonan yang ngegantung banget di akhir cerita. Untungnya menunggu lanjutannya yaitu season ke-3 tidak memerlukan waktu lama. Tentu saja melanjutkan kisah dari Midoriya bersama teman-teman calon heronya dalam membasmi setiap kejahatan yang mengancam dunia. Tapi pertama-tama, mereka harus berhadapan dengan Serikat Villain yang kuat.

#2. Shokugeki no Souma: San no Sara – Toutsuki Ressha-hen (Ecchi, School, Shounen)

Seperti biasa, Soma tampil ganteng maksimal

Buat kamu yang belum menonton Shokugeki no Souma dari season pertama sebaiknya nonton dulu karena di musim ini yang rilis itu adalah kisah lanjutan dari musim ketiganya. Di musim kemarin, Shokugeki no Souma memperlihatkan adegan-adegan yang wah banget.

Kalau adegan yang Sakuranime sukai di Shokugeki no Souma musim kemarin itu pas ketika Souma menang dari pemegang kursi ke-9 elit Toutsuki yaitu Aizen yang sekarang ini naik ke kursi ke-7 setelah Central dibentuk. Nah di musim spring 2018 ini akan melanjutkan kisah dari Souma dalam melawan para penantang dari pihak Central dan terus mencari tahu apa sih hubungan ayahnya dengan ayah Erina. Hmm… mungkin mereka ingin jadi besanan? >///<

#1. Tokyo Ghoul:re (Action, Drama, Horror, Mystery, Psychological, Seinen, Supernatural)

Kanek- maksudnya Haise rambutnya keren yah? ^-^

Hayo siapa yang paling kangen dengan Kaneki? Sayangnya di Tokyo Ghoul:re ini Kaneki berubah identitas menjadi Sasaki Haise yang ditugaskan untuk mengawasi Tim Quinx dalam menjalankan tugas mereka sebagai penyelidik. Tapi ia dipersulit karena kekuatan dan tingkah laku yang unik dari masing-masing member Quinx. Lanjutan dari Tokyo Ghoul ini sudah pasti banyak yang menunggu dan pastinya :re akan memperlihatkan kualitas cerita dan action yang tak kalah keren dari seri sebelumnya. Sangat pantas bukan anime ini menjadi top rekomendasi anime spring 2018 terbaik?

Read More! 25 Rekomendasi Anime Spring 2017 Terbaik, No.4 Keren Lho!

Sekian itu dia daftar rekomendasi anime spring 2018 terbaik versi Sakuranime untuk musim kali ini. Semoga dengan adanya informasi di atas bisa membantu kamu dalam memilih anime yang bagus untuk ditonton. Terimakasih sudah mau nongkrong di Sakuranime, jangan lupa share dan sampai bertemu lagi di pembahasan rekomendasi anime musim summer 2018 yang akan datang, arigatou minna-san!