Sakuranime.com –  Hai, sahabat Sakuranime, berjumpa lagi dengan saya Admin kita yang tercinta hehe. Kali ini pada hari yang cerah ini saya ingin berbagi rekomendasi Anime dengan tingkat kesedihan dewa hehe. Suka yang sedih-sedih? Menguras air mata? Maka simak daftar anime tersedih yang pernah saya tonton dan di jamin keluar air mata semacho apapun dirimu hehe.

#1. Clannad Series

Clannad Series

Pertama ada anime yang paling terkenal dengan tingkat kesedihannya, ekspresi, drama, music dan alur cerita sangatlah menyentuh perasaaan. Bercerita tentang Tomoya, seorang laki-laki SMA berpenampilan preman bertemu dengan Nagisa, gadis cantik lugu dengan fisiknya yang lemah. Mereka saling menyukai satu sama lain. Setelah lulus SMA mereka akhirnya menikah dan mempunyai seorang putri.

Yang menyedihkan itu, Tomoya yang harus di tinggal mati oleh istrinya Nagisa saat melahirkan. Saking depresinya Tomoya kemudian pergi merantau meninggalkan putrinya Ushio. Saat beberapa tahun, Tomoya kembali kekampung halaman rumah ayah dan ibu Nagisa, di sana ia bertemu kembali dengan putrinya Ushio. Saat Tomoya sadar bahwa dia harus lebih memerhatikan putrinya, cobaan sakit yang di berikan tuhan oleh Tomoya datang di langit bersalju, putrinya Ushio mengidap penyakit yang sama dengan ibundanya pergi menyusul meninggalkan ayahnya.

#2. Shigatsu Wa Kimi No Uso

Shigatsu Wa Kimi No Uso

Arima Kousei, seorang Pianis muda berbakat yang tidak bisa mendengar suara lantunan pianonya sendiri akibat trauma atas tindakan ibundanya waktu kecil. Saat SMP, Arima menemukan takdirnya di pertemukan oleh gadis Biolis muda yang sama berbakat Kaori. Kaori meminta Arima bermain bersama sebagai pengiring permainannya. Saat itulah kehidupan Arima mulai berwarna kembali.

Sangat sedih rasanya saat melihat ending anime satu ini, tak kusangka Kaori harus mati akibat penyakit yang di idapkannya. Meski merupakan Happy Ending di mana Arima akhirnya mengetahui perasaan sebenarnya Kaori dan Arima mulai berpiano lagi, tapi saya jamin tidak akan ada orang yang tidak terharu dengan endingnya.

#3. Angel Beats

Angel Beats

Kemana kita saat mati nanti? Anime ini menceritakan demikian. Beberapa anak SMA ini di buang ke dunia misterius untuk melakukan hal yang belum mereka capai saat masih hidup dulu. Yuzuru tiba ke dunia ini kemudian melihat Kanade yang dikenal dengan Tenshi oleh penduduk yang tiba lebih dulu ke dunia itu. Yuri adalah kapten organisasi itu mengajak Yuzuru bergabung dan mengalahkan Tenshi.

Meski memiliki genre comedy yang kental, namun sering kali kita akan menemui cerita yang menyedihkan. Mengingat masa lalu, kisah persahabatan dan lainnya membuat perasaan hati terharu. Alur cerita unik yang saya suka di mana ternyata hanya terjadi kesalah pahaman antar Yuri dan Kanade membuat mereka bermusuhan sangat lah tak di sangka. Endingnya sangat menyentuh, melihat perpisahan satu persatu. Pada akhir episode tepatnya di menit terakhir ada epilog yang memperlihatkan Kanade dan Yuzuru bertemu kembali setelah di renkernasi (happy sad ending :).

#4. Ano Hana

Ano Hana

Kisah 5 sahabat sejoli sewaktu kecik yang harus berpisah akibat kematian salah satu sahabat mereka Meiko Honma biasa di panggil Menma. Ke empat sahabat yang lain mulai beranjak dewasa dan saling menutup diri. Jinta Yodami, merupakan mantan leader grup pertemanan mereka waktu kecil sering kali melihat hantu menma dalam versi dewasanya, dia hanya mengira bahwa itu hanyalah hasulinasi dan sering kali mencampakkannya. Namun seiring cerita akhirnya Jinta bersama 3 kawannya mengetahui itu adalah kenyataan.

Sangat sedih rasanya jika harus mengingat kematian Menma yang meninggalkan kesedihan ke-4 sahabatnya. apalagi pas saya nonton endingnnya duh gak tahan pengen nangis terus. Dimana Menma sudah bisa terlihat oleh sahabatnya yang lain padahal Menma sudah mulai menghilang.

#5. Plastic Memories

Plastic Memories

Di masa depan, Android sudah sangat maju pesat pada saat itu. Android ini memiliki tubuh, perasaan layaknya manusia hidup bukan yang mati ya hehe. Android yang seperti manusia ini di sebut Giftia. Tsukasa, seorang pemuda yang bekerja di perusahaan pembuat Giftia terbesar SAI. Di sana ia jatuh cinta pada gadis yang ternyata seorang Giftia bernama Isla. Namun Isla hanya bisa bertahan dengan ingatannya sekarang selama 1000 hari lagi. Tsukasa yang awalnya tidak mengetahuinya akhirnya memutuskan untuk menghabiskan waktu dengan Isla.

Yang sedih banget itu endingnya, sangat menyentuh melihat detik-detik terakhir Isla dengan ingatannya bersama Tsukasa. Meski sebenarnya tidak berpisah secara fisik namun perih juga rasanya jika tidak di ingat oleh pacar sendiri iya kan? anime ini juga di bumbui dengan genre comedy but endingnya membuat kita terharu.

#6. Akame Ga Kill

Akame Ga Kill

Bercerita tentang Night Raid, terdiri dari orang-orang terlatih dan perpengalaman dalam bertarung. Berusaha habis-habisan demi membangun kembali kerajaan dari penindasan para petinggi kerajaan karena di sabotase oleh perdana menteri yang serakah. Tatsumi, seorang pemuda desa pergi ke kota dengan harapan bisa mengembalikan kejayaan desanya namun semua harapan itu lenyap seketika saat mengetahui hal busuk yang di lakukan petinggi kerajaan. Tatsumi kemudian bergabung dengan Night Ride setelah ia bertemu dengan Akame.

Apa yang menyedihkannya dari anime ini padahal ini kan anime action? Jangan salah sobat, jika kalian memang menghayati alur cerita dan tidak hanya terpaku pada actionnya saja maka saya jamin air mata Sobat akan bercucuran keluar. Sedih melihat para anggota Night Ride gugur satu persatu hanya demi menegakkan kembali kerajaan. Yang paling sedih menurut saya saat Mine mati, meski Mine dengan Tatsumi awalnya tidak akur tapi pas pertengahan cerita mereka saling menyukai namun sayang di pisahkan oleh kematian.

#7. Charlotte

Charlotte

Bercerita tentang kehidupan remaja sebelum beranjak dewasa (masa puber) yang memiliki kekuatan khusus berbeda-beda setiap orang. Otosaka Yuu memiliki kekuatan untuk berpindah tubuh selama 5 detik mempergunakan kekuatannya untuk hal-hal yang culas. Suatu organisasi OSIS dari Akademy Hoshinoumi yang di ketuai oleh Nao Tomori, ternyata organisasi ini bertujuan untuk mencegah anak-anak berkekuatan khusus untuk tidak bertindak semena-mena agar terhindar dari peneliti hal-hal aneh. Mengetahui Yuu memiliki kekuatan khusus membuat Tomori mencari dan memaksa Yuu masuk organisasi OSIS.

Awal cerita memang tidak terlalu sedih, namun pas pertengahan sampai akhir kita akan di suguhkan drama yang mengharukan. Saat kematian adik Yuu (tapi hidup kembali saat memakai kekuatan kakak Yuu untuk pergi ke masa lalu), ada juga pas sahabat Yuu, Po yang mati. Serta pengorbanan Yuu yang kehilangan matanya. Pas endingnya juga saya terharu melihat Yuu berkorban demi menyelamatkan seluruh anak berkekuatan khusus di seluruh dunia dan dimana saat Tomori menerima perasaan Yuu namun sayang Yuu mengalami hilang ingatan.

Read More! Karakter Anime Dengan Sifat Paling Dingin, Sedingin Es!

Catatan sebelum nonton, siapkan satu pack tissu kering untuk menguras air mata Sobat hehe. Bagaimana? apakah Sobat tertarik dengan daftar anime di atas? syukurlah kalo tertarik saya jamin baik cerita dan grafis semuanya daftar anime di atas memiliki itu. Sekian dan terimakasih..

Klik gambar di bawah!