Sakuranime.com – Tidak ada  yang menyangkal akan kepopuler anime movie keren satu ini, artikel ini khusus Sakuranime buat untuk membahas Review, Ulasan dan Fakta-Fakta Kimi No na Wa. Peringatan untuk kamu yang belum menonton Kimi No na Wa untuk tidak membaca ulasan berikut karena mengandung banyak Sop iler eh Spoiler :v atau bocoran agar saat Kamu nonton nanti tetap terasa sensasinya ^.^

Information

Tipe: Movie
Episode: 1
Status: Finished Airing
Rilis pada: Aug 26, 2016
Produser: Kadokawa Shoten, Toho Company, Lawson HMV Entertainment, Amuse, East Japan Marketing & Communications
Lisensi: FUNimation Entertainment
Studio: CoMix Wave Films
Sumber: Original
Genre: Drama, Romance, School, Supernatural
Durasi: 1 hr. 46 min.
Rating: PG-13 – Teens 13 or older

Sinopsis

Satu bulan sebelum terjadinya fenomena alam menakjubkan dimana sebuah komet jatuh ke Bumi di Jepang dan itu untuk pertama kalinya dalam 1000 tahun terakhir. Mitsuha, seorang gadis yang hidup didesa pinggiran kota jauh dipegunungan, ia hidup bersama dengan neneknya dan adiknya yang masih SD, ayahnya adalah orang penting dan jarang pulang kerumah.

Mitsuha ingin sekali pergi keluar dari desanya dan ingin pergi kekota karena bosan akan kehidupannya di Desa. Disisi lain dibelahan bumi yang lain, Taki merupakan seorang pemuda SMA yang tinggal di Tokyo, setiap hari ia hidup normal bersama teman-temannya dan ia juga bekerja paruh waktu di sebuah Restoran Italia. Dia sangat tertarik akan seni rupa dan arsitektur.

Suatu malam, mereka Mitsuha dan Taki bermimpi aneh, Mitsuha bermimpi berubah menjadi laki-laki dan begitu pula sebaliknya, Taki juga bermimpi berubah menjadi gadis muda yang ada desa. Sebenarnya apasih rahasia dibalik mimpi mereka itu? Nah semua yang bertanya seperti akan diulas sedatail-detailnya diartikel special Kimi no Na wa ini.

Review, Ulasan dan Fakta-Fakta Kimi No na Wa

Di awal cerita terlihat scene sebuah comet jatuh dengan indahnya, Mitsuha dan Taki melihat keindahan itu dibawah langit yang sama. Mitsuha terbangun dipagi hari sambil mengecek tubuhnya :v ( jangan ngeres Kamu ) bersiap sarapan dan pergi sekolah, Mitsuha punya temen yang mereka bertemu ditengah jalan. Sayaka (-chin) dan Tessie adalah teman Mitsuha.

Tessie dan Sayaka

Mereka adalah teman akrab sekaligus teman sekolahnya Mitsuha, mereka sangat dekat namun sering bertengkar. Naik sepeda bareng pergi sekolah dan selalu bersama. Mitsuha sering mengejek mereka dengan berkata mereka sangat cocok, namun dengan cepat dan secara bersamaan mereka menjawab NO!. Mereka dengan setia menemani Mitsuha dalam keadaan senang dan duka.

Ayah Mitsuha Seorang Walikota

Mitsuha memiliki Ayah seorang Walikota, dan tahun ini telah dilaksanakan pemilihan walikota baru. Sejak kematian Ibu Mitsuha, Ayahnya menjadi jarang pulang kerumah. Mitsuha merasa sedih akan itu, dengan sedikit kesal iya kecewa karena Ayahnya sangat focus dengan urusannya sendiri.

Mitsuha dan Sayaka Membenci Kotanya Sendiri

Ini fakta yang tidak penting bukan? ^.^ Ada dialog yang Saya suka dengarkan, pas mereka sedang berjalan dan sedang mengejek Desa kecil kelahirannya itu. Mereka berkata,

“There’s really nothing in this Town” Benar-benar tak ada satupun di Kota ini.

“Train come every 2 hours” Kereta Api datang setiap 2 jam.

“The store closes at 9 p.m” Toko tutup jam 9 malam.

“No bookstore, no dentist” Tidak ada Toko Buku dan Dokter gigi.

“But 2 pubs for some reason” Malah ada 2 Toko snak :v

Dan masih banyak lagi, Tessie marah kemudian mengajak mereka ke Café, 2 gadis ini kaget dengar nama Café ( Wajar wong Deso :v ). Dan cafenya super banget, scane kesukaan Saya ini. Janga dilewatin yah ^.^

Taki

Disisi lain, Taki terbangun di pagi hari sambil memeriksa tubuhnya ( yang cewek jangan ngeres yah! ). Ia bertemu dengan ayahnya dan bersiap untuk pergi keluar, saat membuka pintunya, sejenak dia menatap kota Tokyo yang luar biasa indah.

Disekolahnya yang merupakan sekolah mewah, Taki memilki banyak teman diantaranya yang paling dekat adalah Tsukasa dan Takagi.

Saat Bermimpi, Jiwa Mereka Tertukar ( ? )

Saat mereka Mitsuha dan Taki berasumsi bahwa yang mereka alami adalah mimpi yang super realistis, seperti kalau mereka sedang bertukar tubuh dan terpaksa melakukan kegiatan rutinitas seharian mereka masing-masing. Jadi apakah mereka tertukar? Yaps mereka akhirnya sadar jika mereka bertukar jiwa.

Tsukasa Suka Taki yang Feminim

Setelah sehari saat Mitsuha di dalam tubuh Taki, keesokan harinya Taki  yang sebenarnya sedang makan bareng bersama temannya, disaat itu Tsukasa mengakui jika ia lebih suka Taki yang kemarin ( Mitsuha ) karena lebih manis dilihat.

Cara Komunikasi Awal Taki dan Mitsuha

Cara mereka memberitahu keberadaan mereka sangat unik, seperti Mitsuha yang menulis namanya di Telapak tangan Taki, Taki yang menulis pertanyaan di buku Mitsuha. Dan yang paling Saya suka itu adalah saat mereka menulis pesan ditubuh mereka Masing-masing.

Kelakuan Aneh Pagi Hari Mereka

Saat mereka bermimpi ( Bertukar tubuh ), setiap pagi mereka melakukan hal yang tidak-tidak, seperti saling mengecek tubuh masing-masing dan lainnya. Untuk menghindari mereka melakukan hal yang tidak-tidak, mereka sepakat untuk membuat sebuah aturan dimana semuanya telah diatur demi menjaga reputasi masing-masing.

Taki Suka Dengan Senior Kerjanya, Okudera

Menurut Saya, sudah lama terlihat Jika Taki ini suka dengan salah satu Senpai nya di Restoran tempat ia kerja, nama gadis itu adalah Okudera. Okudera adalah gadis yang lebih terlihat dewasa, mungkin karena kedewasaannya itulah yang membuat Okudera mampu menarik banyak laki-laki termasuk Taki, wajahnya cantik dan body aduhai :v

Fakta Tentang Mereka yang Masih Jomblo

Mitsuha yang mengendalikan kehidupan sehari-hari dari Taki lebih mendapat perhatian lebih dari teman dan Okudera, mungkin karena sifat lembut dari Mitsuha. Taki juga memberikan dampak kepopuleran dalam hidup Mitsuha, banyak yang menjadi naksir dengan Mitsuha karenanya. Namun, dibalik semua itu, mereka lebih memilih jomblo atas keinginan mereka sendiri.

Taki dan Mitsuha Saling Menyukai

Saat Scene Taki sedang kencan bersama Okudera, Taki terlihat was-was dan tidak semangat, menurut Saya mungkin ia khawatir tentang apa yang sedang terjadi dengan Mitsuha ( Khawatir tanda Cinta ). Dilain sisi, dipagi hari Mitsuha tanpa sadar sedang menangis, disini ada dua hal yang ( Mungkin ) membuat Mitsuha nangis, yaitu pertama kecewa karena kencannya diambil Taki, kedua Mitsuha cemburu karena Taki berkencan dengan orang lain ( Yang kedua dong pastinya).

Seluruh Penduduk di Itomori Termasuk Mitsuha Mati?

Pas pertengahan cerita, mulailah misteri-misteri inti cerita diperlihatkan. Itomori adalah nama kota tempat tinggal Mitsuha yang ternyata sudah lenyap akibat jatuhnya komet 3 tahun lalu. Yang menjadi pertanyaan adalah 3 tahun? Setelah itu, Taki bersama Tsukasa dan Okudera menyelidiki kasus itu dan mencari dalam buku daftar korban Itomori, disana ia menemukan nama Mitsuha, sebenarnya yang terjadi?

Apakah semua yang dialami Taki hanyalah mimpi? Ataukah kedatangan Mitsuha kemimpi Taki dalam bentuk roh ( Hantu Mitsuha)? Semua itu baru kita mulai bahas sekarang, jadi yang diatas hanyalah basa basi.

Berbekal pengetahuan tentang benang, kenangan dan gelang ( Pita rambut ) merah ditangan, Taki terus mencari keberadaan Mitsuha yakin dia masih hidup di bawah langit yang menitikkan air. Ditengah perjuangan, ia menemukan tempat yang pernah dia kunjungi bersama nenek dan adik Mitsuha, saat itulah Taki mengetahui bahwa semua yang dialaminya bukanlah Mimpi.

Saat Taki berada didalam kuil milik keluarga Miyamizu, Taki meminum Kuchikamizake ( Ko no Hentai :v ) disana dan berdoa kepada dewa untuk diberi kesempatan sekali lagi untuk bertemu Mitsuha. Kejadian cepat, Taki terpeleset dan melihat masa lalu Mitsuha. Kelahiran, masa kecil, masa sulit, saat ibunya meninggal, sampai dengan komet menghantam Itomori. Setelah semua itu, Mitsuha ( Taki ) terbangung dipagi hari.

Semua Keluarga Miyazumi Pernah Bermimpi ( Bertukar Tubuh )

Ada scene setelah semua yang sudah Saya ceritakan, Nenek Mitsuha menceritakan bahwa saat ia muda pernah mengalami mimpi yang aneh, tidak hanya terjadi pada dirinya, ibu Mitsuha juga pernah mengalami mimpi aneh ini.

Ini Semua Permainan Waktu

Saat Mitsuha yang didalamnya adalah Taki sedang merencanakan sesuatu hal untuk mengevakuasi warga Kota, Mitsuha ( Taki ) menyadari bahwa Taki ( Mitsuha ) sedang berada di Kuil Miyazuki. Disana, Taki ( Mitsuha ) tersadar dan mendapati kotanya telah tiada. Dari sini bisa dikatakan, pertukaran tubuh mereka bukan hanya beda tempat namun juga beda waktu.

3 tahun yang lalu, Mitsuha pergi ke Tokyo untuk bertemu Taki, mereka bertemu didalam kereta Api. Saat Taki tidak mengenali Mitsuha karena saat Mitsuha mengalami mimpi ( bertukar ) itu dalam waktu yang berbeda dengan Taki saat itu dimana Taki belum mengalami peristiwa bertukar tubuh itu, sambil mengayuh sepeda dan akhirnya harus berlari, Mitsuha ( Taki ) mengingat kejadian itu.

Saat mereka diatas kuil Miyazuki, mereka akhirnya bertemu. Taki mengembalikan benang merah ( gelang atau ikat rambut? ) kepada Mitsuha, dan berkata telah menjaganya selama 3 tahun. Saat Kataware-doki ( Entahlah, Saya juga kurang ngerti ini apa :v ) akan berakhir, Taki dan Mitsuha menulis dan bertukar nama mereka masing-masing ketelapak tangan mereka, namun saat giliran Mitsuha, Mitsuha menghilang.

Saat Taki berusaha mengingat nama “Mitsuha”, semuanya tiba-tiba lenyap, dia ingat tujuannya namun lupa namaya. Mitsuha yang terus mengingat nama Taki sambil berusaha melaksanakan rencana evakuasinya tetap berusaha, tetapi ditengah semua itu, nama Taki mulai memudar dipikirannya. Saat itu pula, evakuasi warga menjadi hal utama yang harus dilakukannya dan ayahnya adalah kuncinya.

Sambil berlari, Mitsuha terjatuh dan melihat tulisan ditangan “Aku Mencintaimu…” yang dituliskan oleh Taki. Tetap bangkit Mitsuha melanjutkan larinya menuju ayahnya. Dengan cepatnya, scene komet terbelah dan menghancurkan kota tidak terhindari ( Dibagian ini Kamu akan nangis T.T ) apakah Mitsuha berhasil menyelematkan kota? Simak ending dibawah.

Ending

Taki terbangun dipuncak kawah gunung Kuil Miyamizu, tak mengingat nama si dia, tak mengingat mengapa dia berada disana sambil melihat genangan air besar bekas komet terjatuh. 8 tahun setelah bencana tersebut, Taki telah dewasa dan mencoba untuk masuk interview ke perusahaan-perusahaan.

Masih tak mengingat nama seseorang, Taki sedang membaca berita tentang bencana komet jatuh yang menghancurkan satu kota tersebut. Sebagian besar dari warga Kota berhasil selamat. Disuatu café, Taki melihat Tessie dan Sayaka ( Kayaknya mereka udah Nikah ^.^ ), Namun karena tak mengingat, Taki membiarkannya begitu saja.

Di perjalanan pulang di malam grimis, gadis berpayung dengan pita merah berpapasan dengan Taki ( Lewat doang ). Disaat masih kebingunan apa yang sedang mereka cari, akhirnya disuatu pagi di stasiun kereta Api, mereka menemukan jawaban.

Tak tau apa yang mereka kejar, mereka terus berlari untuk berjumpa satu sama lain, disebuah tangga, dengan perasaan gugup, mereka saling menaiki dan menuruni tangga dan kemudian berpaling. Mereka menangis sambil tersenyum dan berkata “ Kimi no Na wa? ”

Mengapa Harus Nonton Kimi no Na wa?

Grafis yang Bagus

Setiap movie anime memiliki grafis diatas rata-rata, Kimi no Na wa memberikan kita pengalaman nonton anime movie terbaik yang pernah ada. Baik penggambaran art karakter, pemandangan dan lainnya sangat lah keren!

Cerita yang Tak Terduga

Ini menjadi daya tarik tersendiri untuk anime movie terbaik satu ini. Kamu mungkin tak menyangka jika Mitsuha ternyata sudah mati kemudian dengan kekuatan cinta mereka akhirnya dapat mengubah takdir dan sejarah.

Mengoyak Emosi Penonton

Diawal cerita ada comedy, ditengah cerita ada mistery, diakhir cerita bikin Kamu nangis dan paling akhir bikin Kamu nangis sambil senyum kan? ( Kayak orang gila ajah :v )

Sekian artikel ulasan secara tuntas anime Movie Terbaik tahun 2016, dan nantikan terus rekomendasi dan ulasan atau review anime movie yang akan datang! Ingat, rekomendasi anime? Sakuranime aja!

REVIEW OVERVIEW
Kimi no Nawa
Previous articleManga: Hajime no Ippo 1989
Next articleManga: Black Bird