Sakuranime.com – Berbeda dengan pembahasan lainnya, kali ini Sakuranime ingin membahas scene-scene paling menyedihkan dan mengharukan di anime. Sebelum itu, pastikan satu pack tisu sudah ada didekat kalian sebelum membaca artikel ini Karena dapat mengundang banjir.

Scene merupakan adegan yang ada didalam sebuah film. Banyak macam scene dalam anime, seperti scene menegangkan, menjijikan dan momen-momen menyedihkan serta mengharukan. Kita akan mengulas scene yang mengundang air mata, yaitu scene menyedihkan dan mengharukan dalam anime.

Artikel dibawah mengandung spoiler, jadi ada sedikit bocoran cerita dari anime yang dibahas. Maka dari itu, disarankan untuk tidak membacanya kalau belum nonton. Tapi kalau spoiler sedikit sih nggak terlalu ngaruh kok. Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah scene paling menyedihkan dan mengharukan di anime versi Sakuranime.

#20. Diangkatnya Ezekiel Menjadi Anak Maria ( Junketsu no Maria )

Diangkatnya Ezekiel Menjadi Anak Maria ( Junketsu no Maria )

Karena melanggar aturan langit dimana ia membantu Maria, Ezekiel kemudian dihukum atas tindakannya. Namun mengingat Ezekiel membantu Maria dengan niat baik dan merupakan jelmaan tombak Michaela, ia dihukum untuk dilahirkan kembali sebagai manusia dan disuruh memilih orang yang akan menjadi ibunya.

Disinilah adegan mengharukannya terjadi, dimana Ezekiel melihat Maria dan ingin Maria menjadi ibunya. Mengharukan banget melihat Ezekiel yang harusnya dihukum berat dan diringankan terlahir kembali dari rahim Maria, orang yang paling ia sukai.

#19. Saat-Saat Penghapusan Ingatan Latifa ( Amagi Brilliant Park )

Saat-Saat Penghapusan Ingatan Latifa ( Amagi Brilliant Park )

Anime Amagi Brilliant Park memang merupakan anime komedi yang jarang memperlihatkan adegan mengharukan. Tapi ada satu scene yang bisa membuat air mata menetes, yaitu ending dari anime ini. Di endingnya, Latifa yang merupakan Puteri memiliki kutukan dimana setiap tahun ia akan kehilangan ingatannya.

Bisa dilihat di episode 12 menit 15:40, disana mulai adegan yang mengharukan dimana Latifa tak ingin melupakan apa yang Keiya dan teman-teman lakukan demi Amagi Brilliant Park. Meski terdengar menyedihkan, sebenarnya endingnya bagus dimana Latifa tak melupakan 1 tahun terakhir, tapi tetap saja scene ini mengharukan banget.

#18. Upacara Kelulusan Terakhir dan Pelukan Terakhir ( Angle Beast )

Upacara Kelulusan Terakhir dan Pelukan Terakhir ( Angle Beast )

Di episode-episode akhir, yang masih tidak menghilang dari dunia setelah kematian hanya beberapa orang saja. Untuk terakhir kalinya, mereka yang masih ada membuat acara perpisahan sekaligus upacara kelulusan sekolah. Momen yang menyedihkannya adalah menghilangnya mereka satu persatu.

Tapi momen puncaknya bukan disitu, melainkan saat tinggal Yuzuru dan Kanade saja yang belum menghilang. Di scene ini, Yuzuru menyatakan cinta pada Kanade dan mengajak Kanade untuk tetap tinggal dan tidak menghilang. Soundtrack pas di scene ini membuat air mata tak bisa dibendung ( T_T ). Bisa dibayangkan perasaan kita saat orang yang kita cintai akan menghilang.

#17. Petak Umpet Terakhir Menma ( AnoHana )

Petak Umpet Terkahir Menma ( AnoHana )

Anime ini memang banyak memiliki scene yang bikin sedih, salah satunya nih pas endingnya, puncak dari segala kesedihan. Di akhir anime ini memperlihatkan roh Menma yang menghilang, padahal sudah bisa dilihat oleh teman-temannya.

Diawal cerita memang sudah menyedihkan, dimana Menma mati akibat kecelakaan. Scene di last episode di AnoHana ini memperlihatkan Menma dengan teman-temannya bermain petak umpet.

Meski sudah jelas Menma tidak akan pernah ditemukan karena ia roh, tak bisa dilihat ( Kecuali Jintan ), tapi kejadian ajaib terjadi dimana ia dapat dilihat oleh teman-temannya yang lain, namun pada akhirnya ia menghilang ( T_T )

#16. Misi Pembunuhan Terakhir Koro-sensei ( Ansatsu Kyoshitsu )

Misi Pembunuhan Terakhir Koro-sensei ( Ansatsu Kyoshitsu )

Meski awalnya keinginan Koro-sensei adalah untuk dibunuh oleh murid-muridnya, tapi tak disangka ending dari anime ini mengharukan banget. Ceritanya benar-benar susah ditebak, banyak yang mengira Koro-sensei tidak akan mati dan hidup bahagia dengan murid-muridnya, namun faktanya tidak.

Tak tega rasanya murid-murdi Kelas E harus menbunuh Gurunya sendiri. Namun waktu itu adalah waktu yang sangat ideal untuk melaksanakan misi selama setahun itu. Koro-sensei akhirnya terbunuh di tangan Nagisa yang gemetar. Lagu pas scene ini menambah kesedihan bagi yang menonton.

#15. Kematian Ushio ( Clannad: After Story )

Kematian Ushio ( Clannad: After Story )

Setelah kematian ibunya Nagisa, tak disangka sang buah hati Ushio harus ikut mati akibat penyakit lemah fisik ( T_T ) Jujur scene ini benar-benar air mata tak bisa tahan, apalagi latar tempatnya bersalju. Tak tega deh rasanya lihat Tomoya yang berbohong demi Ushio yang akan pergi.

Ada dua scene yang menyedihkan menyangkut Ushio, yaitu di episode 18 saat Ushio kehilangan robot hadiah pertama kali dari ayahnya dan episode 21 saat kematian Ushio. Dunia tak selalu memihak pada kita, seperti itulah yang dirasakan oleh Tomoya. Pasti sakit saat kehilangan orang yang kita cintai, tapi anime ini tetap happy ending kok.

#14. Hari Kelahiran Naruto Sekaligus Kematian Orang Tuanya ( Naruto )

Hari Kelahiran Naruto Sekaligus Kematian Orang Tuanya ( Naruto )

Di hari yang seharusnya paling bahagia untuk Minato dan Khusina, mereka berdua harus bertarung melawan pria bertopeng dan Kyuubi. Padahal hari itu adalah hari kelahiran Naruto.

Di scene ini memperlihatkan Minato dan Khusina yang sekarat akibat tertusuk oleh cakar Kyuubi. Disinilah pesan-pesan Minato dan Khusina disampaikan untuk anak mereka, Naruto. Menurut Sakuranime, scene ini adalah yang paling menyedihkan setelah scene kematian Rin.

#13. Kematian Kakak Luffy, Ace ( One Piece )

Kematian Kakak Luffy, Ace ( One Piece )

Portgas D. Ace merupakan anak biologis dari Raja Bajak Laut Gold D. Roger dan ibunya Portgas D. Rouge, namun kedua orang tuanya mati saat ia lahir. Ada scene dimana Ace yang ditangkap oleh Teach kemudian dipenjarakan di Impel Down dan akan dieksekusi.

Mendengar hal tersebut, Luffy kemudian pergi untuk menyelamatkan Ace. Luffy akhirnya berhasil membawa Ace kabur namun naas mereka bertemu dengan Akainu. Ace mencoba melawan Akainu sampai tak sanggup lagi. Melihat Luffy tak bisa apa-apa, Akainu menyerang Luffy namun dengan cepat dilindungi oleh Ace dan akhirnya Ace mati dihadapan Luffy dengan kata-kata terakhirnya.

#12. Dibunuhnya Ibu Eren oleh Titan ( Shingeki no Kyoujin )

Dibunuhnya Ibu Eren oleh Titan ( Shingeki no Kyoujin )

Di episode awal tepatnya episode satu, Attack on Titan memperlihatkan scene yang tak diduga dan sedih banget lihatnya. Yaitu scene kematian ibu Eren yang dimakan oleh Raksasa yang masuk ke kota akibat dinding jebol karena Raksasa Colosal.

Eren berjuang untuk mengangkat balok yang menimpa ibunya namun tak sanggup. Ibunya dengan pasrah menyuruh Eren pergi dari sana bersama dengan Hannes sebelum para Titan datang. Ditengah paksaan Hannes yang lari bersama dengan Eren dan Mikasa, Eren melihat ibunya mati dimakan oleh Titan, sedih banget lihatnya ( T_T )

#11. Episode Merry ( One Piece )

Episode Merry ( One Piece )

Scene ini merupakan salah satu adegan tersedih di One Piece. Episode Merry menceritakan terbakarnya sebuah kapal. Meski hanya kapal, didalam kapal ini ada roh dengan tekad setia mengantar Kru Topi Jerami dalam mengarungi lautan.

Saat Merry berhasil membawa Kru Top Jerami dan kembali ke Water Seven, Merry akhirnya rusak dan terbelah dua. Keputusan sang kapten dalam membakar Merry ditengah lautan lepas telah ditentukan. Adegan tersedihnya disini, saat Merry meminta maaf kepada semua anggota Kru Topi Jerami karena ini adalah perjalanan terakhir mereka bersama.

#10. Kematian Hare Saat Menyelamatkan Shu ( Guilty Crown )

Kematian Hare Saat Menyelamatkan Shu ( Guilty Crown )

Banyak yang mengira Hare akan menjadi orang yang selamat dari insiden yang berawal dari Lost Chirstmas ini, namun nyatanya ia malah mati mengenaskan.

Kematiannya tidaklah sia-sia, didetik-detik terakhir ia sempat menyelamatkan Shu setelah insiden kecelakaan akibat terlibat petempuran. Momen tersebut sangatlah menyentuh, soalnya ditengah kritis berdarahnya ia masih sempat berkeinginan kuat menyelamatkan cinta pertamanya, Shu.

#9. Perpisahan dengan Azusa dari Klub K-On ( K-On! )

Perpisahan dengan Azusa dari Klub K-On ( K-On! )

Azusa merupakan member termuda dari klub musik ringan K-On. Saat member lainnya yang harus tamat dan keluar dari sekolah, disinilah momen perpisahan paling menyentuh. Apalagi membayangkan Azusa tinggal sendiri di K-On, namun apa daya kakak kelas harus lulus dan melanjutkan masa depannya.

#8. Fakta di Balik Orang Tua Bossun ( Sket Dance )

Fakta di Balik Orang Tua Bossun ( Sket Dance )

Sket Dance merupakan anime komedi penuh adegan kocak, namun tidak untuk Arc yang membahas masa lalu ke-3 karakter utama Bossun, Himeko dan Switch. Yuusuke ( Bossun ), pendiri klub Sket Dance ternyata memiliki kisah masa lalu yang menyentuh dari pada Himeko dan Switch dimana orang tuanya meninggal di hari yang sama ( T_T )

Ayahnya meninggal akibat kecelakaan mobil saat menolong anak kecil ditengah jalan sedangkan ibunya meninggal saat melahirkannya. Meski termasuk scene yang menyedihkan, fakta lain bahwa ia memiliki saudara kembar yang artinya ia tak sendirian di dunia ini menutupi masa kelam yang ia rasakan.

#7. Detik-Detik Terakhir bersama Isla ( Plastic Memories )

Detik-Detik Terakhir bersama Isla ( Plastic Memories )

Isla merupakan gadis Android yang diciptakan untuk membantu meringankan pekerjaan manusia. Android memiliki batas waktu sebelum diperbarui kembali. Sayangnya saat waktu tersebut habis, para Android akan direset ingatannya dan diganti dengan ingatan baru.

Di scene yang terjadi di episode terakhir alias ending ini dijamin bikin kamu nangis. Mizukagi sebagai pengurus Isla mau tidak mau harus menarik Isla sebagai Android, tentu berat karena Isla akan lupa akan semua kenangan bersama Mizukagi ( T_T )

#6. Mengenang Miyazono Kaori ( Shigatsu wa Kimi no Uso )

Mengenang Miyazono Kaori ( Shigatsu wa Kimi no Uso )

Meski tak memperlihatkan perpisahan terakhir dengan Kaori secara langsung, tetap saja ending dari anime ini berhasil mengundang banjir bandang. Kaori memiliki sebuah penyakit dan kondisi terburuk yang ditampilkan dalam anime adalah lumpuh setengah badan.

Fakta tentang Kaori yang mati benar-benar mengejutkan, apalagi pas melihat episode awal anime ini banyak yang berpikir endingnya nggak akan sesedih ini. Dihari-hari terakhirnya, Kaori memperlihatkan kepeduliannya pada Arima. Hal yang menyentuh lainnya adalah Kaori yang baru bisa menyampaikan perasaannya pada Arima secara mendalam setelah kematiannya.

#5. Pernyataan Cinta Pertama dan Terakhir Mine ( Akame ga Kill )

Pernyataan Cinta Pertama dan Terakhir Mine ( Akame ga Kill )

Setelah bertarung dengan antek-antek Esdeath, Mine terluka parah akibat terlalu banyak mengeluarkan kekuatannya serta luka yang ia dapat sebelumnya memperparah keadannya. Disaat itu, Tatsumi kemudian membawa pergi Mine ketempat yang aman.

Disinilah adegan episode 21 mengharukan akan terjadi dimana Mine meminta Tatsumi untuk menurunkannya dari gedongan Tatsumi. Dengan sunset dan soundtrack yang menyentuh, di scene ini tidak akan terlewat tanpa adanya air mata yang menetes. Mine yang tadinya benci dengan Tatsumi mengungkapnya perasaan terdalamnya sebelum ia pergi untuk selamanya.

#4. Sadarnya Asuna ( Sword Art Online )

Sadarnya Asuna ( Sword Art Online )

Setelah ribuan players SAO akhirnya bisa keluar dari game, namun tidak untuk Asuna yang masih terperangkap di dunia game. Asuna ditawan disebuah puncak menara pohon yang tinggi atas perintah Sugou, orang yang ingin menikahi Asuna.

Tapi Kirito berhasil mengalahkannya sampai akhirnya Kirito dapat ngobrol dengan Asuna untuk pertama kalinya di dunia nyata. Hal menyentuh di scene ini adalah Asuna yang masih bertahan dan Kirito yang berjuang mati-matian untuk Asuna. Scene ini tidak menyedihkan, tapi mengharukan.

#3. Kematian Nine dan Twelve  ( Zankyou no Terror )

Kematian Nine dan Twelve ( Sangkyou no Terror )

Twelve terbunuh oleh pasukan militer yang menembaki dan Nine yang mati akibat penyakitnya. Dua anak ini adalah terroris yang bertujuan untuk menunjukkan ke dunia bahwa mereka pernah ada.

Kejadian mengharukan terjadi di ending anime dimana hari itu cerah dan tampak bahagia namun berujung maut. Kematian yang paling menyedihkan adalah Twelve, tiba-tiba saja tertembak oleh penembak jitu Amerika tanpa kata-kata terakhir satu pun. Saat Nine menangisi kematian Twelve, disinilah puncak menyedihkannya.

#2. 1 vs 70.000, Pengorbanan Ksatria Pemberani, Saito ( Zero no Tsukaima )

Pengorbanan Ksatria Pemberani, Saito ( Zero no Tsukaima )

Meski anime ini memiliki kualitas comedy yang tinggi, namun ada scene yang cukup menyentuh di anime ini. Adegan tersebut adalah aksi Saito demi melindungi Louise dan teman-temannya. Bisa dilihat di Zero no Tsukaima Season ke-2 episode terakhir.

Di adegan ini, Saito rela berkorban melawan 70.000 tentara dan ribuan anak panah yang mengarah padanya untuk membiarkan Louise, gadis yang ia sukai dapat pergi dengan aman. Meski akhirnya ia selamat atas bantuan peri, tetap saja adegan ini mengharukan banget dengan aksi heroic nya yang keren.

#1. Kematian Terhormat Zekken, Pendekar Pedang Terkuat di ALO ( Sword Art Online 2nd Season )

Kematian Terhormat Zekken, Pendekar Pedang Terkuat di ALO ( Sword Art Online 2nd Season )

Yuki, dengan nickname Zekken merupakan karakter pendekar pedang terkuat di ALO, lebih kuat dari Asuna bahkan Kirito. Namun sayangnya gadis cantik ini harus mati akibat penyakitnya yang tak bisa tertolong ( T_T )

Scene ini sangat mengharukan, setelah mengetahui kisah kelam dari Yuki membuat air mata tak bisa ditahan lagi. Apalagi perpisahan terakhir dimana semua players ALO berkumpul dalam satu titik untuk menghormati Zekken sebagai pendekar pedang terkuat, benar-benar momen yang paling menyedihkan.

Read More! 10 Kematian Di Anime Naruto Paling Menyedihkan

Benar-benar sedih deh pas mengingat momen-momen mengharukan diatas ( T_T ). Nah itulah momen paling menyedihkan dan mengharukan versi Sakuranime yang telah diulas. Terimakasih sudah nongkrong disini dan arigatou-na Minna! ^-^