20 Anime yang Aman Ditonton Ketika Berpuasa dan Hindari Hal ini!

Ustadz Kirito: Rekomendasi Anime yang Aman Untuk Ditonton Ketika Berpuasa

Sakuranime.com – Buat teman-teman yang masih bingun anime apa ajah sih yang aman ditonton saat puasa, jangan ditutup halaman ini karena kamu akan menemukan jawabannya di sini. Sebagai animelovers yang bertempatkan di Indonesia, Negara dengan populasi Muslim terbanyak, tentunya akan memberikan batasan-batasan ketika bulan puasa tiba karena tidak semua anime itu baik ditonton ketika berpuasa. Kalian tahu lah Jepang itu seperti apa, mereka para creator anime sering membuat anime yang agak “Over” gitu.

Sebenarnya menentukan anime yang tidak membatalkan puasa itu sangat mudah, kamu hanya perlu menghindari anime yang bisa membatalkan puasa. Nah karena itulah, ketahui dulu apa saja yang bisa membatalkan puasa. Sakuranime akan sedikit memberitahukan kepada kalian apa ajah sih yang bisa membatalkan puasa saat ketika kamu nonton anime.

Hal-Hal yang Bisa Membatalkan Puasa Ketika Nonton Anime:

#1. Nonton Hentai

Anime yang Aman Ditonton Ketika Berpuasa
Disensor, biar puasa kalian lancar XD

Jangan coba-coba nonton hentai ketika siang hari saat kamu berpuasa, baik itu hentai 2D atau 3D pokoknya jangan ditonton karena bisa memicu kalian menjadi horny dan puasa kalian batal.

#2. Nangis pas Nonton Anime Drama

Menurut info yang Sakuranime baca, nangis yang disengaja dalam artian lain sengaja nonton anime drama yang sudah jelas-jelas bikin nangis maka bisa membatalkan puasa. Jadi tidak disarankan untuk menonton anime yang bikin sedih sampai menangis walalupun tidak mengandung unsur ecchi didalamnya.

#3. Nonton Anime Gore

Muntah dengan sengaja bisa membatalkan puasa, kalian berencana nonton anime gore yang bisa bikin muntah itu sudah bisa membatalkan puasa. Walaupun kalian adalah pasukan anti muntah ketika nonton anime gore, tetap saja tidak direkomendasikan.

#4. Menonton Anime yang Bikin Nafsu Makan Menggejolak

Disensor, biar nggak lapar XD

Tidak disarankan untuk kalian menonton anime yang memiliki adegan-adegan yang bisa memacu diri kalian untuk diam-diam ke dapur terus makan. Di poin ini, Sakuranime menyinggung anime-anime yang bertema memasak seperti Shokugeki no Souma, Cooking Master Boy dan lainnya. Meski batalnya puasa kalian ketika makan, tetap saja sesuatu hal yang memicu itu tidak diperbolehkan.

#5. Nonton Anime yang Bikin Haus

Disensor, biar nggak haus XD

Salah satu godaan ketika berpuasa adalah rasa haus yang bikin tenggorokan kering. Sama dengan anime memasak, kalian juga tidak boleh menonton anime-anime yang bisa menarik diri kalian menuju kulkas dan “Glek-glek-glek” minum air dingin yang segar. Termasuk anime-anime yang memiliki banyak oppai didalamnya karena jujur saja, beberapa orang haus dibuatnya ( ‘-‘ )

#6. Ketawa Kayak Orang Gila

Ketawa boleh saja, asal jangan berlebihan. Sakuranime tidak tahu apa ketawa berlebihan bisa membatalkan puasa, tapi menurut beberapa sumber yang Sakuranime dapat, ketawa berlebihan bisa membatalkan puasa. Jadi tidak disarankan untuk kalian menonton anime komedi kelas berat seperti Gintama karena bisa membuat kamu menjadi orang gila ketawa gak jelas.

#7. Menonton Anime yang Bikin Marah!

Jika saja Darling in the FranXX episode 14 rilis ketika bulan puasa, maka kalian tidak boleh menonton kecuali selepas berbuka puasa karena anime itu bisa memicu amarah dua kubu yaitu #team15 dan #team02. Tidak hanya itu, hindari juga anime-anime yang bisa bikin marah sampai-sampai laptop kalian banting, maki-maki orang gak jelas, dan semacamnya.

#8. Memancing Untuk Berbicara Kotor

Ada juga anime yang memiliki unsur-unsur bicara kotor didalamnya dan sebaiknya tidak ditonton karena mungkin bisa mempengaruhi kamu untuk berbicara kotor yang bisa saja membatalkan puasa kamu. Anime seperti ini semacam Shimoneta yang terkenal dengan omongan joroknya.

Mungkin hanya segitu yang Sakuranime tahu bisa membatalkan puasa ketika menonton anime dan poin-poin di atas sebenarnya bisa dijadikan patokan untuk memilih anime yang benar-benar aman untuk ditonton ketika puasa. Kemudian sebagai pelengkap artikel ini, Sakuranime ingin memberikan beberapa rekomendasi anime yang aman ditonton ketika berpuasa versi Sakuranime.

Rekomendasi Anime yang Cukup Aman Ditonton pas Puasa:

#20. Boku no Hero Academia

Anime ini mengisahkan tentang seorang anak bernama Midoriya yang mendapatkan kekuatan dari superhero favoritenya dan memulai petualangan untuk menjadi superhero terkuat di bumi. Anime ini tidak akan membuat kalian horny, lapar, haus, dan sebagainya. Mungkin hanya memberikan efek terharu tapi tidak akan sesedih ketika kalian melihat perpisahan Kanade dan Yuzuru dari Angle Beats.

#19. Kuroko no Basket

Segala anime sports sepertinya aman yah untuk ditonton pada bulan puasa, kecuali Keijoo. Nah anime yang satu ini berkisah tentang 6 orang yang jago banget bermain basket kemudian tamat dari SMP dan masuk ke dalam SMA yang berbeda. Dalam sebuah turnament, mereka kemudian bertemu satu sama lain dan menjadi lawan.

Yang ganjil di sini sih cuma oppai dari salah satu karakter bernama Momo yang mungkin bisa menggoyahkan iman kalian, tapi untuk bagian Momo bisa dinonton pada malam hari karena bagiannya juga sedikit dan sisanya itu aman-aman saja.

#18. Haikyuu

Masih anime sports guys, anime ini bertema volley yang berkisah tentang Tim Karasuno yang mencoba bangkit dalam dunia turnament volley ketika sempat down beberapa tahun terakhir. Adegan yang mungkin bisa membatalkan puasa kalian itu sedikit banget, kalaupun ada mungkin yah tidak terlalu berpengaruh.

#17. Tokyo Magnitude 8.0

Bermula ketika sepasang adik kakak yang terjebak dalam insiden gempa bumi yang kemudian mereka ditolong oleh seorang perempuan. Anime ini tidak akan membatalkan puasa kamu jika ditonton. Tapi mungkin bisa membuat kamu sedikit terharu, namun tidak akan membuat kamu menangis yah beda orang beda juga tingkat rasa ibanya sih.

#16. Boku dake ga Inai Machi (ERASED)

Anime ini bergenre drama dengan ending yang memuaskan. Cocok banget untuk dijadikan teman ngabuburit karena isi dari anime ini tidak akan membuat puasa kamu batal. Berkisah tentang seorang laki-laki yang memiliki kemampuan di mana ia bisa kembali ke masa lalu. Ketika ibunya terbunuh, ia secara tiba-tiba pergi ke masa lalu kemudian menolong temannya yang sudah mati sekaligus mencari tahu siapa pembunuh teman dan ibunya tersebut.

#15. Gekkan Shoujo Nozaki-kun

Ketawa boleh, tapi jangan berlebihan. Sepertinya takaran komedi yang pas pada anime ini bisa menjadi teman kamu selama berpuasa. Efek yang bisa dirasakan mungkin hanya membuat kamu senyum-senyum sendiri. Berkisah tentang seorang gadis yang suka dengan pria besar yang ternyata seorang mangaka. Karena beberapa kesalahpahaman, gadis tersebut malah berakhir menjadi asisten si mangaka.

#14. Bakuman!

Anime ini berkisah tentang perjuangan dua pemuda untuk menjadi mangaka sukses. Uniknya, anime ini didasari oleh kisah percintaan karakter utama tapi tidak akan memperlihatkan kalian adegan-adegan romance yang terlalu sering. Ceritanya sebagian besar fokus kepada sang tokoh utama untuk mencapai mimpinya yaitu mendapatkan adaptasi anime dari manga yang mereka buat agar bisa menepati janji yang telah dibuat bersama sang kekasih.

#13. One Punch Man!

Anime ini bertema hero guys, bercerita tentang keseharian si botak Saitama yang pukulannya kuat banget dalam melindungi bumi meski sering diragukan oleh orang-orang. Kamu tidak akan menemukan adegan-adegan yang bisa membatalkan puasa kamu. Sensasi yang hanya kamu rasakan ketikan nonton One Punch Man adalah terpaku dan terhibur.

#12. Mob Psycho 100

Punya sedikit hubungan dengan anime di atas, tapi cerita dan karakternya benar-benar berbeda. Menceritakan tentang seorang anak yang mempunyai kekuatan supernatural yang sangat kuat dan ada sebuah organisasi yang ingin memanfaatkan orang dengan kekuatan sepertinya. Karena grafisnya juga agak kekanak-kanakan tapi keren, sepertinya tak akan membuat puasa kamu batal. Lagian adegan-adegan yang bisa membuat puasa kamu batal juga tidak ada di anime ini.

#11. Kekkai Sensen

Kekkai Sensen memiliki action yang keren banget dengan latar tempat sebuah Kota yang isinya ada manusia, monster, dan lainnya. Bercerita tentang seorang pemuda yang memiliki kemampuan mata dewa yang masuk ke sebuah Kota dengan tujuan mencari cara untuk menyembuhkan sang adik. Adegan kekerasan di anime ini pasti ada, tapi tidak berlebihan dan sepertinya masih masuk batas wajar yah untuk ditonton pada bulan puasa.

#10. K-ON!

Isinya sih gadis-gadis cantik, tapi nggak seksi-seksi amat. Adegan yang mungkin perlu dihindari itu adegan saat pergi ke pantai di mana semuanya pake bikini tapi yah kalau menurut Sakuranime tidak mengganggu banget, soalnya kek papan cucian guys. Berkisah tentang keseharian gadis-gadis muda yang mengelolah klub K-ON, klub musik di mana mereka sering main musik, minum teh, makan kue, seru bareng, sedih bareng, dan segala macam.

#9. Soul Eater

Cerita dan actionnya keren dan yang pastinya tidak memberikan adegan-adegan yang bisa membuat puasa kalian batal. Berkisah tentang sebuah sekolah yang didirkan oleh Shinigami-sama. Fokus kepada seorang gadis muda bersama dengan senjata sabitnya yang bisa berubah menjadi manusia.

#8. Beelzebub

Anime yang cukup normal, tidak akan ada adegan-adegan berlebihan (Kecuali bayi telanjang di mana-mana) yang bisa membatalkan puasa dan komedinya juga termasuk ringan, tidak akan membuat kamu tertawa terbahak-bahak kek orang gila. Bercerita tentang keseharian seorang pemuda yang merawat dan mencarikan orang tua baru untuk bayi Raja Iblis yang selalu menempel dengannya.

#7. Gamers!

Anime kesalahpahaman nomor satu di dunia versi Sakuranime. Mungkin bisa membuat kamu tertawa sedikit keras dan beberapa adegan wanita cantik, tapi masih di bawah batas wajar lah. Kalau mau, anime ini lebih cocok dijadikan tontonan malam atau sebelum sahur. Berkisah tentang beberapa orang yang saling terkait dan masuk ke dalam lingkaran kesalahpahaman cinta, persahabatan, dan lainnya. Tapi mereka selalu terhubung dengan bermain game.

#6. Natsume Yuujinchou!

Setiap episodenya kamu bisa melihat kisah mendramatis dengan karakter-karakter baru. Tapi tenang saja karena tidak akan membuat kamu menangis karena akhir ceritanya juga happy ending kok. Berkisah tentang seorang pemuda yang bisa melihat roh atau yokai. Ia memiliki buku persahabatan di mana di dalam buku tersebut terdapat nama-nama para yokai yang telah ditangkap oleh neneknya dan berupaya untuk mengembalikan nama-nama tersebut kepada sang pemilik.

#5. Karakai Jouzu no Takagi-san

Disensor bajunya, biar kalian nggak menghayal XD

Sebuah anime slice of life yang menceritakan tentang kisah keseharian Nishikata dan teman perempuannya bernama Takagi-san. Mereka ini saling menjahili satu sama lain dan hal itu yang membuat anime ini lucu. Tapi, entah mengapa si cowoknya yang selalu kena. Komedi di anime ini dosisnya pas, tidak akan membuat kamu ketawa berlebihan dan tentu saja adegan-adegan dewasa di anime ini tidak ada sama sekali. Cukup aman sih untuk ditonton pada bulan puasa dan direkomendasikan banget.

#4. Classroom Crisis

Sebuah anime space dan Sci-Fi dengan unsur politik yang cukup kental. Meski begitu, sebenarnya anime ini cukup aman ditonton pada bulan puasa dan tidak akan ada adegan-adegan berlebihan yang bisa membuat puasa kalian batal. Menceritakan tentang keseharian anggota A-TEC yang memiliki misi-misi tertentu dalam menciptakan teknologi terbaru. Kalian juga bisa melihat beberapa permasalahan baik internal atau ekternal yang bisa diatasi oleh anggota A-TEC ini. Berbicara tentang romancenya, ada, tapi tidak terlalu menonjol.

#3. Isshuukan Friends

Sebuah anime romance yang menurut Sakuranime cukup aman ditonton ketika bulan puasa karena dramanya juga pas, tidak bikin ketawa berlebihan atau sampai nangis. Meski begitu, tetap membawa penonton terhanyut dalam cerita. Berkisah tentang keseharian dua orang sahabat laki-laki dan wanita, tapi si sahabat wanita ini memiliki penyakit aneh di mana ia akan melupakan orang-orang disekitarnya seminggu sekali.

#2. Hunter x Hunter

Anime action yang aman ditonton pastinya saat bulan puasa. Anime ini mengisahkan tentang seorang anak yang berpetualang untuk menjadi seorang Hunter terhebat sama seperti ayahnya. Adegan-adegan yang bisa menggoyahkan iman di anime ini tidak ada sama sekali. Adanya cuma adegan pertarungan shounen biasa seperti Dragon Ball saja dan cukup aman sih dilihat ketika kalian berpuasa.

#1. Durarara!!

Salah satu anime drama pilihan Sakuranime dengan alur cerita yang spektakuler banget. Berkisah tentang serangkaian pristiwa-pristiwa di suatu Kota mulai dari yang biasa saja sampai yang luar biasa. Fokus pada seorang anak yang ternyata merupakan leader dari sekelompok orang yang kerap meresahkan di Kota tersebut. Anime ini lebih ke drama, jadi kalian akan menemukan banyak dialog daripada action. Mungkin ada beberapa adegan yang bisa “Memacu” diri kalian tapi yahh… masih dalam batas wajar sih.

Read More! Penjaga Lantai/Guardian Floor di Nazarick dalam Anime Overlord

Nah itu dia sebagian kecil rekomendasi anime yang aman ditonton ketika puasa berlangsung. Sebenarnya masih banyak yang lain, intinya cukup ikuti patokan-patokan apa saja yang bisa membatalkan puasa yang sudah Sakuranime bahas di atas dan hindari hal itu. Sakuranime bukan ahli agama dan ini hanya pendapat Sakuranime saja. Kalian bisa memberikan rekomendasi anime yang lain atau pendapat tentang artikel ini. Selamat menunaikan ibadah puasa dan salam animelovers Indonesia.