Review Devilman: Crybaby, Iblis yang Sebenarnya adalah Manusia

Review Devilman: Crybaby 2018

Sakuranime.com – Welcome to Sakuranime dan kali ini admin akan mengulas sebuah anime yang keren banget, judulnya adalah Devilman: Crybaby. Waktu pertama kali admin menonton anime ini, kesan pertama yang terlintas adalah “Seru”, jadi anime ini memberikan keseruan yang mungkin tidak akan kita temukan dalam anime-anime manapun bahkan dengan genre yang sama. Intinya, anime ini punya daya tariknya sendiri.

Devilman: The Birth juga pernah diproduksi pada tahun 1987 dengan bentuk OVA. Kemudian pada tahun 2018, tepatnya winter 2018, versi barunya keluar lagi dengan judul Devilman: Crybaby yang akan menjadi topik utama Sakuranime kali ini. Anime ini diangkat dari manga berjudul Devilman dan memiliki rating yang cukup tinggi di dunia. Wajar banget karena ceritanya benar-benar seru dengan ending memuaskan dan pastinya tak bikin ngegantung.

Crybaby hadir dalam bentuk ONA, jadi kalian tidak akan menemukan DVD-nya karena hanya disiarkan melalui situs streaming yaitu Netflix. So itu sedikit intro tentang anime ini, dan mari kita masuk ke poin-poin review anime Devilman: Crybaby versi Sakuranime di bawah ini.

Informasi:

English: Devilman: Crybaby
Tipe: ONA
Episode: 10
Status: Selesai
Tanggal rilis: 5 Januari 2018
Produser: Aniplex, Dynamic Planning
Studio: Science SARU
Diangkat dari: Manga
Genre: Action, Demons, Horror, Supernatural
Durasi: 25 menit/episode
Rating: R+ – Mild Nudity

Sinopsis:

Berkisah tentang dua orang teman masa kecil yang akhirnya bertemu kembali. Asuka Ryou mengajak Fudou Akira untuk meneliti kehadiran Iblis di dunia. Di saat ia sedang berada di tengah penelitiannya, Ryou merencanakan untuk membuat Akira dirasuki oleh salah satu Iblis terkuat bernama Amon. Namun Akira berhasil mengendalikan diri dan membuatnya menjadi Iblis dengan hati manusia. Seiring berjalannya waktu, Akira sadar bahwa musuh yang harus ia kalahkan bukanlah Iblis saja.

Cerita: 9/10

Kekuatan utama dari anime ini adalah ceritanya yang seru banget. Tapi sebelum membaca review ini lebih dalam, Sakuranime peringatkan kepada kamu bahwa anime ini ceritanya itu “Nyesek” banget. Jadi untuk kamu yang tidak suka dengan anime yang bisa membuat hati merasa sakit, sebaiknya tidak usah ditonton karen level nyeseknya ini lebih kuat, bahkan lebih kuat daripada Ousama-game The Animation, untuk yang sudah nonton pasti mengerti.

Ceritanya juga berkesan dark dengan adegan kekerasan dan adegan dewasa yang cukup banyak, lebih tepatnya anime ini khusus kamu yang 18 tahun ke atas. Tapi kalau berbicara tentang cerita, Sakuranime suka banget karena admin juga suka dengan anime yang bikin nyesek seperti Ousama-game, Inuyashiki, School Days, Maho Shoujo Site, dan sebagainya. Tapi jika dilihat dari segi cerita, Devilman: Crybaby adalah anime nyesek dengan cerita terbaik yang pernah Sakuranime tonton sampai detik ini. So ceritanya benar-benar bagus pokoknya. Oh iya, anime ini juga sangat erat dengan Iblis, Demon, Manusia, dan Tuhan.

Grafis: 7.0/10

Dari segi grafis, menurut Sakuranime itu standar banget. Tidak bagus-bagus amat tapi tidak jelek juga. Sejujurnya admin sendiri tak terlalu memperhatikan kualitas grafis karena ceritanya itu lah yang penting (Kecuali anime ecchi ‘-‘). Namun jika disandingkan dengan anime-anime yang pernah Sakuranime tonton, grafisnya mirip dengan Zankyou no Terror sedangkan untuk kualitas horror dan gore-nya hampir sama dengan Ousama-game the Animation. Jadi kalau berbicara tentang grafis anime ini itu dark banget, maklum lah karena anime ini benar-benar fokus dengan psikologis dan kehancuran dunia.

Karakter: 7.5/10

Sakuranime suka dengan penggambaran karakter yang ada dalam anime ini, terlebih lagi jika dilihat dari segi cerita. Anime ini benar-benar memberikan kejutan besar seiring berjalannya durasi setiap episode. Seperti yang Sakuranime katakan tadi, anime ini nyesek banget, so pastinya kamu akan melihat karakter mati di sini. Tapi Sakuranime tak akan memberikan spoiler berlebih tentang siapa saja yang mati karena pada akhirnya……….

Berikut ini adalah karakter-karakter penting di Devilman: Crybaby.

#1. Fudou Akira

Pemuda yang mendapatkan tubuh Iblis namun masih dengan hati manusia. Ia berubah 180 derajat ketika menjadi setengah Iblis dan menjadi seorang pria ikemen bertubuh kekar, padahal dulunya culun banget. Ia kemudian menamai dirinya sebagai Devilman yang berjanji untuk membunuh para Iblis, baik dalam bentuk manusia atau Iblis itu sendiri. Meski sudah mendapatkan tubuh Iblis, tetap saja Akira memiliki hati yang lemah bahkan menangis pun seperti bayi. Mungkin karena itu judulnya Crybaby yah?

#2. Asuka Ryou

Teman masa kecil dari Akira dan terobsesi untuk mengungkapkan identitas asli para Iblis agar dunia mengetahuinya. Untuk bagian ini Sakuranime sudah menebaknya dan memang benar, Ryou ini adalah antagonis utama dalam anime ini pada akhirnya.

#3. Mikimura Miki

Seorang gadis muda yang juga menjadi idola pelari yang terkenal dengan julukan “Si penyihir” oleh banyak orang. Ia merupakan heroine utama di anime ini dan jelas terlihat kalau Akira dan Miki saling suka. Miki ini orangnya baik banget dan percaya dengan Akira bahkan setelah ia tahu bahwa Akira adalah Iblis.

Soundtrack: 6.9/10

Oke dari segi opening, tidak ada yang spesial banget kalau menurut Sakuranime karena lagu openingnya juga agak aneh kalau Sakuranime dengar tapi cocok dengan tema anime ini. Sedangkan untuk endingnya sih berubah-ubah, paling dominan cuma musik doang tanpa vokal tapi modern gitu seperti EDM. Untuk insert songnya sih Sakuranime suka banget karena benar-benar membawakan penonton ke dalam penghayatan paling tinggi. Oh iya, di anime ini ada lagu rap loh yang dibawakan oleh 4 rapper jalanan di anime ini, yah karakter figuran sih tapi keren. Kalau Sakuranime sendiri suka musik ending episode 3 dan juga lagu ending episode 9. Oh iya, tentunya lagu rap yang dibawakan oleh 4 karakter figuran tadi juga Sakuranime suka banget.

Keseluruhan: 8.7/10

Review Devilman: Crybaby 2018

Anime ini lebih cocok untuk kamu tonton bagi yang sudah dewasa karena jujur saja, anime ini memiliki konten gore, kekerasan, adegan dewasa, dan semacamnya. Anime ini juga mengajarkan kita kalau Iblis yang sebenarnya itu adalah manusia. Selain itu, nonton anime ini kamu akan merasakan 6 sensasi yaitu ketawa, terharu, sedih, jijik, horny, dan nyesek. Jika 6 sensasi tersebut digabungkan, maka terciptalah sensasi baru yang disebut “Seru”. Jadi kekuatan utama dari anime ini adalah ceritanya yang seru dengan ending yang memuaskan banget and i love it.

[Video] Official Trailer by Netflix | Devilman: Crybaby

Read More! Review Mononoke Hime “Anime 1997 itu ampas!” Udah Nonton Belum?

Oke terimakasih sudah mau nongkrong di Sakuranime untuk ulasan review anime Devilman: Crybaby kali ini. Jangan lupa share agar teman kamu tidak ketinggalan info penting yang satu ini and see you again in the next review.