Sakuranime.com – Salah satu yang menarik saat kita menonton anime adalah memiliki cerita yang menarik, beda dengan kartun-kartun buatan Negara lain, anime memiliki ciri khas tersendiri terutama pada ceritanya. Berbicara tentang cerita yang menarik, kali ini Sakuranime akan membahas rekomendasi anime tentang mengasuh anak terbaik.

Apa yang menjadi point lebih dari anime yang menceritakan tentang mengasuh anak kecil? Mungkin kalian berpikir wah nih ceritanya pasti bikin baper, soalnya kebanyakan anime tentang anak kecil, lebih tepatnya hubungan orang tua dan anak pasti ada saja yang mengundang air mata.

Namun tak selamanya demikian, nah untuk lebih jelasnya, berikut adalah rekomendasi anime tentang mengasuh anak terbaik versi Sakuranime.

#14. Gakuen Babysitters

Rekomendasi Anime Tentang Mengasuh Anak Kecil Terbaik

Ruuichi dan Kotarou adalah kakak adik yang baru saja kehilangan orang tuanya. Ia kemudian diadopsi oleh pemilik Morinomiyayang Academy dan ditugaskan untuk menjadi Babbysitter atau pengasuh anak di academy tersebut. Di sinii, kamu bisa melihat tingkah laku beragam anak kecil yang lucu banget dengan para pengawasnya yang ganteng-ganteng. Anime ini lebih cocok dengan kamu yang cewek karena juga bisa mengundang air mata meski dominan memiliki kisah komedi didalamnya.

#13. Clannad After Story

Clannad After Story

Anime paling menyedihkan yang pernah ada ini memang secara keseluruhan tak membahas tentang mengasuh anak. Dalam season ke-2nya, diperlihatkan karakter utama yang merawat anak gadis satu-satunya yang sumpah bikin kamu nangis seharian ( T_T )

Clannad After Story merupakan kisah lanjutan dari season ke-1 yang menceritakan Tomoya di masa dewasanya. Ketika kembali dari pekerjaannya dan menjemput sang anak, Ushio, ia sadar akan tanggung jawabnya sebagai seorang ayah ketika lama meninggalkan anaknya itu. Kisah ini memperlihatkan kita bagaimana Tomoya yang berusaha mengerti Ushio dan tak akan meninggalkannya lagi.

#12. Papa no Iukoto wo Kikinasai

Papa no Iukoto wo Kikinasai

Yang kedua adalah anime dengan cerita mengasuh anak di bumbui genre harem dengan sedikit comedy didalamnya. Tidak hanya sibuk mengurus anak, sang karakter utama kita ini juga penuh akan kehidupan yang ( Sedikit ) mengarah ke “Harem”.

Bercerita tentang Segawa Yuta, remaja yang tinggal bersama kakanya Yuri setelah insiden kematian orang tuanya. Yuri ini sudah menikah namun naas Yuri bersama suaminya hilang belum ditemukan dalam kecelakaan kapal terbang T_T ( Sedih banget )

Yuri memiliki 3 anak yang ia tinggalkan. Nah disinlah tokoh utama Yuta mengambil keputusan untuk mengasuh ke-3 keponakannya itu. Dua yang sudah remaja, dan satu masih anak kecil.

#11. Akachan to Boku

Akachan to Boku

Anime ini tak menceritakan kisah ibu dan anak, melainkan kisah kakak yang berjuang untuk mengasuh sang adik saat mereka ditinggalkan oleh orang tua mereka. Meski termasuk anime lawas, anime ini termasuk memiliki cerita yang menarik dan kadang akan membuat kamu baper hanyut dalam emosi.

Menceritakan tentang kakak beradik yang harus hidup mandiri setelah ibu mereka meninggal dan sang ayah pergi untuk bekerja keras. Sang kakak bernama Takuya Enoki yang harus tetap menjaga adiknya bahkan harus mengorbankan masa remajanya.

#10. Aishiteruze Baby

Aishiteruze Baby

Kali ini datang dari anime lawas seperti diatas namun tak kalah menarik. Anime ini secara umum menceritakan tentang hubungan sepupu dimana sepupu yang lebih tua harus menjaga sepupu yang lebih muda.

Menceritakan tentang Katakura Teppei, seseorang yang dikenal sebagai pria Cap Playboy saat SMA. Kerjaannya hanya menggoda wanita sepanjang hari. Kehidupannya kemudian berubah saat ia disuruh oleh bibinya untuk mengurus sepupunya yang masih balita 24 jam setiap hari. Kippei menjadi cukup tertantang Karena baru pertama kali mengasuh anak-anak.

#09. Beelzebub

Beelzebub

Anime paling kocak namun menceritakan tentang mengasuh anak. Jadi ceritanya nih, karakter utama ini memiliki tanggung jawab dalam menjaga bayi yang merupakan bayi Raja Iblis. Nah, anime ini tak terlepas dari pengasuhan sang bayi, bahkan terus melekat di punggung ayah angkatnya. Beelzebub merupakan anime mengasuh anak paling bisa bikin ngakak.

Bercerita tentang Oga Tatsumi, seorang pelajar SMA yang terkenal akan kebrutalannya dalam bertarung. Suatu hari, ia menemukan pria besar kemudian tubuhnya terbelah dan didalamnya terdapat bayi yang dapat mengeluarkan kejutan listrik ( Gokil kan? ). Anime ini menceritakan kisah kocak keseharian Oga bersama Bayi Beel.

#08. Ookami Kodomo no Ame to Yuki

Ookami Kodomo no Ame to Yuki

Anime ini memiliki sedikit perbedaan dengan anime lainnya dimana anime ini mengandung unsur supernatural didalamnya. Selain itu, anime ini memberikan tontonan menarik tema mengasuh anak karena banyak memiliki scene yang memicu tetesan air mata.

Kisah cinta dua spesies berbeda yang tak bisa dibendung, Hana seorang pelajar kuliah jatuh cinta dan akhirnya menikah dengan laki-laki yang ternyata adalah manusia serigala. Sayangnya sang suami akhirnya meninggal dan Hana harus mengasuh anaknya sendirian. Demi anak-anaknya, ia rela meninggalkan kehidupan lamanya dan hidup jauh dari segala hal yang mengancam keberadaan anaknya.

#07. Udon no Kuni no Kiniro Kemari

Udon no Kuni no Kiniro Kemari

Nah yang satu bukanlah anime yang lawas, cukup baru dan menarik untuk di tonton. Masih terkait dengan cerita mengasuh anak dengan cerita yang berbeda dari list lainnya dalam daftar anime tentang mengasuh anak terbaik kali ini.

Ceritanya simple dan ringan. Souta yang akhirnya pulang kampung ke Kagawa bertemu dengan anak laki-laki. Ia melihat anak tersebut dan tahu anak tersebut adalah sebatang kara.

Karena kasihan, Souta kemudian memutuskan untuk mengasuh anak tersebut. Padahal nih, dia sendiri belum perpengalaman padahal usianya sudah 30 tahun dan belum punya pendekatan ke cewek satu pun.

#06. Amaama to Inazuma

Amaama to Inazuma

Nah ini anime murni menceritakan kisah ayah dan anak. Jadi sang karakter utama ini duda dan harus merawat putri satu-satunya ( Kasihan amat pak T_T ). Anime ini merupakan anime Slice of Life yang patut banget kamu tonton, khususnya kamu yang suka anime tentang merawat anak.

Berkisah tentang Inazuma Kouhei, duda atau single parent yang ditinggal istrinya setelah kematiannya. Sang istri meninggalkan anak sematawayangnya bernama Inazuma Tsumugi. Demi anaknya, ia rela terus mengurus sang buah hati sembari juga bekerja sebagai seorang Guru.

#05. Barakamon

Barakamon

Sebenarnya kisah dari anime ini tak terlalu focus pada cerita asuhan karakter utama, anime ini lebih focus kepada keseharian tokoh utama disebuah desa untuk memperbaiki kesalahannya. Namun kentalnya unsur pengasuhan anak yang diperlihatkan dalam anime, membuat anime ini pantas masuk list.

Berbeda dengan anime-anime yang telah di ulas diatas dimana semuanya memiliki adegan serius, anime ini malah menceritakan kisah kocak Handa Seishuu dalam mengasuh bocak tengik bernama Naru.

#04. Gugure! Kokkuri-san

Gugure! Kokkuri-san

Salah satu anime comedy yang menceritakan tentang mengasuh anak. Berbeda dengan list yang lain, dalam anime ini yang berperan sebagai pengasuh itu bukan manusia, melainkan Youkai.

Bercerita tentang Ichimatsu Kohina Cuma iseng bermain ramalan, kemudian hantu rubah Kokkuri-san yang tak sengaja ia panggil benar-benar ada. Awalnya hantu tersebut ingin merasuki tubuh Kohina, namun saat ia sadar Kohina merupakan anak yang kesepian, ia berpura-pura menjadi boneka dan mengurus segala keperluan Kohina.

#03. Hanamaru Youchien

Hanamaru Youchien

Nah yang ini kuat banget tema mengasuh anaknya, lebih tepatnya sih mendidik anak soalnya latar tempat yang sering terlihat dalam anime adalah taman kanak-kanak. Sudah jelas bukan bahwa anime ini memiliki daya Tarik tentang anime mengasuh anak paling kuat.

Berkisah tentang keseharian murid TK yang super moe super loli and super kawai beserta dengan gurunya yang sering terlibat masalah cinta. Dalam anime ini, murid-murid TK imut ini sering bertingkah kocak dan semuanya memiliki kepribadian tersendiri. Bahkan ada yang sudah berani ngomong cinta-cintaan :3

#02. Kure-nai

Kure-nai

Memiliki ciri khas dan penggambaran yang berbeda, namun tetap masih memiliki unsur merawat anak yang menjadi topik utama pembahasan Sakuranime kali ini. Di anime ini, sang karakter utama terjebak pekerjaan sampai akhirnya ia menjadi pengasuh dari anak Yakuza.

Kurenai Shinkurou, siswa SMA yang mempunyai pekerjaan sebagai Dispute Mediator, pekerjaan dimana ia bertugas menyelesaikan suatu masalah. Suatu hari saat ia ditugaskan untuk merawat anak dari Yakuza bernama Kuhouin Murasaki, di sini lah di mulai kehidupan Kurenai sebagai pengasuh.

#01. Usagi Drop

Usagi Drop

Jujur nih anime ini kental banget deh kalau berbicara tentang anime dengan cerita merawat anak. Anime ini juga memiliki cerita yang sedih campur haru dan bisa buat kita terbawa emosi. Anak yang lahir merupakan anak haram, namun tak ada yang merawat kecuali si karakter utama.

Mengisahkan tentang Rin, seorang anak yang ternyata lahir sebagai anak haram dan ditinggalkan oleh ayahnya pasca kematian ayahnya. Daikichi, cucu dari ayah Rin menentang rasa malu keluarga dan ingin merawat Rin seperti anaknya sendiri. Kisah ini menceritakan mengenai Daikichi dan Rin dalam menjalani hidup bersama.

Read More! 10 Karakter Pangeran Terbaik di Anime, No.4 Paling Ganteng!

Dalam daftar rekomendasi anime tentang mengasuh anak terbaik diatas, yang manakah favorite kalian? Semua diatas adalah rekomendasi terbaik dari Sakuranime, so semuanya patut kalian tonton apalagi jika memang kalian suka anime bertema merawat anak.