Sakuranime.com – Menjawab request artikel review dari teman-teman, kali ini mimin akan mengulas review dari anime yang sudah cukup terkenal berjudul Fate/Stay Night: Unlimited Blade Works atau bisa juga berarti “Karya Pedang Tiada Batas”.

Anime ini rilis sekitar tahun 2014 dan sebenarnya sudah pernah dirilis pada tahun 2006 lalu dengan judul Fate/Stay Night. Jadi yah semacam remake-nya. Perubahannya terasa banget, khususnya untuk grafis. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah review Fate/Stay Night: Unlimited Blade Works versi Sakuranime.

Informasi:

Judul English: Fate/stay night [Unlimited Blade Works]
Nama lain: Fate/stay night (2014), Fate – Stay Night
Tipe: TV
Episode: S1 (12 ep.) S2 (13 ep.)
Status: Selesai
Tanggal rilis: 12 Oktober 2014 s/d 28 Desember 2014
Musim: Fall 2014
Produser: Aniplex, Notes
Lisensi: Aniplex of America
Studio: ufotable
Diangkat dari: Visual novel, Manga
Genre: Action, Fantasy, Magic, Supernatural
Durasi: 24 menit/episode
Rating: R – 17+ (violence & profanity)
Pencipta: Type-Moon (Cerita), Nishiwaki, Datto (Art), Nasu, Kinoko (Cerita)

Sinopsis:

Kota Fuyuki telah menjadi medan perang untuk memperebutkan Cawan Suci yang konon katanya bisa mengabulkan segala permintaan. Terpilihlah 7 master dengan 7 roh Servant masing-masing untuk bertarung memperebutkan Cawan Suci. “Dia” yang bisa bertahan sampai akhir, Cawan Suci miliknya.

Cerita fokus pada Rin Tohsaka, master dari Archer dan mewakili keluarganya yang sejak dulu sudah berpartisipasi dalam perang Cawan Suci. Namun siapa sangka, salah satu teman sekolahnya bernama Shirou Emiya ternyata juga ikut terlibat sebagai master dari Shaber.

Saling memikirkan kedamaian dunia, mereka kemudian bekerja sama dalam perang untuk menghentikan para master yang memiliki tujuan jahat.

Cerita: 8.0/10

Ceritanya mungkin biasa saja, orang-orang saling bertempur untuk memperebutkan suatu hal itu dah biasa. Tapi menariknya, ada banyak hal yang tidak terduga di tengah-tengah proses perebutan tersebut dan di anime ini menerapkannya.

Dipertengahan cerita ada banyak sekali kejutan yang disajikan dan ini yang membuat anime ini menarik. Seperti misalnya sosok sejati dari si MC itu siapa atau kematian tidak terduga karakter di dalamnya. Sayangnya romance di anime ini tidak terlalu diceritakan.

Tapi kehadiran adegan fight keren dengan cerita yang mengejutkan sudah membuat anime ini layak banget ditonton. Oh iya, seri yang kita bahas kali ini hanya satu dari sekian banyak seri anime Fate, jadi jangan kira cuma ini saja yah, tonton juga seri yang lain.

Grafis: 9/10

Ini pertama kalinya mimin kasih nilai 9 dari 10 untuk penilaian grafis, soalnya sudah tidak ada kritikan lagi tentang grafisnya, mimin benar-benar puas. Berterimakasihlah pada Studio ufotable yang sudah bekerja keras untuk membuat grafis yang memukau. Jika dibandingkan dengan versi 2006-nya, remake ini jauh lebih bagus.

Mungkin yang mimin kurang suka hanya art karakter, tapi ini hanya penilaian pribadi saja, selebihnya sudah lebih dari cukup. Adegan pertempuran dibuat sedetail mungkin dengan efek sihir atau pencahayaan yang udah pro banget. Salut deh pokoknya dengan ufotable!

Karakter: 7.1/10

Dari segi karakter cukup melibatkan banyak pihak, tapi jatah tampil setiap karakter berbeda-beda, tentu saja yang paling lama adalah si MC. Masih seperti anime kebanyakan, di anime ini ada karakter jahat dan baik. Tapi saya suka dengan MC-nya, awalnya dia lemah tapi seiring perkembangan cerita ia menjadi lebih kuat dan misteri jati diri yang membuat penasaran.

Berikut ini beberapa karakter penting di Fate/Stay Night: Unlimited Blade Works:

#1. Shirou Emiya

Master dari Shaber. Ia memiliki kemampuan sihir pengeras dan mampu melakukan Trace-On, membentuk pedang dengan material keras. Kayak MC kebanyakan, ia baik hati dengan pendirian yang teguh.

#2. Rin Tohsaka

Master dari Archer si pemanah. Bisa dibilang heroine utama di anime ini, tapi nggak terlalu cinta-cintaan dengan Shirou. Ia berasal dari keluarga Tohsaka yang sejak dulu sudah terlibat dalam perang Cawan Suci. Ia memiliki pribadi yang priang dan merupakan gadis pemberani, intinya dia nggak takut mati lah.

#3. Saber

Saber hanya julukan kelas, ia memiliki namanya sendiri dan sebaiknya kalian tonton karena mimin nggak mau ngespoiler di sini. Ia memiliki kemampuan berpedang sangat pro, pedangnya saja bisa menghilang dan hanya dia yang bisa menggunakannya. Pedangnya bernama Excalibur, sudah tahu lah yang namanya pedang legendaris pasti OP banget.

#4. Archer

Berciri khas kulit hitam manis dengan rambut putih. Sebenarnya ia punya hubungan dengan Shirou, kalau penasaran langsung ditonton saja. Ia jago dalam memanah, tapi ternyata hebat juga dalam menggunakan pedang dan memiliki prisai yang sangat kokoh.

Meski kelasnya Archer, ia mampu menggunakan kemampuan kelas lain bahkan bertarung seimbang dengan servant lain dengan tak menggunakan panah, keren!.

Soundtrack: 8.5/10

Nah ini salah satu hal yang membuat mimin betah menonton karena kita disuguhkan lagu opening dan ending yang istimewa banget. Anime ini dipisah menjadi dua musim dengan total 25 episode.

Di musim pertama, lagu endingnya keren banget dengan judul “believe” oleh Kalafina. Di episode 12 (S1), openingnya berjudul “THIS ILLUSION” oleh LiSA tapi biasa aja sih. Sedangkan opening di season pertama berjudul “Ideal White” oleh Mashiro Ayano, tidak terlalu special tapi suaranya cukup bagus.

Di season pertama opening ending dibawakan oleh wanita semua. Nah opening season kedua yang paling keren, judulnya “Brave Shine” oleh Aimer. Sedangkan ending season kedua masih dihendel oleh Kalafina dengan suara yang menyejukkan hati berjudul “ring your bell”.

Tapi lebih bagusan lagu Kalafina di season pertama sih menurut mimin. Sedangkan untuk efek-efek sound pengiring di setiap episode rasanya sudah cukup, meski nggak memiliki ciri khas seperti One Piece, Naruto, atau Fairy Tail.

Keseluruhan: 8.7/10

Anime ini punya kelebihan di bidang grafis dengan cerita yang cukup seru. Kelebihan lainnya adalah adegan pertempuran yang badass banget, baik itu hand to hand, menggunakan senjata, atau pun sihir.

Anime ini juga tergolong serius dengan drama yang menghanyutkan penonton. Apalagi dengan jalan cerita yang selalu saja membuat penasaran apa yang akan terjadi selanjutnya. Intinya anime ini sangat direkomendasikan.

Video Cuplikan:

Read More! Review Hinamatsuri, Yakuza Jadi Ayah dah Biasa, Tapi Kalo Anaknya Gini?

Thanks sudah membaca review kali ini, tenang saja karena review Sakuranime tidak ada yang namanya spoiler berlebihan, yah hanya di review-review lama sih. Well, sampai jumpa di review anime pilihan lainnya, kalian juga bisa request review atau artikel lainnya, salam animelovers Indonesia.

UPDATE SAKURANIME CHANNEL