Sakuranime.com – Masih melanjutkan tradisi Sakuranime yaitu mengulas rekomendasi-rekomendasi anime permusim yang tentunya layak banget ditonton. Mulai dari tahun 2005 sampai sekarang, Sakuranime telah mengulas ratusan anime untuk direkomendasikan kepada kalian. Nah tiba saatnya kita akan mengulas musim Winter di tahun 2018 yang sepertinya akan menjadi masa keemasan bagi para pecinta anime di dunia.

Spring 2018 dah tiba!! ^-^ Rekomendasi Anime Spring 2018 Terbaik versi Sakuranime

Benar sekali, tahun 2018 ini akan menjadi tahun yang meriah dan spesial banget untuk kalian karena banyak sekali anime-anime keren yang rilis, baik itu baru dirilis atau lanjutan musim dari anime favorite kalian yang sudah lama kalian tunggu. Well, kali ini kita akan fokus sepenuhnya kepada winter 2018 yang akan menjadi pembahasan Sakuranime kali ini. Sepertinya Sakuranime akan menerbitkan artikel yang panjang karena musim Winter 2018 ini memiliki banyak sekali rekomendasi anime yang patut ditonton. Anime apa aja sih? Sudah penasaran? Berikut ini adalah rekomendasi anime Winter 2018 terbaik versi Sakuranime.

#25. Beatless (Sci-Fi, Action, Drama, Romance)

Rekomendasi Anime Winter 2018 Terbaik

Nah awali rekomendasi kamu dengan yang keren nih guys. Anime ini bisa jadi partner nonton kamu bagi yang suka dengan genre utama Sci-Fi dan Action yang dibumbui dengan Romance. Wah kebayang nggak tuh kerennya nih anime. Oh iya, atmosfer dari anime ini serasa mirip dengan Guilty Crown di mana tema yang diangkat juga sama dan karakternya sepertinya sedikit mirip. Well, pastinya semuanya memiliki kelebihan masing-masing.

Di awali dengan penemuan super canggih pada abad ke-21 di mana sebuah kecerdasan yang melampaui kecerdasan manusia itu sendiri telah tercipta. Pada abad ke-22, pekerjaan manusia pun digantikan oleh robot yang disebut Hie. Peradaban sedikit demi sedikit mulai berubah di mana posisi manusia terbalik dengan robot tersebut. Fokus pada seorang anak laki-laki 17 tahun yang ikut terlibat dalam situasi yang menyangkut masa depan bumi ini.

#24. Kokkoku (Mystery, Psychological, Drama, Seinen, Horror)

Rekomendasi Anime Winter 2018 Terbaik

Ada beberapa deretan anime nuansa dark juga ikut memeriahkan Winter 2018 ini. Diantaranya adalah Ito Junji: Collection dan Kokkoku. Kalau berbicara tentang ketegangan, keduanya sangatlah menarik dan rasa tegangnya itu terasa sampai ke tulang-tulang. Namun sepertinya Kokkoku lebih ditekankan ke Mystery dan Psychological. Berbeda dengan Ito Junji yang Horror-nya benar-benar murni.

Genuine Love Society merupakan nama kelompok yang telah menculik saudara laki-laki dan keponakan Yukawa Juri. Ia kemudian berencana menolong keluarganya dengan menggunakan batu sihir yang disebut Statis, batu yang bisa menghentikan waktu. Saat di markas musuh, mereka menggunakan batu tersebut dan clinggg! Waktu berhenti. Tapi ternyata ada beberapa orang yang tak terpengaruh dengan sihir batu tersebut. Suasana makin tegang saat kehadiran makhluk tak dikenal mengintai mereka. Nah seru banget kan guys? Wajib nonton nih.

#23. Gin no Guardian 2nd Season (Fantasy, Adventure)

Setelah sukses memberikan tontonan yang sangat seru di musim perdananya pada Spring 2017 lalu, Gin no Guardian akhirnya merilis musim ke-2 nya pada Winter 2018 yang pastinya tak akan kalah seru dari musim pertamanya. Masih menceritakan tentang Lu Shuiyin dengan petulangannya sebagai pemain terbaik di dunia game online.

#22. Yowamushi Pedal: Glory Line (Sports, Drama, Comedy, Shounen)

Sepertinya tak perlu panjang lebar untuk mengulas anime satu ini. Soalnya bagi kamu yang suka banget dengan Genre Sports pasti tahu akan anime ini. Yups, musim ke-4 dari Yowamushi Pedal ini sangatlah dinanti-nantikan.

#21. Gintama.: Shirogane no Tamashii-hen (Action, Comedy, Parody, Samurai, Sci-Fi, Shounen, Historical)

Lagi-lagi, Gintoki dan kawan-kawan akan ikut memeriahkan Winter 2018 ini. Kali ini Gintama hadir dalam Final arc of Gintama yang yah seperti apa yang kalian tahu, anime ini benar-benar seru banget dengan comedy dan parodinya yang keren.

#20. Citrus (Shoujo-Ai, Romance, Drama, School)

Nah ini dia yang banyak dibicarakan dalam forum-forum pecinta anime soalnya beda dari yang lain guys, genrenya Shojou-Ai >.< loh. Jadi bagi kamu yang suka akan genre tersebut, anime ini sangat wajib kamu tonton soalnya ceritanya juga tergolong seru tapi yah banyak adegan berbahaya, jadi hati-hati.

Berkisah tentang Yuzu yang ingin merasakan jatuh cinta namun bersekolah di sekolah khusus perempuan. Yuzu pindah sekolah karena ibunya menikah lagi dan akhirnya memiliki saudara tiri yang ternyata merupakan ketua OSIS disekolahnya. Awalnya sedikit benci, namun perlahan hubungan keduanya malah makin dekat.

#19. Gakuen Babysitters (Shoujo, Slice of Life, School, Comedy)

Selanjutnya adalah rekomendasi yang pas banget nih untuk kamu para cewek soalnya di dalam anime ini, akan ada banyak banget cowok tampan yang melakukan hal yang biasanya dilakukan oleh perempuan, yaitu menjadi babysistter. Berkisah tentang Ryuuichi bersama adiknya Kotarou yang menjadi babysistter di pusat penitipan anak kecil di Morinomiya Academy. Nah dari sini lah kisah kocak yang penuh komedi akan dimulai.

#18. Yuru Camp△ (Slice of Life, Comedy)

Kalau menonton anime ini sih pasti bakal ingat dengan anime K-On! Soalnya ke-5 karakter utama di anime ini semuanya gadis-gadis cantik + moe sama dengan yang ada di K-On. So pastinya rekomendasi terbaik untuk kamu yang suka anime seperti K-On yang memperlihatkan kisah hidup sehari-hari para gadis-gadis cantik tentunya dengan grafis yang sedikit colorfull. Diawali dengan bertemunya Rin dengan Nadeshiko yang sama-sama suka dengan pemandangan Gunung Fuji. Setelah berteman dengan yang lainnya, mereka kemudian memulai petualangan bersama dan menikmati hidup.

#17. Grancrest Senki (Action, Fantasy)

Satu lagi anime Fantasy terbaik Winter 2018 yang tak boleh kamu lewatkan. Tidak hanya memberikan cerita Fantasy yang seru, penggambaran karakter di anime ini juga sangat keren. Berkisah tentang keadaan di sebuah Benua yang selalu terjadi kekacauan. Grancrest atau Segel Suci merupakan kemampuan yang hanya dimiliki oleh penguasa di Benua tersebut.

Kemampuan tersebut sangat bermanfaat untuk masyarakat karena dapat mengurangi kekacauan. Namun karena ego-nya masing-masing, para penguasa malah saling merebut Grancrest satu sama lain. Cerita ini terfokuskan pada Siluca dan Theo yang bekerja sama untuk mengakhiri konflik para penguasa dan kekacauan dunia.

#16. Ito Junji: Collection (Horror, Mystery, Psychological, Drama, Supernatural)

Kalau berbicara siapa sih anime horror terbaik di Winter 2018, maka anime ini sangat lah disarankan untuk kamu pecinta horror wajib menonton. Ito Junji: Collection mengadaptasi seri Ito Junji Kessaku-shuu yang didalamnya tersaji cerita horror yang sangat menegangnya. Tidak tanggung-tanggung, scene-scene di anime ini benar-benar bisa membuat perut bergejolak. Jadi sebelum nonton, pastikan suasana disekeliling kamu tak gelap yah minna-san.

#15. Karakai Jouzu no Takagi-san (Comedy, Slice of Life, School, Romance, Shounen)

Anime garapan dari Shin-Ei Animation Studios ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang suka dengan anime Slice of Life Comedy yang dibalut Romance dan School. Salah satu hal yang membuat anime ini terlihat beda dari yang lain adalah art penggambarannya yang terlihat moe-moe gimana gitu. So tentunya grafis seperti ini sangatlah pas dengan Genre yang diangkat yaitu Slice of Life dan Comedy.

Bercerita tentang Nishikata yang memiliki prinsip kuat di mana jika kau malu, maka kau kalah. Sayangnya nih, dia sering banget dijahili oleh teman gadisnya yang kebetulan duduk disampingnya bernama Takagi. Nah karena tak mau dijahili lagi, ia melakukan apa saja agar ia dapat membalas apa yang Takagi lakukan kepadanya, tapi jadinya malah senjata makan tuan. Ia selalu saja menjadi korbannya Takagi dan hal itu malah yang membuat anime ini kocak banget.

#14. Poputepipikku (Parody, Comedy)

Ara-ara, saingannya Gintama ini kalau sudah berbicara tentang Parody. Selain memiliki grafis yang unik, anime ini juga punya kualitas Parody yang kelucuannya itu tak kalah dengan Gintama yang merupakan anime dengan Parody terbaik. Ceritanya simple saja, tujuan utama dari anime ini adalah membuat kalian semua tertawa. Berkisah tentang dua gadis yang bertentangan banget. Popuko merupakan gadis pendek yang gampang sekali emosi sedangkan si Pipimi adalah gadis tinggi yang selalu tenang dalam segala hal. Anime ini memperlihatkan bagaimana kocaknya mereka ditambah dengan adegan-adegan parody dari anime terkenal lainnya.

#13. Cardcaptor Sakura: Clear Card-hen (Magic, Shoujo, Adventure, Fantasy, Romance, Comedy)

Madhouse tak mau ketinggalan di Winter 2018 ini dan sepertinya hmm… anime ini sangat cocok untuk kamu yang suka dengan Magical Shoujo. Berkisah tentang Sakura yang merupakan gadis SMA biasa dengan kehidupan normal bersama teman-temannya. Namun suatu hari, ia bermimpi aneh bertemu dengan seseorang misterius memakai jubah. Saat ia sadar, semua kartunya telah menjadi kosong.

#12. Sora yori mo Tooi Basho (Adventure, Slice of Life)

Nah rekomendasi anime Winter 2018 terbaik satu ini benar-benar Adventure yang hakiki. Jadi ceritanya sangat fokus pada petualangan para main chara-nya dalam menjalani hidup. Kisahnya sendiri tentang para gadis yang melakukan perjalanan jauh ke Kutub Selatan yang katanya tempat itu sangat jauh bahkan dari dunia yang mereka tempati itu sendiri. Namun tak semudah yang mereka harapkan karena pertama, mereka harus bisa hidup dalam keadaan seekstrim apapun itu. Oh iya, ada satu karakter di dalam anime ini yang menarik perhatian banget, cewek ini rambutnya hitam panjang.

#11. Mitsuboshi Colors (Comedy, Slice of Life)

Kamu merasa termasuk dalam golongan “Lolicon”? Kalau benar iya, anime ini sepertinya sangat pas untuk kamu tonton soalnya di dalam banyak banget Loli yang siap dikarungin. Ceritanya tentang tiga Loli imut yang sering jalan bareng, mereka menyebut diri mereka sebagai “Colors”. Jadi ceritanya itu tentang keseharian Colors seperti memecahkan teka-teki, pergi ke kebun binatang, atau kemana lah yang penting selalu bersama.

#10. Koi wa Ameagari no You ni (Romance, Seinen, Drama)

Kalau sudah masuk 10 besar versinya Sakuranime bukan rekomendasi lagi namanya guys, tapi wajib banget ditonton. Jika di musim sebelumnya Fall 2017 ada Just Because! Selaku anime Romance terbaik di musimnya, maka di Winter 2018, Koi wa Ameagari no You ni sangat direkomendasikan untuk kamu yang suka anime Romance murni. Selain itu, alur cerita serta grafis dijamin sangat Fresh di mata kamu.

Jadi cerita gini nih guys, seorang gadis muda umur 17 tahun bernama Tachibana Akira jatuh cinta pada om-om yang merupakan Manager di tempat ia bekerja yang bernama Kondou Masami. Akira sangat suka dengan Managernya itu meski sudah mempunyai anak namun sudah bercerai dengan istrinya. Akira ini cintanya murni nih guys, ia cinta tanpa alasan khusus dan akhirnya, Akira mencoba untuk mengungkapnya perasaannya. Hmm… bikin penasaran saja iya kan?

#9. Dagashi Kashi 2 (Comedy, Slice of Life, Shounen)

Welcome back to Dagashi World! Kembali lagi kamu akan menyaksikan kisah kelanjutan dari Dagashi Kashi yang sangat menghibur di musim pertamanya. Masih melanjutkan kisah Shidare Hotaru, gadis cantik yang berusaha membujuk Kokonotsu untuk mengurus kedai milik ayahnya Shikada Yo agar ayahnya mau bergabung dengan perusahan jajanan ringan milik Hotaru. Suasana di anime ini makin seru karena akan ada kemunculan karakter baru yang akan menambah kelucuan anime ini.

#8. Darling in the FranXX (Sci-Fi, Mecha)

Anime ini mengangkat tema Sci-Fi dan Mecha. Jadi rekomendasi banget untuk kamu yang suka anime robot-robotan yang berlatarkan di masa depan. Cerita yang disajikan di anime ini juga cukup menarik dengan karakter-karakter yang keren. Salah satunya adalah Zero Two, gadis cantik berambut pink yang banyak mengikat perhatian orang.

Berkisah tentang Hiro, seorang anak laki-laki yang dikenal sebagai anak ajaib, namun itu dulu dan sekarang ia terlantarkan. Hiro dikenal dengan Code:016 yang mengendarai Franxx dan tak dihiraukan di Kota Plantation, di mana anak-anak di sana hidup tanpa tahu apa-apa tentang dunia luar saat ini. Di saat Hiro sedang dalam keterpurukan, seorang gadis bernama Zero Two muncul dan mengubah hidupnya.

#7. Death March kara Hajimaru Isekai Kyousoukyoku (Fantasy)

Banyak sekali yang merekomendasikan anime ini termasuk Sakuranime dan hal itu benar, anime ini benar-benar sangat disarankan. Anime ini memiliki atmoster mirip dengan SAO yang memiliki Fantasy kuat. Jadi untuk kamu yang suka banget dengan anime Fantasy, anime ini direkomendasikan banget. Selain itu, anime ini juga menceritakan tentang seseorang yang terlempar ke dunia lain.

Jadi ceritanya tentang seorang programmer umur 29 yang terlempar ke dunia lain, programmer tersebut bernama Suzuki Ichirou. Di sana, ia mendapatkan kekuatan level atas yang membuatnya menjadi seorang petualang yang hebat. Hmm… sebenarnya lebih mirip Overlord daripada SAO karena di anime ini, main charanya memiliki kekuatan level atas sama seperti Momonga di Overlord. Oh iya, anime ini juga sedikit mengandung Harem.

#6. Fate/Extra Last Encore (Action, Magic, Fantasy)

Seri Fate memang tak hentinya membuat mata kita melotot menonton karena sangat seru. Di Winter 2018, seri Fate kembali menghibur kita dengan serial-nya bertajub Fate/Extra Last Encore. Dengan main chara baru bersama karakter terdahulu seperti Tohsaka Rin akan muncul namun yah jatahnya sedikit. Berkisah tentang Kishinami Hakuno yang terbangun di dunia virtual dengan keadaan amnesia. Mengikuti takdir, ia kemudian ikut ambil bagian dalam perang Cawan Suci bersama Servant miliknya. Di sini, masa lalu dari Kishinami Hakuno menjadi misteri besar yang belum terungkap.

#5. Hakata Tonkotsu Ramens (Action)

Fukuoka merupakan Kota yang terlihat damai namun faktanya ada kejahatan yang merajalela didalamnya. Khusus di wilayah Hakata, terdapat sekelompok orang yang memiliki bakat khusus diantaranya detektif, seorang informan, bahkan sampai pembunuh professional. So, tentunya dengan karakter-karakter yang disebutkan tadi pasti membuat Action di anime ini pecah.

#4. Saiki Kusuo no Ψ-nan 2 (Comedy, Supernatural, School, Shounen)

Wah-Wah siapa sih yang tak kenal dengan anime comedy paling kacau ini? Anime ini sangat cocok untuk kamu yang suka dengan anime comedy namun memiliki nuansa yang berbeda. Tak hanya memiliki cerita yang cukup unik, anime ini juga mengandung sedikit unsur Harem yang membuat musim ke-2 dari Saiki Kusuo no Ψ-nan ini patut banget untuk ditonton. Masih melanjutkan kisah keseharian kocak dari karakter utama kita yang kuat banget bernama Saiki Kusuo dan akan memperkenalkan karakter-karakter baru yang akan menambah keseruan anime ini. Hmm… siapa saja yah? Sebaiknya anime ini jangan sampai tak ditonton.

#3. Nanatsu no Taizai: Imashime no Fukkatsu (Action, Fantasy, Supernatural, Shounen)

Aksi dari Nanatsu no Taizai juga tak kalah bagus loh dengan Overlord. Bahkan banyak yang berpendapat, kualitas action anime ini lebih keren. Setelah Sakuranime puas banget dengan musim pertamanya, Nanatsu no Taizai hadir dengan musim ke-2 yang rilis pada musim Winter 2018. Melanjutkan kisah perjalanan Princes Elizabeth, Meliodas, dan member Nanatsu no Taizai lainnya setelah berhasil megambil alih Britannia. Istirahat sejenak, sebuah ancaman yang lebih besar menanti mereka.

#2. Overlord II (Action, Fantasy, Magic, Adventure, Supernatural, Game)

Pada musim pertamanya, Overlord benar-benar menyajikan adegan-adegan aksi yang badass banget. So pastinya kelanjutan dari anime ini yaitu musim ke-2 pada Winter 2018 sangat patut untuk disimak. Apalagi untuk musim ke-2 ini tentu kualitas cerita dan actionnya tak kalah dengan musim pertamanya itu. So, best recommendation of Winter 2018. Masih melanjutkan kisah dari Skeleton terkuat yaitu Momonga-sama dalam mendominasi dunia di mana ia berada.

#1. Violet Evergarden (Fantasy, Drama)

Rekomendasi Anime Winter 2018 Terbaik

Sama seperti Overlord season ke-2, anime ini juga sangat dinantikan sejak tahun 2017 lalu. Untuk Sakuranime sendiri, no comment deh untuk anime ini. Dilihat dari aspek manapun, anime ini benar-benar memiliki poin lebih. Baik itu dari segi cerita, grafis, penokohan, dan lainnya semuanya berada ditingkatan yang berbeda. Khususnya pada grafis dan penggambaran karakternya, salut banget untuk KyoAni yang benar-benar serius dalam menggarap anime ini.

Mengisahkan tentang seorang gadis bernama Violet Evergarden yang dulu dikenal sebagai senjata. Di tengah medan perang, Violet pernah mendengar ucapan dari orang yang ia sayangi namun sayangnya ia masih tak tahu maksud dari perkataan tersebut. Saat ia telah meninggalkan perang dan bekerja di Layanan Pos CH, ia terharu bagaimana seseorang dapat mengungkapkan apa yang dirasakannnya dalam bentuk perkataan. Pekerjaan itu disebut Auto Memories Dolls.

[VIDEO] REKOMENDASI ANIME WINTER 2018:

Read More! 12 Rekomendasi Anime Fall 2017 Terbaik Dengan Cerita Menarik!

Nah itu dia bro and sist rekomendasi anime Winter 2018 terbaik yang patut banget buat kamu tonton versinya Sakuranime. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian dan jangan lupa share yah ke teman-teman kamu agar tak ketinggalan info seperti ini. Well, simak juga rekomendasi keren lainnya di Sakuranime dan sampai jumpa di rekomendasi anime musim selanjutnya. Arigatou na minna-san >.<