Sakuranime.com – Kisah tentang satu dari sekian banyak gadis yang mati muda bertemu dengan satu dari sekian banyak lelaki no life di muka bumi ini, itu konsep dari anime yang akan Sakuranime ulas di review kali ini.

Welcome or welcome back to Sakuranime. Kali ini mimin sangat ingin membahas review dari movie anime rilisan tahun lalu yaitu 2018 dan movie ini benar-benar sangat direkomendasikan. Movie ini sendiri merupakan adaptasi dari novel berjudul sama oleh Yoru Sumino dan pernah juga diadaptasi jadi manga oleh Idumi Kirihara sebagai illustrator.

Kini sudah saatnya adaptasi anime-nya muncul dan sebenarnya sudah ada Live Action-nya sih. Tapi, apakah movie yang berjudul Kimi no Suizou wo Tabetai ini cocok untukmu? Mari kita ulas!

Informasi:

Judul: I want to eat your pancreas
Judul alternatif: KimiSui, Let Me Eat Your Pancreas
Judul Jepang: 君の膵臓をたべたい
Tipe: Movie
Episode: 1
Status: Finished Airing
Tanggal rilis: 1 September 2018
Produser: Aniplex
Lisensi: Aniplex of America
Studio: Studio VOLN
Diadaptasi dari: Novel, Manga
Genre: Drama
Durasi: 1 Jam, 48 Menit
Rating: PG-13 – Teens 13 or older

Sinopsis:

Seorang gadis SMA bernama Yamauchi Sakura mengidap penyakit pankreas dan mengetahui hidupnya tidak lama lagi. Suatu hari saat ia sedang memeriksakan diri di rumah sakit, ia bertemu dengan laki-laki sekelasnya yang telah membaca buku catatan penyakit miliknya dan mengetahui penyakitnya.

Sakura mendekati pria pemalu dan tertutup itu serta memintanya agar tidak memberi tahu kepada orang lain tentang penyakitnya. Mulai dari sini, Sakura sering mengajaknya untuk menghabiskan waktu bersama, sebelum ia mati.

Cerita: 8.5/10

Ceritanya sendiri drama banget. Di detik ke-17 saja kita sudah diberikan spoiler keras bahwa sang heroine akan mati, tapi bagaimana dia mati ternyata cukup tidak terduga dan ini yang membuat para penonton shock pastinya.

Drama-nya menyentuh dan sukses membuat air mata tidak bisa tertahan, bukan karena cara si heroine mati, tapi yang bikin terharu adalah kisah-kisah terakhir sang heroine yang penuh makna sebelum ia mati dan dampak yang ia tinggalkan pada karakter utama laki-laki.

Grafis: 7.9/10

Untuk kelas movie yang diproduksi oleh Studio VOLN ini sepertinya tidak ada masalah. Penggambaran karakter sudah sangat mantap, si Sakura benar-benar cantik. Kelebihan lainnya sih pemandangan yang wah banget dan tidak akan membuat mata kamu sakit pastinya. Meski masih ada movie lain yang lebih bagus grafisnya, tapi untuk flm drama sih sudah sangat pas.

Karakter: 7.1/10

Pengenalan karakternya tidak banyak, hanya ada beberapa karakter lain selain karakter utama cewek dan cowok, itupun tampilnya nggak banyak. Kisahnya sendiri benar-benar fokus pada dua karakter utama kita tanpa adanya campur tangan berlebih dari karakter lain. But, karena saking menyentuhnya kisah mereka berdua jadi nggak peduli dengan karakter sampingan lainnya, hehe.

Berikut beberapa karakter penting di I Want to Eat Your Pancreas:

#1. Sakura Yamauchi

Seorang gadis yang memiliki sifat normal pada umumnya. Dia priang, banyak teman, pernah pacaran, dan baik hati pastinya. Tapi sayangnya, ia harus ditakdirkan memiliki umur pendek dan selalu berkata “Sebelum aku mati…” karena penyakit pankreas-nya. Setidaknya di sisa hidupnya, ia menghabiskan waktu berharga bersama cowok di bawah ini.

#2. Haruki Shiga

Laki-laki yang culun, introvert, pemalu, dan suka menyendiri. Dia benar-benar dianggap tidak berguna oleh teman kelasnya dan dia paling menderita di sini. Sudah dihajar, dibully, diejek, ditampar, eh ujung-ujung ditinggal seseorang yang disayanginya. Tapi selalu ada pelangi setelah hujan badai. Setelah kematian Sakura, kehidupannya benar-benar berubah.

#3. Kyouko Takimoto

Teman baiknya Sakura dan awalnya sangat tidak suka melihat Haru bersama Sakura, ia bahkan mengancam membunuh. Namun itu karena ia sangat menyayangi Sakura lebih dari siapapun.

Soundtrack: 6.8/10

Opening anime cukup membuat semangat, menandakan anime ini tidak akan berakhir dengan bad ending. Judul openingnya adalah “Fanfare” oleh Sumika. Sedangkan untuk endingnya sendiri sih masih dinyanyikan oleh Sumika dengan judul “Shunkashuutou”. Tidak ada yang terlalu spesial sih menurut mimin, tapi suara vokalis Sumika cukup seksi.

Read More! Review SAO Alternative: GGO, Cabe Rawit Main Battle Royale!?

Keseluruhan: 8.7/10

Mimin sudah banyak melihat anime di mana heroine-nya mati, tapi yang satu ini cukup menarik karena kehadiran karakter utama cowok yang tidak biasa. Anime ini lebih mengisahkan tentang seorang gadis yang mengubah kehidupan seorang laki-laki untuk untuk menjadi manusia yang bisa menerima, diterima, dan mencintai orang lain.

Berbicara tentang kisah cinta, saya anggap anime ini memilikinya, namun “Gagal” di ending karena cinta seharusnya menyatukan bukan memisahkan, yah ini sih opini mimin semata. Tapi pasti mereka akan bertemu kembali seperti kata Sakura di tengah cerita,

“Kita akan menuju Paradise!”.

Video Cuplikan:

Well, apakah movie ini cocok untukmu? Kalau begitu langsung ditonton dan siapkan tisu untuk jaga-jaga jika kamu terharu nantinya. Terimakasih sudah mau nongkrong di Sakuranime dan sampai jumpa di review anime pilihan lainnya, salam anime lovers Indonesia!

UPDATE SAKURANIME CHANNEL