Sakuranime.com – Oke, kali ini saya ingin memberikan sebuah artikel bersifat opini tentang kenapa sih orang yang dianggap wibu atau otaku sering dibully baik di dunia nyata maupun di dunia maya. Saya bukan pengamat linkungan, ini hanya pendapat pribadi dicampur dengan beberapa fakta tentang wibu yang akan kita bahas kali ini.

Apa Itu Wibu?

Jangan samakan otaku dengan wibu, itu sebenarnya berbeda meski bisa dibilang wibu ini semacam bagian dari otaku, bahasa lainnya semacam “Sub-Genre” lah. Wibu itu sudah pasti adalah otaku, tetapi otaku itu tidak selamanya adalah wibu.

Banyak orang yang menyamakan kedua istilah ini namun sebenarnya ada sedikit perbedaan, biasanya yang kek gini anak kemarin sore yang sok tahu. Nah otaku itu sebenarnya apa? Otaku bisa diartikan ke dalam bahasa Indonesia berarti “Maniak”, jadi siapa-siapa yang menganggap diri mereka otaku maka dia adalah maniak.

Tapi maniak ini banyak lagi bagian-bagiannya, ada maniak anime, maniak game, maniak komik, maniak hentai, maniak cosplay, bahkan yang maniak narkoba juga bisa disebut sebagai “Otaku” atau yang lebih spesifik, “Otaku Narkoba”.

Jadi kata “Otaku” (オタク) ini sebenarnya adalah bahasa Jepang yang artinya “Maniak”  atau “Pecandu” dalam bahasa Indonesia, kalau dalam bahasa Inggris disebut “Geek”. Di Jepang sendiri nggak ada namanya Wibu, yang ada cuma Otaku karena wibu itu memang sebutan orang asing yang maniak Jepang.

Salah satu contoh yang lain tentang otaku yang lebih luas, coba cek anime berjudul “Kuragehime”, di anime ini menjelaskan tentang tokoh utama yang suka dengan ubur-ubur dan oleh teman-temannya, dia disebut sebagai “Otaku”. Nah dari sini bisa disimpulkan, otaku itu ndak mesti harus berkaitan dengan anime, manga, LA, atau semacamnya.

Oke, back to the point, wibu itu apa? Definisinya seperti ini, “Wibu adalah otaku kebudayaan Jepang”. Wibu merupakan orang yang tergila-gila dan cintanya setengah mati pada Negeri Sakura, Jepang. Bahkan beberapa wibu God Tier, Negara sendiri bisa tidak dianggapnya.

So, kesimpulannya adalah wibu ini adalah otaku yang bidangnya khusus Jejepangan, termasuk anime, manga, cosplay, LA, game, musik, wisata, kuliner, yang semuanya berasal dari Jepang. Jadi kata otaku, wibu, hikikomori, dan lain sebagainya itu beda yah, jangan samakan meski asal mereka sama.

TAPI, APAKAH PENGERTIAN “WIBU” OLEH BANYAK ORANG DI ATAS SUDAH BENAR?

Nah mari kita flashback mulai dari kata wibu ini sebenarnya asalnya dari mana? Dari forum-forum luar yang saya baca, kata ini ternyata sudah ada di daerah barat sana dengan sebutan “Weeaboo” yang dikembangkan dari kata “Japanofilia” yang merupakan sebutan untuk orang-orang yang trobsesi secara berlebihan pada kebudayan Jepang.

Jadi kata wibu ini bahasa gaulnya Japanofilia yang dipakai untuk memanggil mereka yang terobsesi berlebihan pada Jepang. Bisa juga Negara lain, misal Indofilia, Malayfilia, Americafilia, dan lain-lain :v

Sebenarnya, kamu yang menyebut diri sendiri sebagai wibu atau orang lain yang meneriaki kamu sebagai wibu itu namanya sudah terbully dan membully diri sendiri :v. Why? Mengikuti asal kata wibu di mana orang barat menggunakannya sebagai kata “Hinaan” maka di Indonesia juga sama dong, kan “Wibu” adalah versi Indo dari “Weeaboo”, iya kan?

Jadi setiap ada yang komentar di social media berkata…

“Wibu yah?”
“Kamu wibu yah, wow luar biasa sekali!”
“Syukur lah masih ada wibu di sini :)”

Dan segala macam lainnya, itu sudah menjadi bentuk penghinaan. Parahnya lagi, banyak orang-orang yang mengaku wibu bangganya selangit, entah dia tidak tau wibu itu apa atau dia memang golongan M.

Hal ini sama dengan di dunia game misalnya kita para player Indonesia sering dipanggil hina oleh player asing sebagai “Indog” nah di dunia otaku mereka yang penggemar Jepang disebut “Wibu”.

Lantas, misalnya jika kata wibu ini diganti dengan kata sopan, kita bisa sebut mereka yang suka dengan Jepang sebagai “Pecinta Jepang” atau “Penggemar Jepang” atau “Japanese Lovers” kan bisa. Intinya, wibu ini adalah sebutan hinaan bagi mereka yang tergila-gila dengan Jepang karena dianggap terlalu maniak. So jangan bangga dipanggil wibu XD.

Kenapa Orang yang Suka Jepang (Wibu) Sering Dibully?

Kenapa orang yang suka dengan Jepang malah sering dibully? pamer bantal gambar waifu malah dikatain wibu dan dibully habis-habisan? Padahal pakai duit sendiri, Why? Sulit banget untuk menjawab pertanyaan ini karena dari sananya orang-orang Indonesia memang suka membully, apa-apa dibully, ngomong baik-baik kok dibully, khususnya di Sosial Media.

Jika kamu punya action figure misal figure teman saya Oshino Shinobu yang baru dia beli terus dia post di grup anime atau semacamnya, yakin dan percaya 50% komentar isinya pasti bullyan. Karena sifat orang Indo memang begitu, dikit-dikit berbau Jepang dibully dikatain wibu. Iya kan?

Tapi, Apa yang Membuat Para Netizen Membully Orang Maniak Jepang (Wibu)?

Ini semua berubah ketika Negara Api menyerang, bukan yah, mereka sering membully orang yang suka Jepang dengan kata wibu karena otak mereka telah diracuni. Banyak orang diluar sana yang menyebut wibu itu sampah masyarakat, menghabiskan uang hanya membeli action figure, bantal dengan motif waifu, jarang mandi sampai bau bawang dan segala macam.

Maybe, emang bener gitu sih…

Sebagai orang yang “Bukan wibu”, tentu hal itu agak jijik iya kan?, nah ini lah yang menjadi penyebab kenapa wibu sering dibully. Bahkan tidak sedikit mereka yang wibu menanggap Jepang kiblat hidupnya dan tidak peduli dengan Negara sendiri. Lengkap deh tuh, wibu akut tinggal di Indonesia yang terkenal dengan warganet pembully terkeras di alam semesta XD.

Tapi anehnya, sudah jelas-jelas dikata-katain eh malah bangga sebagai wibu. Maklum yah kan tanda-tanda akhir zaman yah gitu. Ingat yah anak-anak, hal-hal berlebihan itu tidak baik. Suka Jepang boleh saja, tapi jangan jadi maniak sampai-sampai melupakan Negara sendiri, itulah yang disebut wibu. Tentu, yang ngebully juga salah.

Orang Seperti Apa yang Bisa Dipanggil Wibu?

Ini hal yang banyak banget orang yang keliru, banyak yang menganggap orang yang suka anime atau seorang cosplayer itu wibu. Salah, yang dikatakan wibu itu orang yang terlalu maniak dengan Jepang. Jadi kalau cuma suka anime, atau jadi cosplayer itu bukan wibu, itu cuma bisa dikatakan otaku. Wibu itu sebutan hinaan untuk mencela orang-orang kayak gambar-gambar di atas, maniaknya terlalu over gitu.

Jadi buat kalian yang nemu orang model kayak gambar-gambar di atas itu sudah dinamakan wibu, bisa dibully agar sadar :v tapi jangan berlebihan :v

Read More! Apakah Kualitas Anime Semakin Berkurang? Dulu Vs Sekarang

Nah, artikel ini dibuat karena menjawab pertanyaan dari teman-teman yang berkomentar beberapa waktu lalu tentang kenapa wibu sering dibully. Jawabannya ada di atas, ini menurut pendapat pribadi saya. Sekian artikel kali ini, sampai jumpa di pembahasan menarik lainnya hanya di Sakuranime.

UPDATE SAKURANIME CHANNEL