Review Mononoke Hime “Anime 1997 itu ampas!” Udah Nonton Belum?

Review Anime Movie Mononoke Hime 1997

Sakuranime.com – Anime lawas bukan berarti karya yang harus “Terlupakan” tapi sebaliknya, karya-karya anime lawas ini harus tetap dipertahankan di zaman sekarang ini. Berhubungan dengan hal tersebut, Sakuranime akan mengulas sebuah anime atau lebih tepatnya review anime lawas berjudul Mononoke Hime yang rilis pada tahun 1997 silam, wah jadul banget bukan? Uniknya, ternyata dari segi visual atau grafisnya sangat bagus bahkan bisa disandingkan dengan anime-anime yang rilis di tahun 2005 – 2007.

Anime ini mengusung tema fantasy, supernatural, adventure, dan action. Selain memiliki cerita yang menarik, durasi dari anime ini cukup panjang yaitu 2 jam 10 menit, jadi kamu akan puas banget menonton anime movie satu ini. Tapi sering kali kalian mungkin akan berkata bahwa:

“Ahh… males min nonton anime lawas sudah kaku, grafis jelek lagi”

Tenang, khusus anime ini Sakuranime rekomendasikan banget karena selain mudah didapat dan ditonton meski termasuk anime lawas, Mononoke hime tidak akan terlihat kaku dan jelek meski tak bisa dibandingkan dengan anime sekarang ini. Well, untuk lebih lengkapnya, silahkan simak review anime Mononoke Hime versi Sakuranime di bawah ini.

Informasi:

English: Princess Mononoke
Synonyms: Mononoke Hime
Japanese: もののけ姫
Tipe: Movie
Episode: 1
Status: Selesai
Tanggal rilis: Jul 12, 1997
Produser: Tokuma Shoten, Nippon Television Network
Lisensi: GKIDS
Studio: Studio Ghibli
Diangkat dari: Original
Genre: Action, Adventure, Fantasy
Durasi: 2 jam 10 menit
Rating: PG-13 – Teens 13 or older

Sinopsis:

Kisahnya berawal ketika Ashitaka yang terkena kutukan ketika melawan babi hutan yang menjadi iblis saat menyelamatkan desanya. Ia kemudian berkelana untuk mencari tahu bagaimana menyembuhkan kutukan tersebut. Di tengah perjalanan, ia mendapatkan info kalau dewa rusa bisa membantu dalam menyembuhkannya. Namun semakin ia berjalan lebih dalam, Ashitaka secara perlahan terseret ke dalam konflik antara Mononoke Hime dan sebuah desa pabrik besi yang mengancam kehidupan di sekitar hutan tersebut.

Cerita: 8.9/10

Dari segi cerita, Sakuranime suka banget karena sangat sederhana dan tak akan membuat kamu pusing seperti sedang menonton Durarara, Baccano, atau Steins;Gate (Yah untuk sebagian orang sih). Meski judulnya adalah Mononoke Hime, tapi ternyata secara keseluruhan ceritanya terfokus pada karakter laki-laki yaitu Ashitaka. Anime ini juga direkomendasikan banget untuk kamu yang suka bertema Youkai seperti Natsume Yuujinchou atau GeGeGe no Kitarou.

Latar tempat di anime ini juga sangat jadul, kalau di Indonesia agak mirip dengan zamannya Raja Angling Darma. Kalau kalian bertanya “Min, ada romancenya atau tidak?” maka jawabannya “ada, tapi sedikit”, karena sepenuhnya fokus pada cerita konflik antar beberapa kubu. Tapi kalian bisa melihat beberapa scene kebersamaan kedua karakter utama kita yaitu Ashitaka dan San (Mononoke Hime) yang dekat tapi tidak romantis. Ceritanya juga sangat erat dengan kisah Dewa, Monster, Iblis, Manusia, dan lainnya.

Grafis: 7.0/10

Mari kita lihat dari sudut pandang animelovers tentang grafis Mononoke dan anime-anime sekarang ini, tentu sangat beda jauh mengingat Mononoke Hime rilis pada tahun 1997, beberapa dari kalian mungkin belum lahir. Meski termasuk anime lawas, tapi ternyata grafisnya cukup halus dan bisa disandingkan dengan anime-anime tahun 2000-an seperti yang telah Sakuranime sebut tadi.

Tapi masih ada kesan jadulnya seperti layar goyang-goyang dikit, yah kalian pasti tahulah kalau pernah nonton warkop DKI dulu. Namun selain itu, overoll anime ini masih tetap memberikan pengalaman nonton yang masih layak bahkan untuk tahun sekarang ini. Jadi bisa disimpulkan bahwa grafis yang digarap oleh salah satu Studio legend yaitu Ghibli Studio ini merupakan anime dengan grafis terbaik dizamannya.

Karakter: 7.7/10

Karena ceritanya yang sederhana tapi seru, karakter di dalam anime ini terbilang sedikit. Lagi-lagi sangat jauh dengan anime Durarara misalnya yang memiliki banyak karakter dengan ceritanya masing-masing. Lagipula kalau anime movie seperti ini diberikan karakter penting sebanyak Durarara rasanya waktunya tak akan cukup untuk menceritakan semuanya.

Dari segi karakter, Sakuranime melihat beberapa karakter unik di sini seperti San dan Ashitaka. Kalau berbicara tentang seiyyuu-nya sih masih kaku dan berkesan datar gitu. Jadi penghayatannya kurang menurut Sakuranime, tapi masih bisa membuat kita terhibur tentunya, maklumlah anime lawas. Berikut ini adalah karakter-karakter penting dalam anime movie Mononoke Hime:

#1. Ashitaka

Review Anime Movie Mononoke Hime 1997

Seorang pemuda calon pemimpin Desa Emishi ini terkena kutukan ketika hendak menyelematkan desa. Ia adalah pria yang sangat baik hati, seperti MC pada umum sih. Ia juga merupakan seorang pria muda yang berjiwa ksatria. Karena kutukan ditangan kanannya, ia bisa mendapatkan kekuatan yang besar bagaikan Iblis, tapi bisa juga membunuhnya.

#2. San (Mononoke Hime)

Anak perempuan dari Moro, Dewa Serigala yang hidup di dalam hutan suci. Meski sebenarnya ia adalah manusia, ia dibesarkan layaknya serigala oleh ibu dan dua saudara serigala-nya yang lain. Ia juga diperlihatkan bagaimana manusia menghancurkan hutan dan karena itu ia sangat membenci yang namanya manusia. Btw, gadis yang satu ini meski cemong-cemong tapi cantik juga yah.

#3. Gozen Eboshi

Ia adalah pemimpin dari pabrik besi dan menjadi dalang atau sumber masalah yang ada pada cerita ini meski sebenarnya masih ada karakter egoist yang lebih dalang dari dalangnya. Eboshi digambarkan menjadi wanita yang terhormat dan memiliki jiwa kepemimpinan kuat. Meski sangat terobsesi dalam membunuh dewa, ia sebenarnya sangat peduli dengan rakyat yang telah ia tolong.

Soundtrack: 6.9/10

Sayang banget di movie satu ini tidak terdapat lagu opening dan lagu endingnya juga sekedar lagu melow yah biasa-biasa saja. Sedangkan untuk insert song sih lumayan, sangat cocok dengan tema fantasy dan suasana alam yang kental. Tapi tetap saja Sakuranime tidak melihat sesuatu yang wah dalam poin soundtrack ini. Mungkin karena memang anime ini sangat lawas.

Keseluruhan: 8.5/10

Jadi secara keseluruhan anime ini sangat unggul dari segi cerita. Sedangkan untuk soundtrack dan juga grafis rasanya tidak seistimewa anime-anime sekarang ini, tapi tentu saja berbeda jika anime ini diulas di tahun keemasannya. Selain cerita yang menarik, anime ini juga memiliki beberapa adegan yang memperlihatkan kekasaran dan mengundang rasa “Jijik” namun hanya sedikit saja. Anime ini lebih cocok untuk kalian yang suka anime bertema Yokai dengan suasana fantasy yang keren.

[VIDEO] Trailer Mononoke Hime:

Read More! Yuk Kenal 8 Member Pleiades, Combat Maid Squad of Nazarick

Well, itu dia sedikit review anime movie Mononoke Hime untuk kali ini. Jangan lupa share dan berikan pendapat kalian di kolom komentar di bawah. Sakuranime hanya ingin berpesan kepada kalian bahwa anime lawas itu tidaklah buruk, contohnya adalah anime yang kita review kali ini. So terimakasih sudah nongkrong di Sakuranime dan sampai jumpa di review anime lainnya.

Ketika San mengunyah makanan untuk Ashitaka yang sedang terluka. Co cweet banget >///<