Sakuranime.com – Hai minna-san, masih bersama Sakuranime dengan artikel kerennya. Kali ini Sakuranime ingin mereview salah satu anime Sports Terbaik berjudul Baby Steps. Anime ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang suka anime Sports dengan tema from zero to hero. Mungkin sedikit mirip dengan Ballroom e Youkoso karena sama-sama menceritakan tentang karakter utama dalam merintis bidang olahraga yang disukainya mulai dari nol. Selain itu, keduanya juga memiliki bakat terpendam bahkan hanya dalam waktu singkat, mereka berdua sudah pantas menjadi seorang Pro.

Anime garapan Pierrot Studio ini berhasil membuat para fans khususnya pecinta anime Sports benar-benar kagum. Tak heran di MAL, anime ini memiliki rating yang tergolong tinggi. Disamping kelebihan dari anime ini, ada satu hal yang membuat Sakuranime benar-benar terpaku penuh yaitu kisah Romance kental dengan nuansa olahraga yang jarang banget ditemui dalam anime yakni Tennis. Mungkin ada, namun hanya sedikit saja. Jadi ceritanya masih tergolong sangat-sangat segar. Well, berikut ini adalah review anime Baby Steps versi Sakuranime.

Informasi

Judul: Baby Steps
Tipe: TV
Episodes: 25
Status: Selesai
Musim Perdana: Spring 2014
Produser: NHK
Studio: Studio Pierrot
Diangkat Dari: Manga
Genre: Romance, School, Shounen, Sports
Durasi: 24 min. per ep.
Rating: PG-13 – Teens 13 or older

Sinopsis

Berkisah tentang seorang pemuda yang cerdas dan selalu menyimpan pengetahuannya di dalam buku, ia bernama Maruo Eiichirou. Sayangnya ia tak memiliki hobby lain selain membaca buku (Benar-benar kutu buku yang sebenarnya). Di sisi lain, seorang wanita cantik bernama Natsu memiliki cita-cita menjadi seorang petennis kelas dunia dan mengajak Maruo ke dalam klub Tennis-nya. Semenjak saat itu, Maruo kemudian menemukan hobby baru dan perlahan meninggalkan akademik-nya demi menjadi pemain tennis pro. Namun tak semudah yang ia harapkan, pertama-tama ia harus mengalahkan kelemahan dari dirinya sendiri terlebih dahulu.

Cerita (8.0/10)

Ceritanya cukup unik di mana kamu akan melihat perjuangan pria muda untuk meraih puncak dalam waktu singkat. Maruo baru saja bermain Tennis selama 2 tahun dan dengan mudah ia bisa mengalahkan pemain Tennis berpengalaman 10 tahun. Anime ini memperlihatkan kita kalau usaha tak kalah dengan pengalaman. Nah di samping cerita heroik dari sang karakter utama, kamu juga bisa melihat kisah romance di anime ini loh, yah meski dominan fokus pada kisah si main charanya. Sakuranime sangat kagum pada Kachiki Hikaru-sensei yang telah menciptakan kisah sekeren Baby Steps. Oh iya, kamu penasaran kenapa judulnya Baby Steps? Karena cerita anime ini mengisahkan langkah kecil demi langkah kecil menuju Giant Steps. Wah keren banget bukan?

Grafis (7.9/10)

Baby Steps rilis pertama kali pada tahun 2014 di bawah naungan Piorret Studio. Untuk grafisnya sendiri lumayan meski tak sebagus Fate, yah kalian tahu lah bagaimana bagusnya anime Fate. Meski sudah lama rilis, faktanya grafisnya masih sangat nyaman di mata. Namun mungkin sedikit aneh untuk kamu yang habis nonton anime Loli moe seperti Eromanga-sensei karena perbedaan grafisnya benar-benar jauh. So kesimpulannya, grafisnya tak perlu dipertanyakan lagi.

Karakter (7.9/10)

Sama seperti anime Sports pada umumnya, di anime ini juga memiliki banyak jenis karakter yang umum ditemukan pada anime bertema olahraga lainnya seperti rival, teman tapi rival, dan rival sekaligus musuh. Namun dalam Baby Steps ada satu perbedaan, yaitu kamu bisa menemukan karakter rival yang juga teman sekaligus saingan dalam hal percintaan. Wah tentu cerita seperti ini sangat seru untuk di ikuti. Nah bagi kalian yang mau kenalan dengan karakter di Baby Steps, berikut ini adalah karakter penting dalam anime Baby Steps:

#1. Maruo Eiichirou

Sang karakter utama kita dalam serial Baby Steps. Semenjak awal ia mengenal Tennis, ia langsung jatuh cinta dan sangat terobsesi untuk menjadi Pro. Untuk meraih cita-citanya, ia memulai pelatihan keras sampai ke Luar Negeri. Uniknya nih, Eii-chan setiap kali bertanding akan mencatat segala hal tentang pertandingan di buku khusus yang selalu ia bawah. Jadi Eii-chan bermain dengan otak dan analisisnya. Gimana jadinya yah kalau Eii-chan punya postur tubuh bagus dan analisis tepat? Hmm… menjadi Pro mungkin perkara mudah baginya.

#2. Natsu Takasaki

Gadis cantik yang mahir bermain Tennis sejak ia masih kecil sekaligus orang yang memperkenalkan Eii-chan tentang Tennis. Sama seperti Eii-chan, Nat-chan juga memiliki mimpi menjadi seorang Pro di kategori Tennis Putri. Meski berbakat, Nat-chan juga punya saingan kuat dalam Tennis. Untungnya saingan untuk mendapatkan Eii-chan kelihatannya minim yah, muehehehe.

#3. Takuma Egawa

Seniornya Eii-chan dan Nat-chan sekaligus salah satu motivasi Eii-chan untuk menjadi Pro. Takuma merupakan bibit andalan Jepang dalam dunia Tennis. Di usia mudanya, ia sudah berhasil menjadi Pro dan meraih Rank 500-an Kelas Dunia. Meski terlihat tegas dan jahat, sebenarnya ia adalah pria yang baik. Sering kali Takuma memperlihatkan sifat seniornya dan membantu juniornya untuk menjadi lebih kuat lagi. Tapi, hmm… sepertinya ia suka dengan Nat-chan >.<

#4. Souji Ike

Ike merupakan salah satu pemain Tennis terbaik di Jepang dan telah memiliki Rank cukup tinggi di Level Dunia. Hebatnya lagi, Ike masih seumuran dengan Nat-chan dan Eii-chan. Sejak kecil Ike sudah bermain Tennis bersama Takuma dan Nat-chan. Ia juga menjadi motivasi terbesar untuk Nat-chan dan Eii-chan agar bisa bermain di lapangan berkelas dunia seperti Ike.

Soundtrack (8.0/10)

Salah satu hal yang Sakuranime senangi dari anime ini adalah Openingnya yang bagus banget. Judulnya adalah Believe in Yourself oleh Mao Abe. Buat kamu yang belum dengar nih, coba deh untuk didengar karena opening ini benar-benar keren. Sayangnya untuk season pertama dan kedua dari anime ini, lagu openingnya itu-itu saja. Tapi mengingat kerennya nih lagu opening, sepertinya bukan masalah besar. Kalau berbicara tentang pengiring musik dalam anime sih semuanya bagus, sangat cocok dengan tema Sports yang diangkat. Oh iya, lagu endingnya juga sangat bagus loh.

Keseluruhan (8.2/10)

Satu kata deh untuk anime ini, “Keren”. Sports yang dipadukan dengan From Zero to Hero benar-benar keren, jadi ingat deh sama anime Ballroom e Youkoso yang juga mengangkat tema yang sama. Bukan sama-sama Tennis yah, tapi Zero to Hero nya itu lah yang mirip. Oke, sepertinya apa yang Sakuranime ingin ulas di poin keseluruhan ini sudah terjawab di poin-poin sebelumnya. Intinya jika kamu suka dengan anime Sports, anime ini benar-benar layak untuk ditonton.

Read More! Review Inuyashiki, ini Baru Pahlawan Sesungguhnya!

Tertarik untuk menonton? Setelah membaca review singkat dari Sakuranime di atas masih ragu menonton? Kuatkan lah nak, karena anime ini benar-benar bagus. Well, semoga informasi kali ini bisa bermanfaat untuk kalian semua dan jangan lupa share yah kepada teman-teman kamu. Sampai jumpa di review anime keren lainnya dan ingat selalu untuk berkunjung ke Sakuranime, tempat nongkrong anime lovers Indonesia! ^-^