Sakuranime.com – Halo guys bertemu lagi dengan Sakuranime dan seperti biasanya di artikel-artikel sebelumnya, Sakuranime akan melanjutkan tradisi di situs ini yaitu membahas rekomendasi season. Sakuranime telah membahas banyak musim Summer mulai dari Summer 2005 sampai yang paling terakhir Summer 2017 dan kini pada tahun 2018 sudah saatnya membahas rekomendasi anime Summer 2018 terbaik.

Menurut kalian, bagaimana perbedaan Summer 2018 dengan Summer 2017 yang lalu? Sudah satu tahun berlalu dan menurut Sakuranime, Summer 2018 kali ini agak kurang meriah jika dibandingkan musim-musim sebelumnya. Bahkan Summer kali ini tidak bisa dibandingkan dengan Spring apalagi Winter 2018 yang kedua musim tersebut benar-benar bagus.

Tapi tak apa, masih ada anime-anime yang benar-benar bagus ditonton pada musim kali ini yah meski tak sebanyak musim sebelumnya. Nah anime apa ajah sih yang seru ditonton musim ini? Ini dia rekomendasi anime summer 2018 terbaik versi Sakuranime.

#17. Island (Sci-Fi, Drama)

Rekomendasi Anime Summer 2018 Terbaik
Banyak loli loh di anime ini >w<

Oke, yang pertama ada anime yang diadaptasi dari Visual Novel dengan judul yang sama. Dari segi grafis, Sakuranime suka karena penuh dengan loli dan anime ini mengusung genre Sci-Fi dan juga drama, tentunya akan ada drama-drama di anime ini, yah cukup bagus untuk direkomendasikan buat kalian tonton.

Cerita anime ini tentang Urashima, pulau yang terpisah jauh dari daratan utama. Di sana ada penghuninya guys, mereka hidup dengan tenang. Tapi ada insiden 5 tahun yang lalu yang membuat ada 3 keluarga besar di wilayah tersebut pernah mengalami masalah gawat darurat.

Karena insiden 5 tahun yang lalu tersebut, masyarakat di pulau itu memutuskan hubungan dengan daratan utama. Nah cerita fokus pada tiga karakter utama kita disini yaitu 3 gadis dari masing-masing keluarga besar tadi.

Mereka menjadi kunci utama untuk menyelamatkan pulau tersebut namun sayangnya tradisi lama mengikat hal tersebut sehingga mereka tidak bisa bergerak leluasa. Sampai akhirnya ada seorang anak laki-laki yang mengaku dari masa depan dan laki-laki tersebut membantu gadis ini untuk menyelamatkan pulau.

#16. Yuragi-sou no Yuuna-san (Harem, Comedy, Romance, Supernatural, Ecchi, Shounen)

anime summer 2018 terbaik
Ecchinya kelas medium guys

Selanjutnya ada anime Harem, Comedy, Romance, dan juga dibumbui sedikit Ecchi. Seperti yang Sakuranime pernah katakan pada ulasan musim-musim kemarin, season tanpa harem itu bagaikan taman tak berbunga guys. Di musim kali ini, anime ini patut buat dijadikan anime harem yang wajib kalian tonton untuk yang suka anime harem nih.

Jadi kisahnya tentang seorang anak SMA yang sejak kecil dapat melihat hantu (Ceritanya mainstream sekali ya). Suatu hari ia menemukan sebuah penginapan bernama Yuragi. Penginapan ini dulunya menjadi sumber air panas (onsen) yang paling populer di wilayah tersebut (Tapi seru, harus nonton deh).

Biaya sewa dari penginapan ini turun drastis menjadi murah karena beredar isu didalamnya ada sosok hantu yang bergentayangan. Nah pria ini bisa melihat hantu sehingga ia bisa berkomunikasi dengan mereka dan memulai petualangan seru yang bermula di penginapan murah ini, muehehe.

#15. Asobi Asobase (Comedy, Drama, School)

anime persahbatan summer 2018
Yang rambut kepang cantik super XD

Disebut juga Play And Let Play, mungkin judulnya agak kekanak-kanakan tapi MC di anime ini ya orang dewasa, lebih tepatnya gadis remaja sih. Sakuranime tertarik dengan karakter-karakter yang ada di anime ini, soalnya untuk ketiga karakter utama kita benar-benar unik, bener-bener beda dari yang lain.

Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tapi semua itu bisa diluluhkan dengan persahabatan mereka. Jadi anime ini bertema persahabatan yang mengandung unsur drama dan juga school serta sedikit komedi.

Ceritanya berpusat pada tiga gadis yang hobinya memainkan permainan tradisional Jepang. Yang pertama ada Kasumi, seorang gadis yang cerdas, pintar dalam permainan, dan selalu bersikap serius, tapi dia sangat buruk dalam akademik khususnya Bahasa Inggris.

Sedangkan Olivia merupakan gadis keturunan Amerika yang dibesarkan di Jepang, bisa kalian lihat sendiri pada gambar di atas yang memiliki rambut blonde yah, mungkin suatu saat dia bisa masuk dalam list karakter anime berambut blonde terbaik versi Sakuranime. Dan yang terakhir ada Hanako, gadis ceria dengan ciri khas rambut kepang dua tapi dia selalu kocak dan gagal menjadi gadis yang normal.

#14. Grand Blue (Comedy, Seinen, Slice of Life)

anime persahabatan summer 2018
Jadi ingat dengan DIVE di musim kemarin

Anime yang satu ini bakal membuat kamu haus dan pengen ke pantai jika menonton anime ini. Pastinya, karena bakal selalu ada scene perairan biru yang benar-benar menyegarkan jika dipandang mata. Anime ini bergenre Slice of Life, Seinen, dan juga dibumbui Comedy. Dari beberapa karakter yang diperlihatkan sih untuk kedepannya anime ini bakal memperlihatkan tema persahabatan dan jauh dari kata ecchi dan harem meski yah akan ada fanservice sedikit.

Anime ini berkisah tentang seorang anak yang pindah ke kota yang kebetulan dekat dengan tepi pantai. Ia pindah dan menjadi mahasiswa di sana. Hari-harinya pun berubah, ia menjadi hidup lebih baik dengan gadis-gadis cantik di sekelilingnya serta memiliki teman-teman yang kocak. Sebuah anime yang bakal membuat kamu melupakan semua utang, stress, dan juga semua penyakit yang ada di dalam dirimu ketika menonton anime ini.

#13. Chio-chan no Tsuugakuro (Comedy, Seinen)

anime summer
Wihh… kakkoi~desu!

Ok selanjutnya ada anime bergenre comedy dan seinen yang karakternya itu unik-unik di anime ini. Tentang keseharian lucu dari seorang gadis kutu buku bernama Chio, ia setiap hari berangkat ke sekolah dengan rute-rute yang tak biasa, mungkin luar biasa yah muehehe.

Perjalanannya menuju sekolah menjadi petualangan yang seru dan lucu karena banyak masalah yang ia temui di sepanjang jalan. Sinopsis nya sih begitu tapi pastinya lebih lucu dari itu. Dari segi comedy anime ini patut menjadi salah satu anime comedy yang benar-benar ditunggu pada summer 2018.

#12. Back Street Girls (Comedy, Ecchi, Seinen)

anime summer 2018 terbaik ecchi
Gila, bosnya gila!

Sebuah anime yang mengingatkan Sakuranime akan Prison School dan juga Hinamatsuri karena kelucuan anime ini juga kelas berat sama dengan Prison School dan Hinamatsuri. Lagi-lagi dari segi grafis juga agak mirip dengan Prison School, entah mengapa Sakuranime suka dengan grafis seperti ini, apalagi detail wajah-wajah kocak yang benar-benar khas.

Yah mungkin karena studio dari Prison School dan juga Back Street Girls sama yaitu J.C. Staff. Dan lagi-lagi sama dengan Prison School, anime ini juga mengandung unsur ecchi dan komedi yang berkelas. Buat kamu yang sedang nyari anime hiburan untuk menghilangkan stres atau anime yang tidak memiliki cerita berat bikin pusing, maka anime ini direkomendasikan banget buat kamu tonton.

Ceritanya tentang 3 orang Yakuza yang gagal dalam menjalankan misi dari bos mereka, nah untuk menebus kesalahan, mereka harus pergi ke Thailand dan harus menjadi idol disana. Uniknya lagi, untuk menjadi idol mereka harus menjalani operasi Transgender dan hal itu benar-benar gila bahkan untuk sebuah anime. Gimana ceritanya 3 orang laki-laki Yakuza yang ganas di transgender menjadi idol cewek guys, kocak deh.

#11. Tenrou: Sirius the Jaeger (Action, Historical, Horror, Supernatural, Vampire)

rekomendasi anime musim panas 2018
Jadi ingat dengan tatapan Yatogami ‘-‘

Season tanpa anime action juga sangat basi yah, untungnya di musim kali ini ada beberapa anime action yang benar-benar bagus untuk ditonton, salah satunya adalah Tenrou: Sirius Jeager. Tidak hanya memiliki aksi yang seru, anime ini juga mengusung genre horror, supernatural, dan di dalamnya ada unsur vampire yang kental.

Berawal ketika tahun 1930, ada sekelompok orang yang dikenal sebagai Jaeger, mereka tiba di Stasiun Tokyo. Mereka ini adalah pemburu vampir, ciri khas mereka membawa kotak berisikan alat-alat musik. Fokus pada Yuliy, ia adalah laki-laki yang memiliki darah serigala atau juga dikenal sebagai manusia serigala, bukan serigala jadi-jadian yah, atau bisa juga sih. Mereka kemudian perlahan mengetahui kebenaran yang belum terungkap dalam petualangan mereka.